Makalah perkembangan Fisik Motorik anak usia 0-6 tahun /fisik motorik AUD..
SUMBER : https://deanwe.wordpress.com/2012/10/31/perkembangan-fisik-motorik-anak-usia-0-6-tahun/
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat
dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah
yang berjudul “Perkembangan
Motorik Kasar dan Halus Anak Usia 0-6 Tahun“ ini
bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah Teknik penulisan karya ilmiah
yang dibimbing oleh
Bapak Pramono. Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih
kepada pengajar mata kuliah pendidikan
fisik motorik atas bimbingan dan arahan dalam penulisan
makalah ini.
Penulis
berharap, dengan membaca makalah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua,
dalam hal ini dapat menambah wawasan kita mengenai perkembangan fisik motorik pada anak usia dini. Memang makalah ini masih jauh dari sempurna, maka penulis
mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikkan menuju arah yang
lebih baik.
Malang, 19 February 2012
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah 1
1.2
Rumusan
Masalah 1
1.3
Tujuan 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Perkembangan motorik
anak usia 0-1 tahun 2
2.2 Perkembangan motorik
anak usia 1-2 tahun 2
2.3 Perkembangan motorik
anak usia 2-3 tahun 3
2.4 Perkembangan motorik
anak usia 3-4 tahun 4
2.5 Perkembangan motorik
anak usia 4-5 tahun 5
2.6 Perkembangan motorik
anak usia 5-6 tahun 8
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan 9
DAFTAR RUJUKAN
|
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang
Manusia dalam tumbuh
kembangnya memiliki beberapa tahapan. Manusia tidak semerta-merta langsung
menjadi dewasa, namun berproses dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa dan lansia
pada akhirnya meninggal.
Pertumbuhan dan
perkembangan pada manusia meliputi beberapa aspek perkembangan yaitu: kognitif,
psikologis, fisik motorik, bahasa, dan sosial emosional. Dalam makalah ini
penulis akan membahas tentang perkembangan fisik motorik pada anak usia 0-6
tahun.
Perkembangan motorik
merupakan perkembangan penegndalian gerakan jasmaniah melalui pusat kegiatan
pusat saraf, urat saraf, dan otot yang terkoordinasi.(Hurlock). Pemberian
stimulus pada anak usia dini pada aspek fisik motorik juga dapat mempengaruhi
aspek-aspek perkemangan yang lainnya, agar perkembangan anak dapat berjalan
dengan baik dan anak tidak mengalami kekurangan stimulasi maka penulis membahas
tentang perkembangan fisik motorik.
1.2 Rumusan
masalah
1.2.1. Bagaimana perkembangan
motorik anak usia 0-1 tahun?
1.2.2. Bagaimana perkembangan
motorik anak usia 1-2 tahun?
1.2.3. Bagaimana perkembangan
motorik anak usia 2-3 tahun?
1.2.4. Bagaimana perkembangan
motorik anak usia 3-4 tahun?
1.2.5. Bagaimana perkembangan
motorik anak usia 4-5 tahun?
1.2.6. Bagaimana perkembangan
motorik anak usia 5-6 tahun?
1.3 Tujuan
1.3.1. Mengetahui perkembangan
motorik anak usia 0-1 tahun
1.3.2. Mengetahui perkembangan
motorik anak usia 1-2 tahun
1.3.3. Mengetahui perkembangan
motorik anak usia 2-3 tahun
1.3.4. Mengetahui perkembangan
motorik anak usia 3-4 tahun
1.3.5. Mengetahui perkembangan
motorik anak usia 4-5 tahun
1.3.6. Mengetahui perkembangan
motorik anak usia 5-6 tahun
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Tahapan
perkembangan motorik anak usia 0-1 tahun
2.1.1.
Usia 0-3 bulan
·
Hingga memasuki usia 1 bulan, bayi hanya bisa
melakukan gerak refleks (gerakan alami diluar kesadaran bayi). Seperti
refleks hisas, refleks gengam, refleks leher, rooting reflex.
·
Pada bayi bulan ke 2 dan ke 3, gerakan refleks mulai
menghilang. Hilangnya gerakan refles ini akan di ganti tahap demi tahap
munculnya gerak motorik kasar. Bayi bisa menatap,tersenyum,dan bersuara, juga
bayi mulai berusaha mengangkat kepala jika bayi tengkurap.
2.1.2.
Usia 4-6 bulan
•
Bermain dengan kedua tangan dan memasukannya kedalam
mulutnya.
•
Tertawa,
bergurau
•
Tengkurap
•
Menggulingkan badan
•
Bertopang pada kedua tangan
•
Memindahkan
mainan dari satu tangan ketangan lain
•
Menoleh mencari datangnya suara
2.1.3.
Usia 7-9 bulan
•
Membalikan
badan
•
Mulai
senang mengoceh
•
Belajar
duduk
•
Memperhatikan
gerak – gerik orang lain
•
Merangkak
dan merayap
•
Dapat
berdiri tegak bila dipegang
•
Bermain Ciluk Ba!
2.1.4.
Usia 10-12 bulan
•
Berayun pada tangan dan lutut
•
Merangkak
dengan cepat
•
Belajar berdiri sambil berpegangan
•
Menjepit
benda dengan kedua jari tangan
•
Belajar
berjalan kesamping atau merambat dengan berpegangan
•
Atau bisa berjalan sendiri
2.2 Tahapan
perkembangan motorik anak usia 1-2 tahun
2.2.1.
Perkembangan motorik anak usia 1-2 tahun secara umum
•
Susunan tumbuh dan berubah secara cepat
•
Timbulnya gerakan refleks
•
|
•
|
•
Meningkatnya kemampuan untuk mengkoordinasi motorik
halus tangan dan mata
•
Meningkatnya kemampuan “bantuan diri”
2.2.2.
Perkembangan motorik kasar
·
Merangkak
·
Berdiri dan
berjalan beberapa langkah
·
Berjalan
cepat
·
Cepat-cepat
duduk agar tidak jatuh
·
Merangkak di
tangga
·
Berdiri di
kursi tanpa pegangan
·
Menarik dan
mendorong benda-benda berat
·
Melempar
2.2.4.
Perkembangan motorik halus
·
Mengambil benda kecil dengan ibu jari atau telunjuk
·
Membuka 2-3 halaman buku secara bersamaan
·
Menyusun menara dari balok
·
Memindahkan air dari gelas ke gelas lain
·
Belajar memakai kaus kaki sendiri
·
Menyalakan TV dan bermain remote
·
Belajar mengupas pisang
·
Mulai mampu berjalan dan mengeksplorasi rumah serta
keliling rumah
·
Dapat mengatakan 5-10 kata
·
Memperlihatkan rasa cemburu dan rasa bersaing
2.2.5.
Peranan orang tua
·
Menyediakan pilihan yang tepat dalam menyediakan
pengalaman-pengalaman indoor maupun outdoor yang dapat membantu
anak untuk melatih perkembangan motorik halus dan motorik kasar mereka
·
Tidak menekan anak untuk melebihi batas kemampuan.
Bebaskan anak untuk mencoba setiap tahap perkembangan motorik secara menyeluruh
·
Berikan perhatian pada setiap keterlambatan
perkembangan yang membutuhkan campur tangan profesional
2.3 Tahapan
perkembangan motorik anak usia 2-3 tahun
2.3.1.
Secara umum anak mampu :
·
Memakai pakaian
·
Membawa benda kecil dengan mudah
·
Memungut benda kecil dengan mudah
·
Menggunakan ganggan pintu dengan tepat
·
Jalan menaiki tangga
·
|
·
Bicara dengan baik dengan mengunakan 2 kata
·
Dapat menunjukkan satu atau lebih dari tubuhnya
·
Makan nasi sendiri tanpa banyak tumpah
·
Melepas pakaian sendiri
2.3.2. Motorik halus
Ø Memotong dan
Menempel
a.
Memotong Kertas
b.
Memotong dengan gunting
c.
Memegang kertas dan gunting dengan dengan benar
(menggunting dengan 2 tangan )
Ø Kebutuhan
diri sendiri
a.
Makan dengan sendok
b.
Minum dari secangkir gelas
c.
Melepas pakaian dengan hal yang paling mudah
Ø Mengekspresi benda grafis
a.
Mencorat coret sesuai dengan keinginan
b.
Membuat garis atau lingkaran
c.
Berusaha membuat huruf kapital secara sederhana dengan
meniru
2.3.3. Motorik kasar
Ø Berjalan
Dapat berjalan dengan 2 kaki ke atas tangga
Ø Berlari
Berlari dengan berbelok – belok dan dapat berhenti dengan cepat
Ø Melompat
Melompat dan berpijak menggunakan 2 kakinya
Ø Memanjat
Mampu memanjat ke atas dengan peralatan meskipun tidak dapat turun kebawah
2.4 Tahapan
perkembangan motorik anak usia 3-4 tahun
2.4.1.
Tahap perkembangan motorik kasar
·
Berjalan
Bejalan dengan mengayunkanan tangan, berjalan dengan menggunakan satu kaki
secara bergantian, dan berjalan menuruni tangga dengan dua kaki dalam tiap
langkah. Berdiri di atas salah satu kaki selama 5-10 detik, Berdiri di
atas kaki lainnya selama beberapa saat.
·
Berlari
Berlari dengan pelan, lebih mampu mengontrol memulai berjalan dan berhenti, Berlari
berputar-putar tanpa kendala
·
Melompat
|
·
Memanjat
Memanjat dan menuruni tangga, meluncur, dan memanjat pohon.
2.4.2.
Tahapan perkembangan motorik halus
·
General
Membuka pintu, membangun menara, menghantam, berguling,
membentuk, dan membuka halaman buku
·
Targeting
Merangkai manik-manik, menyusun puzzle dengan gambar
benda utuh atau hanya bagian tertentu saja (misalnya ekor anjing).
·
Cut And Paste
Mengoles lem pada bidang tempel, menggunakan jari telunjuk
atau kuas untuk meratakan lem, masih agak kesulita dalam menggunakan gunting.
·
Self Help
Menuangkan cairan ke dalam botol dengan hati-hati, bisa
memakai baju namun masih membutuhkan bantuan dalam mengancingkan kacing baju
maupun resleting, dan makan sendiri.
·
Graphic Tools
Mencoba memegang pensil untuk menulis, membuat lingkaran,
membuat garis tegak dan mendatar, membuat persegi dengan bentuk yang belum
beraturan.
2.5 Tahapan
perkembangan motorik anak usia 4-5 tahun
2.5.1.
Secara umum perkembangan anak usia 4-5 tahun meliputi
1. Tahap Jalan
•
Mondar mandir
•
Jalan berputar-putar
•
Lompat dengan satu kaki
2. Tahap Lari
•
Lari cepat
•
Belok pada tikungan
•
Memulai dan mengakhiri lari dengan mudah
3. Tahap Lompat
•
Melompat ke atas
•
Melompat ke bawah
•
Melompat ke depan
|
• Memanjat
• Naik turun
tangga
• Bermain di
pohon
2.5.2. Ciri-ciri
khusus anak usia 4 tahun
• Berdiri di atas satu kaki selama 10 detik
• Berjalan maju dalam satu garis lurus dengan tumit dan ibu jari sejauh 6
kaki
• Berjalan mundur dengan ibu jari ke tumit
• Lomba lari
• Melompat ke depan 10 kali
• Melompat kebelakang sekali
• Berguling ke depan
• Menendang secara terkoordinasi ke belakang dan ke depan dengan kaki
terayun dan tangan mengayun kea rah berlawanan secara bersamaan.
• Dengan dua tangan menangkap bola yang dilemparkan dari jarak 3 kaki
• Melempar bola kecil dengan kedua tangan ke pada seseorang yang berjarak
4-6 kaki darinya
• Membangun menara setinggi 11 kotak
• Menggambar sesuatu yang berarti bagi anak tersebut. Dapat dikenali orang
lain
• Mempergunakan gerakan-gerakan jemari selama permainan jari
• Menjiplak gambar kotak
• Menulis beberapa huruf
2.5.3. Ciri-ciri khusus anak usia 5 tahun
•
Berdiri di atas kaki yang lainnya selama 10 detik
•
Berjalan di atas besi keseimbangan ke depan, ke belakang
dan ke samping
•
Melompat ke belakang dengan dua kali berturut-turut
•
Melompat dua meter dengan salah satu kaki
•
|
•
Menangkap bola tennis dengan kedua tangan
•
Melempar bola dengan memutar badan dan melangkah ke depan
•
Mengayun tanpa bantuan
•
Menangkap dengan mantap
•
Menulis nama depan
•
Membangun menara setinggi 12 kotak
•
Mewarnai dengan garis-garis
•
Memegang pensil dengan benar antara ibu jari dan 2 jari
•
Menggambar orang beserta rambut dan hidung
•
Menjiplak persegi panjang dan segi tiga
•
Memotong bentuk-bentuk sederhana.
2.6 Tahapan
perkembangan motorik anak usia 5-6 tahun
2.6.1.
Kemampuan motorik kasar
·
Berjalan
Berjalan
seolah orang dewasa melompat dengan satu
kaki secara bergantian
·
Berlari
Menunjukkan
kematangan berlari, jarang terjatuh, memperlihatkan kecepatan yang semakin
bertambah dan dapat mengendalikan
•
Melompat
Lompatan
panjang, tinggi, dan jauh
•
Memanjat
Menunjukkan
kematangan memanjat seperti cara orang dewasa
2.6.2.
Kemampuan motorik Halus
·
Secara umum
menunjukkan kemampuan ketelitian
dan dapat mengontrol, melakukan sedikit kesalahan
·
Secara khusus
o
Dapt mengurus diri sendiri antara lain makan,
berpakaian, mandi dan menyisir rambut,mencuci tangan dan dapat mengikat tali
sepatu sendiri
o
Dapat membuat bentuk dengan menggunakan tanah liat
plastisin seperti kue dan cacing
o
Meniru membuat garis tegak, datar dan lingkaran
o
|
o
Menggambar orang terdiri dari dua bagian (badan dan
kepala)
o
Meniru melipat kertas sederhana
o
Belajar
menggunting
o
Menyusun
menara kubus
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dalam setiap usia
memiliki ciri-ciri perkembangan fisik sendiri-sendiri baik dari motorik kasar
maupun halusnya. Seperti pada anak usia 0-1 tahun pada motorik kasarnya anak
baru dapat merangkak dan belum bisa berdiri secara mandiri, pada motorik
halusnya anak dapat menjepit barang
dengan jarinya. Berbeda dengan anak usia 2-1 tahun yang sudah dapat berjalan
secara mandiri dan mulai mengeksplorasi/menjelajahi lingkungannya.
Dalam perkembangan
motorik tiap individu pasti mengalami tahapan yang sama namun waktunya yang
relative berbeda.
MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS
MATAKULIAH
Kemampuan Fisik Motorik AUD
yang dibina oleh bapak
Pramono
oleh:
Diyan
Wahyuningsih 100153404798
Lina Dwi
Prastyawati 100153405977
Putri
Rizkiya 100153404810
Zahrotul
Aulia

UNIVERSITAS
NEGERI MALANG
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN
KEPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PRASEKOLAH
Februari
2012
Komentar
Posting Komentar