Makalah “ KESEHATAN DAN GIZI AUD “
TUGAS AHIR SEMESTER
“ KESEHATAN DAN GIZI AUD “
Dosen Pengampu
YUDESTA ERFAYLIANA M.Pd
DI SUSUN OLEH :
Nama : ZAIDAH
Npm : 1411070236
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan : PGRA (D)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI
RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL
ATHFAl TAHUN AKADEMIK 2014/2015
KATA PENGANTAR
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Dengan menyebut nama allah yang maha pengasih
lagi maha penyayang , Alhamdulillah segala puji syukur kehadirat Allah SWT.
Yang telah melimpahkan taufiq dan innayahnya sehingga penulis dapat
menyelesaikan penulisan makalah ini yang berjudul : “ KESEHATAN DAN GIZI AUD “
Dalam makalah ini membahas tentang kesehatan
dan gizi yang baik untuk anak usia dini, dan makalah ini ditulis oleh penulis
sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas-tugas yang diberikan oleh dosen
yang bersangkutan dengan mata kuliyah agar dapat menambah nilai dalam
perkuliyahan kesehatan dan gizi AUD.
Dalam upaya penyelesaian makalah ini, penulis
telah mengerjakannya dengan semaksimal mungkin. Oleh karena itu penulis sangat
bengharap agar tugas pembuatan makalah ini dapat diterima dengan baik.
Dengan penuh kerendahan hati, penulis menyadari bahwa isi maupun
penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu penulis tidak
menutup kepada pembaca untuk memberikan segala bentuk kritikan atau saran yang
bersifat membangun.
Akhir kata mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis
khususnya dan pembaca pada umumnya.
Wassalamualaikum
wr.wb
Bandar
Lampung, Mei 2015
Penulis
ZAIDAH
NPM
:1411070236
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..................................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................................... ii
BAB I................................................................................................................................ 1
PENDAHULUAN.............................................................................................................
BAB II................................................................................................................................
PEMBAHASAN...............................................................................................................
A.
HAKEKAT DAN KESEHATAN ANAK USIA DINI.................................
B.
PENGERTIAN
SEHAT DAN SAKIT............................................................
1.
Pengertian Sehat..............................................................................
2.
pengertian sakit ...............................................................................
C.
KESEHATAN PRIBADI (PERSONAL HIGENE)......................................
D.
PENGERTIAN HIDUP SEHAT DAN
LINGKUNGAN SEHAT DISEKOLAH.......................................................
E.
HIDUP SEHAT DAN LINGKUNGAN SEHAT
DILUAR SEKOLAH.......................................................................................
F.
KONSEP PENYAKIT.....................................................................................
1.
PENYAKIT MENULAR...............................................................
2.
PENYAKIT TIDAK MENULAR.................................................
G.
UKS DAN PENANGANANNYA..................................................................
H.
IMUNISASI DAN P3K...................................................................................
I.
GIZI..................................................................................................................
BAB III...............................................................................................................................
KESIMPULAN............................................................................................................. 36
BAB
II
PEMBAHASAN
A. HAKEKAT DAN KESEHATAN ANAK USIA DINI
Usia lahir sampai memasuki pendidikan
dasar merupakan masa keemasan ( Golden Age) sekaligus masa kritis dalam tahapan
kehidupan manusia yang akan menentukan perkembangan selanjutnya. Layanan
pendidikan bagi anak usia dini merupakan bagian dari pencapaian tujuan
pendidikan nasional sebagaimana diatur dalam UU Sistem Pendidikan Nasional,
yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya yaitu
manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Ynga Maha Esa dn berbudi luhur,
memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani,
kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan
kebangsaan.
Pendidikan bagi anak usia dini adalah
pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan dan memberi
kegiatan pembelajaran yang menghasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak.
(depag RI,2003:1)
Oleh karena itu pendidikan anak usia
dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik
beratkan pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik
(koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan dan daya cipta, kecerdasan
emosi, jamak dan spirutual.
Karakteristik anak usia dini adalah
aktif melakukan berbagai eksplorasi dalam kegiatan bermain, maka sesuai dengan
karakteristiknya tersebut proses pembelajarannya ditekankan pada aktivitas
dalam bentuk belajar sambil bermain menekankan pada pengembangan potensi
dibidang fisik, intelegensi, sosial, emosional, bahasa dan komunikasi menjadi
kompotisi/kemampuan yang secara aktual dimiliki anak.
B.
PENGERTIAN SEHAT DAN SAKIT
Keadaan
sehat dan sakit
yaitu suatu hal yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari dan kita tidak akan
terlepas dari kedua hal tersebut. Karena memang manusia juga tidak akan
selamanya sehat, terkadang sakit atau kondisi tubuh sedang kurang fit sehingga
tubuh akan mudah terserang penyakit. Karena itulah kita juga perlu mengetahui
akan konsep sehat dan sakit yang
benar sehingga dari hal ini kita akan menyadari akan pentingnya manfaat bagi
kehidupan.
Hidup sehat dan menjaga kesehatan akan sangat berarti dan juga berdampak banyak dalam menunjang segala aktifitas kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Baik itu dalam lingkup pekerjaan kita maupun pada kehidupan bersosial kita dengan masyarakat lingkungan sekitar rumah kediaman kita masing-masing. Untuk itu seorang pakar Hamizan akan berbagi sedikit mengenai hal tersebut.
Hidup sehat dan menjaga kesehatan akan sangat berarti dan juga berdampak banyak dalam menunjang segala aktifitas kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Baik itu dalam lingkup pekerjaan kita maupun pada kehidupan bersosial kita dengan masyarakat lingkungan sekitar rumah kediaman kita masing-masing. Untuk itu seorang pakar Hamizan akan berbagi sedikit mengenai hal tersebut.
Konsep Sehat
Kesehatan adalah
merupakan suatu pandangan akan kondisi yang fleksibel antara kesehatan badan
jasmani dengan kesehatan mental rohani yang dibedakan dalam sebuah rentang yang
selalu berfluktuasi atau berayun mendekati dan menjauhi puncak kebahagiaan
hidup dari keadaan sehat yang sempurna. Sehat tidak dapat diartikan sesuatu
yang statis, menetap pada kondisi tertentu, tetapi sehat harus dipandang
sesuatu fenomena yang dinamis.
Pengertian konsep sehat menurut WHO adalah merupakan suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Sehingga makna kesehatan secara umum adalah merupakan keadaan sehat baik dalam hal fisik mental serta sosial. Maka bila saja ada kekurangan dalam satu hal saja, misal ada gangguan mental, maka seseorang tidak dapat dikatakan sebagai manusia individu yang sehat. Untuk itulah penting juga akan arti sehat mental psikologis bagi kita semuanya.
Dewasa ini seseorang dikatakan sehat banyak diartikan dalam kadar dan taraf tingkatan yang normal atau lazim yang terjadi pada individu yang artinya bahwa individu seseorang tidak merasakan keluhan atau pun gejala penyakit atau kurang sehat. Adapun sebaliknya keadaan sakit pada umumnya diartikan suatu keadaan yang tidak normal atau lazim pada diri seseorang. Contohnya saja bila seseorang mempunyai keluhan pusing yang tidak tertahankan, panas, dan lain sebagainya.
Pengertian konsep sehat menurut WHO adalah merupakan suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Sehingga makna kesehatan secara umum adalah merupakan keadaan sehat baik dalam hal fisik mental serta sosial. Maka bila saja ada kekurangan dalam satu hal saja, misal ada gangguan mental, maka seseorang tidak dapat dikatakan sebagai manusia individu yang sehat. Untuk itulah penting juga akan arti sehat mental psikologis bagi kita semuanya.
Dewasa ini seseorang dikatakan sehat banyak diartikan dalam kadar dan taraf tingkatan yang normal atau lazim yang terjadi pada individu yang artinya bahwa individu seseorang tidak merasakan keluhan atau pun gejala penyakit atau kurang sehat. Adapun sebaliknya keadaan sakit pada umumnya diartikan suatu keadaan yang tidak normal atau lazim pada diri seseorang. Contohnya saja bila seseorang mempunyai keluhan pusing yang tidak tertahankan, panas, dan lain sebagainya.
1.
Pengertian Sehat
Berikut
beberapa hal yang berkaitan dengan arti makna dan definisi sehat sakit dari
beberapa ahli kesehatan.
Pengertian
sehat antara lain dikemukakan oleh :
- Menurut Undang-Undang Kesehatan N0. 23/1992 yang dimaksud dengan kesehatan adalah suatu keadaan sejahtera dari badan (jasmani), jiwa (rohani) dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
- Menurut pengertian sehat dari Pender, 1982 yang dimaksud dengan pengertian kesehatan adalah
- Sehat adalah perwujudan individu yang diperoleh melalui kepuasan dalam berhubungan dengan orang lain (aktualisasi). Perilaku yang sesuai dengan tujuan, perawatan diri yang kompeten sedangkan penyesuaian diperlukan untuk mempertahankan stabilitas dan integritas struktural.
- Sedangkan menurut Paune tahun 1983 pengertian makna sehat adalah fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri (self care Resouces) yang menjamin tindakan untuk perawatan diri (self care actions) secara adekuat. Self care Resouces : mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap. Self care Actions merupakan perilaku yang sesuai dengan tujuan diperlukan untuk memperoleh, mempertahankan dan meningkatkan fungsi psikososial dan spiritual.
Itulah beberapa
makna arti dari sehat dan kesehatan berdasarkan UU dan juga ahli-ahli kesehatan.
Dan dari pendapat diatas saya menyimpulkan
bahwa sehat itu adalah suatu keadaan sejahtra dari badan, jiwa dan sosial.kesehatan itu
pun tidak hanya berbentuk fisik. Ada
tiga jenis yang dimaksud sehat yaitu :
1.
Kesehatan jasmani
Kesehatan
jasmani yaitu kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan
gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, sehingga masih mempunyai sisa atau
cadangan tenaga untuk menikmatiwaktu senggangnya atau untuk keperluan mendadak
dengan kata lain kesegaran jasmani dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk
menunaikan tugas dengan baik walaupun dalam keadaan sukar. Fungsi dari kesegran jasmani yaitu meningkatkan kemampuan kerjabagi
siapapun yang memilikinya sehingga dapat melaksanakan tugas-tugasnya secara
optimal untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Fungsi khusus
dari kebugaran jasmani dapat di bagi menjadi tiga yaitu :
a)
Golongan pertama yang berdasarkan pekerjaan
b)
Golongan berdasarkan keadaan
c)
Golongan ketiga berdasarkan umur
Komponen-komponen kesegaran jasmani yaitu :
a)
Kesegaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan
(healtah related fitness): terdiri dari daya tahan jantung paru
(cardiorespiatory), kekuatan otot, daya tahan otot, fleksibilitas dan komposisi
tubuh.
b)
Kesegaran jasmani yang berhubungan dengan
keterampilan (skill related): terdiri dari kecepatan, power keseimbangan,
kelincahan, koordinasi dan kecepatan reaksi.
Cara meningkatkan
kesegaran jasmani salah satu caranya adalah dengan melakukan latihan fisik atau
latihan jasmani. Untuk memenuhi cara meningkatkan kesegaran jasmani yaitu :
a)
Intensitas latihan
b)
Lamanya latihan
c)
Takaran latihan
Contoh
kesehatan jasmani yaitu : orang yang tidak sakit atau tidak terkena penyakit
apapun.
2.
Kesehatan rohani
Kesehatan
rohani yaitu yang berhubungan dengan hati seseorang atau batin orang. Orang
yang sehat secara rohani berarti tidak sakit hati atau memiliki perasaan
bahagia.
Contoh sehat
rohani yaitu : berhubungan dengan hal-hal yang berbau agama. Seseorang yang
sering melakukan kegiatan ibadah bisa
dikatakan sebagai sehat rohani. Orang yang sehat rohani akan melakukan segala
sesuatu hal yang positif , baik, dan berguna. Orang yang sehat rohaninya juga
akan membantu orang lain dan sesama yang membutuhkan bantuan.
3.
Kesehatan sosial
Kesehatan
sosial yaitu dimana seseorang dapat bergaul dengan orang lain, bagaimana orang
lain berinteraksi dengan dia, dan bagaimana ia berinteraksi dengan
lembaga-lembaga sosial dan adat-istiadat masyarakat.
Cara menjaga
kesehatan pada anak atau diri sendiri yaitu :
a)
Pola makan yang teratur
b)
Pola makan yang sehat (memenuhi 4 sehat 5
sempurna)
c)
Istirahat yang cukup (jangan tidur malam)
d)
Dan olahraga
Cara hidup
sehat yaitu :
a)
Mencuci tangan sebelum makan
b)
Mencuci kaki sebelum tidur
c)
Tidur jangan terlalu malam
d)
Helasri dan barang candu
2.
pengertian sakit
sakit adalah sebagai suatu keadaan yang tidak
menyenangkan yang menimpa seseorang sehingga seseorang menimbulkan gangguan
aktivitas sehari-hari baik itu dalam aktivitas jasmani, rohani dan sosial.
- sakit adalah merupakan suatu keadaan dari badan atau sebagian dari organ badan dimana fungsinya terganggu atau menyimpang.
- Sakit adalah merupakan ketidak seimbangan dari kondisi normal tubuh manusia diantaranya sistem biologik dan kondisi penyesuaian.
C. KESEHATAN PRIBADI (PERSONAL HIGENE)
Kesehatan
pribadi adalah badan diri seseorang yang bersih dari segala penyakit yaitu berasal dari dalam tubuh
manusia maupun luar. Pribadi yang sehat bisa dikatakan sehat apa bila dalam dan
luar diri seseorang terbebas dari penyakit. Yang termasuk dalam kesehatan
pribadi yaitu :
1)
Kesehatan kulit
Untuk menjaga
kesehatan kulit agar selalu bersih adalah dengan mandi minimal 2 kali sehari,
dan sebaiknya mandi menggunakan sabun.
2)
Kesehatan rambut
Dilakukan
dengan kramas minimal seminggu sekali dengan menggunakan shampo atau perawatan
lainnya.
3)
Kebersihan kuku
Sebaiknya bagi
anak-anak didik memotong kukunya pendek, dilakukan seminggu sekali dan
dibersihkan dengan sehat yang lembut dipingir daun kuku.
4)
Kebersihan mata
Membersihkan
mata dengan air bersih atau boorwater secara rutin adalah kebiasaan yang
baikagar terhindar dari penyakit yang menyerang mata. Beberapa penyakit mata
yaitu :
a)
Alergi mata
b)
Gangguan visus
c)
Kujungtivitis
d)
Luka pada mata
e)
Saluran air mata resubat
5)
Kebersihan rongga mulut dan gigi
Dilakukan
dengan berkumur dan sikat gigi. Menyikat gigi dengan odol dan pilihlah sikat
gigi yang sesuai dengan bulu yang lunak. Menyikat gigi dilakukan sesudah makan
dan sebelun tidur malam hsari
6)
Kebersihan telinga
Membersihkan
telinga sebaiknya dengan air yang masak yang dingin atau dengan obat tetes
telinga. Penyakit pada telinga yaitu :
a)
Congek ditelinga
b)
Gangguan pada lubang anting
c)
Nyeri telinga
d)
Telinga perenang
7)
Kebersihan hidung
Hidung
dibersihkan menggunakan kain halus atau menghirup air lalu disemprotkan keluar.
Penyakit hidung diantaranya adalah :
a)
Mimisan
b)
Dan simusitis
8)
Kebersihan tangan dan kaki
Memcuci tangan
sebelum makan dan mencuci kaki sesudah bermain atau kerja dan sebelum tidur
9)
Pemeliharaan pakaian
Pakaian yang
memenuhi syarat kesehatan yaitu :
a)
Tidak merusak kulit
b)
Tidak terlalu sempit dan longgar
c)
Mudah dicuci dan dirapikan
d)
Warna sesuai dengan warna kulit usia pemakai
e)
Pakaian yang habis di pakai dicuci
f)
Sepatu atau sandal selalu dibersihkan
g)
Jangan menaruh pakaian kedalam lemari
h)
Sediakan khusus untuk baju, topi dan sepatu
i)
Kosongkan saku-saku
j)
Pakaian yang disimpan selalu bersih dan kering
10)
Makan dan minum yang sehat
Fungsi makan
bukan hanya untuk mengenyangkan perut saja tetapi yang lebih utama adalah untuk
mendapatkan tenaga , mendapatkan zat-zat tubuh, mempertinggi daya tahan tubuh
terhadap penyakit, serta untuk menjamin kelancaran untuk makan proses yang
terjadi didalam tubuh.
D.
PENGERTIAN
HIDUP SEHAT DAN LINGKUNGAN SEHAT DISEKOLAH
Ø Pengertian hidup sehat
Pengertian
hidup sehat menurut para ahli yaitu :
·
Kottler : pola hidup sehat sebagai gambaran
dari aktivitas/kegiatan yang didukung oleh munat keinginan dan bagaimana
pikiran dalam menjalaninya dalam berinteraksi dengan lingkungan.
·
WHO : pola hidup sehat sebagai suatu keadaan
dimana mental, fisik, kesejahtraan sosial dan bukan hanya ketidakadaan penyakit
kepada seluruh manusia.
·
Wikipedia : pola hidup sehat sebagai suatu
kesejahtraan pada badan, jiwa serta sosial yang memungkinkan individu hidup
produktif secara sosial dan ekonomis.
Menjalani pola
hidup sehat yaitu dengan cara mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung
banyak vitamin, menjaga pola tidur yang cukup, berolahraga dengan rutin
·
Hidup sehat di
sekolah (PHBS)
prilaku hidup
bersih dan sehat disekolah yaitu sekumpulan prilaku yang dipraktikkan oleh
peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran
sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit,
meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan
sehat.
Ada beberapa
indikator yan dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS disekolah yaitu :
a)
Mencuci tangan dengan air yang mngalir dan
menggunakan sabun
b)
Mengonumsi jajanan sehat dikantin sekolah
c)
Menggunakan jaban yang bersih dan sehat
d)
Olahraga yang teratur dan terukur
e)
Memberantas jentik nyamuk
f)
Tidak merokok disekolah
g)
Menimbang berat badan, mengukur tinggi badan
setiap 6 bulan
h)
Membuang sampah pada tempatnya
PHBS ini bertujuan untuk memberikan pengalaman
belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan , kelompok, keluarga
dengan membuka jalur komunikasi, informasi, dan edukasi untuk meningkatkan
pengetahuan, sikap dan prilaku sehingga masyarakat sadar, mau dan mampu
menpraktekkan prilaku hidup bersih dan sehat melalui pendekatan pimpinan (advocaci), bina sosial (sosial support), dan pmberdaya
masyarakat (empowerment). Dengan
demikian untuk menjaga kebersihan diri harus diajari sejak usia dini agar kelak
selalu hdup sehat.
Faktor yang mempengaruhi prilaku hidup sehat
yaitu :
a)
Prilaku terhadap makan dan minuman
Tubuh manusia tumbuh karena danya zat-zat yang
berasal dari makanan. Oleh sebab itu untuk dapat melangsungkan hidup manusia
mutlak memerlikam makanan. Dengan adanya variasi makanan sangat memegang
peranan penting dalam pertumuhan dan perkembangan. Semakin banyak variasi bahan
makanan yang masuk kedalam tubuh maka akan semakin anyak pula zat dan gizi yang
masuk kedalam tubuh.
b)
Prilaku terhadap kebersihan diri sendiri
Upaya yang paling utama agar seseorang tetap
dalam keadaan sehat adalah menjaga kebersihan diri sendiri. Tujuan menjaga
kebersihn diri sendiri adalah agar seseorang mengetahui 17 efisien tanpa
menimbulkan kelelahan yang berarti.
Kriteria lingkungan
sekolah sehat TK/RA
Lingkungan
sekolah sehat adalah suatu kondisi yang dapat mendukung tumbuh kembang peserta
didik secara optimal dan membentuk
prilaku hidup sehat serta terhindar dari pemgaruh negatif. Pembinaan
lingkungan sehat dilakukan oleh :
·
Kepala sekolah
·
Guru
·
Peserta didik
·
Pegawai sekolah
·
Komite sekolah
·
Masyarakat
Ada pin strata
lingkungan sehat yaitu :
a.
Strata minimal
Air bersih, tempat cuci tangan, WC yang
berfungsi, tempat sampah dan tempat bermain.
b.
Strata standar
Memenuhi strata minimal, memiliki pagar,
penghijauan/pemandangan, air bersih yang cukup, halam bermain yang nyaman uks
tersendiri dengan peralatan sederhana, bebas jentik dan bebeas dari rokok.
c.
Strata optimal
Tempat cuci tangan dengan air mengalir, tempat
sampah disetiap lokal dan penampungan sampah akhir sekolah, wc guru dan murid
dengan memenuhi syarat kebersihan.
d.
Strata paripurna
Memenihi dari strata optimal.
E.
HIDUP SEHAT DAN
LINGKUNGAN SEHAT DILUAR SEKOLAH
Sistem
pendidikan luar sekolah para ahli yaitu :
·
Cambel
(1979:3) sistem adalah komponen-komponen atau bagian-bagian yang saling
berhubungan untuk mencapai suatu tujuan.
·
Soenardi
ronowisroyo (1982:71) adalah sekelompok komponen yang berkaita satu dengan yang
lainnya sehingga keseluruhannya mampu melakukan fungsi-fuungsi tertentu.
Pendidikan luar sekolah mempunyai
komponen-komponen yang saling berkaitandan saling mendukung antara yang satu dan yang lainnya. Sudjana
(1989:50) menggambarkan hubungan fungsional antara komponen-komponen tersebut .
Masukkan saran, (intrumntal input)meliputi
keselurihan sumber dan fasilitas yang memungkinkn atau kelompok melakukan
kegiatan belajar. Masukan mentah, (raw input) yaitu peserta didik dengan
berbagai karakteristiknya. Masukan lingkungan (environmental input) yaitu
faktor lingkungannya program pendidkan. Proses menyangkut interaksi antara
masukan sarana dan peserta didk (masukan mentah), keluaran, (out put) yaitu
kuantitaslulusan yang disertai kualitas perubahan tingkah laku yang didapat
melalui kegiatan belajar mmbelajarkan. Masukan lainnya (other) adalah daya
dukug lainnya yang memungkinkan para peserta didik dan lulusan dapat menggunakan
kemampuan yang telah memiliki untuk kemajuan hidupnya. Pengaruh ,
(impact);menyangkut hasil yang dicapai peserta didik.
Dalampelaksanaan keterampilan pendidkan luar
sekolahtetap mengacu pada tujuh komponen pendidkan luar sekolah.
Kelestarian
alam dan lingkungannya
1.
tenciptakan alam semesta ini adalah untuk
dimanfaatkan semua mahkluknya antara lain oleh manusia. Pemanfaatan ini harus
berlandaskan azas
2.
lestari, maksudnya disamping pemanfaatan untuk
manusia sendiri , makhluk lain, anak cucu juga memperhatikan kelestarian alam
itu sendiri.
Kegiatan dialam
terbuka mempunyai hubungan timbal balik dengan kelestarian alam dan lingkungan
hidup yang saling mempengaruhi perkembangan masing-masing. Kegiatan dialam
terbuka harus positif, minimal yang dapat dilakukan adalah tidak melakukan
pengotoran, pengrusakan, dan pemusnahan terhadap modal kekayaan dan keadaan
alam.
Maksud kegiatan
yang dilakukan dialam terbuka yaitu:
1.
Mendekatkan diri pada Tuhan, pencipta alam
semesta
2.
Mengagumi dan mencintai keindahan tanah air
sendiri
3.
Membina kesehatan dan kesegaran fisik, mental,
emosional, dan sosial
4.
Mendapatkan kegembiraan dan kepuasan
5.
Mengendorkan ketegangan jiwa dan jasmani agar
kelelahan dan kemerosotan semangat kerja dan berkarya dapat dihindari.
6.
Mempertebal keakraban dan kerjasama
7.
Melatih ketajaman panca indera dan
mempertahankan keseimbangan pertumbuhan
8.
Meningkatkan rasa percaya diri, ulet, tabah
dalam menghadapi setiap tantangan.
9.
Meningkatkan kemampuan, kemajuan dan
keterampilan
10.
Meningkatkan disiplin dan rasa tanggung jawab
11.
Mengisi waktu luang dan liburan
F.
KONSEP PENYAKIT
Penyakit adalah suatu kondisi up normal yang
menyerang tubuh sehingga ubuh tidak mampu menjalankan fungsinya sebagai mana
mstinya. Itu disebabkan karena kodisi badan yang kurang fit atau daya tahan
tuuh yang lemah, sehingga tubuh mudah terserang penyakit yang disebkan oleh
virus , bakteri, kuman, kegagalan organ, dan disebabkan oleh keturnan
(diabetes, jantung, asma).
Penyakit bisa menyerang siapa saja, dimana
saja, dan kapan saja terutama bagi anak usia dini. Jadi kita sebagai orang tua
harus berperan penting untuk menjaga kesehatan anak, karena pertahanan tubuh
anak lebih rentang dan lebih sensitif dengan penyakit.
·
Jenis-jenis penyakit
Ø Penyakit
menular
Penyakit menular adalah penyakit yang dapat
berpindah dari satu orang keorang lain. Penularan penyakit ini biasanya terjadi
bila terjadi kontak antara orang yang sakit dengan orang lain. Bisa juga
terjadi secara lansung maupun melalui peranan. Biasanya sifat dari penyakit
menular adalah akut, berdurasi pendek dan biasanya disebabkan oleh potagen.
Jenis penyakit yang sering terjadi pada anak
yaitu :
1.
Flu atau influenza, penyebabnya adalah virus
influenza. Gejalanya diawali batuk pilek, demam/panas tinggi, anak menggigil,
sakit tenggorokan, otot pegal-pegal dan mata terasa panas dan merah.
Penanganan:
Penyakit ini biasanya akan sembuh tersendirinya.
Asalkan anak beristirahat banyak,
mengonsumsi vitamin C dan diberi minum yang banyak.
Pencegahan:
Mengingat virus flu menular lewat udara maupun
bersin, maka sebaiknya menggunakan masker sehingga virus tidak menular melalui
udara maupun percikan ludah.
Gejala :
·
Bersin
·
Pembengkakkan seliput lendir
·
Keluarnya cairan hidung
·
Mata gatal dan berair
·
Nafas berbunyi seperti asma
·
Batuk biasa bisa bertambah parah
·
Adanya tarikan napas panjang berbunyi , bahkan
diahiri dengan muntah
2.
Cacar air
Rendahnya daya tahan tubuh anak akan
menyebabkan mudah tertlar penyakit
termasuk cacar air (varisela) atau chiken foxs yakni sejenis penyakit kulit
disebabkan oleh virus varisela zonter. Melaui udara virus masuk ke dalam tubuh
anak mencai kelenjr getah beningdidaerah dagu, leher dan ketiak untuk
berkembang dan masuk peredaran darah. Bila virus menyerang mata akan merah dan
berair yang timbul gelembung kecil, cacar air ditemui berupa
gelembung-gelembung kecil pada seliput lendirmulut dan kerongkong yang
menyebabkan rasa sakitpada waktu menelan, cacar air pada kulit tidak timbul
serentak mula-mula tampak bercak-bercak kemerahan serta rasa gatal yang diikuti
bintil-bintil, dan gelembung-gelembung berair. Gelembung ini mula-mulanya kecil
dan berisi cairan jernih tetapi cairan ini lama-kelamaan berwarna keruh dan
bagian tengah gelembung berwarna cekung. Cacar air biasanya tejadi berkisar
antara 7-14 hari, lebih banyak berkumpul pada peut, punggung lalu kewajah
lengan tungkai dan telapak kaki dan tangan.
Gejala:
Cacar air di mulai dengan kondisi tubuh yang
tidak nyaman, muncul raum, dan terkadang suhu tubuh edikit meningkat (diatas 37
C). Setelah satu atau ua hari, muncul bimtik-bintik merah dan menjadi lepuhan
yang berisi air.
Perawatan:
Ketika anak
terserang penyakit ini jika ia merasa gatal mandikan ia dengan air angat kuku
sedikit diberi soda yang akan meredakan gatalnya., kenakan anak dengan pakain
yang longgar yang berkain halus dan lembut. Untuk sementara waktu anak jangan
dipakai kan popok terlebih dahulu untuk mengurangi rasa gatalnya.
Upaya supaya
anak jangan terkena infeksi jangan biarkan anak untyk bermain diluar yang akan
menyeabkan gelembung-gelembungnya akan pecah.
Pencegahan:
Cegah dengan
vaksinasi. Jika anak terkena cacar setelah diberi vaksinasi kemungkinan
cacarnya tidak akan parah
3.
Camapak
Campak merupakan penyakit yang menular pada
anak sepanajng tahun tanpa
musim.penyakit campak atau bisa disebut dengan tampek mudah sekali menular.
Penyakit ini biasany hanya terena sekali dalam seumur hidup. Ketika anak
sewaktu kecil maka klak sudah besar sudah tidak akan terkena lagi.
Gejala:
Campk diawali dengan flu berat, mata berair,
bercak putih-putih pada mulut (bintik komplik), anak merasa tidak nyaman, demam
tinggi, sulit melihat cahaya terang, ruam muncul setelah 3-4 hati di belakang
telinga kemudian akan menyebar keseliruh tubuh mulailah akan muncul
bintik-bintik merah tetapi tidak gatal.
Perawatan:
Beri anak minum yang cukup banyak dengan air
hangat untuk meredakan batuk dan beri parasetamol untuk menuunkan panas. Dengan
menggunakan vaselin akan melindungi kulit bibir, basuk kerak pada kulit mata,
dan gelapkan kamar jika menganggunya.
Pencegahan:
Lakukan imunisasi pada anak. Memang tidak
meyakinkan sekali tetapi setidaknya jika anak terkena campak tidak akan terlalu
parah.
4.
Demam berdarah
Penyakit ini merupakan penyakit yang infeksi
yang bisa berakibat fatal dalam waktu yang relatif singkat. Demam berdarah
tidak menular melalui kontak manusia secara lansung tetapi dapat ditularkan
melalui nyamuk Aedes Aegypti betina yang menyimpan virus pada telurnya kemudia
akan menular kemanusia lainnya melalui gigtannya.
Gejala:
Demam secara tiba-tiba, sakit kepala berat,
sakit pada sendi dan otot, serta timbul bintik-bintik merah pada kulit.
Pencegahan:
Lakukan penyemprotan dilingkungan rumah dan masyarakat , membersihkan saluran air,
menutup tempat penyimpanan air, menguras bak mandi, serta mengubur barang-barang
bekas yang sudah tidak terpakai
5.
Polio
Polio adalah penyakit menular yang
dikatagorikan sebagai penyakit peradaban. Polio menular melalui kontak manusia.
Virus masuk kedalam tubuh manusia ketika seseorang memakan makanan atau minuman
yang terkontaminasi feses. Voliovirus adalah virus RNA kecil yang terdiri atas
tiga srain berbrda dan amat menular.virus akan menyerang saraf dan kelumpuhan
dapat tejadi dalam hitungan jam.
Polio menyerang tanpa mengenal usia, lima puluh
persen polio terjadi pada anak yang berusia 3 tahun.polio bisa menyebar secara
diam-dim karena polio tidak mempunyai gejala. Pada saat virus keluar melalui
fases itulah terjadinya penularan.
6.
Diare
Diare ini biasanya disebabkab anak yang suka
jajan sembarangan. Gejala diare ini buang air besar lebih dari 3 kali sehari,
perut jadi mules, terkadang juga suhu badan yang meningkat. Cara mengatasi
diare adalah dengan memberi cairan yang banyak, kecuali susu dan sari buah.
Ø Penyakit tidak
menular
Penyakit tidak menular adalah penyakit yang tidak
dapat menular dari satu orang keorang lain.
Contoh penyakit yang tidak menular yaitu :
a.
Kerusakan gigi
Kerusakan gigi pada anak-anak biasanya
disebabkan karena anak suka mengonsumsi permen, coklat dan segala bagainya dan
anak tersebut malas membersihkan giginya sehingga giginya rusak.
b.
Biang keringat
Aktivitas anak-anak yang senang bergerak
memancing keluarnya keringat, banyak keringat yang keluar bisa mengakibatkan biang keringat yang bisa
menganggu kegiatan aktivitasnya. Biang keringat muncul akibat adanya sumbatan
pada saluran keluar kelenjar keringat.. kumpulan keringat yang terkumpul inilah
akan menyebabkan bintil-bintil merah yang akan menjadi gatal. Cara mengatasi
anak yang terkna penyakit biang keringat ini adalah mdengan cara mandikan anak
dengan air dingin lalu keringkan dan beri bedak bayi pada tubuh yang terkena
infeksi.
c.
Demam
Demamini ditandai engan suhu badan yang
meningkat drastis. Dan ini merupkan gejala yang meganggu kshatan pada anak.
d.
Jantung
e.
Jerawat
f.
Penyakit pada kulit kecuali yang satu darah
Ø Cara mencegah
penyakit pada anak yaitu dengan cara memelihara kesehatan pada anak dengan baik
dengan menerapkan PHBS yang sesuai dengan standard dinaas kesehatan.pemberian
imunisasi pada anak harus dilakukan dengan baik dan benar dan secara teliti
sejak bayi berumur 2 tahun dengan menyuntik dan minum sirup polio srta anak
harus disuntik tetanus agar terbentuk kekebalan yang lengkap dan penuh.
Imunisasi dapat diberikan pada bayi itu
sebanyak 6 kali yaitu :
1.
Umur 0 bln (HB 1, BCG, polio 1)
2.
Umur 2 bln (HB2, DPT 1, polio2)
3.
Umur 3 bln (DPT2, polio3)
4.
Umur 4 bln (DPT3, polio4)
5.
Umur 6 bln (HB 3)
6.
Umur 9 bln (campak)
G.
UKS DAN
PENANGANANNYA
Usaha kesehatan
sekolah (UKS) upaya pelayanan ksehatan yang terdapat disekolah, guna menolong
murid dan juga warga sekolah yang sakit dikawasan sekolah lingkungan sekolah.
UKS biasanya dilakukan ruang kesehatan suatu sekolah. UKS tidak hanya menangani
murid yang mengalami kecelakaan ringan disekolah (upaya penolongan pertama pada
kecelakaan), melayani kesehatn dasar bagi murid selama sekolah (pemberian
imunisasi), pemantauan pertumbuhan anak. Tetapi juga mengajarkan anak hal-hal
kecil namun penting bagi siswa, seperti mencuci tangan dengan sebelum makan dan
sesudahnya, dan prilaku-prilaku yang dapat membentuk kebiasaan sehat bagi anak.
Hal tersebut perlu dilakukan karena UKS merupakan upaya terpadu lintas program
dan sekrol untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat.
Ø Perkembangan
UKS
a.
Kegiatan UKS sebelum tahun 1990
Pemantauan pertumbhan status dan gizi .
ilustrasi kegiatan UKS sebelun taun 1990 dapat dijadikan cermin evaluasi
kegiatan pada institusi sekolah untuk anak usia 6-12 tahun. Banyak kegiatan
yang telah dilakukan tetapi hampir tidak ada kelanjutan. Kegiatan yang
dilakukan sebelum tahun 1990 yaitu :
·
Pengukuran tinggi badan masih menggunakan
meteran dinding sementara itu pengukuran berat badan sudah menggunakan
timbangan injak. Dan semua hasil pengukiran di catat dalam buku panjang karena
belum ada KMS untuk anak sekolah (KMS-AS)
·
Masih banyak anak TK/RA yang belum mempunyai
KMS anak sekolah.
·
Kesehatan anak sekolah tidak dapat diketahui
secara pasti apa lagi akan selalu dipantau terus kesehatannya.
UKS adalah
kegiatan yang sangat bagus dan relevan dari sekolah yang akan berhasil guna
baik dalam jangka waktu dekat maupun jangka waktu panjang. Upaya penanganan
gizi adalah upaya lintas sektor, dimana melibatkan banyak institusi, termasuk
lembaga pendidikan.
Status gizi
adalah suatu keadaan/kondisi yang bersifat dinamis, dimana merupakan akibat
dari faktor ganda yang terutama dari faktor keseimbangan antara asupan dan
kebutuhan zat gizi.
UKS biasanya
memiliki pedoman yaitu pendidikan, kesehatan, pelayanan dan pembinaan sekolah
lingkungan sehat. Strategi yang diperlukan secara lansung untuk mendukung kegiatan pendayagunaan KMS-AS
di UKS adalah :
1.
Pelatihan petugas UKS dan guru UKS agar lebih
teramil dalam pengukuran antripometri dan pemeriksan kesehatan pada fisik anak
usia sekolah
2.
Pelatihan petugas UKS dan guru UKS tentang
pengisisan KMS-AS yang akuran.
3.
Perbaikan semua alat pendukung pengukuran
antropometri (timbangan, mikrotoise, mit-line lingkar langan/lingkar kepala
dll).
4.
Memberikan pelatihan non-kurikuler kepada anak
didik tentang bagaimana melakukan penimbangan dan pengukran tinggi badan yang
benar.
Ø Dukungan UKS terhadap
pengendalian penyakit pada usia anak-anak
·
Pendidikan kesehatan disekolah
Pendidikan kesehatan disekolah dasar dapat
dilakukan berupa kegiatan intrakulikuler, kegiatan ekstrakulikuler an
penyuluhan kesehatan dari petugas kesehatan puskesmas.
·
Tujuan pendidikan kesehatan yaitu :
a.
Memiliki pengetahuan tentang ilmu kesehatan
termasuk cara hidup sehat dan teratur
b.
Memiliki nilai dan sikap yang positif terhadap
prinsip hidup sehat
c.
Memiliki keterampilan dalam melaksanakan hal
yang berkaitan dengan pemeliharaan pertolongan dan peralatan kesehatan.
d.
Memiliki kemampuan dan keterampilan untuk
berlaku hidup sehat dalam kehidupan hari-hati
e.
Memiliki kesegaran jasmani dan kesehatan
optimal seta mempunyai daya tahan tubuh yang baik terhadap penyakit.
·
Pemeliharaan kesehatan sekolah
Pemeliharaan kesehatan sekolah untuk tingkat
sekolah dasar, dimaksudkan untuk memelihara, meningkatkan dan menemukan secara
dini gangguan ksehatan yang mungkin terjadi terhadap peserta didik maupun
gurunya.
Pemeliharaan kesehatan disekolah dilakukan oleh
petugas puskesmas yang merupakan tim yang dibentuk seorang kooordinator usaha
kesehatan sekolah yang terdiri dari doktr, perawat, juru imunisasi dsb.
Pelayanan
kesehatan ini dilaksanakan dengan kegiatan koprehensif yang meliputu :
a.
Kegiatan peningkatan kesehatan (promotif) yang
berperan didalamnya yaitu :
1.
Dokter kecil
2.
Kader kesehatan remaja
3.
Palang merah remaja
4.
Pembinaan warung sekolah sehat
5.
Pembinaan lingkungan sekolah yang terpelihara
dan bebas dari faktor penyakit
6.
Pembinaan prilaku hidup bersih dan sehat
b.
Kegiatan pencegahan (prefentif) yaitu :
1.
Pemeliharaan kesehatan yang bersifat umum
maupun yang khusus untuk penyakit-penyakit tertentu
2.
Penjaringan kesehatan anak sekolah
3.
Memonitor/pemantau pertumbuhan peserta didik
4.
Imunisasi peserta didik
5.
Usaha pencegahan penularan penyakit dengan
jalan memberantas sumber infeksi dan pengawasan kebersihan lingkungan sekolah
6.
Konseling kesehatan sekolah
c.
Kegiatan penyembuhan dan pemulihan (kuratif dan
rehabilitatif) yaitu :
1.
Diagnosadini
2.
Pengobatan ringan
3.
Pertolongan pertama pada kecelakaan,
pertolongan pertama pada penyakit
4.
Rujukan medik
d.
Tujuan pelayanan kesehatan
1.
Supaya peserta didik mmiliki keterampilan dan
kemampuan untuk menjalankan tindakan hidup
2.
Supaya peserta didik memiliki daya tahan serta
tercegahnya kelainan
3.
Supaya proses penyakit berhenti
4.
Supaya peserta didik sehat mental, fisik maupun
soial
Lingkungan fisik sekolah meliputi :
a.
Penyediaan air bersih
b.
Pemeliharaan penampung air bersih
c.
Pengadaan pembuang sampah
d.
Pengadaan air limbah
e.
Pemeliharaan kakus/WC
f.
Pemeliharaan kamar mandi
g.
Pemeliharaan ruang kelas atau yang lainnya
h.
Pemeliharaan keindahan halam
Lingkungan
mental dan sosial meliputi :
a.
Konseling kesehatan
b.
Bakti sosial
c.
PMR, dokter, kader kesehata
Sarana dan prasarana yang terdpat dalam UKS
yaitu :
a.
Kondisi ideal: ruang UKS 8x7m
b.
Tempat tidur lengkap
c.
Lemari obat-obatan yang sifatnya emolegency
d.
Timbangan erat badan, pengukur,termometer,
steteskop, dll;
e.
Tempat cuci tangan
f.
Dispenser
g.
Poster
h.
Buku administrasi UKS
i.
Alat dan kotak P3K
j.
Toilet
k.
Tandu
l.
Rak sepatu
m.
KMS anak sekolah
n.
Trias UKS
o.
Bendera UKS
p.
Meja dan kursi
q.
Papan data dan informasi
r.
Data tiga tahun sekali
s.
Ruang konseling
Obat-obatan dan
peralatan yang ada dilemari/kotak P3K :
a.
Kasa
b.
Kapas
c.
Oralit
d.
Minyak kayu putih
e.
Spalak/bidai
f.
Mitela
g.
Plaster
h.
Revanol
i.
Hendschun
H.
IMUNISASI DAN
P3K
·
Imunisasi
Ø Pengertian
imunisasi
Imunisasi merupakan prosedur pencegahan
penyakit menular yang diberikan kepada anak sejak masih bayi hingga remaja.
Melalui program ini tubuh diprkenelkan dengan bakteri atau virus tertentu yang
sudah dilemahkan atau dimatikan dengan tujuan untuk meransang seistem imun guna
membentuk antibiodi. Antibiodi yang terbentik setelah imunisasiberuna untuk
melindungitubuh dari serangan mokroorgnisme tersebut imasa yang akan datang.
Inilah yang disebut dengan kekebalan aktif.
Ø Efek samping
imunisasi
Uunya efek samping imunisasi tergolong ringan,
seperti bengkak atau bekas berwarna kemerahandibagian yang disuntik, demam,
mual, nyeri, pusing, dan hilang nafsu makan. Untuk efek samping yang tergolong
besar seperti kejang, namun hal ini jarang sekali terjadi.
Ø Jenis-jenis
vaksin di indonesia
·
Vaksin hepatitis B
Hepatitis B meupakan satu penyakit infeksi hati
berbahaya yang disebabkan oleh firus.
·
Polio
Polio merupakan penyakit virus yang dapat
menyebabkan kelempuhan
·
BCG
Vaksin BCG diberikan untuk mencegah penyakit
tuberkulosis atau yang lebih dikenal sebagai TBC , penyakit ini menyerang
sistem pernafasan dan tergolong berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian.
·
DTP
DTP merupakan jenis vaksin gabungan, vaksin ini
diberikan untuk mencegah penyakit difteri, tetanus dan pertusis atau batuk
rejang.
·
Dan campak
Campak adalah penyakit virus yang menyebabkan
demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan dan ruam.
Imunisasi
merupakan investasi kesehatan masa depan karena pencegahan penyakit melalui
imunisasi merupakan cara perlindungan terhadap infeksi yang paling efektif dan
jauh lebih murah dibanding mengobati seseorang apa bila telah jatuh sakitdan
harus dirawat dirumah sakit. Dengan imunisasi anak, anak akan terhindar dari
penyakit infeksi berbahaya, maka mereka memiliki kesempatan beraktifitas,
bermain, belajar tanpa terganggu masalah kesehatan.
Saat ini
imunisasi dilakukan di tempat-tempat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit,
klinik bersalin, puskesmas, posyandu dan praktek dokter swasta.
·
P3K
Pertolongan
pertama pada kecelakaan adalah upaya penyelamatan dasar terhadap korban
kecelakaan atau sakit untuk mencegah semakin parahnya kondisi korban. P3K ini
bukan untuk menyembuhkan penyakit tetapiyang diderita oleh korban, melainkan
hanya penangananpertama yang bisa dilakukanorang disekitar korban sembari
mereka menunggu tim medis resmi datang untuk menangani koraban. Pertolongan
pertama pada kecelakaan harus dilakukan secara cepat dan tepat, jika tidak maka
menyebabkan semakin parahnya kecelakaan atau bahkan ancaman jiwa korban.
Ø Prinsip dasar
P3K
Jangan sanpai anda menjadi korban selanjutnya
atau tertular oleh kecelakaan korban sebelumnya. Sering kali saat hendak
melakuakan pertolongan pertama penolong menjadi panikdan cendrung kurang sadar
dengan kondisi. Pastikan lokasi penolongan pertama dalam kondisi jauh dari
resiko.
Gunakan pertolongan pertama yang mudah, cepat
dan efisien, jangan coba-coba menjadi pahlawan kesiangan. Bila pertolongan
ertama sudah dilakukan oleh tim, maka buat perencanaan yang matang dan bentuk
tim menjadi kompak, hindari konflik antara anggota tim yang akan menghancurkan misi
dari dalam.
Ø Langkah-langkah
pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K)
1.
Hindari panik
Bertindklah yang cekatan namun tetap fokus dan
hati-hati. Apa bila terdapar korban maka klasifikasikan koban berdasarkan
tingkat parahnya luka.
2.
Hindari korban dari segala sesuatu yang bisa
memperparah keadaan korban
Jauhkan korban dari sesuatu yang bisa
memperarah kondisi korban seperti dari asap rokok, benda tajam.
3.
Perhatikan nafas dan denyut nadi korban
Bila nafas korban terganggu atau berhenti maka
berikan nafas bantuan. Pendrahan yang berdasarkan dari pembuluh darah besar
akan menyebabkan kematian dalam waktu yang sekitar 4 menit. Gunakan sapu tangan
atau kain bersih , tekan pada luka dengan kuat, kemudian ikat dengan
pengikatagar darah berhenti mengalir .
4.
Perhatika tanda-tanda shock
Telentang korban dengan posisi kepala lebih
rendah dari badan. Jika korban muntah
dalam keadaan sadar , telungkapkan korban dengan bagian kepala lebih rendah
dari badan, hal ini untik menghindari korban agar tidak muntah darah atau
mencegah cairan masuk kedalam paru-paru.
5.
Jangan pindahkan korban dengan tergesa-gesa
Perhatikan tingkat keparaha korban. Jangan
lansung main pindah. Tulang patah harus dibidai terlebi dahulu , pendarahan
harus dihentikan, kecuali pada kasus
dimana korban harus dipindahkan.
6.
Bawa
korban kerumah sakit terdekat
Setelah melakukan P3K seperlunya, maka bawa
korban ke UGD untuk mendapatkan
penanganan medis yng lebih serius. UGD rumah sakit adalah sarana untuk
menyelamatkan jiwa korban. Bukan sebagai terapi penyembuhan atau terapi dampak
kecelakaan.
I.
GIZI
Secara etimologi, kata “gizi berasal dari
bahasa Arab “ghidza”, yang berarti “makanan”, menurut dialek mesir, “ghidza”
dibaca “ghizi” .
Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan
makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absobsi,
transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak
digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari
organ-organ, serta menghasilkan energi.
Ø Ilmu gizi
Ilmu gizi mendefinisikan sbagai suatu cabang
ilmu yang mempelajari proses pangan setelah dikonsumsi oleh manusia, masuk
kedalam tubuh, mengalami pencernaan, absobsi, transportasi, penyimpanan,
metabolisme, erta pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk pertumbuhan
dan perkembangan yang sehat serta gigi yang sehat pula.
Ø Sejarah ilmu
gizi
Ilmu gizi merupakan salah satu ilmu trepan yang
berkaitan dengan berbagai ilmu dasar misalnya kimia, biokimia, fisiologi,
biologi, phatologi, ilmu pangan dan
lainnya. Oleh karena itu, unyuk menguasai ilmu gizi maka seseorang harus
menguasai ilmu yang relevan dengan kebutuhan ilmu gizi. Ilmu kimia dan biokimia
berkembang melahirkan ilmu gizi. Antoine leveiser seorang pakar dari pranis
dirujuki seabagai bapak kimia moderand berhasil meletakkan dasar ilmu gizi
berupa fungsi kimia kimia dan biokimia tubuh manusia, sehingga beliau
menyandang predikat sebagai bapak ilmu gizi. Lahirnya ilmu gizi diawali dengan
pertemuan tentang hal yang berkaitan dengan penggunaan energy makanan, antara
lain meliputi proses pernafasan, kalorimetri dan oksidasi. Penelitia tersebut
menggunakan hewan pencobaan yaitu sejenis keliniyang bisa digunakan dalam
penelitian biologi. Dapat disimpilkan bahwa pernafasan merupakan proses
pembakaran yan sama dengan pembakaran yang terjadi diluar tubuh.
Selanjutnya parra ahli menemukan susunan kimia
dalam makanan yang berguna bagikesehatan tubuh yang pada akhirnya dikenal
dengan sebagai zat gizi. Pengelompokan zat gizi meliputi protein, karbohidrat,
vitamin, lemak, mineral dan air. Samapai saat ini lebih dari 50 senyawa dan
unsur telah ditemukan. Senyawa tersebut terdapat berbagai bahan makanan yang
diperlukan tubuh untuk hidup sehat. Berbagai penelitian telah dilakukan tentang
berbagai kebutuhan zat gizi, juga akibat dari kekurangan maupun kelebihan zat
gizi terhadap kesehatan tubuh. Agar tubuh dapat pempertahankan kelansungan
hidupnya, maka tubuh tubuh melakukan suatu pemeliharaan dengan mengganti
jaringan yang rusak, melakukan kegiatan dan pertumbuhan samapi mencapai usia
dewasa. Untuk mencapai ketiga fungsi tersebut, tubuh memerlukan sebagian zat
gizi setiap hari melakukan makanan. Bila jumlah zat gizi tersebut tidak
terpenuhi atau kelebihan, kesehatan yang optimal tidak akan tercapai.
Percobaan
telah banyak dilakukan pada binatang lain dan tidak sedikit manusia
menanggung resiko untuk penemuan-penemuan dibidang ilmu gizi. Oleh sebab itu,
prinsip-prinsip ilmu gizi dan mutakhir ibidang gizi digunalkan untuk pemecahan
masalah perbaikan gizi, terutama pada kelompok seperti bayi, balita, wanita
hamil yang menyusui dan lanjut usia.
Ø Fungsi dari
gizi
·
Meelihara proses tubuh dalam
pertumbuhan/perkembangan serta mengganti jaringan tubuh yang rusak
·
Memeperoleh energi guna melakukan kegiatan
sehari-hari
·
Mengaur metebolisme dan mengatuer berbagai
keseimbangan air, mineral, dan cairan tubuh lainnya
·
Berperan dalam mekanisme pertahanan tubuh
terhadap berbagai penyakit (protein)
Setiap orang
perlu mengonsumsi aneka ragam makanan; kecuali bayi berumur 0-4 bulan yang cukup
mengonsumsi Air Susu Ibu (ASI). Asi adalah satu-stunya makanan tunggal dalam
poses tumbuh kembang irinya secara wajar dan sehat.
Makanan yang
beranekaragam yaitu makanan yang mengandung zat gizi yang diprlukan tubuh baik
kualitas maupun kuantitasnya, dalam pelajaran ilmu gizi biasa isebut triguna
makanan yaitu, makanan yang mengandung zat tenaga, pembangun dan pengatur. Aopa
bila ada kekurangan atas kelengkapan salah satu izi tertentu pada suatu makanan
akan dilengkapi oleh zat gizi seupa dari makanan yang lain.
Makanan sumber zat tenaga antara lain :
·
Beras
·
Jagung
·
Gandum
·
Ubi kayu
·
Ubi jalar
·
Roti
·
Mi
Minyak, margin
dan santan yang mengandung lemak juga dapat menghasilkan tenaga. Makanan sumber
zat tenaga menunjang aktifitas sehari-hari. Makanan yang mengandung sumber zat
pembangun yang berasal dari bahan nabati adalah kacang-kacangan, tempe tahu.
Sedangkan yang berasal dari hewan adalah telur, ikan, ayam, daging, susu, serta
hasil olahan seperti keju. Zat pembangun berperan sangat penting untuk perumbuhan
dan perkembangan kecerdasan seseorang. Makanan sumber zat pengatur adalah semua
sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan-makanan ini megandung vitamin dan
mineral, yang berperan untuk kelancaran bekerjanya fungsi organ-organ tubuh.
Ø Gizi dalam
ksehatan
Terkait erat denga gizi kesehatan masyarakat
adalah kesehatan masyarakat, yang mengacu pada cabang populasi terfokus
kesehatan masyarakat yang memantau diet, status gizi dan kesehatan, dan program
pangan dan gizi, dan memberikan peran kepemimpinan dan menerapkan publik
kesehatan .
Ø Definisi status
gizi
Status gizi adalah expresi dari keadan
keseimbangan dalam bentuk variabel tertentu atau dapat dikatakan bahwa status
gizi merupakan indikator baik-buruknya penyediaan makanan sehari-hari. Menurut
suyatno, Ir.Mkes, status gizi yaitu keadaan yang diakibatkan oleh status
keseimbangan antara jumlah asupan (intake) zat gizi dan jumlah yang dibutuhkan
(requiremen) oleh tubuh manusia untuk berbagai fungsi biologis: (pertumbuhan
fisik, perkembangan, aktivitas, dan pemeliharaan kesehatan)
Ø Indikator
status gizi
Indikator status gizi yaitu tanda-tanda yang
dapat memberikan gambaran tentang keadaan keseimbangan asupan dan kebutuhan zat
gizi oleh tubuh. Indikator status gizi umunya secara lansung dapat dilihat dari
kondisi fisik atau kondisi luar seseorang. Contoh: pertumbuhan fisik-àukuran tubuhàantropometri (berat badan, tinggi badan dan
lainnya)
Ø Faktor yang
mempengaruhi status gizi sesorang
·
Lingkungan yang buru
·
Faktor ekonomi
·
Sosial budaya
·
Biologi/keturuna
Ø Akibat gizi salah
Gizi salah berpengauh negatif terhadap
perkembangan mental, fisik, produktivitas, dan sesanggupan kerja manusia. Gizi
yang salah diderita oleh anak pada masa periode dalam kandungandari periode
anak-anak, menghambat kecerdasan anak. Anak yang menderita gizi salah tingakat
tingkat berat mempunyai otak yang lebih kecildari pada ukuran otak rata-rata
dan mempunyai sel otak yang kapasitasnya lebih rendah dibandingkan dengan anak
yang gizi baik.
Ø Cara perbaikan
status gizi
1.
Kebuuhan energi zat gizi ditentukan menurut
umur, berat badan, jenis kelamin dan aktifitas
Susunan menu seimbang yang berasal dari
beranekaragam bahan makanan, vitamin, dan mineral sesuia kebutuhan
Menu disesuaikan dengan pola makan
Peningkatan kadar Hb dilakukan dengan pemberian
makanan sumber zat besi yang berasal dari bahan makanan hewani karena lebih banyak diserap oleh tubuh
dari pada sumber makanan nabati
Selain meningkatkan kaya makanan kaya zat besi
juga perlu menanmbah makanan yang banyak mengandung vitamin C, seperti pepaya,
jeruk, nanas, pisang hijau, sawo kecil, sukun dll.
Ø Penanggulan
masalah gizi
1.
Penanggulan masala gizi kurang
·
Upaya penuhan persediaan pangan nasional
·
Peningkatan usaha perbaikan gizi keluarga
(UPGK)
·
Peningkatan upaya pelayanan gizi terpadu
·
Peningkatan upaya keamanan pangan gizi melalui
SKPG
·
Peningkatan komunikasi
·
Peningkatan tehnologi
·
Intervensi lansung
·
Peningkatan kesehatan lingkungan
·
Upaya peningkatan dan pengembangan gizi
·
Upaya pengawasa makanan dan minuman
·
Upaya penelitian pangan dan gizi
BAB II
KESIMPULAN
Pendidikan bagi anak usia dini adalah
pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan dan memberi
kegiatan pembelajaran yang menghasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak.
(depag RI,2003:1)
Karakteristik anak usia dini adalah
aktif melakukan berbagai eksplorasi dalam kegiatan bermain, maka sesuai dengan
karakteristiknya tersebut proses pembelajarannya ditekankan pada aktivitas
dalam bentuk belajar sambil bermain menekankan pada pengembangan potensi
dibidang fisik, intelegensi, sosial, emosional, bahasa dan komunikasi menjadi
kompotisi/kemampuan yang secara aktual dimiliki anak.
Kesehatan adalah
merupakan suatu pandangan akan kondisi yang fleksibel antara kesehatan badan
jasmani dengan kesehatan mental rohani yang dibedakan dalam sebuah rentang yang
selalu berfluktuasi atau berayun mendekati dan menjauhi puncak kebahagiaan
hidup dari keadaan sehat yang sempurna
sakit adalah sebagai suatu keadaan yang tidak
menyenangkan yang menimpa seseorang sehingga seseorang menimbulkan gangguan
aktivitas sehari-hari baik itu dalam aktivitas jasmani, rohani dan sosial.
Usaha kesehatan
sekolah (UKS) upaya pelayanan ksehatan yang terdapat disekolah, guna menolong
murid dan juga warga sekolah yang sakit dikawasan sekolah lingkungan sekolah.
Imunisasi
merupakan prosedur pencegahan penyakit menular yang diberikan kepada anak sejak
masih bayi hingga remaja. Melalui program ini tubuh diperkenalkan dengan
bakteri atau virus tertentu yang sudah dilemahkan atau dimatikan dengan tujuan
untuk meransang seistem imun guna membentuk antibiodi
Pertolongan
pertama pada kecelakaan adalah upaya penyelamatan dasar terhadap korban
kecelakaan atau sakit untuk mencegah semakin parahnya kondisi korban. P3K ini
bukan untuk menyembuhkan penyakit tetapi yang diderita oleh korban, melainkan
hanya penangananpertama yang bisa dilakukanorang disekitar korban sembari
mereka menunggu tim medis resmi datang untuk menangani koraban. Pertolongan
pertama pada kecelakaan harus dilakukan secara cepat dan tepat, jika tidak maka
menyebabkan semakin parahnya kecelakaan atau bahkan ancaman jiwa korban.
Gizi adalah
suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal
melalui proses digesti, absobsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan
pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan,
pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energi.
Komentar
Posting Komentar