RKH PAUD tema air dan kendaraan



RENCANA KEGIATAN HARIAN
Kelompok/Semester    :  5-6 Tahun/1 (satu)
Tema/Sub Tema          : Air/ Macam-macam Air
Hari/Tanggal               : 29 Desember 2016
Alokasi Waktu            : 60 Menit
Judul Bermain             : Menebak Air

Aspek Perkembangan
INDIKATOR
Skenario Permainan
(Langkah-langkah Permainan)
Alat/Bahan/Sumber
(APE)
Penilaian Autentik
Nilai Agama dan Moral

Solsial Emosi

Bahasa

Fisik Motorik

Kognitif

Seni
1.      Bersyukur dapat mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan (NA)
2.      Merasakan asam tawar asin berbagai macam air menggunakan mulut (NA)
3.      Menyebutkan rasa air yang dirasakan
4.      Menyebutkan nama-nama air
5.      Bersyukur dapat menyebutkan nama air menggunakan mulut
6.      Mengelompokan warna air yang telah disediakan
7.      Menghitung banyaknya macam-macam air
8.      Bersyukur dapat menyanyikan lagu tentang air
Pembuka :
1.      Anak disuruh duduk berbaris kebelakang
2.      Guru dan anak berdoa bersama
3.      Guru mengajak anak bernyanyi “macam air”
4.      Guru bercerita menngenai air
Kegiatan Inti :
1.      Guru membariskan anak menjadi 10 kelompok
2.      Guru menunjukan macam-macam air
3.      Guru memberikan minuman air hujan, air laut, air gunung, air sungai, dan air sumur
4.      Anak mengamati air yang diberikan guru
5.      Guru menjelaskan manfat masing-masing air
6.      Anak diminta utnutk menyebutkan air yang pernah mereka temui
7.      Guru menyuruh satu persatu anak untuk melihat dan merasakan air yang sudah disediakan
8.      Guru menyediakan gambar tempat masing-masing air berada
9.      Guru menyediakan gambar macam-macam air
10.  Guru menyuruh anak untuk menempelkan gambar air sesuai tempatnya
11.  Satu persatu anak mulai melakukan kegiatan
12.  Anak diminta menyebutkan dimana masing-masing air berasal
13.  Anak menghitung banyaknya air yang ada
Penutup :
1.      Guru menyuruh anak membereskan alat-alat
2.      Guru menyuruh anak kembali ke kursi masing-masing
3.      Guru menanyakan kegiatan apa yang dilakukan hari ini
4.      Guru menjelaskan tema yang akan dilakukan esok hari
5.      Guru mengajak anak untuk bernyanyi
6.      Guru mengajak anak berdoa untuk mengakhiri kegiatan
7.      Selesai
Unit atau tema
Tema : Air
Subtema : Macam-macam air
Usia : 5-6 tahun

Media :
1.      air hujan
2.      air laut
3.      air sumur
4.      air sungai
5.      botol
6.      gelas plastic
7.      lap
1.      Observasi
2.      Unjuk Kerja














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN

Kelompok/semester     : 5-6 Tahun (satu)
Tema/Subtema            : Kendaraan/ Macam-macam Kendaraan
Hari/Tanggal               : 29 Desember 2016
Alokasi/Waktu            : 60 Menit
Judul Bermain             : Mengelompokan Kendaraan

Aspek Perkembangan
INDIKATOR
Skenario Perkembangan
(Langkah-langkah permainan )
Alat/bahan/sumber
APE
Penilaian Autentik
Nilai Agama dan Moral






Sosial Emosi




Bahasa



Fisik Motorik



Kognitif







Seni

1.      Bersyukur dapat mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan
2.      Dapat melihat kendaraan dengan mata
3.      Sabar menunggu giliran
4.      Bekerja sama dengan teman untuk
mengelompokan

5.      Dapat menyebutkan nama-nama kendaraan


6.      Dapat memegang kendaraan menggunakan tangan

7.      Dapat mengelompokan macam-macam kendaraan

8.      Menghitung banyaknya kendaraan

9.      Dapat menyanyikan lagu kereta api
Pembuka :
1.      Guru mengajak anak untuk duduk dikursi masing-masing terlebih dahulu
2.      Guru dan anak berdoa bersama
3.      Guru mengajak anak untuk bernyanyi bersama lagu “ kereta api”
4.      Guru melakukan dialog mengenai macam-macam kendaraan
Kegiatan Inti :
1.      Guru membagi anak menjadi empat kelompok
2.      Guru menyiapkan macam-macam bentuk  kendaraan
3.      Anak mengamati kendaraan
4.      Guru memancing anak untuk bertanya mengenai kendaraan
5.      Guru menjelaskan apa saja nama dan dimana tempat kendaraan tersebut
6.      Guru membagikan karton yang sudah bergambar laut, langit, dan jalan raya kepada masing-masing kelompok
7.      Anak mengambil alat dan bahan yang disediakan
8.      Anak mendengarkan intruksi guru
9.      Sebelum mengelompokan kendaraan-kendaraan anak diminta menyebutkan nama-nama kendaraan yang ada
10.  Guru mempersilahkan anak untuk mulai mengelompokan
11.  Anak bekerja sama dengan sekelompok mereka
12.  Anak bergantian untuk mengelompokan kendaraannya
13.  Setelah selesai anak merapihkan
14.  Anak menyebutkan kendaraan yang mereka sukai
15.  Anak menyebutkan kendaraan yang pernah mereka naik
16.  Anak menghitung berapa banyak kendaraan yang sudah dikelompokan
Penutup :
1.      Guru meminta anak untuk membereskan alat dan bahan
2.      Guru menanyakan kegiatan apa yang telah dilakukan
3.      Guru menejlaskan tema yang akan dilakukan esok hari
4.      Guru dan anak bernyanyi bersama
5.      Berdoa setelah legiatan
6.      Pulang
Unit atau tema
Tema : Kendaraan
Subtema : macam-macam kendaraan
Usia : 5-6 tahun


Media :
1.      karton
2.      lem
3.      bentuk kendaran
4.      pewarna
1.Observasi
2. Unjuk Kerja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI

RANCANGAN PROGRAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR DI LEMBAGA PAUD atau TK

MAKALAH PRINSIP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL AUD