Contoh RKH Pembelajaran Musik Anak Usia Dini atau TK

TUGAS INDIVIDU

RENCANA KEGIATAN HARIAN (RKH) PAUD

Pendidikan Seni Musik Untuk AUD


Diajukan untuk memenuhi tugas individu mata kuliyah Pendidikan Seni Musik  
untuk Anak Usia Dini
Dosen Pengampu :
Suwono, S.Sn, M.Pd.I

Disusun Oleh :

Nama                                       : Nugroho Galih Wicaksono
NPM                                       : 1411070184
Jurusan/Kelas/Semester           : PGRA/D/III





FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
TAHUN 1436 H/2015 M

RENCANA KEGIATAN HARIAN (RKH) PAUD

MODEL KLASIKAL PEMBELAJARAN MUSIK


Semester / bulan/Minggu ke       : I / Januari / 1
Hari / Tanggal                             : Senin / 9 Januari 2016
Kelompok / Usia                          : B / 5 – 6 Tahun
Tema / Sub Tema                        : Belajar Lagu / Lagu Anak-anak

Materi Kegiatan:

1.      Doa sebelum dan sesudah belajar,
2.      lagu "Hap-hap Hore"

Materi yang masuk dalam SOP untuk pembiasaan

1. Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2. Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3. Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4. Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

A. Pembukaan

1.      Tepuk “ANAK SHOLEH”
2.      Doa sebelum belajar
3.      Tepuk “ SAYANG GURU “
4.      Tepuk “DIAM”
5.      Berdiskusi tentang lagu yang akan diajarkan

B. Inti

1.      Pengenalan lirik lagu dan nadanya serta gerakan badan
2.      Pengulangan lagu berkali-kali secara bersama-sama dengan guru
3.      Murid diminta menyanyikan lagu bersamaan dengan teman-teman
4.      Guru mempersilakan salah seorang murid untuk menyanyikannya lagu secara mandiri
Kegiatan Pengaman:
5.  Anak menambah kreasi gerakan pada lagu

C. Penutup

1. Menanyakan perasaan selama hari ini
2. Mengulang lagu yang diajarkan (sekali)
3. Pemberian tugas kepada anak untuk dilakukan di rumah yakni menghapalkan lagu yang sudah diajarkan
4. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan dari lagu yang diajarkan
5. Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
6. Berdoa setelah belajar
7. Berdo’a Kafaratul Majlis
8. Mengucap “Alhamdulillah” atas nikamt hari ini


D.  Rencana Penilaian


Indikator Penilaian:
Program
Pengembangan


KD

INDIKATOR

Nilai Agama dan Moral
1.1

3.1-4.1

-          Anak terbiasa bersyukur dirinya sebagai ciptaan Tuhan, dan atas nikmat dari-Nya
-          Anak dapat berdo’a sebelum dan sesudah belajar


Motorik
2.1

3.4-4.4

-           Anak terbiasa mencuci tangan dan menggosok gigi
-          Anak dapat memoptimalkan funsi organ tubuh melalui gerakan dalam lagu

Sosial Emosional

2.5, 2.6

-          Anak terbiasa memberi salam

-          Anak terbiasa mengikuti aturan

Kognitif
3.6-4.6



-          Anak dapat menafsirkan pesan dari lagu yang diajarkan

Bahasa
1.13

3.10-4.10

-          Anak terbiasa memahami arti bahasa yang ada dalam lagu

Seni

3.15-4.15


-          Anak menyanyikan lagu Tuhan Ciptakan Aku dan lagu Hap-hap Hore



Teknik penilaian yang akan digunakan:
a. Catatan hasil karya
b. Skala capaian perkembangan (rating scale )


Sumber Rujukan:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PRINSIP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL AUD

MAKALAH HASIL OBSERVASI DI TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) DARRUL ILMI BANDAR LAMPUNG

MAKALAH Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Hakekat Pendidikan Anak Usia Dini