MAKALAH STRATEGI PEMBELAJARAN AUD "RANCANGAN RAMBU-RAMBU PENDIRIAN TPA DAN KB"



RANCANGAN RAMBU-RAMBU PENDIRIAN TPA DAN KB
DI SUSUN OLEH :

NAMA                             :           ZAIDAH
NPM                                 :           1411070236
SEMESTER                    :           3 (TIGA)
JURUSAN                       :           PGRA “D”
MATA KULIYAH         :           STRATEGI PEMBELAJARAN AUD

https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR3mm4RtcSE_k6zkjxu_jT3H9D7VTmTgxaERUkHxAUNNTJ1VRRSPw

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL (PGRA)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN
LAMPUNG TAHUN 2015/2016
KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum WR.WB
Dengan menyebut nama allah yang maha pengasih lagi maha penyayang , Alhamdulillah segala puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan taufiq dan innayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan propoal ini yang berjudul : “ RANCANGAN RAMBU-RAMBU PENDIRIAN TPA DAN KB “
 Salam sejahtera teriring do'a saya sampaikan semoga Bapak dan seluruh jajaran pengurus PAUD AL-FARHAN senantiasa ada dalam bimbingan Allah Swt dan selalu mendapatkan ridho darinya. Amin.
            Saya  menyusun Rancangan rambu-rambu pendirian TPA dan KB berdasarkan Pertimbangan potensi yang saya miliki pada saat ini.
Selanjutnya saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya pada :
1.      Bapak kepala sekolah dan wakilnya PAUD AL-FARHAN
2.      Kepala UPT PAUD AL-FARHAN
3.      Serta Staf-Staf pengurus PAUD AL- FARHAN
    Semoga Rancangan ini dapat segera direalisasikan di Desa Sukanegara Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat dan dapat bermanfaat bagi penyelenggara PAUD di sekitarnya.
Wassalamu'alaikum Wr,Wb
Ketua,

ZAIDAH,S.Pd
NPM 1411070236
BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting dilaksanakan sebagai dasar bagi pembentukan kepribadian manusia secara utuh, yaitu untuk pembentukan karakter, budi pekerti luhur, cerdas, ceria, terampil dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan usia dini dapat dimulai di rumah atau dalam keluarga, perkembangan anak pada tahun-tahun pertama sangat penting dan akan menentukan kualitasnya di masa depan. Oleh karena itu, upaya-upaya pengembangan anak usia dini hendaknya dilakukan melalui belajar dan melalui bermain (learning through games). Hal ini karena bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak melalui bermain anak memperoleh kesempatan untuk bereksplorasi (exploration), menemukan (finding), mengekspresikan (expression), perasaannya dan berkreasi (creation). Lembaga-lembaga di Indonesia memiliki pijakan yang sangat kuat bernpa landasan yuridis, landasan filosofis, landasan religius, dan landasan keilmuan serta landasan empirik.
1.      Landasan yuridis adalah landasan yang berkaitan dengan pentingnya penyelenggaraan lembaga (KB dan TPA).
2.      Landasan filosofis dan religius, yaitu landasan yang didasarkan pada keyakinan agama yang dianut oleh para orang tua anak usia dini.
3.      Landasan empirik adalah landasan yang berdasarkan pada fakta yang terdapat di lapangan.
4.      Landasan keilmuan adalah teori-teori dan kajian-kajian yang melandasi apa, mengapa, dan bagaimana anak usia dini mendapat pengasuhan, pendidikan dan perlindungan yang tepat.
Adapun upaya dalam mengembangkan seluruh potensi yang ada pada diri anak adalah di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) karena prinsip pembelajaran di PAUD adalah bermain sambil belajar, belajar seraya bermain. PAUD mendasari jenjang pendidikan selanjutnya. Perkembangan secara optimal selama masa usia dini memiliki dampak terhadap pengembangan kemampuan untuk berbuat dan belajar pada masa-masa berikutnya.  PAUD mengembangkan potensi anak secara komprehensif. Posisi anak usia dini di satu pihak berada pada masa sangat penting dan potensi untuk pengembangan masa depannya. Akan tetapi dipihak lain termasuk masa rawan dan labil disaat anak kurang mendapat rangsangan yang positif dan menyeluruh.

B.     TUJUAN

Tujuan pendidikan di TPA/KB adalah untuk mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya, termasuk siap untuk memasuki pendidikan dasar.

Secara khusus tujuan pendidikan di TPA/KB adalah :
Ø  anak mampu melakukan ibadah, mengenai dan percaya akan ciptaan Tuhan dan mencintai sesama.
Ø  anak mampu mengelola keterampilan tubuh termasuk gerakan-gerakan yang mengontrol gerakan tubuh, gerakan halus, dan gerakan kasar, serta menerima rangsangan sensorik (pancaindra) 
Ø  anak mampu menggunakan bahasa untuk pemahaman bahasa pasif dan dapat berkomunikasi secara efektif yang bermanfaat untuk berpikir dan belajar.
Ø  anak mampu berpikir logis, kritis, memberi alasan, memecahkan masalah dan menemukan hubungan sebab akibat.
Selain itu tujuan pendidikan di TPA dan KB yaitu :
1.      anak mampu mengenal lingkungan alam, lingkungan sosial, peranan masyarakat, dan menghargai keragaman sosial dan budaya. Untuk membentuk anak Indonesia yang berkuailtas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.
2.      Untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.
3.      Intervensi dini dengan memberikan rangsangan sehingga dapat menumbuhkan potensi-potensi yang tersembunyi (hidden potency) yaitu dimensi perkembangan anak (bahasa, intelektual, emosi, sosial, motorik, konsep diri, minat dan bakat)
4.      Melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan .

C.     VISI
Visi " Dengan di bentuknya Rancangan rambu-rambu pendirian TPA dan KB  kita  dapat mewujudkan anak-anak yang Cerdas, kreatif, Terampil dan Taqwa Terhadap Allah Swt.

D.    MISI
1.      Meningkatkan Wawasan Ilmu Pengetahuan diberbagai bidang terutama di bidang kognitif, motorik, seni.
2.      Memajukan pendidikan sesuai amanat Allah SWT
3.      Melaksanakan mutu Pendidikan sesuai dengan aturan yang diamanatkan Program Pendidikan Nasional
4.      Mengembangka Beberapa Aspek perkembangan Terutama Aspek Motorik
5.      Membantu meletakkan dasar pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan anak didik dalam menyesuaikan dengan lingkungannya agar siap memasuki pendidikan dasar untuk pertumbuhan perkembangan selanjutnya.

BAB II
PROGRAM KEGITATAN


A.    ANAK DIDIK
Jumlah anak didik yang akan di didik 25 anak
1.      Sistem penerimaan anak didik
a.       Menyebar luaskan penerimaan anak didik dengan mencantumkan persyaratannya
b.      Pendaftaran calon anak didik
c.       Penetapan calon anak didik
2.      Kriteria calon penerimaan anak didik usia antara 3-6 tahun

B.     JENIS KEGIATAN
Jenis kegiatan di TPA dan KB AL-FARHAN meliputi
1.      Pelayanan pendidikan anak
2.      Membimbing anak untuk mengembangkan ekspresi diri
3.      Membiasakan prilaku baik atau ahlakul kharimah

C.     MATERI PEMBELAJARAN
Meliputi
1.      Moral dan nilai-nilai agama khususnya agama islam
2.      Bahasa
3.      Kognitif
4.      Seni
5.      Jasmani

D.    TINGKAT KOMPOTENSI
Meliputi
1.      Melakukan ibadah, mengenal dan percaya akan ciptaan allah swt dan mencintai sesama.
2.      Mampu mengaktualisasikan diri dalam lingkungan
3.      Mampu bekreasi dalam bidang seni dan menghargai karya orang lain

E.     METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran di TPA dan KB adalah dengan metode pembelajaran bermain, bercerita, bernyanyi dll.

F.      Adminsitrasi
Administrasi di KB secara umum terdiri dari aspek-aspek administrasi berikut ini :
a. Administrasi Program Pembelajaran
b. Administrasi Pengelolaan Kegiatan
c. Administrasi Keuangan
d. Adminsitrasi Kepegawaian











BAB III
DAYA DUKUNG PENDIRIAN TPA DAN KB

A.    GEDUNG
Gedung yang dipakai untuk pendirian TPA dan KB adalah gedung yang didirikan di tanah wakaf yang diberikan kepada pemerintah untuk menegak kan sebuah lembaga pendidikan anak usia dini.

B.     SARANA DAN PRASARANA
Sarana dan prasarana dalam kegiatan belajar mengajar di TPA dan KB di bagi menjadi dua bagian yaitu :
1.      APE DALAM
a.       Puzzle
b.      Alat meronce
c.       Lesi
d.      Boneka
e.       Sentra alam
f.       Sentra mainan

2.      APE LUAR
a.       Ayunan
b.      Plorotan
c.       Memanjat tali






                                                                                          
BAB IV
PENUTUP

            Proposal ini saya susun sebagai bahan pertimbangan untuk memperoleh bantuan dana Sarana dan Prasarana TPA dan KB dan sekaligus sebagai acuan dalam penyelenggaraan PAUD dimasa mendatang.
            Tentunya masih banyak sekali kekurangan serta kelemahan dalam penyusunan proposal ini, hal ini disadari karena kekurangan serta minimnya wawasan saya dalam cara pembuatan proposal yang sempurna, namun demikian mudah-mudahan proposal yang sederhana ini telah mampu mengakomodir semua harapan, keinginan semua pihak dalam mewujudkan dan mensukseskan program pemerintah khususnya dalam Pendirian TPA dan KB..
            Demikian proposal ini saya buat atas dukungan berupa bimbingan serta bantuan sehingga terkabulnya Proposal ini saya  ucapkan terimakasih.



Ketua Penyelenggara 

ZAIDAH,S.Pd
Npm 1411070236

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PRINSIP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL AUD

MAKALAH HASIL OBSERVASI DI TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) DARRUL ILMI BANDAR LAMPUNG

MAKALAH Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Hakekat Pendidikan Anak Usia Dini