Makalah perkembangan Fisik Motorik anak usia 0-6 tahun /fisik motorik AUD..


SUMBER : https://deanwe.wordpress.com/2012/10/31/perkembangan-fisik-motorik-anak-usia-0-6-tahun/




KATA PENGANTAR
            Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Anak Usia 0-6 Tahun“ ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen  mata kuliah Teknik penulisan karya ilmiah yang dibimbing oleh Bapak Pramono. Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada pengajar mata kuliah pendidikan fisik motorik atas bimbingan dan arahan dalam penulisan makalah ini.
            Penulis berharap, dengan membaca makalah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua, dalam hal ini dapat menambah wawasan kita mengenai perkembangan fisik motorik pada anak usia dini. Memang makalah ini masih jauh dari sempurna, maka penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikkan menuju arah yang lebih baik.






Malang, 19 February 2012
Penulis





DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR                                                                                          i
DAFTAR ISI                                                                                                         ii

BAB I      PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah                                                                  1
1.2  Rumusan Masalah                                                                           1
1.3  Tujuan                                                                                              1

BAB II    PEMBAHASAN
2.1     Perkembangan motorik anak usia 0-1 tahun                                   2
2.2     Perkembangan motorik anak usia 1-2 tahun                                   2
2.3     Perkembangan motorik anak usia 2-3 tahun                                   3
2.4     Perkembangan motorik anak usia 3-4 tahun                                   4
2.5     Perkembangan motorik anak usia 4-5 tahun                                    5
2.6     Perkembangan motorik anak usia 5-6 tahun                                   8

BAB III   PENUTUP
                 3.1 Kesimpulan                                                                                      9
                
DAFTAR RUJUKAN














ii
 
 
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang
Manusia dalam tumbuh kembangnya memiliki beberapa tahapan. Manusia tidak semerta-merta langsung menjadi dewasa, namun berproses dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa dan lansia pada akhirnya meninggal.
Pertumbuhan dan perkembangan pada manusia meliputi beberapa aspek perkembangan yaitu: kognitif, psikologis, fisik motorik, bahasa, dan sosial emosional. Dalam makalah ini penulis akan membahas tentang perkembangan fisik motorik pada anak usia 0-6 tahun.
Perkembangan motorik merupakan perkembangan penegndalian gerakan jasmaniah melalui pusat kegiatan pusat saraf, urat saraf, dan otot yang terkoordinasi.(Hurlock). Pemberian stimulus pada anak usia dini pada aspek fisik motorik juga dapat mempengaruhi aspek-aspek perkemangan yang lainnya, agar perkembangan anak dapat berjalan dengan baik dan anak tidak mengalami kekurangan stimulasi maka penulis membahas tentang perkembangan fisik motorik.
1.2  Rumusan masalah
1.2.1. Bagaimana perkembangan motorik anak usia 0-1 tahun?
1.2.2. Bagaimana perkembangan motorik anak usia 1-2 tahun?
1.2.3. Bagaimana perkembangan motorik anak usia 2-3 tahun?
1.2.4. Bagaimana perkembangan motorik anak usia 3-4 tahun?
1.2.5. Bagaimana perkembangan motorik anak usia 4-5 tahun?
1.2.6. Bagaimana perkembangan motorik anak usia 5-6 tahun?

1.3  Tujuan
1.3.1. Mengetahui perkembangan motorik anak usia 0-1 tahun
1.3.2. Mengetahui perkembangan motorik anak usia 1-2 tahun
1.3.3. Mengetahui perkembangan motorik anak usia 2-3 tahun
1.3.4. Mengetahui perkembangan motorik anak usia 3-4 tahun
1.3.5. Mengetahui perkembangan motorik anak usia 4-5 tahun
1.3.6. Mengetahui perkembangan motorik anak usia 5-6 tahun






BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Tahapan perkembangan motorik anak usia 0-1 tahun
2.1.1. Usia 0-3 bulan
·         Hingga memasuki usia 1 bulan, bayi hanya bisa melakukan gerak refleks (gerakan alami diluar kesadaran bayi). Seperti refleks hisas, refleks gengam, refleks leher, rooting reflex.
·         Pada bayi bulan ke 2 dan ke 3, gerakan refleks mulai menghilang. Hilangnya gerakan refles ini akan di ganti tahap demi tahap munculnya gerak motorik kasar. Bayi bisa menatap,tersenyum,dan bersuara, juga bayi mulai berusaha mengangkat kepala jika bayi tengkurap.
2.1.2. Usia 4-6 bulan
       Bermain dengan kedua tangan dan memasukannya kedalam mulutnya.
       Tertawa, bergurau
       Tengkurap
       Menggulingkan badan
       Berusaha meraih dan menyentuh mainan
       Bertopang pada kedua tangan
       Memindahkan mainan dari satu tangan ketangan lain
       Menoleh mencari datangnya suara
2.1.3. Usia 7-9 bulan
          Membalikan badan
          Bermain dengan tangan dan kaki
          Mulai senang mengoceh
          Belajar duduk
          Memperhatikan gerak – gerik orang lain
          Merangkak dan merayap
          Dapat berdiri tegak bila dipegang
          Bermain Ciluk Ba!
2.1.4. Usia 10-12 bulan
       Berayun pada tangan dan lutut
       Merangkak dengan cepat
       Belajar berdiri sambil berpegangan
       Menjepit benda dengan kedua jari tangan
       Belajar berjalan kesamping atau merambat dengan berpegangan
       Atau bisa berjalan sendiri

2.2  Tahapan perkembangan motorik anak usia 1-2 tahun
2.2.1. Perkembangan motorik anak usia 1-2 tahun secara umum
       Susunan tumbuh dan berubah secara cepat
       Timbulnya gerakan refleks
      
2
 
Penurunan tangisan
      
3
 
Meningkatnya kemampuan untuk bergerak, dimulai dari menggeliat-geliat, kemudian menggelinding, merayap, merambat cepat, dan kemudian berjalan
       Meningkatnya kemampuan untuk mengkoordinasi motorik halus tangan dan mata
       Meningkatnya kemampuan “bantuan diri”

2.2.2. Perkembangan motorik kasar
·         Merangkak
·          Berdiri dan berjalan beberapa langkah
·          Berjalan cepat
·          Cepat-cepat duduk agar tidak jatuh
·          Merangkak di tangga
·          Berdiri di kursi tanpa pegangan
·          Menarik dan mendorong benda-benda berat
·          Melempar

2.2.4. Perkembangan motorik halus
·         Mengambil benda kecil dengan ibu jari atau telunjuk
·         Membuka 2-3 halaman buku secara bersamaan
·         Menyusun menara dari balok
·         Memindahkan air dari gelas ke gelas lain
·         Belajar memakai kaus kaki sendiri
·         Menyalakan TV dan bermain remote
·         Belajar mengupas pisang
·         Mulai mampu berjalan dan mengeksplorasi rumah serta keliling rumah
·         Dapat mengatakan 5-10 kata
·         Memperlihatkan rasa cemburu dan rasa bersaing

2.2.5. Peranan orang tua
·         Menyediakan pilihan yang tepat dalam menyediakan pengalaman-pengalaman indoor maupun outdoor yang dapat membantu anak untuk melatih perkembangan motorik halus dan motorik kasar mereka
·         Tidak menekan anak untuk melebihi batas kemampuan. Bebaskan anak untuk mencoba setiap tahap perkembangan motorik secara menyeluruh
·         Berikan perhatian pada setiap keterlambatan perkembangan yang membutuhkan campur tangan profesional

2.3  Tahapan perkembangan motorik anak usia 2-3 tahun
2.3.1. Secara umum anak mampu :
·         Memakai pakaian
·         Membawa benda kecil dengan mudah
·         Memungut benda kecil dengan mudah
·         Menggunakan ganggan pintu dengan tepat
·         Jalan menaiki tangga
·        
4
 
Menendang bola
·         Bicara dengan baik dengan mengunakan 2 kata
·         Dapat menunjukkan satu atau lebih dari tubuhnya
·         Makan nasi sendiri tanpa banyak tumpah
·         Melepas pakaian sendiri
2.3.2. Motorik halus
Ø  Memotong dan Menempel
a.       Memotong Kertas
b.      Memotong dengan gunting
c.       Memegang kertas dan gunting dengan dengan benar (menggunting dengan 2 tangan )
Ø  Kebutuhan diri sendiri
a.       Makan dengan sendok
b.      Minum dari secangkir gelas
c.       Melepas pakaian dengan hal yang paling mudah
Ø  Mengekspresi benda grafis
a.       Mencorat coret sesuai dengan keinginan
b.      Membuat garis atau lingkaran
c.       Berusaha membuat huruf kapital secara sederhana dengan meniru
2.3.3. Motorik kasar
Ø  Berjalan
Dapat berjalan dengan 2 kaki ke atas tangga
Ø  Berlari
Berlari dengan berbelok – belok dan dapat berhenti dengan cepat
Ø  Melompat
Melompat dan berpijak menggunakan 2 kakinya
Ø  Memanjat
Mampu memanjat ke atas dengan peralatan meskipun tidak dapat turun kebawah

2.4  Tahapan perkembangan motorik anak usia 3-4 tahun
2.4.1. Tahap perkembangan motorik kasar
·         Berjalan
Bejalan dengan mengayunkanan tangan, berjalan dengan menggunakan satu kaki secara bergantian, dan berjalan menuruni tangga dengan dua kaki dalam tiap langkah. Berdiri di atas salah satu kaki selama 5-10 detik, Berdiri di atas kaki lainnya selama beberapa saat.
·         Berlari
Berlari dengan pelan, lebih mampu mengontrol memulai berjalan dan berhenti, Berlari berputar-putar tanpa kendala
·         Melompat
5
 
Melonpat dengan kedua kaki atau melompati benda, melompat ke depan dengan dua kaki 4 kali, melompat dengan salah satu kaki 5 kali, melompat dengan sebelah kaki lainnya dalam satu lompatan
·         Memanjat
Memanjat dan menuruni tangga, meluncur, dan memanjat pohon.
2.4.2. Tahapan perkembangan motorik halus
·         General
Membuka pintu, membangun menara, menghantam, berguling, membentuk, dan  membuka halaman buku
·         Targeting
Merangkai manik-manik, menyusun puzzle dengan gambar benda utuh atau hanya bagian tertentu saja (misalnya ekor anjing).
·         Cut And Paste
Mengoles lem pada bidang tempel, menggunakan jari telunjuk atau kuas untuk meratakan lem, masih agak kesulita dalam menggunakan gunting.
·         Self Help
Menuangkan cairan ke dalam botol dengan hati-hati, bisa memakai baju namun masih membutuhkan bantuan dalam mengancingkan kacing baju maupun resleting, dan makan sendiri.
·         Graphic Tools
Mencoba memegang pensil untuk menulis, membuat lingkaran, membuat garis tegak dan mendatar, membuat persegi dengan bentuk yang belum beraturan.

2.5  Tahapan perkembangan motorik anak usia 4-5 tahun
2.5.1. Secara umum perkembangan anak usia 4-5 tahun meliputi
1. Tahap Jalan
       Mondar mandir
       Jalan berputar-putar
       Lompat dengan satu kaki
2. Tahap Lari
       Lari cepat
       Belok pada tikungan
       Memulai dan mengakhiri lari dengan mudah
3. Tahap Lompat
       Melompat ke atas
       Melompat ke bawah
       Melompat ke depan
6
 
4. Tahap Memanjat
       Memanjat
       Naik turun tangga
       Bermain di pohon
2.5.2. Ciri-ciri khusus anak usia 4 tahun
       Berdiri di atas satu kaki selama 10 detik
       Berjalan maju dalam satu garis lurus dengan tumit dan ibu jari sejauh 6 kaki
       Berjalan mundur dengan ibu jari ke tumit
       Lomba lari
       Melompat ke depan 10 kali
       Melompat kebelakang sekali
       Berguling ke depan
       Menendang secara terkoordinasi ke belakang dan ke depan dengan kaki terayun dan tangan mengayun kea rah berlawanan secara bersamaan.
       Dengan dua tangan menangkap bola yang dilemparkan dari jarak 3 kaki
       Melempar bola kecil dengan kedua tangan ke pada seseorang yang berjarak 4-6 kaki darinya
       Membangun menara setinggi 11 kotak
       Menggambar sesuatu yang berarti bagi anak tersebut. Dapat dikenali orang lain
       Mempergunakan gerakan-gerakan jemari selama permainan jari
       Menjiplak gambar kotak
       Menulis beberapa huruf
2.5.3. Ciri-ciri khusus anak usia 5 tahun
       Berdiri di atas kaki yang lainnya selama 10 detik
       Berjalan di atas besi keseimbangan ke depan, ke belakang dan ke samping
       Melompat ke belakang dengan dua kali berturut-turut
       Melompat dua meter dengan salah satu kaki
      
7
 
Mengambil satu atau dua langkah yang teratur sebelum menendang bola
       Menangkap bola tennis dengan kedua tangan
       Melempar bola dengan memutar badan dan melangkah ke depan
       Mengayun tanpa bantuan
       Menangkap dengan mantap
       Menulis nama depan
       Membangun menara setinggi 12 kotak
       Mewarnai dengan garis-garis
       Memegang pensil dengan benar antara ibu jari dan 2 jari
       Menggambar orang beserta rambut dan hidung
       Menjiplak persegi panjang dan segi tiga
       Memotong bentuk-bentuk sederhana.

2.6  Tahapan perkembangan motorik anak usia 5-6 tahun
2.6.1. Kemampuan motorik kasar
·         Berjalan
Berjalan seolah orang dewasa  melompat dengan satu kaki secara bergantian
·         Berlari
Menunjukkan kematangan berlari, jarang terjatuh, memperlihatkan kecepatan yang semakin bertambah dan dapat mengendalikan
       Melompat
Lompatan panjang, tinggi, dan jauh
       Memanjat
Menunjukkan kematangan memanjat seperti cara orang dewasa
2.6.2. Kemampuan motorik Halus
·         Secara umum
menunjukkan kemampuan ketelitian  dan dapat mengontrol, melakukan sedikit kesalahan

·         Secara khusus
o   Dapt mengurus diri sendiri antara lain makan, berpakaian, mandi dan menyisir rambut,mencuci tangan dan dapat mengikat tali sepatu sendiri
o   Dapat membuat bentuk dengan menggunakan tanah liat plastisin seperti kue dan cacing
o   Meniru membuat garis tegak, datar dan lingkaran
o  
8
 
Meniru melipat garis sederhana
o   Menggambar orang terdiri dari dua bagian (badan dan kepala)
o   Meniru melipat kertas sederhana
o    Belajar menggunting
o    Menyusun menara kubus























BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Dalam setiap usia memiliki ciri-ciri perkembangan fisik sendiri-sendiri baik dari motorik kasar maupun halusnya. Seperti pada anak usia 0-1 tahun pada motorik kasarnya anak baru dapat merangkak dan belum bisa berdiri secara mandiri, pada motorik halusnya anak dapat menjepit  barang dengan jarinya. Berbeda dengan anak usia 2-1 tahun yang sudah dapat berjalan secara mandiri dan mulai mengeksplorasi/menjelajahi lingkungannya.
Dalam perkembangan motorik tiap individu pasti mengalami tahapan yang sama namun waktunya yang relative berbeda.































MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH
Kemampuan Fisik Motorik AUD
yang dibina oleh bapak Pramono


oleh:
Diyan Wahyuningsih          100153404798
Lina Dwi Prastyawati         100153405977
Putri Rizkiya                       100153404810
Zahrotul Aulia                   




logo um 4



UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN KEPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PRASEKOLAH
Februari 2012

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PRINSIP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL AUD

MAKALAH HASIL OBSERVASI DI TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) DARRUL ILMI BANDAR LAMPUNG

MAKALAH Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Hakekat Pendidikan Anak Usia Dini