PROMES PAUD tema binatang, alam semesta dan profesi



PROGRAM SEMESTER 1 (satu)
TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Tema
Sub tema
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
Waktu
1.     Api









§  Asal sumber api (korek, matahari, batu)
§  Warna api
§  Sifat api
§  Guna api
§  Bahaya api



Moral agama
1.     Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya

1.    Bersyukur atas ciptaan Tuhan atas adanya sumber api
2.    Bersyukur bisa mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
3.    Bersyukur dapat menggunakan api dengan baik
4.    Bersyukur dapat merasakan panasnya api
Minggu ke 4 -
Minggu ke 6
2.    Mengenal dan melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang tua
1.     Mengajarkan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
2.     Takut ketika melakukan kesalahan
3.     Memberitahu tentang manfaat sumber api
4.     Bersyukur atas adanya sumber api
Bahasa
1.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya

1.     Bersyukur dapat menikmati dan melihat hasil cipta dengan mengucapkan subhanallah, indahnya, luarbiasa dll

2.    Mengetahui bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan nonverbal)
1.     Menggunakan bahasa yang benar saat bertanya tentang sumber api
2.     Mengajarkan kosakata
3.     Menceritakan kembali pelajaran yang diberikan
Seni Kreativitas
1.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya

1.    Bersyukur dapat menggunakan panca indra untuk melihat dan melakukan kegiatan seni (menggambar, bermain peran, bernyanyi dll)
2.     Menyajikan berbagai karya nya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air dan batu-batuan dan lain-lain
1.    Dapat menggambar bentuk api
2.    Dapat bercerita tentang sumber api
3.    Bernyanyi lagu anak anak
4.    Dapat mengetahui berbagai macam alam di sekitar
3.    Menunjukan karya dan  aktifitas seni dengan menggunakan berbagai media
1.    Dapat bercerita kepada anak tentang manfaat api dengan menggunakan berbagai media
Kognitif
1.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
1.    Bersyukur diberikan kemampuan untuk berfikir
2.    Memiliki prilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
1.    Memberitahu tentang bahaya sumber api
2.    Memberitahu tentang manfaat sumber api
3.     Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan ciri-ciri lainnya.
1.     Mengenalkan warna api
2.     Mengajarkan sifat pada sumber api
3.     Mengenalkan struktur pada api
4.     Mengenalkan ciriciri pada sumber api
4.    Mengenal kebutuhan, keinginan dan minat diri
1.    Memberitahu tentang kebutuhan sumber api
Sosial Emosional
1.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya

1.     Bersyukur memiliki rasa menyayangi kepada yang lebih tua, yang lebih tua dan teman sebaya
2.    Memiliki prilaku yang mencerinkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
1.    Mentaati perintah orangtua
2.    Melaksanakan tugas dirumah sehari-hari
3.    Melaksanakan tugas disekolah sebagai siswa
3.     Mengenal lingkugan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan dan lain-lain)
1.    Mengenalkan hubungan batu-batuan dengan api
2.    Mengenalkan hubungan cuaca dengan api
3.    Mengenalkan terjadinya sumber api














PROGRAM SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2016-2017

TEMA
SUB TEMA
KOMPETENSI DASAR(KD)
INDIKATOR
WAKTU
Alam semesta
  1. Macam-macam gejala alam
  2. Matahari,bulan,bintang dan bumi
  3. Kehidupan di desa,kota,pesisir,dan pegunungan
Moral agama
1.1mempercayai adanya tuhan melalui ciptaannya
  1. Bersyukur atas ciptaan Tuhan(atas penciptaan panca indera yang lengkap)
  2. Bersyukur memiliki anggota tubuh yang lengkap
  3. Bersyukur memiliki kesukaan untuk membaca,menulis,olahraga
Minggu ke-1 sampai minggu ke-3


1.2 menghargai diri sendiri,orang lain,dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
  1. bersyukur dapat mengfungsikan panca indranya dengan baik (kulit untuk meraba ,mata untuk melihat,dll)
  2. bersukur dapat menghirup udara segar menggunakan hidung



3.1     Mengenal likungan kepada anak anak

  1. Bersyukur terhadap ciptaan Allah sihingga
kita dapat meningkmati hidup ini
  1. Bersyukur dapat melakukan dan melidungi alam semasta




4.1 melakukan kegiatan mengenalkan kepada anak tentang udara
1. bersyukur dapat menghirup udara yang sangat segar
2. bersyukur atas nikmat yang allah berikan kepada umatnya



Fisik Motorik
  1. Motorik Kasar
1.1 mempercai adanya tuhan melalui ciptaannya
1. Bersyukur diberikan keshatan dalam lidungan allah dalam asemasta
2. Bersyukur apa yang allah berikan kepada semua kepada kita alam semasta



1.2 mengharagai lingkungansekitarnya sebagai rasa syukur kepada tuhan
1. bersyukur bisa menghirup udara
2. bersyukur dapat menendang bola
3. bersyukur dapat membukukan badan saat senam



3.3  mengenalkan alam semasta ,dan kegunaannya untuk mengembangan motorik kasar dan halus
1. mau melidungi udara dan lingkungan
2. mau menjga alam semasta dan merawatnya




4.3 menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
1. dapat mengenalkan ulingkungan
2. dapat menggunakan tangan untuk mehihara udara



  1. Motorik halus
1.1mencapainya adanya tuhan melalui ciptaanya
1. bersyukur memiliki tangan yang dapat digunakan untuk makan, nulis



3.3 menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
1. dapat mengenalkan kepada mengikuti alunan lagu
2. dapat berlari-lari kecil senam



c. kesehatan dan kesehatan
1.1 mempercai adanya tuhan melalui ciptaanya
1.      bersyukur telah memiliki tubuh yang sehat
2.      bersyukur




1.2          menghargai diri sendiri orang lain dan lingkungan sekitarnya sebagai rasa syukur kepada tuhan
Bahasa
  1. Memahami bahasa
  1. Bersyukur menjaga kesehatan dan makan teratur,istarahat yang cukup
  2. Bersyukur menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya



`1.1 menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitrnya sebagai rasa syukur kepada tuhan

1.bersyukur dapat menyebutkan alam dan sekitarnya
2. Bersyukur dapat menghirup udara di waktu pagi



  1. Tertarik dengan kegiatan seni
1.1 mempercayai adanya tuhan melalui ciptaanya
1. bersyukur dapat menggunakan panca indara (mata dan telinga) untuk melihat mencium udara yang disekitar kita
2. bersyukur dapat menghirup udara dengan hidung
2. bersyukur atas nikmat Allah yang diberikan kepada kita



1.2 mengharagai diri sendiri orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada tuhan
1. terbiasa berprilaku dengan baik dan menjaga alam semesta
2. menjga dan melindungi alam sekitar kita
3. terbiasa menjaga perliharaahan tuhan yang diberikan kepa tuhan kepada kita yaitu alam semasta






PROGRAM SEMESTER 1 (satu)
TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Tema
Sub tema
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
Waktu

2.     Profesi


§  Macam-macam pekerjaan  (Dokter, guru, petani, polisi dan pak pos)
§  Tugas pekerjaan
§  Tempat bekerja
§  Alat yang digunakan untuk bekerja
Moral agama
1.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
1.    Bersyukur atas ciptaan Tuhan (atas adanya berbagai macam profesi dan alat yang digunakan)
2.    Bersyukur dapat mengkoordinasikan alat ketika bermain peran
3.    Bersyukur bisa memperagakan bermain peran
4.    Bersyukur bisa membuat gambar pekerjaan dengan tangan
5.    Bersyukur dapat membedakan berbagai macam pekerjaan yang ada di sekitar
Minggu ke 1 -
Minggu ke 3
2.    Mengenal dan Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang tua
1.    Bersyukur mau berdoa sebelum dan sesudah makan
2.    Mengetahui ekspresi marah
3.    Mengetahui ekspresi sedih
4.    Mengetahui ekspresi ketakutan
5.    Mengetahui ekspresi senang
6.    Mengetahui ekspresi khawatir
7.    Mengetahui ekspresi ketika guru sedang marah
3.    Memiliki prilaku yang mencerinkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
1.    Mentaati perintah orangtua
2.    Melaksanakan tugas dirumah sehari-hari
3.    Melaksanakan tugas disekolah sebagai siswa
4.    Mengenal dan menunjukan prilaku baik dan santun sebagai cerminan akhlak mulia
1.    Mengajrkan sopan santun terhadap orang yang lebih dewasa
2.    Saling menghomati terhadap sesama
3.    Mengajarkan perilaku yang baik
Fisik Motorik
1.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya

2.    Bersyukur bisa menggerakkan anggota tubuh untuk melakukan pekerjaan
3.    Bersyukur dapat menggunakan anggota tubuh (mulut) untuk melafalkan tasbih, tahmid, tahlil dan takbir dengan baik dan benar
2.    Mengenal anggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk mengembangkan motorik kasar dan motorik halus
1.    Menyebutkan bagian anggota tubuh yang digunakan untuk melakukan pekerjaan
2.    Bersyukur dapat menggunakan tangan untuk melakukan pekerjaan
3.    Menunjukan bagian anggota tubuh yang digunakan untuk bekerja
4.    Menggungkapkan bagian tubuh yang di gunakan untuk menyuntik, mencangkul, menembak dll
Bahasa
1.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya

1.    Bersyukur dapat menikmati dan melihat hasil cipta dengan mengucapkan subhanallah, indahnya, luarbiasa dll
2.    Menunjukan kemampuan bahasa bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
1.     Dapat menggunakan bahasa yang baik saat bermain peran (profesi)
2.     Mendengarkan teman saat sedang berbicara didepan
3.     Membaca buku cerita tentang berbagai profesi (pekerjaan
Seni Kreativitas
1.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya

1.    Bersyukur dapat menggunakan panca indra untuk melihat dan melakukan kegiatan seni (menggambar, bermain peran, bernyanyi dll)
2.    Menyajikan karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh dll

1.    Bercerita tentang adanya berbagai profesi
2.    Menggambar berbagai profesi yang ada di sekitar
3.    Bernyanyi  lagu anak anak
4.    Memperagakan berbagai macam profesi menggunakan alat permainan
Sosial Emosional
1.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya

2.     Bersyukur memiliki rasa menyayangi kepada yang lebih tua, yang lebih tua dan teman sebaya
2.    Mengenal dan menggunakan teknologi sederhana (peralatan yang digunakan sesuai dengan profesi:stetoskop, cangkul, buku, surat dan pistol)
1.    Mengenalkan berbagai alat yang digunakan saat bekrja
2.    Mengajarkan cara kerja alat bantu saat bermain profesi
3.    Mengenalkan manfaat dari alat yang digunakan sesuai dengan profesi
4.    Memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan peralatan profesi
3.    Memiliki prilaku yang mencerminkan sikap percaya diri, menghargai dan toleransi terhadap orang lain, dapat menyesuaikan diri, tanggung jawab berprilaku kreatif
1.    Mengajarkan rasa percaya diri saat melakukan kegiatan
2.    Menyesuaikan diri saat bermain peran (profesi)
3.    Betanggung jawab atas peran yang di mainkan saat bermain peran
4.    Menumbuhkan jiwa kreatif pada saat bermainperan
4.    Memiliki prilaku yang mencerinkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara)
1.    Mengajarkan budaya anteri saat menunggu giliran
2.    Mendengarkan cerita orang lain dengan seksama
5.    Memiliki prilaku yang mencerinkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
1.    Mentaati perintah orangtua
2.    Melaksanakan tugas dirumah sehari-hari
3.    Melaksanakan tugas disekolah sebagai siswa








PROGRAM SEMESTER 1 (satu)
TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Tema
Sub tema
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
Waktu
1.      Alam Semesta









§   Benda-Benda langit
§   Gejala Alam
§   Musim

Moral agama
3.     Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya

5.    Bersyukur atas ciptaan Tuhan tentang adanya benda-benda langit, gejala alam, dan musim
6.    Bersyukur bisa mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
7.    Bersyukur bisa membaca niat gerhana bulan
8.    Bersyukur dapat mengetahui benda-benda langit dan gejala alam dan musim
9.    Bersyukur dapat merasakan panas, dingin, gelap, terang dll
Minggu ke 4 -
Minggu ke 6
4.    Mengenal dan melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang tua
5.     Mengajarkan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
6.     Takut ketika melakukan kesalahan
7.     Memberitahu tentang manfaat dari benda-benda langit
8.     Memberitahu tentang adanya gejala alam
9.     Memberitahu tentang musim
Bahasa
2.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya

3.     Bersyukur dapat menikmati dan melihat hasil cipta dengan mengucapkan subhanallah, indahnya, luarbiasa dll

4.    Mengetahui bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan nonverbal)
4.     Menggunakan bahasa yang benar saat bertanya tentang benda-benda langit, gejala alam dan musim
5.     Mengajarkan kosakata
6.     Menceritakan kembali pelajaran yang diberikan
Seni Kreativitas
4.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya

2.    Bersyukur dapat menggunakan panca indra untuk melihat benda-benda langit dan melakukan kegiatan eksperimen tentang gejala alam
5.     Menyajikan berbagai karya nya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh dll tentang benda-benda langit, gejala alam, dan musim.
5.    Dapat menggambar bentuk benda-benda alam, gejala alam, dan menceritakan musim
6.    Dapat bercerita tentang benda-benda langit, gejala alam, dan musim
7.    Bernyanyi lagu anak anak
8.    Melakukan kegiatan eksperimen
9.    Dapat mengetahui berbagai macam alam di sekitar
6.    Menunjukan karya dan  aktifitas seni dengan menggunakan berbagai media
2.    Dapat bercerita kepada anak tentang manfaat alam dengan menggunakan berbagai media
Kognitif
5.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
4.    Bersyukur diberikan kemampuan untuk berfikir
6.    Memiliki prilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
3.    Memberitahu tentang bahaya kerusakan alam
4.    Memberitahu tentang manfaat dari benda-benda langit dan musim
7.     Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan ciri-ciri lainnya.
5.     Mengenalkan warna dari benda-benda langit (langit, pelangi, awan, matahari dll)
6.     Mengajarkan sifat pada benda-benda langit, gejala alam dan musim
7.     Mengenalkan struktur benda-benda langit, gejala alam dan musim
8.     Mengenalkan ciri-ciri pada gejala alam
8.    Mengenal kebutuhan, keinginan dan minat diri
2.    Memberitahu tentang kebutuhan musim
Sosial Emosional
4.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya

3.     Bersyukur memiliki rasa menyayangi kepada yang lebih tua, yang lebih tua dan teman sebaya
5.    Memiliki prilaku yang mencerinkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
4.    Mentaati perintah orangtua
5.    Melaksanakan tugas dirumah sehari-hari
6.    Melaksanakan tugas disekolah sebagai siswa
6.     Mengenal lingkugan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan dan lain-lain)
4.    Mengenalkan hubungan tanaman dan hewan, air dan api, cuaca, batu-batuan dll
5.    Mengenalkan hubungan cuaca dengan benda-benda langit
6.    Mengenalkan terjadinya gejala alam


PROGRAM SEMESTER 1 (satu)
TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Tema
Sub tema
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
Waktu

3.     Binatang


1.      Binatang Peliharaan
2.      Binatang Buas
3.      Binatang didarat
4.      Binatang di air
Moral agama
4.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
6.    Bersyukur atas ciptaan Tuhan (atas adanya berbagai macam binatang
7.    Bersyukur dapat mengkoordinasikan alat ketika bermain kucing-kucingan dan elang dan induk ayam
8.    Bersyukur bisa memperagakan bermain kucing-kucingan dan elang dan induk ayam
9.    Bersyukur bisa membuat gambar binatang
10.                                     Bersyukur dapat membedakan berbagai macam binatang yang ada disekitar dan mana binatang buas, binatang peliharaan, binatang di darat dan di air
Minggu ke 1 -
Minggu ke 3
5.    Mengenal dan Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang tua
8.    Bersyukur mau berdoa sebelum dan sesudah makan
9.    Mengetahui suara binatang (kucing, sapi, anjing)
10.                                     Mengetahui anggota tubuh binatang
11.                                     Mengetahui macam-macam makanan binatang
12.                                     Mengetahui tempat hidup binatang

6.    Memiliki prilaku yang mencerinkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
5.    Mentaati perintah orangtua
6.    Melaksanakan tugas dirumah sehari-hari
7.    Melaksanakan tugas disekolah sebagai siswa
8.    Mengenal dan menunjukan prilaku baik dan santun sebagai cerminan akhlak mulia
4.    Mengajrkan sopan santun terhadap orang yang lebih dewasa
5.    Saling menghomati terhadap sesama
6.    Mengajarkan perilaku yang baik
Fisik Motorik
3.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya

5.    Bersyukur bisa menggerakkan anggota tubuh untuk melakukan pekerjaan
6.    Bersyukur dapat menggunakan anggota tubuh (mulut) untuk melafalkan tasbih, tahmid, tahlil dan takbir dengan baik dan benar
4.    Mengenal anggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk mengembangkan motorik kasar dan motorik halus
5.    Menyebutkan bagian anggota tubuh yang digunakan untuk melakukan pekerjaan
6.    Bersyukur dapat menggunakan tangan untuk melakukan pekerjaan
7.    Menunjukan bagian anggota tubuh yang digunakan untuk bekerja
8.    Menggungkapkan bagian tubuh yang di gunakan untuk melakukan kegiatan bermain
Bahasa
3.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya

2.    Bersyukur dapat menikmati dan melihat hasil cipta dengan mengucapkan subhanallah, indahnya, luarbiasa dll
4.    Menunjukan kemampuan bahasa bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.     Dapat menggunakan bahasa yang baik saat menyebutkan nama-nama binatang
5.     Mendengarkan teman saat sedang bercerita tentang binatang
6.     Membaca buku cerita tentang berbagai binatang
Seni Kreativitas
3.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya

2.    Bersyukur dapat menggunakan panca indra untuk melihat dan melakukan kegiatan seni (menggambar, bermain, bernyanyi dan bercerita tentang binatang)
4.    Menyajikan karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh dll

5.    Bercerita tentang macam-macam binatang
6.    Menggambar berbagai binatang yang ada di sekitar
7.    Bernyanyi  lagu tentang binatang
8.    Memperagakan berbagai macam binatang menggunakan alat permainan
Sosial Emosional
6.    Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya

4.     Bersyukur memiliki rasa menyayangi kepada yang lebih tua, yang lebih tua dan teman sebaya
7.    Mengenal dan menggunakan miniatur binatang atau gambar binatang
5.    Mengenalkan berbagai alat yang digunakan saat bermain tentang binatang
6.    Mengenalkan manfaat dari alat yang digunakan untuk mengenalkan binatang
7.    Memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan bahan memperkenalkan binatang
8.    Memiliki prilaku yang mencerminkan sikap percaya diri, menghargai dan toleransi terhadap orang lain, dapat menyesuaikan diri, tanggung jawab berprilaku kreatif
5.    Mengajarkan rasa percaya diri saat melakukan kegiatan
6.    Menyesuaikan diri saat bermain kucing-kucingan dan elang dan induk ayam
7.    Betanggung jawab atas peran yang di mainkan saat bermain
8.    Menumbuhkan jiwa kreatif pada saat membuat binatang melalui barang bekas
9.    Memiliki prilaku yang mencerinkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara)
3.    Mengajarkan budaya anteri saat menunggu giliran
4.    Mendengarkan cerita orang lain dengan seksama
10.        Memiliki prilaku yang mencerinkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
4.    Mentaati perintah orangtua
5.    Melaksanakan tugas dirumah sehari-hari
6.    Melaksanakan tugas disekolah sebagai siswa


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI

RANCANGAN PROGRAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR DI LEMBAGA PAUD atau TK

MAKALAH PRINSIP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL AUD