PROMES PAUD Tema air dan kendaraan
PROGRAM
SEMESTER 1
TAHUN
PELAJARAN 2016-2017
Tema
|
Sub Tema
|
Kompetensi Dasar (Kd)
|
Indikator
|
Waktu
|
Kendaraan
|
Macam-macam
Kendaraan
|
Moral
Agama
1.1
Mempercayai Tuhan melalui ciptaanya
|
1.
Bersyukur atas ciptaan Tuhan (telah menciptakan berbagai macam kendaraan )
2.
bersyukur memiliki salah satu kendaraan
3.
bersyukur memiliki kesukaan untuk mengendendarai kendaraan
|
Minggu
Ke- 1
Minggu
Ke- 2
|
1.2
Menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
1.
bersyukur dapat mengendarai kendaraan dengan baik
2.
bersyukur dapat mengfungsikan kegunaan kendaraan
3.
bersyukur dapat melihat kendaraan
4.
bersyukur dapat memegang kendaraan dengan baik
5.
bersyukur dapat mengetahui nama-nama kendaraan
6.
bersyukur dapat mengetahui fungsi-fungsi kendaraan
7.
bersyukur dapat mengucapkan nama-nama kendaraan
8.
bersyukur dapat mengetahui besar kecilnya kendaraan
|
|||
3.1
mengenal kegiatan sehari-hari
|
1.
bersyukur dapat menggunakan kendaraan untuk pergi ke masjid
2.
bersyukur dapat menggunakan kendaraan untuk bersekolah
3.
bersyukur dapat menggunakan kendaraan untuk mengatar orang yang memerlukan
4.
bersyukur dapat meminjamkan kendaraan kepada teman
5.
bersyukur teman dapat menggunakan kendaraan yang kita miliki
|
|||
4.1
melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
1.
bersyukur dapat menggunakan kendaraan sesuai tuntunan
2.
bersyukur dapat memfungsikan kendaraan sesuai aturan
3.
bersyukur dapat dituntun untuk menggunakan kendaraan dengan baik
|
|||
Fisik
Motorik
A. Motorik
Kasar
1.1
mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur dapat menggerakan tangan untuk mengarahkan kendaraan ke mesjid
2.
bersyukur dapat menggerakan kaki untuk menggoes sepeda ke mesjid
3.
bersyukur dapat duduk dengan baik di atas kendaraan untuk ke mesjid
|
|||
1.2
menghargai diri sendiri orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur
kepada Tuhan
|
1.
Bersyukur bisa menggoes sepeda menggunakan kaki
2.
bersyukur dapat mengerem sepeda menggunakan tangan
3.
bersyukur dapat melihat jalan saat mengendarai sepeda
4.
bersyukur dapat duduk di sepeda saat mengendarai sepeda
5.
bersyukur dapat turun saat kendaraan sudah berhenti
|
|||
3.3
mengenal macam kendaraan, fungsi dan gerkannya untuk pengembangan motorik
kasar dan motorik halus
|
1.
mau menunjukan bagian-bagian sepeda (roda, stang, pedal, rem, tempat duduk,
rantai)
2.
mau menggunakan tangan untuk mengarahkan sepeda
3.
mau menggunakan kaki untuk menjalankan sepeda
4.
mau duduk saat menaiki sepeda
5.
mau menggunakan tangan untuk mengerem sepeda
|
|||
4.3
menggunakan kenadaraan untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
1.
mau menunjukan bagian-bagian sepeda (roda, stang, pedal, rem, tempat duduk,
rantai)
2.
mau menggunakan tangan untuk mengarahkan sepeda
3.
mau menggunakan kaki untuk menjalankan sepeda
4.
mau duduk saat menaiki sepeda
5.
mau menggunakan tangan untuk mengerem sepeda
|
|||
B. Motorik
Halus
1.1
mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
Bersyukur dapat memiliki tangan untuk mengerem sepeda
|
|||
3.3
mengenal macam-macam kendaraan, fungsi dan gerakannya untuk mengembangkan motorik halus dan kasr
|
1.
mau mengerem menggunakan tangan pada saat yang tepat
2.
mau menggerakan pedal menggunakan kaki dengan baik
3.
mau melihat jalan dengan baik tidak tengok-tengok kearah yang salah
4.
mau mengarahkan sepeda menggunakan tangan dengan baik
|
|||
4.3
menggunakan kendaraan untuk mengembangkan motorik halus dan kasar
|
1.
mau mengerem menggunakan tangan pada saat yang tepat
2.
mau menggerakan pedal menggunakan kaki dengan baik
3.
mau melihat jalan dengan baik tidak tengok-tengok kearah yang salah
4.
mau mengarahkan sepeda menggunakan tangan dengan baik
|
|||
C. Kesehatan
dan Keselamatan
1.1
mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur karna telah memiliki kendaraan sendiri
2.
bersyukur dapat merawat kendaraan dengan baik
|
|||
1.2
menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa
bersyukur kepada Tuhan
|
1.
bersyukur dapat merawat kendaraan dengan mencucinya bila kotor
2.
bersyukur menjaga kendaraan dengan menempatkannya ditempat yang tidak panas
tidak terkena hujan
|
|||
Bahasa
A. Memahami
Bahasa
1.1
menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
1.
bersyukur dapat menyebutkan nama-nama kendaraan (motor, mobil, sepeda, becak,
pesawat, kapal, helicopter, bus, kereta api, kapal selam, perahu, delman,
truk
2.
bersyukur dapat menyebutkan kegunaan kendaraan masing-masing
3.
bersyukur dapat mengetahui dimana tempat masing-masing kendaraan
Bersyukur
dapat mengucapkan nama tempat kendaraan
|
|||
2.6
memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari untuk
melatih kedisiplinan
|
1. bersyukur dapat mengucapkan salam ketika
masuk dan keluar ruangan secara tertib dengan lancer
2.
bersyukur dapat mengucapkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan fasih dan
lancer
|
|||
3.2
mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
|
1.
mau menggunakan mainan berbentuk kendaraan dengan baik
2.
mau merawat mainan berbentuk kendaraan dengan baik
3.
mau mengajak teman untuk bermain bersam-sama
4.
mau bekerja sama dengan teman dalam memainkan mainan
|
|||
1.2 menunjukan
perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
1. dapat
bermain bersama teman dengan baik (dapat bekerja sama, tidak berselisih)
|
|||
B. Mengungkapkan
Bahasa
1.1
mempercayai adanya tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur dapat menikmati kendaraan yang dimiliki dengan baik, dengan senang
|
|||
2.7
memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar untuk melatih kedisiplinan
|
1.
bersyukur dapat menunggu giliran dengan sabar (bergantian menggunakan mainan
berbentuk kendaraan)
2.
bersyukur teman dapat menggunakan mainan dengan baik
3.
bersyukur dapat kembali meletakkan kembali alat permainan ke tempat secara
bergantian dengan baik
|
|||
3.10
memahami bahasa ekspresif
|
1.
bercakap-cakap dengan teman saat melakukan kegiatan bermain kereta api
2.
mau menjawab pertanyaan sederhana yang diberikan oleh guru
3.
mau melaksanakan perintah yang diberikan oleh guru
|
|||
4.10
menunjukan kemampuan berbahasa reseptif
|
1.
dapat melaksanakan perintah sederhana
2.
menjawab pertanyaan guru dengan sederhana
3.
melaksanakan perintah yang diberikan guru
|
|||
Seni
A. Menikmati
Alunan Lagu dan suara
1.1
mempercayai Tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur dapat menikmati alunan lagu dan suara-suara kendaraan yang ada
disekitar dengan baik
2.
bersyukur dapat mengetahui suara-suara kendaraan
3.
bersyukur dapat membunyikan suara kendaraan dengan baik
|
|||
1.2
menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
1.
Bersikap baik ketika mendengarkan alunan lagu dan suara mengenai kendaraan
2.
menghargai dan tidak mengganggu teman pada saat menggunakan kendaraan
3.
bersikap tenang saat mendengarkan teman membunyikan suara kendaran (bell
sepeda )
|
|||
B. Tertarik
Dengan Kegiatan Seni
1.1
mempercayai adanya tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur dapat membunyikan suara bell sepeda dengan baik
2.
bersyukur danpat menggunakan tangan untuk menggerakan mainan kereta api
|
|||
1.2
menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
1.
terbiasa berperilaku baik dalam meniru kegiatan seni
2.
terbiasa dating tepat waktu saat ada
latihan kegiatan seni
|
|||
2.4
memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
1.
Menunjukan rasa ketertarikan terhadap karya seni orang lain
2.
menunjukan rasa antusias terhadap karya seni yang telah dibuatnya
3.
menjelaskan hasil karyanya kepada guru dan teman
|
|||
3.15
mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
|
1.
mau menyebutkan berbagai karya seni
2.
mau menjelaskan berbagai karya seni
3.
mau menunjukan rasa antusias terhadap karya seni
|
|||
4.15
menunjukan karya aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
1.
dapat mengungkapkan hasil karya yang sudah dibuat
2.
dapat menunjukan hasil karya yang telah dibuat
3.
dapat melakukan aktivitas yang menghasilkan karya seni yang dibuat dari
berbagai media
|
|||
Sosem
A. Kesadaran
Diri
1.1
mempercayai Tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur bisa memiliki permainan berbentuk kendaraan dirumah sendiri
2.
bersyukur memiliki rsa menyanyangi terhadap yang lebih muda, lebih tua dan
teman sebaya
3.
bersyukur memiliki rasa sedih
|
|||
2.5
memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
|
1.
berani tampil didepan kelas untuk mengungkapkan kendaraan yang dsukai
2.
berani menjelaskan dimana tempat masing-masing kendaraan
3.
berani menyapa guru dan teman saat bertemu di luar sekolah
|
|||
2.8
memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
1.
berani di sekolah tanpa di tunggu orang tua
2.
dapat memilih kegiatan sendiri saat bermain
3.
mau makan sendiri tanpa bantuan orang lain
4.
terbiasa menggunakan toilet pada saat akan BAB dan BAK
5.
berani mengerjakan tugas sendiri
6.
mau mengurus dirinya sendiri tanpa bantu orang lain
7.
berani pergi dan pulang sendiri tanpa di temani oleh orang tua
8.
mau memasang dan membuka tali sepatu sendiri
|
|||
B. Rasa
Tanggung Jawab untuk diri sendiri dan orang lain
1.1
mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur memiliki mainan berbentuk kendaraan di rumah
2.
bersyukur memiliki mainan kendaraan yang disukai
3.
bersyukur dapat merawat mainan sendiri dirumah
|
|||
2.6
memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari
untuk melatih kedisiplinan
|
1.
bertanggung jawab untuk merapihkan kembali alat permainan yang telah
digunakan pada saat istirahat bersama teman-teman
2.
bermain secara bergantian dengan teman
3.
tidak curang sat bermain mobil-mobilan
|
|||
3.1
mengenal emosi diri dan orang lain
|
1.
peka saat orang lain marah
2.
peka saat orang lain sedih
3.
peka saat orang lain gembira/senang
|
|||
4.1
menunjukan reaksi emosi diri secara wajar
|
1.
menunjukan rasa empati kepada orang lain
2.
ikut senang saat melihat orang lain senang
3.
ikut sedih saat orang lain sedih
|
|||
Kognitif
A. Belajar
dan pemecahan masalah
1.1
mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur bisa menghitung macam-macam kendaraan yang di ciptakan Tuhan
2.
bersyukur dapat menghitung masing-masing kendaraan( dilaut, darat dan udara)
3.
bersyukur dapat mengelompokan masing-masing kendaraan sesuai dengan tempatnya
4.
bersyukur dapat mengingat ciptaan Tuhan yang ada di lingkungan
5.
bersyukur bisa mengelompokan ciptaan Tuhan berdasarkan jenisnya dan fungsinya
|
|||
1.2
menghargai, diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
1.
bersyukur dapat membiasakan diri untuk menolong (memboceng menggunakan sepeda
)
2.
bersyukur dapat menggunakan kendaraan/mengendarai dengan baik ( mengendarai
sepeda)
|
|||
3.3
mengenal macam-macam kendaraan fungsi dan tempatnya untuk pengembangan
motorik kasar dan halus
|
1.
mau menjawab alas an suatu hal (seperti : dimana tempat pesawat )
2.
membedakan fungsi-fungsi kendaraan
3.
menunjukan bagian-bagian kendaraan(seperti : roda, setir, badan mobil )
|
|||
3.6
mengenal warna, bentuk ukuran sifat, suara dan fungsinya
|
1.
mau menyebutkan benda-benda yang termasuk kendaraan yang ada disekitar
2.
menjelaskan kendaraan yang ada disekitarnya (jenisnya, fungsinya warna,
bentuk )
3.
membedakan kendaraan yang berada disekitarnya (bentu, sifat, warna, ukuran,
fungsi )
4.
mengelompokan kendaraan yang berada di sekitarnya (mobil, motor, truk, bis,
kapal, pesawat )
|
|||
4.3
menggunakan kendaraan untuk mengembangkan motorik halus dan kasar
|
1.
dapat menggerakan kendaraan seperti mendorong mobil-mobilan, menarik sepeda,
membalikan mobil-mobilan, mencuci sepeda, mengelap sepeda, menggoes sepeda,
mengerem sepeda
2.
dapat menunjukan gerakan yang dihasilkan tangan , kaki untuk menggerakan
kendaraan
3.
dapat memanfaatkan kendaraan untuk memudahkan melakukan kegiatan sehari-hari/
bermain
|
|||
4.6
menyampaikan tentang apa dan bagaiamana kendaraan-kendaraan sekitar yang
dikenalnya
|
1.
dapat menyebutkan macam-macam kendaraan di sekitarnya berdasarkan (tempat,
fungsi, warna, ukuran )
2.
dapat mengajukan pertanyaan tentang benda di sekitarnya ( nama, fungsi, )
3.
dapat mengurutkan benda yang ada disekitarnya mealui karya yang telah
dibuatnya
4.
dapat menghubungkan benda-benda yang ada di sekitarynya untuk membuat
karyanya
|
|||
B. Berfikir
logis
1.1
mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur dapat memiliki salah satu jenis kendaraan
2.
bersyukur dapat menghitung berbagai macam kendaraan yang ada disekitar
|
|||
3.3
mengenal macam-macam kendaraan fungsi dan tempatnya untuk mengembakan motorik
halus dan kasar
|
1.menyebutkan
nama bagian-bagian kendaraan secara jelas dan berurutan bagian paling depan
ke paing belakang
2.
menjelaskan fungsi-fungsi masing-masing bagian kendaraan dengan benar (
fungsi roda, fungsi setir, fungsi rem)
3.
menyebutkan bagian-bagian kendaraan sehingga bisa menunjukan dengan benar (
jari-jari sepeda, pedal)
|
|||
4.3
menggunakan kendaraan untuk mengembangkan motorik halus dan kasar
|
1.
mencoba menggerakkan salah satu bagian kendaraan agar tahu apakah fungsinya
benar sesuai pemikirannya
2.
mengkoordinasikan bagian-bagian kendaraan secara tepat dari bagian kendaraan
paling depan sampai yang paling belakang
3.
dapat menjelaskan fungsi masing-masing kendaraan dengan benar ( setir untuk
mengatur arah, roda untuk berjalannya sepeda)
|
PROGRAM
SEMESTER 1
TAHUN
PELAJARAN 2016-2017
Tema
|
Sub Tema
|
Kompetensi Dasar (Kd)
|
Indikator
|
Waktu
|
Air
|
Macam-macam
air
|
Moral
Agama
1.1
Mempercayai Tuhan melalui ciptaanya
|
1.
Bersyukur atas ciptaan Tuhan (telah menciptakan berbagai macam air )
2.
bersyukur memiliki salah satu jenis
3.
bersyukur memiliki kesukaan untuk menyentuh air
|
Minggu
Ke- 1
Minggu
Ke- 2
|
1.2
Menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
1.
bersyukur dapat menggunakan air dengan baik
2.
bersyukur dapat mengfungsikan kegunaan berbagai jenis air
3.
bersyukur dapat melihat berbagai jenis air
4.
bersyukur dapat memegang berbagai jenis air dengan baik
5.
bersyukur dapat mengetahui nama-nama jenis air
6.
bersyukur dapat mengetahui fungsi-fungsi bebrbagai jenis air
7.
bersyukur dapat mengucapkan nama-nama berbagai jenis air
8.
bersyukur dapat mengetahui banyak sedikitnya air
|
|||
3.1
mengenal kegiatan sehari-hari
|
1.
bersyukur dapat menggunakan air untuk mandi
2.
bersyukur dapat menggunakan air untuk mencuci kaki setelah bermain
3.
bersyukur dapat menggunakan air untuk mencuci tangan sebelum makan
4.
bersyukur dapat member air minum untuk teman
5.
bersyukur teman dapat menggunakan air yang kita miliki
|
|||
4.1
melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
1.
bersyukur dapat menggunakan air sesuai tuntunan
2.
bersyukur dapat memfungsikan air sesuai aturan
3.
bersyukur dapat dituntun untuk menggunakan air dengan baik
|
|||
Fisik
Motorik
D. Motorik
Kasar
1.1
mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur dapat menggerakan tangan untuk menyentuh air
2.
bersyukur dapat menggerakan kaki untuk menginjak air
3.
bersyukur dapat menggunakan air untuk kehidupan sehari-hari
|
|||
1.2
menghargai diri sendiri orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur
kepada Tuhan
|
1.
Bersyukur bisa menggunakan air untuk minum
2.
bersyukur dapat menggunakan air untuk menyiram tanaman
3.
bersyukur dapat melihat air di lingkungan sekitar
4.
bersyukur dapat menyentuh air
5.
bersyukur dapat mengetahui berbagai jenis air
|
|||
3.3
mengenal macam air, fungsi dan gerkannya untuk pengembangan motorik kasar dan
motorik halus
|
1.
mau menunjukan berbagai macam jenis air(air laut, air sungai, air hujan, air
sumur)
2.
mau menggunakan tangan untuk mengambil air
3.
mau menggunakan kaki untuk menginjak air
4.
mau menggunakan air untuk menolong teman
5.
mau menggunakan tangan untuk merasakan jenis air
|
|||
4.3
menggunakan berbagai macam air untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
1.
mau menunjukan tempat dimana masing-masing air berada
2.
mau menggunakan tangan untuk menuangkan air
3.
mau menggunakan kaki untuk berjalan mencuci kaki menggunakan air
4.
mau berdiri saat sedang mencuci tangan
5.
mau menggosok-gosok sela-sela jari pada sat mencuci tangan
|
|||
E. Motorik
Halus
1.1
mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
Bersyukur dapat memiliki jari-jari tangan untuk mengusap-usap kaki pada saat mencuci
kaki
|
|||
3.3
mengenal macam-macam air, fungsi dan gerakannya untuk mengembangkan motorik halus dan kasr
|
1.
mau melihat berbagai macam jenis air yang ada disekitar
2.
mau menyentuh berbagai macam jenis air yang ada dilingkungan
3.
mau merasakan berbagai macam jenis air
4.
mau menggunakan air untuk sesuatu yang bermanfaat
|
|||
4.3
menggunakan air untuk mengembangkan motorik halus dan kasar
|
1.
mau menyentuh air menggunakan tangan sendiri
2.
mau melihat air menggunakan mata sendiri
3.
mau menngunakan air untuk mencuci kaki
4.
mau menggunakan air untuk membuat minuman
|
|||
F. Kesehatan
dan Keselamatan
1.1
mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur karna telah memiliki salah satu jenis air sendiri
2.
bersyukur dapat merawat salah satu jenis air dengan baik
|
|||
1.2
menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa
bersyukur kepada Tuhan
|
1.
bersyukur dapat merawat salah satu jenis air dengan tidak membuang sampah
sembarangan agar air tidak tercemar
2.
bersyukur menjaga air agar tetap bersih
|
|||
Bahasa
C. Memahami
Bahasa
1.1
menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
1.
bersyukur dapat menyebutkan nama-nama berbagai macam jenis air ( air laut.
Air sungai, air hujan, air, sumur)
2.
bersyukur dapat menyebutkan kegunaan berbagai macam jenis air masing-masing
3.
bersyukur dapat mengetahui dimana tempat masing-masing air berada
4.
Bersyukur dapat mengucapkan nama tempat air
|
|||
2.6
memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari untuk
melatih kedisiplinan
|
1. bersyukur dapat mengucapkan salam ketika
masuk dan keluar ruangan secara tertib dengan lancar
2.
bersyukur dapat mengucapkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan fasih dan
lancar
|
|||
3.2
mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
|
1.
mau menggunakan mainan yang berasal dari air dengan baik
2.
mau merawat mainan yang berasal dari air dengan baik
3.
mau mengajak teman untuk bermain bersam-sama
4.
mau bekerja sama dengan teman dalam memainkan mainan
|
|||
1.3 menunjukan
perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
2. dapat
bermain bersama teman dengan baik (dapat bekerja sama, tidak berselisih)
|
|||
D. Mengungkapkan
Bahasa
1.1
mempercayai adanya tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur dapat menikmati air yang dimiliki dengan baik, dengan senang
|
|||
2.7
memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar untuk melatih kedisiplinan
|
1.
bersyukur dapat menunggu giliran dengan sabar (bergantian menggunakan air
untuk mencuci tangan sebelum makan )
2.
bersyukur teman dapat menggunakan air dengan baik
3.
bersyukur dapat kembali meletakkan kembali alat permainan ke tempat secara
bergantian dengan baik
|
|||
3.10
memahami bahasa ekspresif
|
1.
bercakap-cakap dengan teman saat melakukan kegiatan bermain
2.
mau menjawab pertanyaan sederhana yang diberikan oleh guru
3.
mau melaksanakan perintah yang diberikan oleh guru
|
|||
4.10
menunjukan kemampuan berbahasa reseptif
|
1.
dapat melaksanakan perintah sederhana
2.
menjawab pertanyaan guru dengan sederhana
3.
melaksanakan perintah yang diberikan guru
|
|||
Seni
C. Menikmati
Alunan Lagu dan suara
1.1
mempercayai Tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur dapat menikmati alunan lagu dan suara-suara air yang ada disekitar
dengan baik
2.
bersyukur dapat mengetahui suara-suara jenis air
3.
bersyukur dapat melihat warna jenis-jenis air
|
|||
1.2
menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
1.
Bersikap baik ketika mendengarkan alunan lagu dan suara mengenai jenis-jenis
air
2.
menghargai dan tidak mengganggu teman pada saat menggunakan air
3.
bersikap tenang saat guru sedang menjelaskan mengenai air
|
|||
D. Tertarik
Dengan Kegiatan Seni
1.1
mempercayai adanya tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur dapat merasakan berbagai jenis air
2.
bersyukur danpat menggunakan tangan untuk menuangkan air ke tempat yang
berbeda
|
|||
1.2
menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
1.
terbiasa berperilaku baik dalam meniru kegiatan seni
2.
terbiasa dating tepat waktu saat ada
latihan kegiatan seni
|
|||
2.4
memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
1.
Menunjukan rasa ketertarikan terhadap karya seni orang lain
2.
menunjukan rasa antusias terhadap karya seni yang telah dibuatnya
3.
menjelaskan hasil karyanya kepada guru dan teman
|
|||
3.15
mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
|
1.
mau menyebutkan berbagai karya seni
2.
mau menjelaskan berbagai karya seni
3.
mau menunjukan rasa antusias terhadap karya seni
|
|||
4.15
menunjukan karya aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
1.
dapat mengungkapkan hasil karya yang sudah dibuat
2.
dapat menunjukan hasil karya yang telah dibuat
3.
dapat melakukan aktivitas yang menghasilkan karya seni yang dibuat dari
berbagai media
|
|||
Sosem
C. Kesadaran
Diri
1.1
mempercayai Tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur bisa memiliki salah satu jenis air dirumah sendiri
2.
bersyukur memiliki rasa menyanyangi terhadap yang lebih muda, lebih tua dan
teman sebaya
3.
bersyukur memiliki rasa sedih
|
|||
2.5
memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
|
1.
berani tampil didepan kelas untuk mengungkapkan jenis air yang dsukai
2.
berani menjelaskan dimana tempat masing-masing air berada
3.
berani menyapa guru dan teman saat bertemu di luar sekolah
|
|||
2.8
memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
1.
berani di sekolah tanpa di tunggu orang tua
2.
dapat memilih kegiatan sendiri saat bermain
3.
mau makan sendiri tanpa bantuan orang lain
4.
terbiasa menggunakan toilet pada saat akan BAB dan BAK
5.
berani mengerjakan tugas sendiri
6.
mau mengurus dirinya sendiri tanpa bantu orang lain
7.
berani pergi dan pulang sendiri tanpa di temani oleh orang tua
8.
mau memasang dan membuka tali sepatu sendiri
|
|||
D. Rasa
Tanggung Jawab untuk diri sendiri dan orang lain
1.1
mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur memiliki air yang bisa digunakan untuk memasak
2.
bersyukur memiliki air yang dapat digunakan untuk mandi
3.
bersyukur dapat merawat air yang dimiliki sendiri dirumah
|
|||
2.6
memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari
untuk melatih kedisiplinan
|
1.
bertanggung jawab untuk merapihkan kembali alat permainan yang telah
digunakan pada saat istirahat bersama teman-teman
2.
bermain secara bergantian dengan teman
3.
tidak curang saat bergiliran untuk mencuci tangan
|
|||
3.1
mengenal emosi diri dan orang lain
|
1.
peka saat orang lain marah
2.
peka saat orang lain sedih
3.
peka saat orang lain gembira/senang
|
|||
4.1
menunjukan reaksi emosi diri secara wajar
|
1.
menunjukan rasa empati kepada orang lain
2.
ikut senang saat melihat orang lain senang
3.
ikut sedih saat orang lain sedih
|
|||
Kognitif
C. Belajar
dan pemecahan masalah
1.1
mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur bisa menghitung macam-macam air yang di ciptakan Tuhan
2.
bersyukur dapat menghitung masing-masing kegunaan ( air sumur, air sungai, air hujan)
3.
bersyukur dapat mengelompokan masing-masing jenis air sesuai dengan tempatnya
4.
bersyukur dapat mengingat ciptaan Tuhan yang ada di lingkungan
5.
bersyukur bisa mengelompokan ciptaan Tuhan berdasarkan jenisnya dan fungsinya
|
|||
1.2
menghargai, diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
1.
bersyukur dapat membiasakan diri untuk menolong (memberikan teman minum yang
lupa membawa air minum pada saat selesai makan )
2.
bersyukur dapat menggunakan air untuk membuat minuman dengan baik
|
|||
3.3
mengenal macam-macam jenis air fungsi dan tempatnya untuk pengembangan
motorik kasar dan halus
|
1.
mau menjawab alasan suatu hal (seperti : dimana air minum berasal )
2.
membedakan fungsi-fungsi macam-macam air
3.
menunjukan kegunanaan masing-masing jenis air
|
|||
3.6
mengenal warna, bentuk ukuran sifat, suara dan fungsinya
|
1.
mau menyebutkan benda-benda yang termasuk ke dalam kelompok air yang ada
disekitar
2.
menjelaskan air yang ada disekitarnya (air susu, air es, air sirup )
3.
membedakan air yang berada disekitarnya (brasa, warna,bau, fungsi )
4.
mengelompokan jenis air yang berada disekitar mereka
|
|||
4.3
menggunakan berbagai macam jenis air untuk mengembangkan motorik halus dan
kasar
|
1.
dapat menggerakan tangan seperti, menuangkan air kedalam gelas, mengaduk air
susu,
2.
dapat menunjukan gerakan yang dihasilkan tangan , kaki untuk menggerakan air
3.
dapat memanfaatkan air untuk memudahkan melakukan kegiatan sehari-hari/
bermain
|
|||
4.6
menyampaikan tentang apa dan bagaiamana macam-macam air sekitar yang
dikenalnya
|
1.
dapat menyebutkan macam-macam jenis air di sekitarnya berdasarkan (tempat, fungsi,
warna, rasa, bau )
2.
dapat mengajukan pertanyaan tentang benda di sekitarnya ( nama, fungsi, )
3.
dapat mengurutkan benda yang ada disekitarnya mealui karya yang telah
dibuatnya
4.
dapat menghubungkan benda-benda yang ada di sekitarynya untuk membuat
karyanya
|
|||
D. Berfikir
logis
1.1
mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
bersyukur dapat memiliki salah satu jenis air yang ada disekitar
2.
bersyukur dapat menghitung berbagai macam jenis air yang ada disekitar
|
|||
3.3
mengenal macam-macam jenis air fungsi dan tempatnya untuk mengembakan motorik
halus dan kasar
|
1.menyebutkan
warna-warna air secara jelas dan berurutan bagian, rasa-rasa air, aroma-aroma
air
2.
menjelaskan fungsi-fungsi masing-masing jenis air dengan benar ( aie laut untuk apa, air
hujan untuk apa, air sungai untuk apa)
3.
menyebutkan tempat berada masing-masing air sehingga bisa menunjukan dengan benar
|
|||
4.3
menggunakan macam-macam jenis air untuk mengembangkan motorik halus dan kasar
|
1.
mencoba menggunakan salah satu jenis air agar tahu apakah fungsinya benar sesuai
pemikirannya
2.
mengkoordinasikan berbagai macam jenis air secara tepat
3.
dapat menjelaskan fungsi masing-masing air dengan benar ( air laut untuk
membuat garam, air sungai untuk mengairi persawahan, air hujan untuk mnyirami
tumbuh-tumbahan, air sumur digunakan untuk minum)
|
Komentar
Posting Komentar