Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 0-6 Tahun (Bagan)



TUGAS INDIVIDU

Nama                           : Nugroho Galih Wicaksono
NPM                           : 1411070184
Jurusan                        : Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Semester/Kelas           : IV/D
Mata Kuliyah              : Metodelogi Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini
Dosen                          : Gustiana, M.Pd


Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 0-6 Tahun

PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA 0-1 TAHUN

Perkembangan Motorik Halus
Perkembangan Motorik Kasar

Usia 0-3 bulan
Hingga memasuki usia 1 bulan, bayi hanya bisa melakukan gerak refleks (gerakan alami diluar kesadaran bayi). Seperti;

·         refleks hisas
·         refleks gengam
·         refleks leher
·         rooting reflex

Usia 2-3 bulan
·         menatap
·         tersenyum dan bersuara
·         bayi mulai berusaha mengangkat kepala jika bayi tengkurap
Usia 4-6 bulan
Ø  Bermain dengan kedua tangan dan memasukannya kedalam mulutnya.
Ø  Tertawa, bergurau
Ø  Tengkurap
Ø  Menggulingkan badan
Ø  Berusaha meraih dan menyentuh mainan
Ø  Bertopang pada kedua tangan
Ø  Memindahkan mainan dari satu tangan ketangan lain
Ø  Menoleh mencari datangnya suara

Usia 7-9 bulan
Ø  Membalikan badan
Ø  Bermain dengan tangan dan kaki
Ø  Mulai senang mengoceh
Ø  Belajar duduk
Ø  Memperhatikan gerak – gerik orang lain
Ø  Merangkak dan merayap
Ø  Dapat berdiri tegak bila dipegang
Ø  Bermain Ciluk Ba!

Usia 10-12 bulan
Ø  Berayun pada tangan dan lutut
Ø  Merangkak dengan cepat
Ø  Belajar berdiri sambil berpegangan
Ø  Menjepit benda dengan kedua jari tangan
Ø   Belajar berjalan kesamping atau merambat dengan berpegangan
Ø   Atau bisa berjalan sendiri


PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA 1-2 TAHUN

Perkembangan Motorik Halus
Perkembangan Motorik Kasar

      Mengambil benda kecil dengan ibu jari atau telunjuk
      Membuka 2-3 halaman buku secara bersamaan
      Menyusun menara dari balok
      Memindahkan air dari gelas ke gelas lain
      Belajar memakai kaus kaki sendiri
      Menyalakan TV dan bermain remote
      Belajar mengupas pisang
      Mulai mampu berjalan dan mengeksplorasi rumah serta keliling rumah
      Dapat mengatakan 5-10 kata
      Memperlihatkan rasa cemburu dan rasa bersaing


Ø  Merangkak
Ø  Berdiri dan berjalan beberapa langkah
Ø  Berjalan cepat
Ø  Cepat-cepat duduk agar tidak jatuh
Ø  Merangkak di tangga
Ø  Berdiri di kursi tanpa pegangan
Ø  Menarik dan mendorong benda-benda berat
Ø  Melempar

PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA 2-3 TAHUN

Perkembangan Motorik Halus
Perkembangan Motorik Kasar
      Memotong dan Menempel

Ø  Memotong Kertas
Ø  Memotong dengan gunting
Ø  Memegang kertas dan gunting dengan dengan benar (menggunting dengan 2 tangan )
      Kebutuhan diri sendiri

Ø  Makan dengan sendok
Ø  Minum dari secangkir gelas
Ø  Melepas pakaian dengan hal yang paling mudah
      Mengekspresi benda grafis

Ø  Mencorat coret sesuai dengan keinginan
Ø  Membuat garis atau lingkaran
Ø  Berusaha
Ø  Berjalan
Dapat berjalan dengan 2 kaki ke atas tangga

Ø  Berlari
Berlari dengan berbelok – belok dan dapat berhenti dengan cepat

Ø  Melompat
Melompat dan berpijak menggunakan 2 kakinya

Ø  Memanjat
Mampu memanjat ke atas dengan peralatan meskipun tidak dapat turun kebawah




PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA 3-4 TAHUN

Perkembangan Motorik Halus
Perkembangan Motorik Kasar

      General
Membuka pintu, membangun menara, menghantam, berguling, membentuk, dan  membuka halaman buku

      Targeting
Merangkai manik-manik, menyusun puzzle dengan gambar benda utuh atau hanya bagian tertentu saja (misalnya ekor anjing).

      Cut And Paste
Mengoles lem pada bidang tempel, menggunakan jari telunjuk atau kuas untuk meratakan lem, masih agak kesulita dalam menggunakan gunting.

      Self Help
Menuangkan cairan ke dalam botol dengan hati-hati, bisa memakai baju namun masih membutuhkan bantuan dalam mengancingkan kacing baju maupun resleting, dan makan sendiri.
      Graphic Tools
Mencoba memegang pensil untuk menulis, membuat lingkaran, membuat garis tegak dan mendatar, membuat persegi dengan bentuk yang belum beraturan.

Ø  Berjalan
Bejalan dengan mengayunkanan tangan, berjalan dengan menggunakan satu kaki secara bergantian, dan berjalan menuruni tangga dengan dua kaki dalam tiap langkah. Berdiri di atas salah satu kaki selama 5-10 detik, Berdiri di atas kaki lainnya selama beberapa saat.

Ø  Berlari
Berlari dengan pelan, lebih mampu mengontrol memulai berjalan dan berhenti, Berlari berputar-putar tanpa kendala

Ø  Melompat
Melonpat dengan kedua kaki atau melompati benda, melompat ke depan dengan dua kaki 4 kali, melompat dengan salah satu kaki 5 kali, melompat dengan sebelah kaki lainnya dalam satu lompatan

Ø  Memanjat
Memanjat dan menuruni tangga, meluncur, dan memanjat pohon.
PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA 4-5 TAHUN

Perkembangan Motorik Halus
Perkembangan Motorik Kasar
      Menggambar sesuatu yang berarti bagi anak tersebutdan dapat dikenali orang lain
      Mempergunakan gerakan-gerakan jemari selama permainan jari
      Menjiplak gambar kotak
      Menulis beberapa huruf
      Menulis nama depan
      Membangun menara setinggi 12 kotak
      Mewarnai dengan garis-garis
      Memegang pensil dengan benar antara ibu jari dan 2 jari
      Menggambar orang beserta rambut dan hidung
      Menjiplak persegi panjang dan segi tiga
       Memotong bentuk-bentuk sederhana

Ø  Tahap Jalan
      Mondar mandir
      Jalan berputar-putar
      Lompat dengan satu kaki
Ø  Tahap Lari
      Lari cepat
      Belok pada tikungan
      Memulai dan mengakhiri lari dengan mudah
Ø  Tahap Lompat
      Melompat ke atas
      Melompat ke bawah
      Melompat ke depan
Ø  Tahap Memanjat
      Memanjat
      Naik turun tangga
      Bermain di pohon

PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA 5-6 TAHUN

Perkembangan Motorik Halus
Perkembangan Motorik Kasar

      Secara umum
Menunjukkan kemampuan ketelitian  dan dapat mengontrol, melakukan sedikit kesalahan

      Secara khusus
Dapt mengurus diri sendiri antara lain makan, berpakaian, mandi dan menyisir rambut, mencuci tangan dan dapat mengikat tali sepatu sendiri

      Dapat membuat bentuk dengan menggunakan tanah liat plastisin seperti kue dan cacing

      Meniru membuat garis tegak, datar dan lingkaran
      Meniru melipat garis sederhana
      Menggambar orang terdiri dari dua bagian (badan dan kepala)
      Meniru melipat kertas sederhana
      Belajar menggunting
      Menyusun menara kubus





Ø  Berjalan
Berjalan seolah orang dewasa  melompat dengan satu kaki secara bergantian

Ø  Berlari
Menunjukkan kematangan berlari, jarang terjatuh, memperlihatkan kecepatan yang semakin bertambah dan dapat mengendalikan

Ø  Melompat
Lompatan panjang, tinggi, dan jauh

Ø  Memanjat
Menunjukkan kematangan memanjat seperti cara orang dewasa


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PRINSIP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL AUD

MAKALAH HASIL OBSERVASI DI TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) DARRUL ILMI BANDAR LAMPUNG

MAKALAH Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Hakekat Pendidikan Anak Usia Dini