PROMES PAUD tema binatang, alam semesta dan profesi
PROGRAM
SEMESTER 1 (satu)
TAHUN
PELAJARAN 2016-2017
Tema
|
Sub
tema
|
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
|
Waktu
|
1. Api
|
§ Asal
sumber api (korek, matahari, batu)
§ Warna
api
§ Sifat
api
§ Guna
api
§ Bahaya
api
|
Moral agama
1. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
1. Bersyukur
atas ciptaan Tuhan atas adanya sumber api
2. Bersyukur
bisa mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
3. Bersyukur
dapat menggunakan api dengan baik
4. Bersyukur
dapat merasakan panasnya api
|
Minggu
ke 4 -
Minggu
ke 6
|
2. Mengenal
dan melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang tua
|
1. Mengajarkan
doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
2. Takut
ketika melakukan kesalahan
3. Memberitahu
tentang manfaat sumber api
4. Bersyukur
atas adanya sumber api
|
|||
Bahasa
1. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
1. Bersyukur
dapat menikmati dan melihat hasil cipta dengan mengucapkan subhanallah,
indahnya, luarbiasa dll
|
|||
2. Mengetahui
bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan nonverbal)
|
1. Menggunakan
bahasa yang benar saat bertanya tentang sumber api
2. Mengajarkan
kosakata
3. Menceritakan
kembali pelajaran yang diberikan
|
|||
Seni Kreativitas
1. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
1. Bersyukur
dapat menggunakan panca indra untuk melihat dan melakukan kegiatan seni (menggambar,
bermain peran, bernyanyi dll)
|
|||
2. Menyajikan
berbagai karya nya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh dll
tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air dan batu-batuan
dan lain-lain
|
1. Dapat
menggambar bentuk api
2. Dapat
bercerita tentang sumber api
3. Bernyanyi
lagu anak anak
4. Dapat
mengetahui berbagai macam alam di sekitar
|
|||
3. Menunjukan
karya dan aktifitas seni dengan
menggunakan berbagai media
|
1. Dapat
bercerita kepada anak tentang manfaat api dengan menggunakan berbagai media
|
|||
Kognitif
1. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
1. Bersyukur
diberikan kemampuan untuk berfikir
|
|||
2. Memiliki
prilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
1. Memberitahu
tentang bahaya sumber api
2. Memberitahu
tentang manfaat sumber api
|
|||
3. Mengenal
benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi dan ciri-ciri lainnya.
|
1. Mengenalkan
warna api
2. Mengajarkan
sifat pada sumber api
3. Mengenalkan
struktur pada api
4. Mengenalkan
ciriciri pada sumber api
|
|||
4. Mengenal
kebutuhan, keinginan dan minat diri
|
1. Memberitahu
tentang kebutuhan sumber api
|
|||
Sosial Emosional
1. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
1. Bersyukur
memiliki rasa menyayangi kepada yang lebih tua, yang lebih tua dan teman
sebaya
|
|||
2. Memiliki
prilaku yang mencerinkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih
kedisiplinan
|
1. Mentaati
perintah orangtua
2. Melaksanakan
tugas dirumah sehari-hari
3. Melaksanakan
tugas disekolah sebagai siswa
|
|||
3. Mengenal
lingkugan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan dan lain-lain)
|
1. Mengenalkan
hubungan batu-batuan dengan api
2. Mengenalkan
hubungan cuaca dengan api
3. Mengenalkan
terjadinya sumber api
|
PROGRAM SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
TEMA
|
SUB TEMA
|
KOMPETENSI DASAR(KD)
|
INDIKATOR
|
WAKTU
|
Alam semesta
|
|
Moral agama
1.1mempercayai adanya tuhan melalui ciptaannya
|
|
Minggu ke-1 sampai minggu ke-3
|
|
|
1.2 menghargai diri sendiri,orang lain,dan
lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
|
|
|
|
3.1
Mengenal likungan kepada anak
anak
|
kita dapat meningkmati hidup
ini
|
|
|
|
4.1 melakukan kegiatan mengenalkan kepada anak
tentang udara
|
1. bersyukur dapat menghirup udara yang sangat segar
2. bersyukur atas nikmat yang allah berikan kepada
umatnya
|
|
|
|
Fisik Motorik
1.1 mempercai adanya tuhan
melalui ciptaannya
|
1. Bersyukur diberikan keshatan dalam lidungan allah
dalam asemasta
2. Bersyukur apa yang allah berikan kepada semua
kepada kita alam semasta
|
|
|
|
1.2 mengharagai lingkungansekitarnya sebagai rasa
syukur kepada tuhan
|
1. bersyukur bisa menghirup udara
2. bersyukur dapat menendang bola
3. bersyukur dapat membukukan badan saat senam
|
|
|
|
3.3
mengenalkan alam semasta ,dan kegunaannya untuk mengembangan motorik
kasar dan halus
|
1. mau melidungi udara dan lingkungan
2. mau menjga alam semasta dan merawatnya
|
|
|
|
4.3 menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan
motorik kasar dan halus
|
1. dapat mengenalkan ulingkungan
2. dapat menggunakan tangan untuk mehihara udara
|
|
|
|
1.1mencapainya adanya tuhan
melalui ciptaanya
|
1. bersyukur memiliki tangan yang dapat digunakan
untuk makan, nulis
|
|
|
|
3.3 menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan
motorik kasar dan halus
|
1. dapat mengenalkan kepada mengikuti alunan lagu
2. dapat berlari-lari kecil senam
|
|
|
|
c. kesehatan dan kesehatan
1.1 mempercai adanya tuhan melalui ciptaanya
|
1.
bersyukur telah memiliki tubuh
yang sehat
2.
bersyukur
|
|
|
|
1.2
menghargai diri sendiri orang
lain dan lingkungan sekitarnya sebagai rasa syukur kepada tuhan
Bahasa
|
|
|
|
|
`1.1 menghargai diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitrnya sebagai rasa syukur kepada tuhan
|
1.bersyukur dapat menyebutkan alam dan sekitarnya
2. Bersyukur dapat menghirup udara di waktu pagi
|
|
|
|
1.1 mempercayai adanya tuhan
melalui ciptaanya
|
1. bersyukur dapat menggunakan panca indara (mata
dan telinga) untuk melihat mencium udara yang disekitar kita
2. bersyukur dapat menghirup udara dengan hidung
2. bersyukur atas nikmat Allah yang diberikan kepada
kita
|
|
|
|
1.2 mengharagai diri sendiri orang lain, dan
lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada tuhan
|
1. terbiasa berprilaku dengan baik dan menjaga alam
semesta
2. menjga dan melindungi alam sekitar kita
3. terbiasa menjaga perliharaahan tuhan yang
diberikan kepa tuhan kepada kita yaitu alam semasta
|
|
PROGRAM
SEMESTER 1 (satu)
TAHUN
PELAJARAN 2016-2017
Tema
|
Sub
tema
|
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
|
Waktu
|
2. Profesi
|
§ Macam-macam
pekerjaan (Dokter, guru, petani,
polisi dan pak pos)
§ Tugas
pekerjaan
§ Tempat
bekerja
§ Alat
yang digunakan untuk bekerja
|
Moral agama
1. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
1. Bersyukur
atas ciptaan Tuhan (atas adanya berbagai macam profesi dan alat yang
digunakan)
2. Bersyukur
dapat mengkoordinasikan alat ketika bermain peran
3. Bersyukur
bisa memperagakan bermain peran
4. Bersyukur
bisa membuat gambar pekerjaan dengan tangan
5. Bersyukur
dapat membedakan berbagai macam pekerjaan yang ada di sekitar
|
Minggu
ke 1 -
Minggu
ke 3
|
2. Mengenal
dan Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang tua
|
1. Bersyukur
mau berdoa sebelum dan sesudah makan
2. Mengetahui
ekspresi marah
3. Mengetahui
ekspresi sedih
4. Mengetahui
ekspresi ketakutan
5. Mengetahui
ekspresi senang
6. Mengetahui
ekspresi khawatir
7. Mengetahui
ekspresi ketika guru sedang marah
|
|||
3. Memiliki
prilaku yang mencerinkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih
kedisiplinan
|
1. Mentaati
perintah orangtua
2. Melaksanakan
tugas dirumah sehari-hari
3. Melaksanakan
tugas disekolah sebagai siswa
|
|||
4. Mengenal
dan menunjukan prilaku baik dan santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
1. Mengajrkan
sopan santun terhadap orang yang lebih dewasa
2. Saling
menghomati terhadap sesama
3. Mengajarkan
perilaku yang baik
|
|||
Fisik Motorik
1. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
2. Bersyukur
bisa menggerakkan anggota tubuh untuk melakukan pekerjaan
3. Bersyukur
dapat menggunakan anggota tubuh (mulut) untuk melafalkan tasbih, tahmid,
tahlil dan takbir dengan baik dan benar
|
|||
2. Mengenal
anggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk mengembangkan motorik kasar dan
motorik halus
|
1. Menyebutkan
bagian anggota tubuh yang digunakan untuk melakukan pekerjaan
2. Bersyukur
dapat menggunakan tangan untuk melakukan pekerjaan
3. Menunjukan
bagian anggota tubuh yang digunakan untuk bekerja
4. Menggungkapkan
bagian tubuh yang di gunakan untuk menyuntik, mencangkul, menembak dll
|
|||
Bahasa
1. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
1. Bersyukur
dapat menikmati dan melihat hasil cipta dengan mengucapkan subhanallah,
indahnya, luarbiasa dll
|
|||
2. Menunjukan
kemampuan bahasa bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
1. Dapat
menggunakan bahasa yang baik saat bermain peran (profesi)
2. Mendengarkan
teman saat sedang berbicara didepan
3. Membaca
buku cerita tentang berbagai profesi (pekerjaan
|
|||
Seni Kreativitas
1. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
1. Bersyukur
dapat menggunakan panca indra untuk melihat dan melakukan kegiatan seni
(menggambar, bermain peran, bernyanyi dll)
|
|||
2. Menyajikan
karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh dll
|
1. Bercerita
tentang adanya berbagai profesi
2. Menggambar
berbagai profesi yang ada di sekitar
3. Bernyanyi lagu anak anak
4. Memperagakan
berbagai macam profesi menggunakan alat permainan
|
|||
Sosial Emosional
1. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
2. Bersyukur
memiliki rasa menyayangi kepada yang lebih tua, yang lebih tua dan teman
sebaya
|
|||
2. Mengenal
dan menggunakan teknologi sederhana (peralatan yang digunakan sesuai dengan
profesi:stetoskop, cangkul, buku, surat dan pistol)
|
1. Mengenalkan
berbagai alat yang digunakan saat bekrja
2. Mengajarkan
cara kerja alat bantu saat bermain profesi
3. Mengenalkan
manfaat dari alat yang digunakan sesuai dengan profesi
4. Memanfaatkan
barang bekas untuk dijadikan peralatan profesi
|
|||
3. Memiliki
prilaku yang mencerminkan sikap percaya diri, menghargai dan toleransi
terhadap orang lain, dapat menyesuaikan diri, tanggung jawab berprilaku
kreatif
|
1. Mengajarkan
rasa percaya diri saat melakukan kegiatan
2. Menyesuaikan
diri saat bermain peran (profesi)
3. Betanggung
jawab atas peran yang di mainkan saat bermain peran
4. Menumbuhkan
jiwa kreatif pada saat bermainperan
|
|||
4. Memiliki
prilaku yang mencerinkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar
ketika orang lain berbicara)
|
1. Mengajarkan
budaya anteri saat menunggu giliran
2. Mendengarkan
cerita orang lain dengan seksama
|
|||
5. Memiliki
prilaku yang mencerinkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih
kedisiplinan
|
1. Mentaati
perintah orangtua
2. Melaksanakan
tugas dirumah sehari-hari
3. Melaksanakan
tugas disekolah sebagai siswa
|
PROGRAM
SEMESTER 1 (satu)
TAHUN
PELAJARAN 2016-2017
Tema
|
Sub
tema
|
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
|
Waktu
|
1. Alam
Semesta
|
§ Benda-Benda
langit
§ Gejala
Alam
§ Musim
|
Moral agama
3. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
5. Bersyukur
atas ciptaan Tuhan tentang adanya benda-benda langit, gejala alam, dan musim
6. Bersyukur
bisa mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
7. Bersyukur
bisa membaca niat gerhana bulan
8. Bersyukur
dapat mengetahui benda-benda langit dan gejala alam dan musim
9. Bersyukur
dapat merasakan panas, dingin, gelap, terang dll
|
Minggu
ke 4 -
Minggu
ke 6
|
4. Mengenal
dan melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang tua
|
5. Mengajarkan
doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
6. Takut
ketika melakukan kesalahan
7. Memberitahu
tentang manfaat dari benda-benda langit
8. Memberitahu
tentang adanya gejala alam
9. Memberitahu
tentang musim
|
|||
Bahasa
2. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
3. Bersyukur
dapat menikmati dan melihat hasil cipta dengan mengucapkan subhanallah,
indahnya, luarbiasa dll
|
|||
4. Mengetahui
bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan nonverbal)
|
4. Menggunakan
bahasa yang benar saat bertanya tentang benda-benda langit, gejala alam dan
musim
5. Mengajarkan
kosakata
6. Menceritakan
kembali pelajaran yang diberikan
|
|||
Seni Kreativitas
4. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
2. Bersyukur
dapat menggunakan panca indra untuk melihat benda-benda langit dan melakukan
kegiatan eksperimen tentang gejala alam
|
|||
5. Menyajikan
berbagai karya nya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh dll
tentang benda-benda langit, gejala alam, dan musim.
|
5. Dapat
menggambar bentuk benda-benda alam, gejala alam, dan menceritakan musim
6. Dapat
bercerita tentang benda-benda langit, gejala alam, dan musim
7. Bernyanyi
lagu anak anak
8. Melakukan
kegiatan eksperimen
9. Dapat
mengetahui berbagai macam alam di sekitar
|
|||
6. Menunjukan
karya dan aktifitas seni dengan
menggunakan berbagai media
|
2. Dapat
bercerita kepada anak tentang manfaat alam dengan menggunakan berbagai media
|
|||
Kognitif
5. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
4. Bersyukur
diberikan kemampuan untuk berfikir
|
|||
6. Memiliki
prilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
3. Memberitahu
tentang bahaya kerusakan alam
4. Memberitahu
tentang manfaat dari benda-benda langit dan musim
|
|||
7. Mengenal
benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi dan ciri-ciri lainnya.
|
5. Mengenalkan
warna dari benda-benda langit (langit, pelangi, awan, matahari dll)
6. Mengajarkan
sifat pada benda-benda langit, gejala alam dan musim
7. Mengenalkan
struktur benda-benda langit, gejala alam dan musim
8. Mengenalkan
ciri-ciri pada gejala alam
|
|||
8. Mengenal
kebutuhan, keinginan dan minat diri
|
2. Memberitahu
tentang kebutuhan musim
|
|||
Sosial Emosional
4. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
3. Bersyukur
memiliki rasa menyayangi kepada yang lebih tua, yang lebih tua dan teman
sebaya
|
|||
5. Memiliki
prilaku yang mencerinkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih
kedisiplinan
|
4. Mentaati
perintah orangtua
5. Melaksanakan
tugas dirumah sehari-hari
6. Melaksanakan
tugas disekolah sebagai siswa
|
|||
6. Mengenal
lingkugan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan dan lain-lain)
|
4. Mengenalkan
hubungan tanaman dan hewan, air dan api, cuaca, batu-batuan dll
5. Mengenalkan
hubungan cuaca dengan benda-benda langit
6. Mengenalkan
terjadinya gejala alam
|
PROGRAM
SEMESTER 1 (satu)
TAHUN
PELAJARAN 2016-2017
Tema
|
Sub
tema
|
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
|
Waktu
|
3. Binatang
|
1. Binatang
Peliharaan
2. Binatang
Buas
3. Binatang
didarat
4. Binatang
di air
|
Moral agama
4. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
6. Bersyukur
atas ciptaan Tuhan (atas adanya berbagai macam binatang
7. Bersyukur
dapat mengkoordinasikan alat ketika bermain kucing-kucingan dan elang dan
induk ayam
8. Bersyukur
bisa memperagakan bermain kucing-kucingan dan elang dan induk ayam
9. Bersyukur
bisa membuat gambar binatang
10.
Bersyukur dapat membedakan berbagai macam binatang yang
ada disekitar dan mana binatang buas, binatang peliharaan, binatang di darat
dan di air
|
Minggu
ke 1 -
Minggu
ke 3
|
5. Mengenal
dan Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang tua
|
8. Bersyukur
mau berdoa sebelum dan sesudah makan
9. Mengetahui
suara binatang (kucing, sapi, anjing)
10.
Mengetahui anggota tubuh binatang
11.
Mengetahui macam-macam makanan binatang
12.
Mengetahui tempat hidup binatang
|
|||
6. Memiliki
prilaku yang mencerinkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih
kedisiplinan
|
5. Mentaati
perintah orangtua
6. Melaksanakan
tugas dirumah sehari-hari
7. Melaksanakan
tugas disekolah sebagai siswa
|
|||
8. Mengenal
dan menunjukan prilaku baik dan santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
4. Mengajrkan
sopan santun terhadap orang yang lebih dewasa
5. Saling
menghomati terhadap sesama
6. Mengajarkan
perilaku yang baik
|
|||
Fisik Motorik
3. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
5. Bersyukur
bisa menggerakkan anggota tubuh untuk melakukan pekerjaan
6. Bersyukur
dapat menggunakan anggota tubuh (mulut) untuk melafalkan tasbih, tahmid,
tahlil dan takbir dengan baik dan benar
|
|||
4. Mengenal
anggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk mengembangkan motorik kasar dan
motorik halus
|
5. Menyebutkan
bagian anggota tubuh yang digunakan untuk melakukan pekerjaan
6. Bersyukur
dapat menggunakan tangan untuk melakukan pekerjaan
7. Menunjukan
bagian anggota tubuh yang digunakan untuk bekerja
8. Menggungkapkan
bagian tubuh yang di gunakan untuk melakukan kegiatan bermain
|
|||
Bahasa
3. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
2. Bersyukur
dapat menikmati dan melihat hasil cipta dengan mengucapkan subhanallah,
indahnya, luarbiasa dll
|
|||
4. Menunjukan
kemampuan bahasa bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
4. Dapat
menggunakan bahasa yang baik saat menyebutkan nama-nama binatang
5. Mendengarkan
teman saat sedang bercerita tentang binatang
6. Membaca
buku cerita tentang berbagai binatang
|
|||
Seni Kreativitas
3. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
2. Bersyukur
dapat menggunakan panca indra untuk melihat dan melakukan kegiatan seni
(menggambar, bermain, bernyanyi dan bercerita tentang binatang)
|
|||
4. Menyajikan
karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh dll
|
5. Bercerita
tentang macam-macam binatang
6. Menggambar
berbagai binatang yang ada di sekitar
7. Bernyanyi lagu tentang binatang
8. Memperagakan
berbagai macam binatang menggunakan alat permainan
|
|||
Sosial Emosional
6. Mempercayai
adanya Tuhan melalui Ciptaan-Nya
|
4. Bersyukur
memiliki rasa menyayangi kepada yang lebih tua, yang lebih tua dan teman
sebaya
|
|||
7. Mengenal
dan menggunakan miniatur binatang atau gambar binatang
|
5. Mengenalkan
berbagai alat yang digunakan saat bermain tentang binatang
6. Mengenalkan
manfaat dari alat yang digunakan untuk mengenalkan binatang
7. Memanfaatkan
barang bekas untuk dijadikan bahan memperkenalkan binatang
|
|||
8. Memiliki
prilaku yang mencerminkan sikap percaya diri, menghargai dan toleransi
terhadap orang lain, dapat menyesuaikan diri, tanggung jawab berprilaku
kreatif
|
5. Mengajarkan
rasa percaya diri saat melakukan kegiatan
6. Menyesuaikan
diri saat bermain kucing-kucingan dan elang dan induk ayam
7. Betanggung
jawab atas peran yang di mainkan saat bermain
8. Menumbuhkan
jiwa kreatif pada saat membuat binatang melalui barang bekas
|
|||
9. Memiliki
prilaku yang mencerinkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar
ketika orang lain berbicara)
|
3. Mengajarkan
budaya anteri saat menunggu giliran
4. Mendengarkan
cerita orang lain dengan seksama
|
|||
10.
Memiliki prilaku yang mencerinkan sikap taat terhadap
aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
|
4. Mentaati
perintah orangtua
5. Melaksanakan
tugas dirumah sehari-hari
6. Melaksanakan
tugas disekolah sebagai siswa
|
Komentar
Posting Komentar