RKH PAUD tema alam semesta dan air tanah dan udara



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
Kelompok/Semester   :5-6 Tahun
Tema/Sub Tema         :Air,Udara,Api/Udara
Hari/Tanggal               :selasa/13 Desember 2016
Alokasi Waktu             :60 Menit
Judul Bermain             :Membuat Layang-Layang
Aspek Perkembangan
Indikator
Skenario Permainan (Langkah-langkah permainan)
Alat/Bahan/Sumber (APE)
Penilaian Autentik
Nilai Agama Dan Moral





Sosial Emosi
Bahasa

Fisik motorik

Kognitif

Seni




1.      Bersyukur dapat bersyukur bisa mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan
2.      Merasakan udara dengan meniup di depan kaca, ada embun menandakan ada udara
3.      Sabar menunggu giliran
4.      Menyebutkan warna layang –layang
5.      Membuat sendiri layang –layang
6.      Bersyukur dapat menggunakan tangan untuk membuat layang-layang
7.      Mengelompokkan layang –layang sesuai dengan warnanya
8.      Menghitung banyaknya layangan sesuai dengan warnanya
9.      Bersyukur dapat menyanyikan lagu tentang layang -layang

Pembukaan :
1.      Guru mengajak anak untuk duduk melingkar
2.      Guru dan anak berdoa bersama
3.      Guru mengajak anak untuk bernyanyi bersama
4.      Guru melakukan dialog tentang manfaat udara, sifat udara kepada anak
Kegiatan inti :
1.      Anak duduk melingkar dan guru mengkondisikan anak
2.      Anak bekerja secara kelompok 1 kelompok 3 orang
3.      Guru memberikan kertas berwarna (merah, hijau, kuning, biru)
4.      Anak menyebutkan kertas berwarna apa yang ia pegang
5.      Guru memancing anak untuk bertanya mengenai udara
6.      Guru menjelaskan manfaat,bahaya dari udara
7.      Guru membagikan bambu yang sudah dipotong kepada anak, ada 2 bambu yang ukurannya berbeda bambu 1 lebih panjang dan bambu ke-2 lebih pendek
8.      Masing masing kelompok mendapatkan dua bambu
9.      Anak mulai membuat layangan dengan mengambil bambu yang lebih pendek dan bambu tersebut disatukan dengan bambu yang panjang dengan benang disitulah anak bekerja sama dengan temannya
10.  Selanjutnya pola layang-layang / rangka layang-layang yang sudah jadi disatukan dengan benang caranya setiap ujung bambu disatukan dengan ujung bambu yang lainnya sehingga pola layang –layang menjadi satu
11.  Anak mengambil kertas yang sudah dibagikan , letakkan pola layang –layang diatas kertas berwarna dan anak diperintah untuk memberikan tanda dengan pensil jarak antar bambu dengan kertas kira – kira seujung kuku agar mudah dilem
12.  Setelah kertas berwarna sudah dipotong satukan pola layang-layang dengan kertas berwarna dengan lem
13.  Setelah selesai anak diperintah untuk mengungkapkan rasa/perasaan saat membuat layang-layang
14.  Anak menyebutkan berbagai jenis benda yang ada di udara
15.  Anak menghitung banyaknya layang –layang yang sudah mereka buat
Penutup:
1.      Guru meminta anak untuk membereskan alat dan bahan yang telah digunakan
2.      Guru menanyakan kembali kegiatan yang dilakukan hari ini
3.      Guru menjelaskan tema kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya
4.      Guru dan anak bernyanyi bersama
5.      Berdoa sebelum pulang
6.      pulang

Unit atau tema
Tema :Air,Udara,Api
Sub tema:udara
Usia :5-6 tahun
Media :
1.      bambu
2.      kertas berwarna
3.      lem
4.      gunting
5.      benang
6.      pensil
1.      observasi
2.      unjuk kerja






Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)

Kelompok/Semester   :5-6 Tahun
Tema/Sub Tema         :Alam semesta/Kehidupan dikota,Desa,Pesisir,Pegunungan
Hari/Tanggal               :17 Desember 2016              
Alokasi Waktu             :60 menit
Judul Bermain             :Menggambar
Aspek Perkembangan
Indikator
Skenario Permainan(langkah-langkah permainan)
Alat/Bahan/Sumber(APE)
Penilaian Autentik
Nilai moral dan agama



Sosial emosi

Bahasa


Fisik motorik

Kognitif



Seni

1.      Bersyukur dapat bersyukur bisa mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan
2.      Mengamati gambar di kota ,desa, pesisir,dan pegunungan
3.      Sabar menunggu giliran
4.      Menyebutkan keadaan lingkungan di desa,kota,pesisir,dan pegunungan
5.      Menggambar sendiri keadaan lingkungan
6.      Bersyukur dapat menggunkan tangan untuk menggambar
7.      Anak mampu untuk menggambar sesuai dengan kemampuan
8.      Anak menyebutkan apa saja yang ada pada gambar tersebut
9.      Bersyukur dapat menyanyikan lagu tentang desaku


Pembuka :
1.      Guru mengajak anak untuk duduk melingkar
2.      Guru dan anak berdoa bersama
3.      Guru mengajak anak untuk bernyanyi bersama
4.      Guru melakukan dialog tentang keadaan lingkungan di desa,kota,pesisir,dan pegunungan
Kegiatan inti :
1.      Anak duduk melingkar dan guru mengkondisikan anak
2.      Guru memberikan anak kertas gambar yang sudah berisi gambar desa,kota,pesisir,dan pegunungan masing –masing anak mendapat gambar yang berbeda –beda
3.      Anak menyebutkan ada apa saja di dalam gambar
4.      Guru memancing anak untuk bertanya tentang kertas yang ia pegang
5.      Guru menjelaskan keadaan lingkungan
6.      Anak memegang pensil dan menebalkan gambar dengan pensil
7.      Anak mulai mewarnai gambar sesuai dengan yang dia pegang
8.      Setelah selesai anak diperintahkan untuk mengungkapkan rasa atau perasaan saat menggambar
9.      Anak menyebutkan berbagai jenis benda yang ada di dalam gambar
10.  Anak menghitung banyaknya benda yang ada digambar
Penutup :
1.      Guru meminta anak untuk membereskan krayon yang sudah digunakan
2.      Guru menanykan kembali kegiatan yang telah dilakukan hari ini
3.      Guru menjelaskan tema kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya
4.      Guru dan anak bernyanyi bersama
5.      Berdoa sebelum pulang
6.      Pulang
Unit atau Tema
Tema:alam semesta
Sub Tema:kehidupan didesa,kota pesisir,pegunungan
Media :
1.      kertas gambar
2.      krayon
3.      pensil
1.      observasi
2.      unjuk kerja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI

RANCANGAN PROGRAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR DI LEMBAGA PAUD atau TK

MAKALAH PRINSIP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL AUD