Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 0-6 Tahun (Bagan)
TUGAS
INDIVIDU
Nama :
Nugroho Galih Wicaksono
NPM :
1411070184
Jurusan :
Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Semester/Kelas :
IV/D
Mata Kuliyah : Metodelogi Pengembangan Fisik
Motorik Anak Usia Dini
Dosen : Gustiana, M.Pd
Perkembangan
Fisik Motorik Anak Usia 0-6 Tahun
PERKEMBANGAN
FISIK MOTORIK ANAK USIA 0-1 TAHUN
|
|
Perkembangan Motorik Halus
|
Perkembangan Motorik Kasar
|
Usia
0-3 bulan
Hingga
memasuki usia 1 bulan, bayi hanya bisa melakukan gerak refleks (gerakan alami diluar
kesadaran bayi). Seperti;
·
refleks hisas
·
refleks gengam
·
refleks leher
·
rooting reflex
Usia 2-3 bulan
·
menatap
·
tersenyum dan bersuara
·
bayi mulai berusaha mengangkat kepala jika bayi
tengkurap
|
Usia
4-6 bulan
Ø Bermain dengan kedua tangan dan
memasukannya kedalam mulutnya.
Ø Tertawa, bergurau
Ø Tengkurap
Ø Menggulingkan badan
Ø Bertopang pada kedua tangan
Ø Memindahkan
mainan dari satu tangan ketangan lain
Ø Menoleh mencari datangnya suara
Usia
7-9 bulan
Ø Membalikan
badan
Ø Mulai
senang mengoceh
Ø Belajar
duduk
Ø Memperhatikan
gerak – gerik orang lain
Ø Merangkak
dan merayap
Ø Dapat
berdiri tegak bila dipegang
Ø Bermain Ciluk Ba!
Usia
10-12 bulan
Ø Berayun pada tangan dan lutut
Ø Merangkak
dengan cepat
Ø Belajar berdiri sambil
berpegangan
Ø Menjepit
benda dengan kedua jari tangan
Ø Belajar berjalan kesamping atau
merambat dengan berpegangan
Ø Atau bisa berjalan sendiri
|
PERKEMBANGAN
FISIK MOTORIK ANAK USIA 1-2 TAHUN
|
|
Perkembangan
Motorik Halus
|
Perkembangan
Motorik Kasar
|
•
Mengambil benda kecil dengan ibu jari atau
telunjuk
•
Membuka 2-3 halaman buku secara bersamaan
•
Menyusun menara dari balok
•
Memindahkan air dari gelas ke gelas lain
•
Belajar memakai kaus kaki sendiri
•
Menyalakan TV dan bermain remote
•
Belajar mengupas pisang
•
Mulai mampu berjalan dan mengeksplorasi rumah
serta keliling rumah
•
Dapat mengatakan 5-10 kata
•
Memperlihatkan rasa cemburu dan rasa bersaing
|
Ø Merangkak
Ø Berdiri dan berjalan beberapa
langkah
Ø Berjalan cepat
Ø Cepat-cepat duduk agar tidak
jatuh
Ø Merangkak di tangga
Ø Berdiri di kursi tanpa pegangan
Ø Menarik dan mendorong
benda-benda berat
Ø Melempar
|
PERKEMBANGAN
FISIK MOTORIK ANAK USIA 2-3 TAHUN
|
|
Perkembangan
Motorik Halus
|
Perkembangan
Motorik Kasar
|
•
Memotong dan Menempel
Ø Memotong
Kertas
Ø Memotong
dengan gunting
Ø Memegang
kertas dan gunting dengan dengan benar (menggunting dengan 2 tangan )
•
Kebutuhan diri sendiri
Ø Makan dengan
sendok
Ø Minum dari
secangkir gelas
Ø Melepas
pakaian dengan hal yang paling mudah
•
Mengekspresi benda grafis
Ø
Mencorat coret sesuai dengan keinginan
Ø
Membuat garis atau lingkaran
Ø Berusaha
|
Ø Berjalan
Dapat
berjalan dengan 2 kaki ke atas tangga
Ø Berlari
Berlari
dengan berbelok – belok dan dapat berhenti dengan cepat
Ø Melompat
Melompat dan
berpijak menggunakan 2 kakinya
Ø Memanjat
Mampu
memanjat ke atas dengan peralatan meskipun tidak dapat turun kebawah
|
PERKEMBANGAN
FISIK MOTORIK ANAK USIA 3-4 TAHUN
|
|
Perkembangan
Motorik Halus
|
Perkembangan
Motorik Kasar
|
•
General
Membuka pintu,
membangun menara, menghantam, berguling, membentuk, dan membuka halaman buku
•
Targeting
Merangkai manik-manik,
menyusun puzzle dengan gambar benda utuh atau hanya bagian tertentu saja
(misalnya ekor anjing).
•
Cut And
Paste
Mengoles lem pada
bidang tempel, menggunakan jari telunjuk atau kuas untuk meratakan lem, masih
agak kesulita dalam menggunakan gunting.
•
Self
Help
Menuangkan cairan ke
dalam botol dengan hati-hati, bisa memakai baju namun masih membutuhkan
bantuan dalam mengancingkan kacing baju maupun resleting, dan makan sendiri.
•
Graphic
Tools
Mencoba memegang
pensil untuk menulis, membuat lingkaran, membuat garis tegak dan mendatar,
membuat persegi dengan bentuk yang belum beraturan.
|
Ø Berjalan
Bejalan
dengan mengayunkanan tangan, berjalan dengan menggunakan satu kaki secara bergantian,
dan berjalan menuruni tangga dengan dua kaki dalam tiap langkah. Berdiri di
atas salah satu kaki selama 5-10 detik,
Berdiri di
atas kaki lainnya selama beberapa saat.
Ø Berlari
Berlari
dengan pelan, lebih mampu mengontrol memulai berjalan dan berhenti, Berlari berputar-putar tanpa kendala
Ø Melompat
Melonpat dengan kedua kaki atau melompati benda, melompat ke depan dengan dua kaki 4 kali, melompat dengan salah satu kaki 5 kali, melompat dengan sebelah kaki lainnya dalam satu lompatan
Ø Memanjat
Memanjat dan
menuruni tangga, meluncur, dan memanjat pohon.
|
PERKEMBANGAN
FISIK MOTORIK ANAK USIA 4-5 TAHUN
|
|
Perkembangan
Motorik Halus
|
Perkembangan
Motorik Kasar
|
•
Menggambar sesuatu yang berarti
bagi anak tersebutdan
dapat dikenali orang lain
•
Mempergunakan gerakan-gerakan
jemari selama permainan jari
•
Menjiplak gambar kotak
• Menulis beberapa huruf
•
Menulis nama depan
•
Membangun menara setinggi 12 kotak
•
Mewarnai dengan garis-garis
•
Memegang pensil dengan benar antara ibu jari dan 2 jari
•
Menggambar orang beserta rambut dan hidung
•
Menjiplak persegi panjang dan segi tiga
•
Memotong bentuk-bentuk sederhana
|
Ø Tahap Jalan
•
Mondar mandir
•
Jalan berputar-putar
•
Lompat dengan satu kaki
Ø Tahap Lari
•
Lari cepat
•
Belok pada tikungan
•
Memulai dan mengakhiri lari dengan mudah
Ø Tahap Lompat
•
Melompat ke atas
•
Melompat ke bawah
•
Melompat ke depan
Ø Tahap Memanjat
•
Memanjat
•
Naik turun tangga
•
Bermain di pohon
|
PERKEMBANGAN
FISIK MOTORIK ANAK USIA 5-6 TAHUN
|
|
Perkembangan
Motorik Halus
|
Perkembangan
Motorik Kasar
|
•
Secara umum
Menunjukkan
kemampuan ketelitian dan dapat
mengontrol, melakukan sedikit kesalahan
•
Secara
khusus
Dapt
mengurus diri sendiri antara lain makan, berpakaian, mandi dan menyisir
rambut, mencuci
tangan dan dapat mengikat tali sepatu sendiri
•
Dapat membuat bentuk dengan menggunakan tanah liat
plastisin seperti kue dan cacing
•
Meniru membuat garis tegak, datar dan lingkaran
•
Meniru melipat garis sederhana
•
Menggambar orang terdiri dari dua bagian (badan
dan kepala)
•
Meniru melipat kertas sederhana
•
Belajar menggunting
•
Menyusun menara kubus
|
Ø Berjalan
Berjalan seolah orang dewasa melompat dengan satu kaki secara bergantian
Ø Berlari
Menunjukkan kematangan berlari,
jarang terjatuh, memperlihatkan kecepatan yang semakin bertambah dan dapat mengendalikan
Ø Melompat
Lompatan panjang, tinggi, dan jauh
Ø Memanjat
Menunjukkan kematangan memanjat
seperti cara orang dewasa
|
Komentar
Posting Komentar