Contoh RKH Pembelajaran Musik Anak Usia Dini atau TK
TUGAS INDIVIDU
RENCANA KEGIATAN HARIAN (RKH) PAUD
Pendidikan Seni Musik Untuk AUD
Diajukan
untuk memenuhi tugas individu mata kuliyah Pendidikan Seni Musik
untuk
Anak Usia Dini
Dosen
Pengampu :
Suwono,
S.Sn, M.Pd.I
Disusun
Oleh :
Nama : Nugroho Galih Wicaksono
NPM :
1411070184
Jurusan/Kelas/Semester : PGRA/D/III
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
PENDIDIKAN
GURU RAUDHATUL ATHFAL
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
TAHUN
1436 H/2015 M
RENCANA KEGIATAN HARIAN (RKH) PAUD
MODEL KLASIKAL PEMBELAJARAN MUSIK
Semester /
bulan/Minggu ke : I / Januari / 1
Hari / Tanggal : Senin / 9 Januari
2016
Kelompok / Usia : B / 5 – 6 Tahun
Tema / Sub Tema : Belajar Lagu / Lagu
Anak-anak
Materi Kegiatan:
1. Doa sebelum dan sesudah belajar,
2. lagu "Hap-hap Hore"
Materi yang masuk dalam SOP untuk pembiasaan
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
A. Pembukaan
1. Tepuk “ANAK SHOLEH”
2. Doa sebelum belajar
3. Tepuk “ SAYANG GURU “
4. Tepuk “DIAM”
5. Berdiskusi tentang lagu yang akan diajarkan
B. Inti
1. Pengenalan
lirik lagu dan nadanya serta gerakan badan
2. Pengulangan
lagu berkali-kali secara bersama-sama dengan guru
3. Murid
diminta menyanyikan lagu bersamaan dengan teman-teman
4. Guru
mempersilakan salah seorang murid untuk menyanyikannya lagu secara mandiri
Kegiatan
Pengaman:
5. Anak menambah kreasi
gerakan pada lagu
C. Penutup
1.
Menanyakan perasaan selama hari ini
2.
Mengulang lagu yang diajarkan (sekali)
3.
Pemberian tugas kepada anak untuk dilakukan di rumah yakni menghapalkan lagu
yang sudah diajarkan
4.
Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan dari lagu yang diajarkan
5.
Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
6.
Berdoa setelah belajar
7.
Berdo’a Kafaratul Majlis
8.
Mengucap “Alhamdulillah” atas nikamt hari ini
D. Rencana Penilaian
Indikator Penilaian:
Program
Pengembangan
|
KD
|
INDIKATOR
|
Nilai
Agama dan Moral
|
1.1
3.1-4.1
|
-
Anak
terbiasa bersyukur dirinya sebagai ciptaan Tuhan, dan atas nikmat dari-Nya
-
Anak
dapat berdo’a sebelum dan sesudah belajar
|
Motorik
|
2.1
3.4-4.4
|
-
Anak terbiasa mencuci tangan dan menggosok
gigi
-
Anak
dapat memoptimalkan funsi organ tubuh melalui gerakan dalam lagu
|
Sosial
Emosional
|
2.5, 2.6
|
-
Anak
terbiasa memberi salam
-
Anak
terbiasa mengikuti aturan
|
Kognitif
|
3.6-4.6
|
-
Anak
dapat menafsirkan pesan dari lagu yang diajarkan
|
Bahasa
|
1.13
3.10-4.10
|
-
Anak
terbiasa memahami arti bahasa yang ada dalam lagu
|
Seni
|
3.15-4.15
|
-
Anak
menyanyikan lagu Tuhan Ciptakan Aku dan lagu Hap-hap Hore
|
Teknik penilaian yang akan digunakan:
a.
Catatan hasil karya
b.
Skala capaian perkembangan (rating
scale )
Sumber
Rujukan:
Komentar
Posting Komentar