RKM PAUD air dan kendaraan
PROGRAM
MINGGUAN
Semester :
1
Minggu :
ke-4
Kelompok :
B (5-6 tahun)
TEMA/SUBTEMA
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
RENCANA KEGIATAN 1
MINGGU
|
APE
|
PUNCAK TEMA
|
Kendaraan/
macam-macam kendaraan
|
1.1
mempercayai tuhan melalui ciptaannya
|
1.
Bersyukur atas ciptaan tuhan
2.
bersyukur dapat mengkoordinasikan mata dengan tangan ketika memegang
kendaraan
3.
bersyukur dapat melihat kendaraan-kendaraan dengan mata
4.
bersyukur dapat mengucapkan nama-nama kendaraan
5.
bersyukur dapat embuat gambar kendaraan-kendaraan
6.
bersyukur dapat mendengar alunan lagu dan suara tentang macam-macam kendaraan
7.
bersyukur dapat membedakan kendaraan laut, udara dan darat
8.
bersyukur dapat menaiki kendaraan
9.
bersyukur dapat memiliki anggota tubuh yang lengkap untuk melakukan aktivitas
sehari-hari
10.
bersyukur memiliki teman untuk bermain bersama menggunakan mainan berbentuk
kendaraan
|
1. PEMBIASAAN
· Baris
di depan kelas
· Duduk
melingkar dan berdoa
· Bernyanyi
bersama
· Berdoa
sebelum makan
· Berdoa
sesudah makan
· Makan
bersama
· Berdoa
sebelum pulang
· Ikrar
atau janji pulang sekolah cium tangan guru
2. EKSPLORASI DAN KREATIVITAS
· Membuat
bentuk-bentuk kendaraan
· Mewarnai
gambar kendaraan
· Membuat
gambar laut, jalan raya, dan langit
3. KEAKSARAAN
· Menyebutkan
symbol huruf dari nama-nama kendaraan
· Menuliskan
simbil huruf dari nama-nama kendaraan
· Menyebutkan
kendaraan yang di suka
· Menyebutkan
tempat yang disuka
|
1.
Gambar langit
2.
Gambar jalan raya
3.
Gambar laut
4.
Gambar kendaraan
5.
Pewarna
6.
Pensil
7.
Buku gambar
8.
Penghapus
9.
Kendaraan mainan
10.
Bak kecil
11.
Air
12.
Tali
13.
Batu-batu kecil
14.
Karton
15.
Gunting
16.
Lem
17.
Kardus
18.
Kertas origami
|
NAMA PERMAINAN
“LOMBA CEPAT
MENGELOMPOKAN KENDARAAN”
LANGKAH PERMAINAN
1. Guru
menyiapkan media
2. Guru
membagi anak dalam kelompok meja
3. Guru
menjelaskan cara bermain
4. Cara
bermain :
a. Anak
duduk secara berpasangan
b. Anak
mengambil media yang sudah disediakan
(bentuk mobil,motor,pesawat,helikopter,becak,kapal,perahu,kapal
selam yang masih menjadi satu dengan gambar lain)
c. Anak
menggunting satu persatu bentuk kendaraan
d. Anak
mengelompokan terlebih dahulu kendaraan
e. Anak
dibagi tugas satu menempel dan satunya mengelem
f. Anak
menempelkan satu persatu gambar sesuai dengan tempat yang benar
g. Anak
merapihkan gambar
h. Anak
menyiapkan untuk di kumpulkan
i.
Anak menaruh di meja guru
5. Setelah
selesai anak dapat mepresentasikan hasil mereka dengan menyebutkan nama-nama
kendaraan
6. Anak
mengoreksi siapa yang salah dan yang benar
HASIL PERMAINAN
1. Anak
dapat menggerakan tangannya
2. Anak
dapat menyebutkan apa saja yang mereka lakukan
3. Anak
dapat menghargai karya teman
4. Anak
dapat berkompetisi secara sportif.
|
1.2
menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada tuhan
|
1.
bersyukur dapat menyentuh melihat berbagai macam kendaraan.
2.
bersyukur dapat membuat bentuk-bentuk kendaraan
3.
mengerti beberapa perintah sederhana
4.
bersyukur dapat menuliskan nama-nama kendaraan
5.
menghargai dan tidak mengganggu teman yang sedang menikmati alunan lagu dan
suara mengenai kendaraan
6.
bersyukur membiasakan diri untuk membantu sesame teman dalam mebuat bentuk
kendaraan
7.
bersyukur memiliki teman dengan menyayanginya
8.
bersyukur memiliki teman dengan bersikap baik kepadanya
|
||||
2.1memiliki
perilaku yang mencermikan sikap cinta lingkungan
|
1.
bersyukur dapat menjaga mainan yang disediakan
2.
bersykuru dapat berperilaku dengan baik untuk menggunakan mainan dengan baik,
taat pada peraturan
3.
bersyukur dapat mengerti perintah bagaimana cara menggunakan kendaraan
4.
bersyukur dapat menyanyikan lagu tentang kendaraan
5.
bersyukur dapat mencuci tangan setelah melakukan permainan
6.
tidak malah mencuci tangan setelah bermain bersama dengan teman-teman
|
||||
2.6
memiliki perilaku yang mecerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari
untuk melatih kedisiplinan
|
1.
Bersyukur dapat mentaati peraturan
2.
bersabar enunggu giliran
3.
menggunakan barang pinjaman orang lain degan berhati-hati
4.
bersikap jujur dalam mentaati peraturan permainan (bermain mobil-mobilan)
5.
mematuhi etika berteman dan bermain
6.
merapihkan kembali alat-alat permainan di tempat semula yang telah digunakan
7.
bersyukur mau melakukan cara-cara bermain yang benar
|
||||
3.1
mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
|
1.
bersyukur mau bedoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
2.
mengetahui ekspresi marah
3.
mengetahui ekspresi senang
4.
mengetahui ekspresi sedih
5.
mengetahui ekspresi ketakutan
6.
mengetahui ekspresi ketika orang tua khawatir
7.
mengetahui ekspresi ketika teman sedih
8.
mengetahui ekspresi teman takut
9.
mengetahui ekspresi ketika guru sedang marah
10.
mengetahui ekspresi ketika guru sedih
11.
mengetahui ekspresi khawatir
|
||||
3.3
mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk mengembangkan motorik
kasar motorik halus
|
1.
menyebutkan anggota tubuh yang digunakan untuk memegang kendaraan
2.
bersyukur dapat menggunakan tangan untuk memegang bentuk-bentuk kendaraan
3.
menunjukan bagian anggota tubuh yang digunakan untuk memegang kendaraan
4.
mengungkapkan bagian anggota tubuh yang digunakan untuk melihat kendaraan
5.
menghitung banyaknya kendaraan yang ada didepan mata
6.
menggunakan tangan untuk bermain menghunakan mainan berbentuk kendaraan
|
||||
3.6
mengenal benda-benda sekitarnya (nama,warna,bentuk,ukuran,pola,sifat,suara,tekstur,fungsi
dan cirri-cirinya
|
1.
menyebutkan nama kendaraan yang di sukai
2.
menyebutkan kendaraan yang pernah mereka tumpangi
3.
membedakan nama-nama kendaraan
4.
mengelompokan kendaran yang berada dilaut, di darat dan diudara
5.
mengajukan pertanyaan mengenai kendaraan
6.
mengurutkan nama-nama kendaraan melalui gambar yang dibuat berdasarkan besar
kecilnya
7.
menyebutkan lambing huruf dari nama-nama kendaraan
8.
membedakan kendaraan berdasarkan lambing huruf awal
9.
menunjukan lambing huruf dari nama kendaraan
|
||||
4.3menggunakan
anggota tubuh pengembangan motorik kasar dan halus
|
1.
Bersukur dapat menggerakan kepala tangan dan kaki secara terkoordinasi
2.
menggerakan kepala, tangan dan kaki secara terkoordinasi
3.
menggerakan anggota tubuh untuk memainkan kendaraan
4.
mengambil macam-macam kendaraan
5.
membedakan tangan kiri dan tangan kanan untuk mengambil kendaraan
6.
menggunakan anggota tubuh untuk menunjukan bentuk-bentuk kendaraan
7.
berlomba mengambil bentuk kendara bersama teman
|
||||
4.6
menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya
melalui hasil karya
|
1.
menyebutkan nama kendaraan yang mereka suka dengan menggambarnya sendiri
2.
menyebutkan nama kendaran yang mereka suka dengan menggambar sendiri
3.
mengajukan pertanyaan mengenai kendaraan yang mereka suka
4.
mengurutkan kendaraan melauli gambar yang mereka buat berdasarkan warna
5.
menghitung banyakya kendaraan yang mereka lihat dimeja
6.
mengungkapkan kembali lambing huruf dari nama-nama kendaraan
|
PROGRAM
MINGGUAN
Semester :
1
Minggu :
ke-4
Kelompok :
B (5-6 tahun)
TEMA/SUBTEMA
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
RENCANA KEGIATAN 1
MINGGU
|
APE
|
PUNCAK TEMA
|
Air/
macam-macam air
|
1.1
mempercayai tuhan melalui ciptaannya
|
1.
Bersyukur atas ciptaan tuhan
2.
bersyukur dapat mengkoordinasikan mata dengan tangan ketika memegang air
3.
bersyukur dapat melihat erbagai macam jenis air dengan mata
4.
bersyukur dapat mengucapkan nama-nama berbagai macam jenis air
5.
bersyukur dapat membuat gambar tempat-tempat air berada
6.
bersyukur dapat mendengar alunan lagu dan suara tentang macam-macam air
7.
bersyukur dapat membedakan air laut, air hujan, air sumur, air sungai
8.
bersyukur dapat menggunakan air untuk minum
9.
bersyukur dapat memiliki anggota tubuh yang lengkap untuk melakukan aktivitas
sehari-hari
10.
bersyukur memiliki teman untuk bermain bersama menggunakan mainan yang
berasal dari air
|
4. PEMBIASAAN
· Baris
di depan kelas
· Duduk
melingkar dan berdoa
· Bernyanyi
bersama
· Berdoa
sebelum makan
· Berdoa
sesudah makan
· Makan
bersama
· Berdoa
sebelum pulang
· Ikrar
atau janji pulang sekolah cium tangan guru
5. EKSPLORASI DAN KREATIVITAS
· Membuat
gambar tempat-tempat air berada
· Mewarnai
gambar berbagai jenis air
· Membuat
gambar laut, sungai, hujan, sumur
6. KEAKSARAAN
· Menyebutkan
symbol huruf dari nama-nama berbagai jenis air
· Menuliskan
simbol huruf dari nama-nama berbagai jenis air
· Menyebutkan
berbagai jenis air yang di suka
· Menyebutkan
tempat yang disuka
|
19.
Gambar sungai
20.
Gambar sumur
21.
Gambar hujan
22.
Gambar laut
23.
Pewarna
24.
Pensil
25.
Buku gambar
26.
Penghapus
27.
Berbagai jenis air
28.
Bak kecil
29.
Susu bubuk
30.
sirup
31.
pewarna makanan
32.
Karton
33.
Gunting
34.
Lem
35.
Kardus
36.
Kertas origami
37.
Gelas kecil
|
NAMA PERMAINAN
“LOMBA TEBAK RASA”
LANGKAH PERMAINAN
7. Guru
menyiapkan media
8. Guru
membagi anak dalam kelompok meja
9. Guru
menjelaskan cara bermain
10. Cara
bermain :
j.
Anak duduk secara berpasangan
k. Anak
mengambil media yang sudah disediakan
(gelas kecil, sirup,air , kertas
bergambar laut sungai sumur)
l.
Anak menggunting satu persatu
kertas yang bergambar
m. Anak
terlebih dahulu member lem gambar-gambar yang sudah digunting
n. Anak
dibagi tugas satu menempel
o. Anak
menempelkan satu persatu gambar sesuai dengan tempat yang benar
p. Anak
merapihkan gambar
q. Anak
menyiapkan untuk di kumpulkan
r.
Anak menaruh di meja guru
11. Setelah
selesai anak dapat mepresentasikan hasil mereka dengan menyebutkan nama-nama
berbagai macam jenis air
12. Anak
mengoreksi siapa yang salah dan yang benar
HASIL PERMAINAN
5. Anak
dapat menggerakan tangannya
6. Anak
dapat menyebutkan apa saja yang mereka lakukan
7. Anak
dapat menghargai karya teman
8. Anak
dapat berkompetisi secara sportif.
|
1.2
menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada tuhan
|
1.
bersyukur dapat menyentuh melihat berbagai macam jenis air
2.
bersyukur dapat membuat berbagai jenis minuman dari air
3.
mengerti beberapa perintah sederhana
4.
bersyukur dapat menuliskan nama-nama berbagai macam air
5.
menghargai dan tidak mengganggu teman yang sedang menikmati alunan lagu dan
suara mengenai air
6.
bersyukur membiasakan diri untuk membantu sesama teman dalam membuat gambar
dimana air berada
7.
bersyukur memiliki teman dengan menyayanginya
8.
bersyukur memiliki teman dengan bersikap baik kepadanya
|
||||
2.1memiliki
perilaku yang mencermikan sikap cinta lingkungan
|
1.
bersyukur dapat menjaga mainan yang disediakan
2.
bersykuru dapat berperilaku dengan baik untuk menggunakan mainan dengan baik,
taat pada peraturan
3.
bersyukur dapat mengerti perintah bagaimana cara menggunakan air
4.
bersyukur dapat menyanyikan lagu tentang
air
5.
bersyukur dapat mencuci tangan setelah melakukan permainan
6.
tidak malah mencuci tangan setelah bermain bersama dengan teman-teman
|
||||
2.6
memiliki perilaku yang mecerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari
untuk melatih kedisiplinan
|
1.
Bersyukur dapat mentaati peraturan
2.
bersabar menunggu giliran
3.
menggunakan barang pinjaman orang lain degan berhati-hati
4.
bersikap jujur dalam mentaati peraturan permainan
5.
mematuhi etika berteman dan bermain
6.
merapihkan kembali alat-alat permainan di tempat semula yang telah digunakan
7.
bersyukur mau melakukan cara-cara bermain yang benar
|
||||
3.1
mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
|
1.
bersyukur mau bedoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
2.
mengetahui ekspresi marah
3.
mengetahui ekspresi senang
4.
mengetahui ekspresi sedih
5.
mengetahui ekspresi ketakutan
6.
mengetahui ekspresi ketika orang tua khawatir
7.
mengetahui ekspresi ketika teman sedih
8.
mengetahui ekspresi teman takut
9.
mengetahui ekspresi ketika guru sedang marah
10.
mengetahui ekspresi ketika guru sedih
11.
mengetahui ekspresi khawatir
|
||||
3.3
mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk mengembangkan motorik
kasar motorik halus
|
1.
menyebutkan anggota tubuh yang digunakan untuk menyentuh air
2.
bersyukur dapat menggunakan tangan untuk menyentuh berbagai macam jenis air
3.
menunjukan bagian anggota tubuh yang digunakan untuk menyentuh air
4.
mengungkapkan bagian anggota tubuh yang digunakan untuk melihat macam-macam
air
5.
menghitung banyaknya jenis-jenis air yang ada didepan mata
6.
menggunakan tangan untuk bermain menghunakan mainan yang berasal dari air
|
||||
3.6
mengenal benda-benda sekitarnya
(nama,warna,bentuk,ukuran,pola,sifat,suara,tekstur,fungsi dan cirri-cirinya
|
1.
menyebutkan nama air yang pernah mereka lihat
2.
menyebutkan air yang pernah mereka rasakan
3.
membedakan nama-nama berbagai jenis air
4.
mengelompokan air-air yangberasal adri laut, dari, sungai dari sumur
5.
mengajukan pertanyaan mengenai air
6.
mengurutkan nama-nama berbagai macam air melalui gambar yang dibuat sendiri
7.
menyebutkan lambing huruf dari nama-nama air
8.
membedakan macam-macam air berdasarkan
lambang huruf awal
9.
menunjukan lambang huruf dari nama air
|
||||
4.3menggunakan
anggota tubuh pengembangan motorik kasar dan halus
|
1.
Bersukur dapat menggerakan kepala tangan dan kaki secara terkoordinasi
2.
menggerakan kepala, tangan dan kaki secara terkoordinasi
3.
menggerakan anggota tubuh untuk menggunakan air
4.
mengambil macam-macam jenis air
5.
membedakan tangan kiri dan tangan kanan untuk mengambil air
6.
menggunakan anggota tubuh untuk merasakan rasa dari air
7.
berlomba mengambil berbagai jenis air bersama teman
|
||||
4.6
menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya
melalui hasil karya
|
1.
menyebutkan nama berbagai jenis air yang mereka suka dengan menggambarnya
sendiri
2.
menyebutkan nama berbagai jenis air yang mereka suka dengan menggambar
sendiri
3.
mengajukan pertanyaan mengenai jenis air yang mereka suka
4.
mengurutkan jenis-jenis air melauli gambar yang mereka buat berdasarkan warna
5.
menghitung banyakya kegunaan air di
kehidupan sehari-hari
6.
mengungkapkan kembali lambang huruf dari nama-nama air
|
Komentar
Posting Komentar