Makalah “ KESEHATAN DAN GIZI AUD “





TUGAS AHIR SEMESTER
“ KESEHATAN DAN GIZI AUD “
Dosen Pengampu
YUDESTA ERFAYLIANA M.Pd
DI SUSUN OLEH :
Nama              :           ZAIDAH
Npm                :           1411070236
Fakultas         :           Tarbiyah
Jurusan          :           PGRA (D)






INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAl TAHUN AKADEMIK 2014/2015

KATA PENGANTAR
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Dengan menyebut nama allah yang maha pengasih lagi maha penyayang , Alhamdulillah segala puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan taufiq dan innayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah ini yang berjudul : “ KESEHATAN DAN GIZI AUD “
Dalam makalah ini membahas tentang kesehatan dan gizi yang baik untuk anak usia dini, dan makalah ini ditulis oleh penulis sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas-tugas yang diberikan oleh dosen yang bersangkutan dengan mata kuliyah agar dapat menambah nilai dalam perkuliyahan kesehatan dan gizi AUD.
Dalam upaya penyelesaian makalah ini, penulis telah mengerjakannya dengan semaksimal mungkin. Oleh karena itu penulis sangat bengharap agar tugas pembuatan makalah ini dapat diterima dengan baik.
Dengan penuh kerendahan hati, penulis menyadari bahwa isi maupun penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu penulis tidak menutup kepada pembaca untuk memberikan segala bentuk kritikan atau saran yang bersifat membangun.
Akhir kata mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
Wassalamualaikum wr.wb
                                                                                    Bandar Lampung,  Mei 2015
                                                                                                 Penulis
                                                                                                ZAIDAH
                                                                             NPM :1411070236

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..................................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................................... ii
BAB I................................................................................................................................ 1
PENDAHULUAN.............................................................................................................
BAB II................................................................................................................................
 PEMBAHASAN...............................................................................................................
A.    HAKEKAT DAN KESEHATAN ANAK  USIA DINI.................................
B.     PENGERTIAN SEHAT DAN SAKIT............................................................
1.      Pengertian Sehat..............................................................................
2.      pengertian sakit ...............................................................................
C.     KESEHATAN PRIBADI  (PERSONAL HIGENE)......................................
D.    PENGERTIAN HIDUP SEHAT DAN
 LINGKUNGAN SEHAT DISEKOLAH.......................................................
E.     HIDUP SEHAT DAN LINGKUNGAN SEHAT
DILUAR SEKOLAH.......................................................................................
F.      KONSEP PENYAKIT.....................................................................................
1.      PENYAKIT MENULAR...............................................................
2.      PENYAKIT TIDAK MENULAR.................................................
G.    UKS DAN PENANGANANNYA..................................................................
H.    IMUNISASI DAN P3K...................................................................................
I.       GIZI..................................................................................................................
BAB III...............................................................................................................................
KESIMPULAN............................................................................................................. 36



BAB II
PEMBAHASAN


A.    HAKEKAT DAN KESEHATAN ANAK  USIA DINI

Usia lahir sampai memasuki pendidikan dasar merupakan masa keemasan ( Golden Age) sekaligus masa kritis dalam tahapan kehidupan manusia yang akan menentukan perkembangan selanjutnya. Layanan pendidikan bagi anak usia dini merupakan bagian dari pencapaian tujuan pendidikan nasional sebagaimana diatur dalam UU Sistem Pendidikan Nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Ynga Maha Esa dn berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Pendidikan bagi anak usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan dan memberi kegiatan pembelajaran yang menghasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak. (depag RI,2003:1)

Oleh karena itu pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan dan daya cipta, kecerdasan emosi, jamak dan spirutual.

Karakteristik anak usia dini adalah aktif melakukan berbagai eksplorasi dalam kegiatan bermain, maka sesuai dengan karakteristiknya tersebut proses pembelajarannya ditekankan pada aktivitas dalam bentuk belajar sambil bermain menekankan pada pengembangan potensi dibidang fisik, intelegensi, sosial, emosional, bahasa dan komunikasi menjadi kompotisi/kemampuan yang secara aktual dimiliki anak.




B.     PENGERTIAN SEHAT DAN SAKIT
            Keadaan sehat dan sakit yaitu suatu hal yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari dan kita tidak akan terlepas dari kedua hal tersebut. Karena memang manusia juga tidak akan selamanya sehat, terkadang sakit atau kondisi tubuh sedang kurang fit sehingga tubuh akan mudah terserang penyakit. Karena itulah kita juga perlu mengetahui akan konsep sehat dan sakit yang benar sehingga dari hal ini kita akan menyadari akan pentingnya manfaat bagi kehidupan.
Hidup sehat dan menjaga kesehatan akan sangat berarti dan juga berdampak banyak dalam menunjang segala aktifitas kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Baik itu dalam lingkup pekerjaan kita maupun pada kehidupan bersosial kita dengan masyarakat lingkungan sekitar rumah kediaman kita masing-masing. Untuk itu seorang pakar  
Hamizan  akan berbagi sedikit mengenai hal tersebut.

Konsep Sehat
Kesehatan adalah merupakan suatu pandangan akan kondisi yang fleksibel antara kesehatan badan jasmani dengan kesehatan mental rohani yang dibedakan dalam sebuah rentang yang selalu berfluktuasi atau berayun mendekati dan menjauhi puncak kebahagiaan hidup dari keadaan sehat yang sempurna. Sehat tidak dapat diartikan sesuatu yang statis, menetap pada kondisi tertentu, tetapi sehat harus dipandang sesuatu fenomena yang dinamis.

Pengertian konsep sehat menurut WHO adalah merupakan suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Sehingga makna kesehatan secara umum adalah merupakan keadaan sehat baik dalam hal fisik mental serta sosial. Maka bila saja ada kekurangan dalam satu hal saja, misal ada gangguan mental, maka seseorang tidak dapat dikatakan sebagai manusia individu yang sehat. Untuk itulah penting juga akan arti sehat mental psikologis bagi kita semuanya.

Dewasa ini seseorang dikatakan sehat banyak diartikan dalam kadar dan taraf tingkatan yang normal atau lazim yang terjadi pada individu yang artinya bahwa individu seseorang tidak merasakan keluhan atau pun gejala penyakit atau kurang sehat. Adapun sebaliknya keadaan sakit pada umumnya diartikan suatu keadaan yang tidak normal atau lazim pada diri seseorang. Contohnya saja bila seseorang mempunyai keluhan pusing yang tidak tertahankan, panas, dan lain sebagainya.
1.      Pengertian Sehat
Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan arti makna dan definisi sehat sakit dari beberapa ahli kesehatan.
Pengertian sehat antara lain dikemukakan oleh :
  • Menurut Undang-Undang Kesehatan N0. 23/1992 yang dimaksud dengan kesehatan adalah suatu keadaan sejahtera dari badan (jasmani), jiwa (rohani) dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
  • Menurut pengertian sehat dari Pender, 1982 yang dimaksud dengan pengertian kesehatan adalah
  • Sehat adalah perwujudan individu yang diperoleh melalui kepuasan dalam berhubungan dengan orang lain (aktualisasi). Perilaku yang sesuai dengan tujuan, perawatan diri yang kompeten sedangkan penyesuaian diperlukan untuk mempertahankan stabilitas dan integritas struktural.
  • Sedangkan menurut Paune tahun 1983 pengertian makna sehat adalah fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri (self care Resouces) yang menjamin tindakan untuk perawatan diri (self care actions) secara adekuat. Self care Resouces : mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap. Self care Actions merupakan perilaku yang sesuai dengan tujuan diperlukan untuk memperoleh, mempertahankan dan meningkatkan fungsi psikososial dan spiritual.
Itulah beberapa makna arti dari sehat dan kesehatan berdasarkan UU dan juga ahli-ahli  kesehatan.
Dan dari pendapat diatas saya menyimpulkan bahwa sehat itu adalah suatu keadaan sejahtra  dari badan, jiwa dan sosial.kesehatan itu pun  tidak hanya berbentuk fisik. Ada tiga jenis yang   dimaksud sehat yaitu :


1.      Kesehatan jasmani
Kesehatan jasmani yaitu kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, sehingga masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmatiwaktu senggangnya atau untuk keperluan mendadak dengan kata lain kesegaran jasmani dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menunaikan tugas dengan baik walaupun dalam keadaan sukar. Fungsi dari kesegran jasmani yaitu meningkatkan kemampuan kerjabagi siapapun yang memilikinya sehingga dapat melaksanakan tugas-tugasnya secara optimal untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Fungsi khusus dari kebugaran jasmani dapat di bagi menjadi tiga yaitu :
a)      Golongan pertama yang berdasarkan pekerjaan
b)      Golongan berdasarkan keadaan
c)      Golongan ketiga berdasarkan umur
Komponen-komponen kesegaran jasmani yaitu :
a)      Kesegaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan (healtah related fitness): terdiri dari daya tahan jantung paru (cardiorespiatory), kekuatan otot, daya tahan otot, fleksibilitas dan komposisi tubuh.
b)      Kesegaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan (skill related): terdiri dari kecepatan, power keseimbangan, kelincahan, koordinasi dan kecepatan reaksi.

Cara meningkatkan kesegaran jasmani salah satu caranya adalah dengan melakukan latihan fisik atau latihan jasmani. Untuk memenuhi cara meningkatkan kesegaran jasmani yaitu :
a)      Intensitas latihan
b)      Lamanya latihan
c)      Takaran latihan
Contoh kesehatan jasmani yaitu : orang yang tidak sakit atau tidak terkena penyakit apapun.
2.      Kesehatan rohani
Kesehatan rohani yaitu yang berhubungan dengan hati seseorang atau batin orang. Orang yang sehat secara rohani berarti tidak sakit hati atau memiliki perasaan bahagia.
Contoh sehat rohani yaitu : berhubungan dengan hal-hal yang berbau agama. Seseorang yang sering melakukan kegiatan ibadah  bisa dikatakan sebagai sehat rohani. Orang yang sehat rohani akan melakukan segala sesuatu hal yang positif , baik, dan berguna. Orang yang sehat rohaninya juga akan membantu orang lain dan sesama yang membutuhkan bantuan.
3.      Kesehatan sosial
Kesehatan sosial yaitu dimana seseorang dapat bergaul dengan orang lain, bagaimana orang lain berinteraksi dengan dia, dan bagaimana ia berinteraksi dengan lembaga-lembaga sosial dan adat-istiadat masyarakat.
Cara menjaga kesehatan pada anak atau diri sendiri yaitu :
a)      Pola makan yang teratur
b)      Pola makan yang sehat (memenuhi 4 sehat 5 sempurna)
c)      Istirahat yang cukup (jangan tidur malam)
d)     Dan olahraga
Cara hidup sehat yaitu :
a)      Mencuci tangan sebelum makan
b)      Mencuci kaki sebelum tidur
c)      Tidur jangan terlalu malam
d)     Helasri dan barang candu

2.      pengertian sakit
sakit adalah sebagai suatu keadaan yang tidak menyenangkan yang menimpa seseorang sehingga seseorang menimbulkan gangguan aktivitas sehari-hari baik itu dalam aktivitas jasmani, rohani dan sosial.
  • sakit adalah merupakan suatu keadaan dari badan atau sebagian dari organ badan dimana fungsinya terganggu atau menyimpang.
  • Sakit adalah merupakan ketidak seimbangan dari kondisi normal tubuh manusia diantaranya sistem biologik dan kondisi penyesuaian.

C.    KESEHATAN PRIBADI  (PERSONAL HIGENE)
Kesehatan pribadi adalah badan diri seseorang yang bersih dari segala  penyakit yaitu berasal dari dalam tubuh manusia maupun luar. Pribadi yang sehat bisa dikatakan sehat apa bila dalam dan luar diri seseorang terbebas dari penyakit. Yang termasuk dalam kesehatan pribadi yaitu :
1)      Kesehatan kulit
Untuk menjaga kesehatan kulit agar selalu bersih adalah dengan mandi minimal 2 kali sehari, dan sebaiknya mandi menggunakan sabun.
2)      Kesehatan rambut
Dilakukan dengan kramas minimal seminggu sekali dengan menggunakan shampo atau perawatan lainnya.
3)      Kebersihan kuku
Sebaiknya bagi anak-anak didik memotong kukunya pendek, dilakukan seminggu sekali dan dibersihkan dengan sehat yang lembut dipingir daun kuku.
4)      Kebersihan mata
Membersihkan mata dengan air bersih atau boorwater secara rutin adalah kebiasaan yang baikagar terhindar dari penyakit yang menyerang mata. Beberapa penyakit mata yaitu :
a)      Alergi mata
b)      Gangguan visus
c)      Kujungtivitis
d)     Luka pada mata
e)      Saluran air mata resubat
5)      Kebersihan rongga mulut dan gigi
Dilakukan dengan berkumur dan sikat gigi. Menyikat gigi dengan odol dan pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan bulu yang lunak. Menyikat gigi dilakukan sesudah makan dan sebelun tidur malam hsari
6)      Kebersihan telinga
Membersihkan telinga sebaiknya dengan air yang masak yang dingin atau dengan obat tetes telinga. Penyakit pada telinga yaitu :
a)      Congek ditelinga
b)      Gangguan pada lubang anting
c)      Nyeri telinga
d)     Telinga perenang
7)      Kebersihan hidung
Hidung dibersihkan menggunakan kain halus atau menghirup air lalu disemprotkan keluar. Penyakit hidung diantaranya adalah :
a)      Mimisan
b)      Dan simusitis
8)      Kebersihan tangan dan kaki
Memcuci tangan sebelum makan dan mencuci kaki sesudah bermain atau kerja dan sebelum tidur
9)      Pemeliharaan pakaian
Pakaian yang memenuhi syarat kesehatan yaitu :
a)      Tidak merusak kulit
b)      Tidak terlalu sempit dan longgar
c)      Mudah dicuci dan dirapikan
d)     Warna sesuai dengan warna kulit usia pemakai
e)      Pakaian yang habis di pakai dicuci
f)       Sepatu atau sandal selalu dibersihkan
g)      Jangan menaruh pakaian kedalam lemari
h)      Sediakan khusus untuk baju, topi dan sepatu
i)        Kosongkan saku-saku
j)        Pakaian yang disimpan selalu bersih dan kering
10)  Makan dan minum yang sehat
Fungsi makan bukan hanya untuk mengenyangkan perut saja tetapi yang lebih utama adalah untuk mendapatkan tenaga , mendapatkan zat-zat tubuh, mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta untuk menjamin kelancaran untuk makan proses yang terjadi didalam tubuh.


D.    PENGERTIAN HIDUP SEHAT DAN LINGKUNGAN SEHAT DISEKOLAH

Ø  Pengertian hidup sehat
Pengertian hidup sehat menurut para ahli yaitu :
·         Kottler : pola hidup sehat sebagai gambaran dari aktivitas/kegiatan yang didukung oleh munat keinginan dan bagaimana pikiran dalam menjalaninya dalam berinteraksi dengan lingkungan.
·         WHO : pola hidup sehat sebagai suatu keadaan dimana mental, fisik, kesejahtraan sosial dan bukan hanya ketidakadaan penyakit kepada seluruh manusia.
·         Wikipedia : pola hidup sehat sebagai suatu kesejahtraan pada badan, jiwa serta sosial yang memungkinkan individu hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
Menjalani pola hidup sehat yaitu dengan cara mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung banyak vitamin, menjaga pola tidur yang cukup, berolahraga dengan rutin
·         Hidup sehat di sekolah (PHBS)
prilaku hidup bersih dan sehat disekolah yaitu sekumpulan prilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.
Ada beberapa indikator yan dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS disekolah yaitu :
a)      Mencuci tangan dengan air yang mngalir dan menggunakan sabun
b)      Mengonumsi jajanan sehat dikantin sekolah
c)      Menggunakan jaban yang bersih dan sehat
d)     Olahraga yang teratur dan terukur
e)      Memberantas jentik nyamuk
f)       Tidak merokok disekolah
g)      Menimbang berat badan, mengukur tinggi badan setiap 6 bulan
h)      Membuang sampah pada tempatnya

PHBS ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan , kelompok, keluarga dengan membuka jalur komunikasi, informasi, dan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan prilaku sehingga masyarakat sadar, mau dan mampu menpraktekkan prilaku hidup bersih dan sehat melalui pendekatan pimpinan (advocaci), bina sosial (sosial support), dan pmberdaya masyarakat (empowerment). Dengan demikian untuk menjaga kebersihan diri harus diajari sejak usia dini agar kelak selalu hdup sehat.

Faktor yang mempengaruhi prilaku hidup sehat yaitu :
a)      Prilaku terhadap makan dan minuman
Tubuh manusia tumbuh karena danya zat-zat yang berasal dari makanan. Oleh sebab itu untuk dapat melangsungkan hidup manusia mutlak memerlikam makanan. Dengan adanya variasi makanan sangat memegang peranan penting dalam pertumuhan dan perkembangan. Semakin banyak variasi bahan makanan yang masuk kedalam tubuh maka akan semakin anyak pula zat dan gizi yang masuk kedalam tubuh.
b)      Prilaku terhadap kebersihan diri sendiri
Upaya yang paling utama agar seseorang tetap dalam keadaan sehat adalah menjaga kebersihan diri sendiri. Tujuan menjaga kebersihn diri sendiri adalah agar seseorang mengetahui 17 efisien tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti.
                        Kriteria lingkungan sekolah sehat TK/RA
Lingkungan sekolah sehat adalah suatu kondisi yang dapat mendukung tumbuh kembang peserta didik secara optimal dan membentuk  prilaku hidup sehat serta terhindar dari pemgaruh negatif. Pembinaan lingkungan sehat dilakukan oleh :
·         Kepala sekolah
·         Guru
·         Peserta didik
·         Pegawai sekolah
·         Komite sekolah
·         Masyarakat
Ada pin strata lingkungan sehat yaitu :
a.       Strata minimal
Air bersih, tempat cuci tangan, WC yang berfungsi, tempat sampah dan tempat bermain.
b.      Strata standar
Memenuhi strata minimal, memiliki pagar, penghijauan/pemandangan, air bersih yang cukup, halam bermain yang nyaman uks tersendiri dengan peralatan sederhana, bebas jentik dan bebeas dari rokok.
c.       Strata optimal
Tempat cuci tangan dengan air mengalir, tempat sampah disetiap lokal dan penampungan sampah akhir sekolah, wc guru dan murid dengan memenuhi syarat kebersihan.
d.      Strata paripurna
Memenihi dari strata optimal.


E.     HIDUP SEHAT DAN LINGKUNGAN SEHAT DILUAR SEKOLAH
Sistem pendidikan luar sekolah para ahli yaitu :
·         Cambel (1979:3) sistem adalah komponen-komponen atau bagian-bagian yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan.
·         Soenardi ronowisroyo (1982:71) adalah sekelompok komponen yang berkaita satu dengan yang lainnya sehingga keseluruhannya mampu melakukan fungsi-fuungsi tertentu.
                                                  
Pendidikan luar sekolah mempunyai komponen-komponen yang saling berkaitandan saling mendukung  antara yang satu dan yang lainnya. Sudjana (1989:50) menggambarkan hubungan fungsional antara komponen-komponen tersebut .
Masukkan saran, (intrumntal input)meliputi keselurihan sumber dan fasilitas yang memungkinkn atau kelompok melakukan kegiatan belajar. Masukan mentah, (raw input) yaitu peserta didik dengan berbagai karakteristiknya. Masukan lingkungan (environmental input) yaitu faktor lingkungannya program pendidkan. Proses menyangkut interaksi antara masukan sarana dan peserta didk (masukan mentah), keluaran, (out put) yaitu kuantitaslulusan yang disertai kualitas perubahan tingkah laku yang didapat melalui kegiatan belajar mmbelajarkan. Masukan lainnya (other) adalah daya dukug lainnya yang memungkinkan para peserta didik dan lulusan dapat menggunakan kemampuan yang telah memiliki untuk kemajuan hidupnya. Pengaruh , (impact);menyangkut hasil yang dicapai peserta didik.
Dalampelaksanaan keterampilan pendidkan luar sekolahtetap mengacu pada tujuh komponen pendidkan luar sekolah.
Kelestarian alam dan lingkungannya
1.      tenciptakan alam semesta ini adalah untuk dimanfaatkan semua mahkluknya antara lain oleh manusia. Pemanfaatan ini harus berlandaskan azas
2.      lestari, maksudnya disamping pemanfaatan untuk manusia sendiri , makhluk lain, anak cucu juga memperhatikan kelestarian alam itu sendiri.
Kegiatan dialam terbuka mempunyai hubungan timbal balik dengan kelestarian alam dan lingkungan hidup yang saling mempengaruhi perkembangan masing-masing. Kegiatan dialam terbuka harus positif, minimal yang dapat dilakukan adalah tidak melakukan pengotoran, pengrusakan, dan pemusnahan terhadap modal kekayaan dan keadaan alam.
Maksud kegiatan yang dilakukan dialam terbuka yaitu:
1.      Mendekatkan diri pada Tuhan, pencipta alam semesta
2.      Mengagumi dan mencintai keindahan tanah air sendiri
3.      Membina kesehatan dan kesegaran fisik, mental, emosional, dan sosial
4.      Mendapatkan kegembiraan dan kepuasan
5.      Mengendorkan ketegangan jiwa dan jasmani agar kelelahan dan kemerosotan semangat kerja dan berkarya dapat dihindari.
6.      Mempertebal keakraban dan kerjasama
7.      Melatih ketajaman panca indera dan mempertahankan keseimbangan pertumbuhan
8.      Meningkatkan rasa percaya diri, ulet, tabah dalam menghadapi setiap tantangan.
9.      Meningkatkan kemampuan, kemajuan dan keterampilan
10.  Meningkatkan disiplin dan rasa tanggung jawab
11.  Mengisi waktu luang dan liburan

F.     KONSEP PENYAKIT

Penyakit adalah suatu kondisi up normal yang menyerang tubuh sehingga ubuh tidak mampu menjalankan fungsinya sebagai mana mstinya. Itu disebabkan karena kodisi badan yang kurang fit atau daya tahan tuuh yang lemah, sehingga tubuh mudah terserang penyakit yang disebkan oleh virus , bakteri, kuman, kegagalan organ, dan disebabkan oleh keturnan (diabetes, jantung, asma).
Penyakit bisa menyerang siapa saja, dimana saja, dan kapan saja terutama bagi anak usia dini. Jadi kita sebagai orang tua harus berperan penting untuk menjaga kesehatan anak, karena pertahanan tubuh anak lebih rentang dan lebih sensitif dengan penyakit.

·         Jenis-jenis penyakit

Ø  Penyakit menular
Penyakit menular adalah penyakit yang dapat berpindah dari satu orang keorang lain. Penularan penyakit ini biasanya terjadi bila terjadi kontak antara orang yang sakit dengan orang lain. Bisa juga terjadi secara lansung maupun melalui peranan. Biasanya sifat dari penyakit menular adalah akut, berdurasi pendek dan biasanya disebabkan oleh potagen.
Jenis penyakit yang sering terjadi pada anak yaitu :
1.      Flu atau influenza, penyebabnya adalah virus influenza. Gejalanya diawali batuk pilek, demam/panas tinggi, anak menggigil, sakit tenggorokan, otot pegal-pegal dan mata terasa panas dan merah.

Penanganan:
Penyakit ini biasanya akan sembuh tersendirinya. Asalkan  anak beristirahat banyak, mengonsumsi vitamin C dan diberi minum yang banyak.

Pencegahan:
Mengingat virus flu menular lewat udara maupun bersin, maka sebaiknya menggunakan masker sehingga virus tidak menular melalui udara maupun percikan ludah.
Gejala :
·         Bersin
·         Pembengkakkan seliput lendir
·         Keluarnya cairan hidung
·         Mata gatal dan berair
·         Nafas berbunyi seperti asma
·         Batuk biasa bisa bertambah parah
·         Adanya tarikan napas panjang berbunyi , bahkan diahiri dengan muntah

2.      Cacar air
Rendahnya daya tahan tubuh anak akan menyebabkan  mudah tertlar penyakit termasuk cacar air (varisela) atau chiken foxs yakni sejenis penyakit kulit disebabkan oleh virus varisela zonter. Melaui udara virus masuk ke dalam tubuh anak mencai kelenjr getah beningdidaerah dagu, leher dan ketiak untuk berkembang dan masuk peredaran darah. Bila virus menyerang mata akan merah dan berair yang timbul gelembung kecil, cacar air ditemui berupa gelembung-gelembung kecil pada seliput lendirmulut dan kerongkong yang menyebabkan rasa sakitpada waktu menelan, cacar air pada kulit tidak timbul serentak mula-mula tampak bercak-bercak kemerahan serta rasa gatal yang diikuti bintil-bintil, dan gelembung-gelembung berair. Gelembung ini mula-mulanya kecil dan berisi cairan jernih tetapi cairan ini lama-kelamaan berwarna keruh dan bagian tengah gelembung berwarna cekung. Cacar air biasanya tejadi berkisar antara 7-14 hari, lebih banyak berkumpul pada peut, punggung lalu kewajah lengan tungkai dan telapak kaki dan tangan.

Gejala:
Cacar air di mulai dengan kondisi tubuh yang tidak nyaman, muncul raum, dan terkadang suhu tubuh edikit meningkat (diatas 37 C). Setelah satu atau ua hari, muncul bimtik-bintik merah dan menjadi lepuhan yang berisi air.

            Perawatan:
Ketika anak terserang penyakit ini jika ia merasa gatal mandikan ia dengan air angat kuku sedikit diberi soda yang akan meredakan gatalnya., kenakan anak dengan pakain yang longgar yang berkain halus dan lembut. Untuk sementara waktu anak jangan dipakai kan popok terlebih dahulu untuk mengurangi rasa gatalnya.
Upaya supaya anak jangan terkena infeksi jangan biarkan anak untyk bermain diluar yang akan menyeabkan gelembung-gelembungnya akan pecah.

Pencegahan:
Cegah dengan vaksinasi. Jika anak terkena cacar setelah diberi vaksinasi kemungkinan cacarnya tidak akan parah
3.      Camapak
Campak merupakan penyakit yang menular pada anak sepanajng tahun  tanpa musim.penyakit campak atau bisa disebut dengan tampek mudah sekali menular. Penyakit ini biasany hanya terena sekali dalam seumur hidup. Ketika anak sewaktu kecil maka klak sudah besar sudah tidak akan terkena lagi.

Gejala:
Campk diawali dengan flu berat, mata berair, bercak putih-putih pada mulut (bintik komplik), anak merasa tidak nyaman, demam tinggi, sulit melihat cahaya terang, ruam muncul setelah 3-4 hati di belakang telinga kemudian akan menyebar keseliruh tubuh mulailah akan muncul bintik-bintik merah tetapi tidak gatal.

Perawatan:
Beri anak minum yang cukup banyak dengan air hangat untuk meredakan batuk dan beri parasetamol untuk menuunkan panas. Dengan menggunakan vaselin akan melindungi kulit bibir, basuk kerak pada kulit mata, dan gelapkan kamar jika menganggunya.

Pencegahan:
Lakukan imunisasi pada anak. Memang tidak meyakinkan sekali tetapi setidaknya jika anak terkena campak tidak akan terlalu parah.

4.      Demam berdarah
Penyakit ini merupakan penyakit yang infeksi yang bisa berakibat fatal dalam waktu yang relatif singkat. Demam berdarah tidak menular melalui kontak manusia secara lansung tetapi dapat ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypti betina yang menyimpan virus pada telurnya kemudia akan menular kemanusia lainnya melalui gigtannya.

Gejala:
Demam secara tiba-tiba, sakit kepala berat, sakit pada sendi dan otot, serta timbul bintik-bintik merah pada kulit.

Pencegahan:
Lakukan penyemprotan dilingkungan rumah  dan masyarakat , membersihkan saluran air, menutup tempat penyimpanan air, menguras bak mandi, serta mengubur barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai



5.      Polio
Polio adalah penyakit menular yang dikatagorikan sebagai penyakit peradaban. Polio menular melalui kontak manusia. Virus masuk kedalam tubuh manusia ketika seseorang memakan makanan atau minuman yang terkontaminasi feses. Voliovirus adalah virus RNA kecil yang terdiri atas tiga srain berbrda dan amat menular.virus akan menyerang saraf dan kelumpuhan dapat tejadi dalam hitungan jam.
Polio menyerang tanpa mengenal usia, lima puluh persen polio terjadi pada anak yang berusia 3 tahun.polio bisa menyebar secara diam-dim karena polio tidak mempunyai gejala. Pada saat virus keluar melalui fases itulah terjadinya penularan.

6.      Diare
Diare ini biasanya disebabkab anak yang suka jajan sembarangan. Gejala diare ini buang air besar lebih dari 3 kali sehari, perut jadi mules, terkadang juga suhu badan yang meningkat. Cara mengatasi diare adalah dengan memberi cairan yang banyak, kecuali susu dan sari buah.

Ø  Penyakit tidak menular
Penyakit tidak menular adalah penyakit yang tidak dapat menular dari satu orang keorang lain.
Contoh penyakit yang tidak menular yaitu :
a.       Kerusakan gigi
Kerusakan gigi pada anak-anak biasanya disebabkan karena anak suka mengonsumsi permen, coklat dan segala bagainya dan anak tersebut malas membersihkan giginya sehingga giginya rusak.

b.      Biang keringat
Aktivitas anak-anak yang senang bergerak memancing keluarnya keringat, banyak keringat yang keluar  bisa mengakibatkan biang keringat yang bisa menganggu kegiatan aktivitasnya. Biang keringat muncul akibat adanya sumbatan pada saluran keluar kelenjar keringat.. kumpulan keringat yang terkumpul inilah akan menyebabkan bintil-bintil merah yang akan menjadi gatal. Cara mengatasi anak yang terkna penyakit biang keringat ini adalah mdengan cara mandikan anak dengan air dingin lalu keringkan dan beri bedak bayi pada tubuh yang terkena infeksi.

c.       Demam
Demamini ditandai engan suhu badan yang meningkat drastis. Dan ini merupkan gejala yang meganggu kshatan pada anak.
d.      Jantung
e.       Jerawat
f.       Penyakit pada kulit kecuali yang satu darah

Ø  Cara mencegah penyakit pada anak yaitu dengan cara memelihara kesehatan pada anak dengan baik dengan menerapkan PHBS yang sesuai dengan standard dinaas kesehatan.pemberian imunisasi pada anak harus dilakukan dengan baik dan benar dan secara teliti sejak bayi berumur 2 tahun dengan menyuntik dan minum sirup polio srta anak harus disuntik tetanus agar terbentuk kekebalan yang lengkap dan penuh.
Imunisasi dapat diberikan pada bayi itu sebanyak 6 kali yaitu :
1.      Umur 0 bln (HB 1, BCG, polio 1)
2.      Umur 2 bln (HB2, DPT 1, polio2)
3.      Umur 3 bln (DPT2, polio3)
4.      Umur 4 bln (DPT3, polio4)
5.      Umur 6 bln (HB 3)
6.      Umur 9 bln (campak)





G.    UKS DAN PENANGANANNYA

Usaha kesehatan sekolah (UKS) upaya pelayanan ksehatan yang terdapat disekolah, guna menolong murid dan juga warga sekolah yang sakit dikawasan sekolah lingkungan sekolah. UKS biasanya dilakukan ruang kesehatan suatu sekolah. UKS tidak hanya menangani murid yang mengalami kecelakaan ringan disekolah (upaya penolongan pertama pada kecelakaan), melayani kesehatn dasar bagi murid selama sekolah (pemberian imunisasi), pemantauan pertumbuhan anak. Tetapi juga mengajarkan anak hal-hal kecil namun penting bagi siswa, seperti mencuci tangan dengan sebelum makan dan sesudahnya, dan prilaku-prilaku yang dapat membentuk kebiasaan sehat bagi anak. Hal tersebut perlu dilakukan karena UKS merupakan upaya terpadu lintas program dan sekrol untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat.

Ø  Perkembangan UKS
a.       Kegiatan UKS sebelum tahun 1990
Pemantauan pertumbhan status dan gizi . ilustrasi kegiatan UKS sebelun taun 1990 dapat dijadikan cermin evaluasi kegiatan pada institusi sekolah untuk anak usia 6-12 tahun. Banyak kegiatan yang telah dilakukan tetapi hampir tidak ada kelanjutan. Kegiatan yang dilakukan sebelum tahun 1990 yaitu :
·         Pengukuran tinggi badan masih menggunakan meteran dinding sementara itu pengukuran berat badan sudah menggunakan timbangan injak. Dan semua hasil pengukiran di catat dalam buku panjang karena belum ada KMS untuk anak sekolah (KMS-AS)
·         Masih banyak anak TK/RA yang belum mempunyai KMS anak sekolah.
·         Kesehatan anak sekolah tidak dapat diketahui secara pasti apa lagi akan selalu dipantau terus kesehatannya.

UKS adalah kegiatan yang sangat bagus dan relevan dari sekolah yang akan berhasil guna baik dalam jangka waktu dekat maupun jangka waktu panjang. Upaya penanganan gizi adalah upaya lintas sektor, dimana melibatkan banyak institusi, termasuk lembaga pendidikan.
Status gizi adalah suatu keadaan/kondisi yang bersifat dinamis, dimana merupakan akibat dari faktor ganda yang terutama dari faktor keseimbangan antara asupan dan kebutuhan zat gizi.
UKS biasanya memiliki pedoman yaitu pendidikan, kesehatan, pelayanan dan pembinaan sekolah lingkungan sehat. Strategi yang diperlukan secara lansung  untuk mendukung kegiatan pendayagunaan KMS-AS di UKS adalah :
1.      Pelatihan petugas UKS dan guru UKS agar lebih teramil dalam pengukuran antripometri dan pemeriksan kesehatan pada fisik anak usia sekolah
2.      Pelatihan petugas UKS dan guru UKS tentang pengisisan KMS-AS yang akuran.
3.      Perbaikan semua alat pendukung pengukuran antropometri (timbangan, mikrotoise, mit-line lingkar langan/lingkar kepala dll).
4.      Memberikan pelatihan non-kurikuler kepada anak didik tentang bagaimana melakukan penimbangan dan pengukran tinggi badan yang benar.


Ø  Dukungan UKS terhadap pengendalian penyakit pada usia anak-anak
·         Pendidikan kesehatan disekolah
Pendidikan kesehatan disekolah dasar dapat dilakukan berupa kegiatan intrakulikuler, kegiatan ekstrakulikuler an penyuluhan kesehatan dari petugas kesehatan puskesmas.

·         Tujuan pendidikan kesehatan yaitu :
a.       Memiliki pengetahuan tentang ilmu kesehatan termasuk cara hidup sehat dan teratur
b.      Memiliki nilai dan sikap yang positif terhadap prinsip hidup sehat
c.       Memiliki keterampilan dalam melaksanakan hal yang berkaitan dengan pemeliharaan pertolongan dan peralatan kesehatan.
d.      Memiliki kemampuan dan keterampilan untuk berlaku hidup sehat dalam kehidupan hari-hati
e.       Memiliki kesegaran jasmani dan kesehatan optimal seta mempunyai daya tahan tubuh yang baik terhadap penyakit.

·         Pemeliharaan kesehatan sekolah
Pemeliharaan kesehatan sekolah untuk tingkat sekolah dasar, dimaksudkan untuk memelihara, meningkatkan dan menemukan secara dini gangguan ksehatan yang mungkin terjadi terhadap peserta didik maupun gurunya.
Pemeliharaan kesehatan disekolah dilakukan oleh petugas puskesmas yang merupakan tim yang dibentuk seorang kooordinator usaha kesehatan sekolah yang terdiri dari doktr, perawat, juru imunisasi dsb.

Pelayanan kesehatan ini dilaksanakan dengan kegiatan koprehensif yang meliputu :
a.       Kegiatan peningkatan kesehatan (promotif) yang berperan didalamnya yaitu :
1.      Dokter kecil
2.      Kader kesehatan remaja
3.      Palang merah remaja
4.      Pembinaan warung sekolah sehat
5.      Pembinaan lingkungan sekolah yang terpelihara dan bebas dari faktor penyakit
6.      Pembinaan prilaku hidup bersih dan sehat
b.      Kegiatan pencegahan (prefentif) yaitu :
1.      Pemeliharaan kesehatan yang bersifat umum maupun yang khusus untuk penyakit-penyakit tertentu
2.      Penjaringan kesehatan anak sekolah
3.      Memonitor/pemantau pertumbuhan peserta didik
4.      Imunisasi peserta didik
5.      Usaha pencegahan penularan penyakit dengan jalan memberantas sumber infeksi dan pengawasan kebersihan lingkungan sekolah
6.      Konseling kesehatan sekolah
c.       Kegiatan penyembuhan dan pemulihan (kuratif dan rehabilitatif) yaitu :
1.      Diagnosadini
2.      Pengobatan ringan
3.      Pertolongan pertama pada kecelakaan, pertolongan pertama pada penyakit
4.      Rujukan medik

d.      Tujuan pelayanan kesehatan
1.      Supaya peserta didik mmiliki keterampilan dan kemampuan untuk menjalankan tindakan hidup
2.      Supaya peserta didik memiliki daya tahan serta tercegahnya kelainan
3.      Supaya proses penyakit berhenti
4.      Supaya peserta didik sehat mental, fisik maupun soial
Lingkungan  fisik sekolah meliputi :
a.       Penyediaan air bersih
b.      Pemeliharaan penampung air bersih
c.       Pengadaan pembuang sampah
d.      Pengadaan air limbah
e.       Pemeliharaan kakus/WC
f.       Pemeliharaan kamar mandi
g.      Pemeliharaan ruang kelas atau yang lainnya
h.      Pemeliharaan keindahan halam
Lingkungan mental dan sosial meliputi :
a.       Konseling kesehatan
b.      Bakti sosial
c.       PMR, dokter, kader kesehata

Sarana dan prasarana yang terdpat dalam UKS yaitu :
a.       Kondisi ideal: ruang UKS 8x7m
b.      Tempat tidur lengkap
c.       Lemari obat-obatan yang sifatnya emolegency
d.      Timbangan erat badan, pengukur,termometer, steteskop, dll;
e.       Tempat cuci tangan
f.       Dispenser
g.      Poster
h.      Buku administrasi UKS
i.        Alat dan kotak P3K
j.        Toilet
k.      Tandu
l.        Rak sepatu
m.    KMS anak sekolah
n.      Trias UKS
o.      Bendera UKS
p.      Meja dan kursi
q.      Papan data dan informasi
r.        Data tiga tahun sekali
s.       Ruang konseling
Obat-obatan dan peralatan yang ada dilemari/kotak P3K :
a.       Kasa
b.      Kapas
c.       Oralit
d.      Minyak kayu putih
e.       Spalak/bidai
f.       Mitela
g.      Plaster
h.      Revanol
i.        Hendschun


H.    IMUNISASI DAN P3K
·         Imunisasi
Ø  Pengertian imunisasi
Imunisasi merupakan prosedur pencegahan penyakit menular yang diberikan kepada anak sejak masih bayi hingga remaja. Melalui program ini tubuh diprkenelkan dengan bakteri atau virus tertentu yang sudah dilemahkan atau dimatikan dengan tujuan untuk meransang seistem imun guna membentuk antibiodi. Antibiodi yang terbentik setelah imunisasiberuna untuk melindungitubuh dari serangan mokroorgnisme tersebut imasa yang akan datang. Inilah yang disebut dengan kekebalan aktif.

Ø  Efek samping imunisasi
Uunya efek samping imunisasi tergolong ringan, seperti bengkak atau bekas berwarna kemerahandibagian yang disuntik, demam, mual, nyeri, pusing, dan hilang nafsu makan. Untuk efek samping yang tergolong besar seperti kejang, namun hal ini jarang sekali terjadi.

Ø  Jenis-jenis vaksin di indonesia
·         Vaksin hepatitis B
Hepatitis B meupakan satu penyakit infeksi hati berbahaya yang disebabkan oleh firus.
·         Polio
Polio merupakan penyakit virus yang dapat menyebabkan kelempuhan
·         BCG
Vaksin BCG diberikan untuk mencegah penyakit tuberkulosis atau yang lebih dikenal sebagai TBC , penyakit ini menyerang sistem pernafasan dan tergolong berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian.
·         DTP
DTP merupakan jenis vaksin gabungan, vaksin ini diberikan untuk mencegah penyakit difteri, tetanus dan pertusis atau batuk rejang.
·         Dan campak
Campak adalah penyakit virus yang menyebabkan demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan dan ruam.


Imunisasi merupakan investasi kesehatan masa depan karena pencegahan penyakit melalui imunisasi merupakan cara perlindungan terhadap infeksi yang paling efektif dan jauh lebih murah dibanding mengobati seseorang apa bila telah jatuh sakitdan harus dirawat dirumah sakit. Dengan imunisasi anak, anak akan terhindar dari penyakit infeksi berbahaya, maka mereka memiliki kesempatan beraktifitas, bermain, belajar tanpa terganggu masalah kesehatan.

Saat ini imunisasi dilakukan di tempat-tempat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik bersalin, puskesmas, posyandu dan praktek dokter swasta.
·         P3K
Pertolongan pertama pada kecelakaan adalah upaya penyelamatan dasar terhadap korban kecelakaan atau sakit untuk mencegah semakin parahnya kondisi korban. P3K ini bukan untuk menyembuhkan penyakit tetapiyang diderita oleh korban, melainkan hanya penangananpertama yang bisa dilakukanorang disekitar korban sembari mereka menunggu tim medis resmi datang untuk menangani koraban. Pertolongan pertama pada kecelakaan harus dilakukan secara cepat dan tepat, jika tidak maka menyebabkan semakin parahnya kecelakaan atau bahkan ancaman jiwa korban.





Ø  Prinsip dasar P3K
Jangan sanpai anda menjadi korban selanjutnya atau tertular oleh kecelakaan korban sebelumnya. Sering kali saat hendak melakuakan pertolongan pertama penolong menjadi panikdan cendrung kurang sadar dengan kondisi. Pastikan lokasi penolongan pertama dalam kondisi jauh dari resiko.

Gunakan pertolongan pertama yang mudah, cepat dan efisien, jangan coba-coba menjadi pahlawan kesiangan. Bila pertolongan ertama sudah dilakukan oleh tim, maka buat perencanaan yang matang dan bentuk tim menjadi kompak, hindari konflik antara anggota tim yang akan menghancurkan misi dari dalam.

Ø  Langkah-langkah pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K)
1.      Hindari panik
Bertindklah yang cekatan namun tetap fokus dan hati-hati. Apa bila terdapar korban maka klasifikasikan koban berdasarkan tingkat parahnya luka.
2.      Hindari korban dari segala sesuatu yang bisa memperparah keadaan korban
Jauhkan korban dari sesuatu yang bisa memperarah kondisi korban seperti dari asap rokok, benda tajam.

3.      Perhatikan nafas dan denyut nadi korban
Bila nafas korban terganggu atau berhenti maka berikan nafas bantuan. Pendrahan yang berdasarkan dari pembuluh darah besar akan menyebabkan kematian dalam waktu yang sekitar 4 menit. Gunakan sapu tangan atau kain bersih , tekan pada luka dengan kuat, kemudian ikat dengan pengikatagar darah berhenti mengalir .

4.      Perhatika tanda-tanda shock
Telentang korban dengan posisi kepala lebih rendah  dari badan. Jika korban muntah dalam keadaan sadar , telungkapkan korban dengan bagian kepala lebih rendah dari badan, hal ini untik menghindari korban agar tidak muntah darah atau mencegah cairan masuk kedalam paru-paru.



5.      Jangan pindahkan korban dengan tergesa-gesa
Perhatikan tingkat keparaha korban. Jangan lansung main pindah. Tulang patah harus dibidai terlebi dahulu , pendarahan harus dihentikan,  kecuali pada kasus dimana korban harus dipindahkan.

6.       Bawa korban kerumah sakit terdekat
Setelah melakukan P3K seperlunya, maka bawa korban ke UGD  untuk mendapatkan penanganan medis yng lebih serius. UGD rumah sakit adalah sarana untuk menyelamatkan jiwa korban. Bukan sebagai terapi penyembuhan atau terapi dampak kecelakaan.



I.       GIZI
Secara etimologi, kata “gizi berasal dari bahasa Arab “ghidza”, yang berarti “makanan”, menurut dialek mesir, “ghidza” dibaca “ghizi” .

Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absobsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energi.

Ø  Ilmu gizi
Ilmu gizi mendefinisikan sbagai suatu cabang ilmu yang mempelajari proses pangan setelah dikonsumsi oleh manusia, masuk kedalam tubuh, mengalami pencernaan, absobsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme, erta pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat serta gigi yang sehat pula.

Ø  Sejarah ilmu gizi
Ilmu gizi merupakan salah satu ilmu trepan yang berkaitan dengan berbagai ilmu dasar misalnya kimia, biokimia, fisiologi, biologi,  phatologi, ilmu pangan dan lainnya. Oleh karena itu, unyuk menguasai ilmu gizi maka seseorang harus menguasai ilmu yang relevan dengan kebutuhan ilmu gizi. Ilmu kimia dan biokimia berkembang melahirkan ilmu gizi. Antoine leveiser seorang pakar dari pranis dirujuki seabagai bapak kimia moderand berhasil meletakkan dasar ilmu gizi berupa fungsi kimia kimia dan biokimia tubuh manusia, sehingga beliau menyandang predikat sebagai bapak ilmu gizi. Lahirnya ilmu gizi diawali dengan pertemuan tentang hal yang berkaitan dengan penggunaan energy makanan, antara lain meliputi proses pernafasan, kalorimetri dan oksidasi. Penelitia tersebut menggunakan hewan pencobaan yaitu sejenis keliniyang bisa digunakan dalam penelitian biologi. Dapat disimpilkan bahwa pernafasan merupakan proses pembakaran yan sama dengan pembakaran yang terjadi diluar tubuh.

Selanjutnya parra ahli menemukan susunan kimia dalam makanan yang berguna bagikesehatan tubuh yang pada akhirnya dikenal dengan sebagai zat gizi. Pengelompokan zat gizi meliputi protein, karbohidrat, vitamin, lemak, mineral dan air. Samapai saat ini lebih dari 50 senyawa dan unsur telah ditemukan. Senyawa tersebut terdapat berbagai bahan makanan yang diperlukan tubuh untuk hidup sehat. Berbagai penelitian telah dilakukan tentang berbagai kebutuhan zat gizi, juga akibat dari kekurangan maupun kelebihan zat gizi terhadap kesehatan tubuh. Agar tubuh dapat pempertahankan kelansungan hidupnya, maka tubuh tubuh melakukan suatu pemeliharaan dengan mengganti jaringan yang rusak, melakukan kegiatan dan pertumbuhan samapi mencapai usia dewasa. Untuk mencapai ketiga fungsi tersebut, tubuh memerlukan sebagian zat gizi setiap hari melakukan makanan. Bila jumlah zat gizi tersebut tidak terpenuhi atau kelebihan, kesehatan yang optimal tidak akan tercapai.

Percobaan  telah banyak dilakukan pada binatang lain dan tidak sedikit manusia menanggung resiko untuk penemuan-penemuan dibidang ilmu gizi. Oleh sebab itu, prinsip-prinsip ilmu gizi dan mutakhir ibidang gizi digunalkan untuk pemecahan masalah perbaikan gizi, terutama pada kelompok seperti bayi, balita, wanita hamil yang menyusui dan lanjut usia.

Ø  Fungsi dari gizi
·         Meelihara proses tubuh dalam pertumbuhan/perkembangan serta mengganti jaringan tubuh yang rusak
·         Memeperoleh energi guna melakukan kegiatan sehari-hari
·         Mengaur metebolisme dan mengatuer berbagai keseimbangan air, mineral, dan cairan tubuh lainnya
·         Berperan dalam mekanisme pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit (protein)
Setiap orang perlu mengonsumsi aneka ragam makanan; kecuali bayi berumur 0-4 bulan yang cukup mengonsumsi Air Susu Ibu (ASI). Asi adalah satu-stunya makanan tunggal dalam poses tumbuh kembang irinya secara wajar dan sehat.
Makanan yang beranekaragam yaitu makanan yang mengandung zat gizi yang diprlukan tubuh baik kualitas maupun kuantitasnya, dalam pelajaran ilmu gizi biasa isebut triguna makanan yaitu, makanan yang mengandung zat tenaga, pembangun dan pengatur. Aopa bila ada kekurangan atas kelengkapan salah satu izi tertentu pada suatu makanan akan dilengkapi oleh zat gizi seupa dari makanan yang lain.
Makanan sumber zat tenaga antara lain :
·         Beras
·         Jagung
·         Gandum
·         Ubi kayu
·         Ubi jalar
·         Roti
·         Mi

Minyak, margin dan santan yang mengandung lemak juga dapat menghasilkan tenaga. Makanan sumber zat tenaga menunjang aktifitas sehari-hari. Makanan yang mengandung sumber zat pembangun yang berasal dari bahan nabati adalah kacang-kacangan, tempe tahu. Sedangkan yang berasal dari hewan adalah telur, ikan, ayam, daging, susu, serta hasil olahan seperti keju. Zat pembangun berperan sangat penting untuk perumbuhan dan perkembangan kecerdasan seseorang. Makanan sumber zat pengatur adalah semua sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan-makanan ini megandung vitamin dan mineral, yang berperan untuk kelancaran bekerjanya fungsi organ-organ tubuh.
Ø  Gizi dalam ksehatan
Terkait erat denga gizi kesehatan masyarakat adalah kesehatan masyarakat, yang mengacu pada cabang populasi terfokus kesehatan masyarakat yang memantau diet, status gizi dan kesehatan, dan program pangan dan gizi, dan memberikan peran kepemimpinan dan menerapkan publik kesehatan .

Ø  Definisi status gizi
Status gizi adalah expresi dari keadan keseimbangan dalam bentuk variabel tertentu atau dapat dikatakan bahwa status gizi merupakan indikator baik-buruknya penyediaan makanan sehari-hari. Menurut suyatno, Ir.Mkes, status gizi yaitu keadaan yang diakibatkan oleh status keseimbangan antara jumlah asupan (intake) zat gizi dan jumlah yang dibutuhkan (requiremen) oleh tubuh manusia untuk berbagai fungsi biologis: (pertumbuhan fisik, perkembangan, aktivitas, dan pemeliharaan kesehatan)

Ø  Indikator status gizi
Indikator status gizi yaitu tanda-tanda yang dapat memberikan gambaran tentang keadaan keseimbangan asupan dan kebutuhan zat gizi oleh tubuh. Indikator status gizi umunya secara lansung dapat dilihat dari kondisi fisik atau kondisi luar seseorang. Contoh: pertumbuhan fisik-àukuran tubuhàantropometri (berat badan, tinggi badan dan lainnya)

Ø  Faktor yang mempengaruhi status gizi sesorang
·         Lingkungan yang buru
·         Faktor ekonomi
·         Sosial budaya
·         Biologi/keturuna
Ø  Akibat gizi salah
Gizi salah berpengauh negatif terhadap perkembangan mental, fisik, produktivitas, dan sesanggupan kerja manusia. Gizi yang salah diderita oleh anak pada masa periode dalam kandungandari periode anak-anak, menghambat kecerdasan anak. Anak yang menderita gizi salah tingakat tingkat berat mempunyai otak yang lebih kecildari pada ukuran otak rata-rata dan mempunyai sel otak yang kapasitasnya lebih rendah dibandingkan dengan anak yang gizi baik.

Ø  Cara perbaikan status gizi
1.      Kebuuhan energi zat gizi ditentukan menurut umur, berat badan, jenis kelamin dan aktifitas
Susunan menu seimbang yang berasal dari beranekaragam bahan makanan, vitamin, dan mineral sesuia kebutuhan
Menu disesuaikan dengan pola makan
Peningkatan kadar Hb dilakukan dengan pemberian makanan sumber zat besi yang berasal dari bahan makanan  hewani karena lebih banyak diserap oleh tubuh dari pada sumber makanan nabati
Selain meningkatkan kaya makanan kaya zat besi juga perlu menanmbah makanan yang banyak mengandung vitamin C, seperti pepaya, jeruk, nanas, pisang hijau, sawo kecil, sukun dll.

Ø  Penanggulan masalah gizi
1.      Penanggulan masala gizi kurang
·         Upaya penuhan persediaan pangan nasional
·         Peningkatan usaha perbaikan gizi keluarga (UPGK)
·         Peningkatan upaya pelayanan gizi terpadu
·         Peningkatan upaya keamanan pangan gizi melalui SKPG
·         Peningkatan komunikasi
·         Peningkatan tehnologi
·         Intervensi lansung
·         Peningkatan kesehatan lingkungan
·         Upaya peningkatan dan pengembangan gizi
·         Upaya pengawasa makanan dan minuman
·         Upaya penelitian pangan dan gizi























BAB II
KESIMPULAN

Pendidikan bagi anak usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan dan memberi kegiatan pembelajaran yang menghasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak. (depag RI,2003:1)

Karakteristik anak usia dini adalah aktif melakukan berbagai eksplorasi dalam kegiatan bermain, maka sesuai dengan karakteristiknya tersebut proses pembelajarannya ditekankan pada aktivitas dalam bentuk belajar sambil bermain menekankan pada pengembangan potensi dibidang fisik, intelegensi, sosial, emosional, bahasa dan komunikasi menjadi kompotisi/kemampuan yang secara aktual dimiliki anak.
Kesehatan adalah merupakan suatu pandangan akan kondisi yang fleksibel antara kesehatan badan jasmani dengan kesehatan mental rohani yang dibedakan dalam sebuah rentang yang selalu berfluktuasi atau berayun mendekati dan menjauhi puncak kebahagiaan hidup dari keadaan sehat yang sempurna
sakit adalah sebagai suatu keadaan yang tidak menyenangkan yang menimpa seseorang sehingga seseorang menimbulkan gangguan aktivitas sehari-hari baik itu dalam aktivitas jasmani, rohani dan sosial.
Usaha kesehatan sekolah (UKS) upaya pelayanan ksehatan yang terdapat disekolah, guna menolong murid dan juga warga sekolah yang sakit dikawasan sekolah lingkungan sekolah.
Imunisasi merupakan prosedur pencegahan penyakit menular yang diberikan kepada anak sejak masih bayi hingga remaja. Melalui program ini tubuh diperkenalkan dengan bakteri atau virus tertentu yang sudah dilemahkan atau dimatikan dengan tujuan untuk meransang seistem imun guna membentuk antibiodi

Pertolongan pertama pada kecelakaan adalah upaya penyelamatan dasar terhadap korban kecelakaan atau sakit untuk mencegah semakin parahnya kondisi korban. P3K ini bukan untuk menyembuhkan penyakit tetapi yang diderita oleh korban, melainkan hanya penangananpertama yang bisa dilakukanorang disekitar korban sembari mereka menunggu tim medis resmi datang untuk menangani koraban. Pertolongan pertama pada kecelakaan harus dilakukan secara cepat dan tepat, jika tidak maka menyebabkan semakin parahnya kecelakaan atau bahkan ancaman jiwa korban.

Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absobsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energi.


















           



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH HASIL OBSERVASI DI TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) DARRUL ILMI BANDAR LAMPUNG

MAKALAH PRINSIP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL AUD

MAKALAH Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Hakekat Pendidikan Anak Usia Dini