RKH PAUD tema air dan kendaraan
RENCANA
KEGIATAN HARIAN
Kelompok/Semester :
5-6 Tahun/1 (satu)
Tema/Sub Tema :
Air/ Macam-macam Air
Hari/Tanggal :
29 Desember 2016
Alokasi Waktu :
60 Menit
Judul Bermain :
Menebak Air
Aspek Perkembangan
|
INDIKATOR
|
Skenario Permainan
(Langkah-langkah
Permainan)
|
Alat/Bahan/Sumber
(APE)
|
Penilaian Autentik
|
Nilai
Agama dan Moral
Solsial
Emosi
Bahasa
Fisik
Motorik
Kognitif
Seni
|
1.
Bersyukur dapat mengucapkan doa
sebelum dan sesudah makan (NA)
2.
Merasakan asam tawar asin
berbagai macam air menggunakan mulut (NA)
3.
Menyebutkan rasa air yang
dirasakan
4.
Menyebutkan nama-nama air
5.
Bersyukur dapat menyebutkan nama
air menggunakan mulut
6.
Mengelompokan warna air yang
telah disediakan
7.
Menghitung banyaknya macam-macam
air
8.
Bersyukur dapat menyanyikan lagu
tentang air
|
Pembuka
:
1.
Anak disuruh duduk berbaris
kebelakang
2.
Guru dan anak berdoa bersama
3.
Guru mengajak anak bernyanyi
“macam air”
4.
Guru bercerita menngenai air
Kegiatan
Inti :
1.
Guru membariskan anak menjadi 10
kelompok
2.
Guru menunjukan macam-macam air
3.
Guru memberikan minuman air
hujan, air laut, air gunung, air sungai, dan air sumur
4.
Anak mengamati air yang diberikan
guru
5.
Guru menjelaskan manfat
masing-masing air
6.
Anak diminta utnutk menyebutkan
air yang pernah mereka temui
7.
Guru menyuruh satu persatu anak
untuk melihat dan merasakan air yang sudah disediakan
8.
Guru menyediakan gambar tempat
masing-masing air berada
9.
Guru menyediakan gambar
macam-macam air
10.
Guru menyuruh anak untuk
menempelkan gambar air sesuai tempatnya
11.
Satu persatu anak mulai melakukan
kegiatan
12.
Anak diminta menyebutkan dimana
masing-masing air berasal
13.
Anak menghitung banyaknya air
yang ada
Penutup
:
1.
Guru menyuruh anak membereskan
alat-alat
2.
Guru menyuruh anak kembali ke
kursi masing-masing
3.
Guru menanyakan kegiatan apa yang
dilakukan hari ini
4.
Guru menjelaskan tema yang akan
dilakukan esok hari
5.
Guru mengajak anak untuk
bernyanyi
6.
Guru mengajak anak berdoa untuk
mengakhiri kegiatan
7.
Selesai
|
Unit
atau tema
Tema
: Air
Subtema
: Macam-macam air
Usia
: 5-6 tahun
Media
:
1.
air hujan
2.
air laut
3.
air sumur
4.
air sungai
5.
botol
6.
gelas plastic
7.
lap
|
1.
Observasi
2.
Unjuk Kerja
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
Kelompok/semester :
5-6 Tahun (satu)
Tema/Subtema :
Kendaraan/ Macam-macam Kendaraan
Hari/Tanggal :
29 Desember 2016
Alokasi/Waktu :
60 Menit
Judul Bermain :
Mengelompokan Kendaraan
Aspek Perkembangan
|
INDIKATOR
|
Skenario Perkembangan
(Langkah-langkah
permainan )
|
Alat/bahan/sumber
APE
|
Penilaian Autentik
|
Nilai
Agama dan Moral
Sosial
Emosi
Bahasa
Fisik
Motorik
Kognitif
Seni
|
1.
Bersyukur dapat mengucapkan doa
sebelum dan sesudah makan
2.
Dapat melihat kendaraan dengan
mata
3.
Sabar menunggu giliran
4.
Bekerja sama dengan teman untuk
mengelompokan
5. Dapat
menyebutkan nama-nama kendaraan
6. Dapat
memegang kendaraan menggunakan tangan
7.
Dapat mengelompokan macam-macam
kendaraan
8.
Menghitung banyaknya kendaraan
9.
Dapat menyanyikan lagu kereta api
|
Pembuka
:
1.
Guru mengajak anak untuk duduk
dikursi masing-masing terlebih dahulu
2.
Guru dan anak berdoa bersama
3.
Guru mengajak anak untuk
bernyanyi bersama lagu “ kereta api”
4.
Guru melakukan dialog mengenai
macam-macam kendaraan
Kegiatan
Inti :
1.
Guru membagi anak menjadi empat
kelompok
2.
Guru menyiapkan macam-macam
bentuk kendaraan
3.
Anak mengamati kendaraan
4.
Guru memancing anak untuk
bertanya mengenai kendaraan
5.
Guru menjelaskan apa saja nama
dan dimana tempat kendaraan tersebut
6.
Guru membagikan karton yang sudah
bergambar laut, langit, dan jalan raya kepada masing-masing kelompok
7.
Anak mengambil alat dan bahan
yang disediakan
8.
Anak mendengarkan intruksi guru
9.
Sebelum mengelompokan
kendaraan-kendaraan anak diminta menyebutkan nama-nama kendaraan yang ada
10.
Guru mempersilahkan anak untuk
mulai mengelompokan
11.
Anak bekerja sama dengan
sekelompok mereka
12.
Anak bergantian untuk
mengelompokan kendaraannya
13.
Setelah selesai anak merapihkan
14.
Anak menyebutkan kendaraan yang
mereka sukai
15.
Anak menyebutkan kendaraan yang
pernah mereka naik
16.
Anak menghitung berapa banyak
kendaraan yang sudah dikelompokan
Penutup
:
1.
Guru meminta anak untuk
membereskan alat dan bahan
2.
Guru menanyakan kegiatan apa yang
telah dilakukan
3.
Guru menejlaskan tema yang akan
dilakukan esok hari
4.
Guru dan anak bernyanyi bersama
5.
Berdoa setelah legiatan
6.
Pulang
|
Unit
atau tema
Tema
: Kendaraan
Subtema
: macam-macam kendaraan
Usia
: 5-6 tahun
Media
:
1.
karton
2.
lem
3.
bentuk kendaran
4.
pewarna
|
1.Observasi
2.
Unjuk Kerja
|
Komentar
Posting Komentar