MAKALAH STRATEGI PEMBELAJARAN AUD "RANCANGAN RAMBU-RAMBU PENDIRIAN TPA DAN KB"
RANCANGAN
RAMBU-RAMBU PENDIRIAN TPA DAN KB
DI SUSUN OLEH :
NAMA : ZAIDAH
NPM : 1411070236
SEMESTER : 3 (TIGA)
JURUSAN : PGRA
“D”
MATA KULIYAH : STRATEGI PEMBELAJARAN AUD

FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
PENDIDIKAN
GURU RAUDHATUL ATHFAL (PGRA)
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN
LAMPUNG
TAHUN
2015/2016
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum WR.WB
Dengan menyebut nama allah yang maha pengasih
lagi maha penyayang , Alhamdulillah segala puji syukur kehadirat Allah SWT.
Yang telah melimpahkan taufiq dan innayahnya sehingga penulis dapat
menyelesaikan penulisan propoal ini yang berjudul : “ RANCANGAN RAMBU-RAMBU
PENDIRIAN TPA DAN KB “
Salam sejahtera teriring do'a saya sampaikan
semoga Bapak dan seluruh jajaran pengurus PAUD AL-FARHAN senantiasa ada dalam
bimbingan Allah Swt dan selalu mendapatkan ridho darinya. Amin.
Saya
menyusun Rancangan rambu-rambu pendirian TPA dan KB berdasarkan
Pertimbangan potensi yang saya miliki
pada saat ini.
Selanjutnya
saya menyampaikan terima
kasih dan penghargaan setinggi tingginya pada :
1.
Bapak kepala sekolah
dan wakilnya PAUD AL-FARHAN
2.
Kepala UPT PAUD AL-FARHAN
3.
Serta Staf-Staf
pengurus PAUD AL- FARHAN
Semoga
Rancangan ini dapat segera direalisasikan di Desa Sukanegara Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir
Barat dan dapat bermanfaat bagi penyelenggara
PAUD di sekitarnya.
Wassalamu'alaikum
Wr,Wb
Ketua,
ZAIDAH,S.Pd
NPM 1411070236
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pendidikan Anak Usia Dini sangat
penting dilaksanakan sebagai dasar bagi pembentukan kepribadian manusia secara
utuh, yaitu untuk pembentukan karakter, budi pekerti luhur, cerdas, ceria,
terampil dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan usia dini dapat
dimulai di rumah atau dalam keluarga, perkembangan anak pada tahun-tahun
pertama sangat penting dan akan menentukan kualitasnya di masa depan. Oleh
karena itu, upaya-upaya pengembangan anak usia dini hendaknya dilakukan melalui
belajar dan melalui bermain (learning through games). Hal ini karena bermain
merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak melalui bermain anak memperoleh
kesempatan untuk bereksplorasi (exploration), menemukan (finding),
mengekspresikan (expression), perasaannya dan berkreasi
(creation). Lembaga-lembaga di Indonesia memiliki pijakan yang sangat kuat
bernpa landasan yuridis, landasan filosofis, landasan religius, dan landasan
keilmuan serta landasan empirik.
1.
Landasan yuridis adalah landasan
yang berkaitan dengan pentingnya penyelenggaraan lembaga (KB dan TPA).
2.
Landasan filosofis dan religius,
yaitu landasan yang didasarkan pada keyakinan agama yang dianut oleh para orang
tua anak usia dini.
3.
Landasan empirik adalah landasan
yang berdasarkan pada fakta yang terdapat di lapangan.
4.
Landasan keilmuan adalah teori-teori
dan kajian-kajian yang melandasi apa, mengapa, dan bagaimana anak usia dini
mendapat pengasuhan, pendidikan dan perlindungan yang tepat.
Adapun upaya dalam mengembangkan seluruh potensi yang
ada pada diri anak adalah di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) karena
prinsip pembelajaran di PAUD adalah bermain sambil belajar, belajar seraya
bermain. PAUD mendasari jenjang pendidikan selanjutnya. Perkembangan
secara optimal selama masa usia dini memiliki dampak terhadap pengembangan
kemampuan untuk berbuat dan belajar pada masa-masa berikutnya. PAUD mengembangkan potensi anak secara
komprehensif. Posisi anak usia dini di satu pihak berada pada masa sangat
penting dan potensi untuk pengembangan masa depannya. Akan tetapi dipihak lain
termasuk masa rawan dan labil disaat anak kurang mendapat rangsangan yang
positif dan menyeluruh.
B.
TUJUAN
Tujuan
pendidikan di TPA/KB adalah untuk mengembangkan berbagai potensi anak sejak
dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan
lingkungannya, termasuk siap untuk memasuki pendidikan dasar.
Secara khusus tujuan pendidikan di
TPA/KB adalah :
Ø anak mampu
melakukan ibadah, mengenai dan percaya akan ciptaan Tuhan dan mencintai sesama.
Ø anak mampu
mengelola keterampilan tubuh termasuk gerakan-gerakan yang mengontrol gerakan
tubuh, gerakan halus, dan gerakan kasar, serta menerima rangsangan sensorik
(pancaindra)
Ø anak mampu
menggunakan bahasa untuk pemahaman bahasa pasif dan dapat berkomunikasi secara
efektif yang bermanfaat untuk berpikir dan belajar.
Ø anak mampu
berpikir logis, kritis, memberi alasan, memecahkan masalah dan menemukan
hubungan sebab akibat.
Selain itu
tujuan pendidikan di TPA dan KB yaitu :
1.
anak mampu mengenal lingkungan alam,
lingkungan sosial, peranan masyarakat, dan menghargai keragaman sosial dan budaya.
Untuk membentuk anak Indonesia yang berkuailtas, yaitu anak yang tumbuh dan
berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki yang optimal
di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.
2.
Untuk membantu menyiapkan anak
mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.
3.
Intervensi dini dengan memberikan
rangsangan sehingga dapat menumbuhkan potensi-potensi yang tersembunyi (hidden
potency) yaitu dimensi perkembangan anak (bahasa, intelektual, emosi, sosial, motorik,
konsep diri, minat dan bakat)
4.
Melakukan deteksi dini terhadap
kemungkinan .
C.
VISI
Visi " Dengan di bentuknya Rancangan rambu-rambu pendirian TPA dan KB kita dapat mewujudkan
anak-anak yang Cerdas, kreatif,
Terampil dan Taqwa Terhadap Allah Swt.
D.
MISI
1.
Meningkatkan Wawasan
Ilmu Pengetahuan diberbagai bidang terutama di bidang kognitif, motorik, seni.
2. Memajukan
pendidikan sesuai amanat Allah SWT
3. Melaksanakan
mutu Pendidikan sesuai dengan aturan yang diamanatkan Program Pendidikan
Nasional
4.
Mengembangka Beberapa Aspek perkembangan Terutama Aspek
Motorik
5.
Membantu meletakkan
dasar pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang
diperlukan anak didik dalam menyesuaikan dengan lingkungannya agar siap
memasuki pendidikan dasar untuk pertumbuhan perkembangan selanjutnya.
BAB II
PROGRAM KEGITATAN
A.
ANAK DIDIK
Jumlah
anak didik yang akan di didik 25 anak
1.
Sistem penerimaan
anak didik
a.
Menyebar luaskan
penerimaan anak didik dengan mencantumkan persyaratannya
b.
Pendaftaran calon
anak didik
c.
Penetapan calon
anak didik
2.
Kriteria calon
penerimaan anak didik usia antara 3-6 tahun
B.
JENIS KEGIATAN
Jenis
kegiatan di TPA dan KB AL-FARHAN meliputi
1.
Pelayanan
pendidikan anak
2.
Membimbing anak
untuk mengembangkan ekspresi diri
3.
Membiasakan prilaku
baik atau ahlakul kharimah
C.
MATERI PEMBELAJARAN
Meliputi
1.
Moral dan
nilai-nilai agama khususnya agama islam
2.
Bahasa
3.
Kognitif
4.
Seni
5.
Jasmani
D.
TINGKAT KOMPOTENSI
Meliputi
1.
Melakukan ibadah,
mengenal dan percaya akan ciptaan allah swt dan mencintai sesama.
2.
Mampu mengaktualisasikan
diri dalam lingkungan
3.
Mampu bekreasi
dalam bidang seni dan menghargai karya orang lain
E.
METODE PEMBELAJARAN
Metode
pembelajaran di TPA dan KB adalah dengan metode pembelajaran bermain,
bercerita, bernyanyi dll.
F. Adminsitrasi
Administrasi di KB secara umum terdiri dari
aspek-aspek administrasi berikut ini :
a. Administrasi Program Pembelajaran
b. Administrasi Pengelolaan Kegiatan
c. Administrasi Keuangan
d. Adminsitrasi Kepegawaian
BAB
III
DAYA DUKUNG
PENDIRIAN TPA DAN KB
A.
GEDUNG
Gedung yang
dipakai untuk pendirian TPA dan KB adalah gedung yang didirikan di tanah wakaf
yang diberikan kepada pemerintah untuk menegak kan sebuah lembaga pendidikan
anak usia dini.
B.
SARANA DAN
PRASARANA
Sarana dan
prasarana dalam kegiatan belajar mengajar di TPA dan KB di bagi menjadi dua
bagian yaitu :
1.
APE DALAM
a.
Puzzle
b.
Alat meronce
c.
Lesi
d.
Boneka
e.
Sentra alam
f.
Sentra mainan
2.
APE LUAR
a.
Ayunan
b.
Plorotan
c.
Memanjat tali
BAB
IV
PENUTUP
Proposal ini saya susun sebagai bahan
pertimbangan untuk memperoleh bantuan dana Sarana dan Prasarana TPA dan KB dan sekaligus sebagai
acuan dalam penyelenggaraan PAUD dimasa mendatang.
Tentunya masih banyak sekali
kekurangan serta kelemahan dalam penyusunan proposal ini, hal ini disadari karena
kekurangan serta minimnya wawasan saya
dalam cara pembuatan proposal yang sempurna, namun demikian mudah-mudahan
proposal yang sederhana ini telah mampu mengakomodir semua harapan, keinginan
semua pihak dalam mewujudkan dan mensukseskan program pemerintah khususnya
dalam Pendirian TPA dan KB..
Demikian proposal ini saya buat atas dukungan
berupa bimbingan serta bantuan sehingga terkabulnya Proposal ini saya ucapkan terimakasih.
Ketua Penyelenggara
ZAIDAH,S.Pd
Npm 1411070236
Komentar
Posting Komentar