RKH PAUD tema alam semesta dan air tanah dan udara
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
Kelompok/Semester :5-6 Tahun
Tema/Sub Tema :Air,Udara,Api/Udara
Hari/Tanggal :selasa/13 Desember
2016
Alokasi Waktu :60
Menit
Judul Bermain :Membuat
Layang-Layang
Aspek Perkembangan
|
Indikator
|
Skenario Permainan (Langkah-langkah
permainan)
|
Alat/Bahan/Sumber (APE)
|
Penilaian Autentik
|
Nilai Agama Dan Moral
Sosial Emosi
Bahasa
Fisik motorik
Kognitif
Seni
|
1. Bersyukur dapat bersyukur bisa mengucapkan
doa sebelum dan sesudah makan
2. Merasakan udara dengan meniup di depan kaca,
ada embun menandakan ada udara
3. Sabar menunggu giliran
4. Menyebutkan warna layang –layang
5. Membuat sendiri layang –layang
6. Bersyukur dapat menggunakan tangan untuk
membuat layang-layang
7. Mengelompokkan layang –layang sesuai dengan
warnanya
8. Menghitung banyaknya layangan sesuai dengan
warnanya
9. Bersyukur dapat menyanyikan lagu tentang
layang -layang
|
Pembukaan :
1. Guru mengajak anak untuk duduk melingkar
2. Guru dan anak berdoa bersama
3. Guru mengajak anak untuk bernyanyi bersama
4. Guru melakukan dialog tentang manfaat udara,
sifat udara kepada anak
Kegiatan inti :
1.
Anak duduk
melingkar dan guru mengkondisikan anak
2. Anak bekerja secara kelompok 1 kelompok 3
orang
3. Guru memberikan kertas berwarna (merah,
hijau, kuning, biru)
4. Anak menyebutkan kertas berwarna apa yang ia
pegang
5. Guru memancing anak untuk bertanya mengenai
udara
6. Guru menjelaskan manfaat,bahaya dari udara
7. Guru membagikan bambu yang sudah dipotong
kepada anak, ada 2 bambu yang ukurannya berbeda bambu 1 lebih panjang dan bambu
ke-2 lebih pendek
8. Masing masing kelompok mendapatkan dua bambu
9. Anak mulai membuat layangan dengan mengambil
bambu yang lebih pendek dan bambu tersebut disatukan dengan bambu yang
panjang dengan benang disitulah anak bekerja sama dengan temannya
10. Selanjutnya pola layang-layang / rangka
layang-layang yang sudah jadi disatukan dengan benang caranya setiap ujung
bambu disatukan dengan ujung bambu yang lainnya sehingga pola layang –layang
menjadi satu
11. Anak mengambil kertas yang sudah dibagikan ,
letakkan pola layang –layang diatas kertas berwarna dan anak diperintah untuk
memberikan tanda dengan pensil jarak antar bambu dengan kertas kira – kira
seujung kuku agar mudah dilem
12. Setelah kertas berwarna sudah dipotong
satukan pola layang-layang
dengan kertas berwarna dengan lem
13. Setelah selesai anak diperintah untuk mengungkapkan rasa/perasaan saat
membuat layang-layang
14. Anak menyebutkan berbagai jenis benda yang
ada di udara
15. Anak menghitung banyaknya layang –layang
yang sudah mereka buat
Penutup:
1. Guru meminta anak untuk membereskan alat dan
bahan yang telah digunakan
2. Guru menanyakan kembali kegiatan yang
dilakukan hari ini
3. Guru menjelaskan tema kegiatan yang akan
dilakukan keesokan harinya
4. Guru dan anak bernyanyi bersama
5. Berdoa sebelum pulang
6. pulang
|
Unit atau tema
Tema :Air,Udara,Api
Sub tema:udara
Usia :5-6 tahun
Media :
1. bambu
2. kertas berwarna
3. lem
4. gunting
5. benang
6. pensil
|
1. observasi
2. unjuk kerja
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
Kelompok/Semester :5-6 Tahun
Tema/Sub Tema :Alam
semesta/Kehidupan dikota,Desa,Pesisir,Pegunungan
Hari/Tanggal :17
Desember 2016
Alokasi Waktu :60 menit
Judul Bermain :Menggambar
Aspek Perkembangan
|
Indikator
|
Skenario Permainan(langkah-langkah
permainan)
|
Alat/Bahan/Sumber(APE)
|
Penilaian Autentik
|
Nilai moral dan agama
Sosial emosi
Bahasa
Fisik motorik
Kognitif
Seni
|
1. Bersyukur dapat bersyukur bisa mengucapkan
doa sebelum dan sesudah makan
2. Mengamati gambar di kota ,desa, pesisir,dan
pegunungan
3. Sabar menunggu giliran
4. Menyebutkan keadaan lingkungan di desa,kota,pesisir,dan
pegunungan
5. Menggambar sendiri keadaan lingkungan
6. Bersyukur dapat menggunkan tangan untuk
menggambar
7. Anak mampu untuk menggambar sesuai dengan
kemampuan
8. Anak menyebutkan apa saja yang ada pada
gambar tersebut
9. Bersyukur dapat menyanyikan lagu tentang
desaku
|
Pembuka :
1. Guru mengajak anak untuk duduk melingkar
2. Guru dan anak berdoa bersama
3. Guru mengajak anak untuk bernyanyi bersama
4. Guru melakukan dialog tentang keadaan
lingkungan di desa,kota,pesisir,dan pegunungan
Kegiatan inti :
1. Anak duduk melingkar dan guru mengkondisikan
anak
2. Guru memberikan anak kertas gambar yang
sudah berisi gambar desa,kota,pesisir,dan pegunungan masing –masing anak
mendapat gambar yang berbeda –beda
3. Anak menyebutkan ada apa saja di dalam
gambar
4. Guru memancing anak untuk bertanya tentang
kertas yang ia pegang
5. Guru menjelaskan keadaan lingkungan
6. Anak memegang pensil dan menebalkan gambar
dengan pensil
7. Anak mulai mewarnai gambar sesuai dengan
yang dia pegang
8. Setelah selesai anak diperintahkan untuk
mengungkapkan rasa atau perasaan saat menggambar
9. Anak menyebutkan berbagai jenis benda yang
ada di dalam gambar
10. Anak menghitung banyaknya benda yang ada
digambar
Penutup :
1. Guru meminta anak untuk membereskan krayon
yang sudah digunakan
2. Guru menanykan kembali kegiatan yang telah
dilakukan hari ini
3. Guru menjelaskan tema kegiatan yang akan
dilakukan keesokan harinya
4. Guru dan anak bernyanyi bersama
5. Berdoa sebelum pulang
6. Pulang
|
Unit atau Tema
Tema:alam semesta
Sub Tema:kehidupan didesa,kota
pesisir,pegunungan
Media :
1. kertas gambar
2. krayon
3. pensil
|
1. observasi
2. unjuk kerja
|
Komentar
Posting Komentar