RKM PAUD air dan kendaraan



PROGRAM MINGGUAN

Semester          : 1
Minggu            : ke-4
Kelompok       : B (5-6 tahun)

TEMA/SUBTEMA
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
RENCANA KEGIATAN 1 MINGGU
APE
PUNCAK TEMA
Kendaraan/ macam-macam kendaraan
1.1 mempercayai tuhan melalui ciptaannya
1. Bersyukur atas ciptaan tuhan
2. bersyukur dapat mengkoordinasikan mata dengan tangan ketika memegang kendaraan
3. bersyukur dapat melihat kendaraan-kendaraan dengan mata
4. bersyukur dapat mengucapkan nama-nama kendaraan
5. bersyukur dapat embuat gambar kendaraan-kendaraan
6. bersyukur dapat mendengar alunan lagu dan suara tentang macam-macam kendaraan
7. bersyukur dapat membedakan kendaraan laut, udara dan darat
8. bersyukur dapat menaiki kendaraan
9. bersyukur dapat memiliki anggota tubuh yang lengkap untuk melakukan aktivitas sehari-hari
10. bersyukur memiliki teman untuk bermain bersama menggunakan mainan berbentuk kendaraan

1.      PEMBIASAAN
·      Baris di depan kelas
·      Duduk melingkar dan berdoa
·      Bernyanyi bersama
·      Berdoa sebelum makan
·      Berdoa sesudah makan
·      Makan bersama
·      Berdoa sebelum pulang
·      Ikrar atau janji pulang sekolah cium tangan guru
2.      EKSPLORASI DAN KREATIVITAS
·      Membuat bentuk-bentuk kendaraan
·      Mewarnai gambar kendaraan
·      Membuat gambar laut, jalan raya, dan langit
3.      KEAKSARAAN
·      Menyebutkan symbol huruf dari nama-nama kendaraan
·      Menuliskan simbil huruf dari nama-nama kendaraan
·      Menyebutkan kendaraan yang di suka
·      Menyebutkan tempat yang disuka
1.      Gambar langit
2.      Gambar jalan raya
3.      Gambar laut
4.      Gambar kendaraan
5.      Pewarna
6.      Pensil
7.      Buku gambar
8.      Penghapus
9.      Kendaraan mainan
10.  Bak kecil
11.  Air
12.  Tali
13.  Batu-batu kecil
14.  Karton
15.  Gunting
16.  Lem
17.  Kardus
18.  Kertas origami
NAMA PERMAINAN
“LOMBA CEPAT MENGELOMPOKAN KENDARAAN”

LANGKAH PERMAINAN

1.      Guru menyiapkan media
2.      Guru membagi anak dalam kelompok meja
3.      Guru menjelaskan cara bermain
4.      Cara bermain :
a.       Anak duduk secara berpasangan
b.      Anak mengambil media yang sudah disediakan
(bentuk mobil,motor,pesawat,helikopter,becak,kapal,perahu,kapal selam yang masih menjadi satu dengan gambar lain)
c.       Anak menggunting satu persatu bentuk kendaraan
d.      Anak mengelompokan terlebih dahulu kendaraan
e.       Anak dibagi tugas satu menempel dan satunya mengelem
f.       Anak menempelkan satu persatu gambar sesuai dengan tempat yang benar
g.      Anak merapihkan gambar
h.      Anak menyiapkan untuk di kumpulkan
i.        Anak menaruh di meja guru
5.      Setelah selesai anak dapat mepresentasikan hasil mereka dengan menyebutkan nama-nama kendaraan
6.      Anak mengoreksi siapa yang salah dan yang benar

HASIL PERMAINAN
1.      Anak dapat menggerakan tangannya
2.      Anak dapat menyebutkan apa saja yang mereka lakukan
3.      Anak dapat menghargai karya teman
4.      Anak dapat berkompetisi secara sportif.

1.2 menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada tuhan
1. bersyukur dapat menyentuh melihat berbagai macam kendaraan.
2. bersyukur dapat membuat bentuk-bentuk kendaraan
3. mengerti beberapa perintah sederhana
4. bersyukur dapat menuliskan nama-nama kendaraan
5. menghargai dan tidak mengganggu teman yang sedang menikmati alunan lagu dan suara mengenai kendaraan
6. bersyukur membiasakan diri untuk membantu sesame teman dalam mebuat bentuk kendaraan
7. bersyukur memiliki teman dengan menyayanginya
8. bersyukur memiliki teman dengan bersikap baik kepadanya

2.1memiliki perilaku yang mencermikan sikap cinta lingkungan
1. bersyukur dapat menjaga mainan yang disediakan
2. bersykuru dapat berperilaku dengan baik untuk menggunakan mainan dengan baik, taat pada peraturan
3. bersyukur dapat mengerti perintah bagaimana cara menggunakan kendaraan
4. bersyukur dapat menyanyikan lagu tentang kendaraan
5. bersyukur dapat mencuci tangan setelah melakukan permainan
6. tidak malah mencuci tangan setelah bermain bersama dengan teman-teman
2.6 memiliki perilaku yang mecerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
1. Bersyukur dapat mentaati peraturan
2. bersabar enunggu giliran
3. menggunakan barang pinjaman orang lain degan berhati-hati
4. bersikap jujur dalam mentaati peraturan permainan (bermain mobil-mobilan)
5. mematuhi etika berteman dan bermain
6. merapihkan kembali alat-alat permainan di tempat semula yang telah digunakan
7. bersyukur mau melakukan cara-cara bermain yang benar
3.1 mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
1. bersyukur mau bedoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
2. mengetahui ekspresi marah
3. mengetahui ekspresi senang
4. mengetahui ekspresi sedih
5. mengetahui ekspresi ketakutan
6. mengetahui ekspresi ketika orang tua khawatir
7. mengetahui ekspresi ketika teman sedih
8. mengetahui ekspresi teman takut
9. mengetahui ekspresi ketika guru sedang marah
10. mengetahui ekspresi ketika guru sedih
11. mengetahui ekspresi khawatir
3.3 mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk mengembangkan motorik kasar motorik halus
1. menyebutkan anggota tubuh yang digunakan untuk memegang kendaraan
2. bersyukur dapat menggunakan tangan untuk memegang bentuk-bentuk kendaraan
3. menunjukan bagian anggota tubuh yang digunakan untuk memegang kendaraan
4. mengungkapkan bagian anggota tubuh yang digunakan untuk melihat kendaraan
5. menghitung banyaknya kendaraan yang ada didepan mata
6. menggunakan tangan untuk bermain menghunakan mainan berbentuk kendaraan
3.6 mengenal benda-benda sekitarnya (nama,warna,bentuk,ukuran,pola,sifat,suara,tekstur,fungsi dan cirri-cirinya
1. menyebutkan nama kendaraan yang di sukai
2. menyebutkan kendaraan yang pernah mereka tumpangi
3. membedakan nama-nama kendaraan
4. mengelompokan kendaran yang berada dilaut, di darat dan diudara
5. mengajukan pertanyaan mengenai kendaraan
6. mengurutkan nama-nama kendaraan melalui gambar yang dibuat berdasarkan besar kecilnya
7. menyebutkan lambing huruf dari nama-nama kendaraan
8. membedakan kendaraan berdasarkan lambing huruf awal
9. menunjukan lambing huruf dari nama kendaraan
4.3menggunakan anggota tubuh pengembangan motorik kasar dan halus
1. Bersukur dapat menggerakan kepala tangan dan kaki secara terkoordinasi
2. menggerakan kepala, tangan dan kaki secara terkoordinasi
3. menggerakan anggota tubuh untuk memainkan kendaraan
4. mengambil macam-macam kendaraan
5. membedakan tangan kiri dan tangan kanan untuk mengambil kendaraan
6. menggunakan anggota tubuh untuk menunjukan bentuk-bentuk kendaraan
7. berlomba mengambil bentuk kendara bersama teman

4.6 menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya melalui hasil karya
1. menyebutkan nama kendaraan yang mereka suka dengan menggambarnya sendiri
2. menyebutkan nama kendaran yang mereka suka dengan menggambar sendiri
3. mengajukan pertanyaan mengenai kendaraan yang mereka suka
4. mengurutkan kendaraan melauli gambar yang mereka buat berdasarkan warna
5. menghitung banyakya kendaraan yang mereka lihat dimeja
6. mengungkapkan kembali lambing huruf dari nama-nama kendaraan






PROGRAM MINGGUAN

Semester          : 1
Minggu            : ke-4
Kelompok       : B (5-6 tahun)

TEMA/SUBTEMA
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
RENCANA KEGIATAN 1 MINGGU
APE
PUNCAK TEMA
Air/ macam-macam air
1.1 mempercayai tuhan melalui ciptaannya
1. Bersyukur atas ciptaan tuhan
2. bersyukur dapat mengkoordinasikan mata dengan tangan ketika memegang air
3. bersyukur dapat melihat erbagai macam jenis air dengan mata
4. bersyukur dapat mengucapkan nama-nama berbagai macam jenis air
5. bersyukur dapat membuat gambar tempat-tempat air berada
6. bersyukur dapat mendengar alunan lagu dan suara tentang macam-macam air
7. bersyukur dapat membedakan air laut, air hujan, air sumur, air sungai
8. bersyukur dapat menggunakan air untuk minum
9. bersyukur dapat memiliki anggota tubuh yang lengkap untuk melakukan aktivitas sehari-hari
10. bersyukur memiliki teman untuk bermain bersama menggunakan mainan yang berasal dari air

4.      PEMBIASAAN
·      Baris di depan kelas
·      Duduk melingkar dan berdoa
·      Bernyanyi bersama
·      Berdoa sebelum makan
·      Berdoa sesudah makan
·      Makan bersama
·      Berdoa sebelum pulang
·      Ikrar atau janji pulang sekolah cium tangan guru
5.      EKSPLORASI DAN KREATIVITAS
·      Membuat gambar tempat-tempat air berada
·      Mewarnai gambar berbagai jenis air
·      Membuat gambar laut, sungai, hujan, sumur
6.      KEAKSARAAN
·      Menyebutkan symbol huruf dari nama-nama berbagai jenis air
·      Menuliskan simbol huruf dari nama-nama berbagai jenis air
·      Menyebutkan berbagai jenis air yang di suka
·      Menyebutkan tempat yang disuka
19.  Gambar sungai
20.  Gambar sumur
21.  Gambar hujan
22.  Gambar laut
23.  Pewarna
24.  Pensil
25.  Buku gambar
26.  Penghapus
27.  Berbagai jenis air
28.  Bak kecil
29.  Susu bubuk
30.  sirup
31.  pewarna makanan
32.  Karton
33.  Gunting
34.  Lem
35.  Kardus
36.  Kertas origami
37.  Gelas kecil
NAMA PERMAINAN
“LOMBA  TEBAK RASA”

LANGKAH PERMAINAN

7.      Guru menyiapkan media
8.      Guru membagi anak dalam kelompok meja
9.      Guru menjelaskan cara bermain
10.  Cara bermain :
j.        Anak duduk secara berpasangan
k.      Anak mengambil media yang sudah disediakan
(gelas kecil, sirup,air , kertas bergambar laut sungai sumur)
l.        Anak menggunting satu persatu kertas yang bergambar
m.    Anak terlebih dahulu member lem gambar-gambar yang sudah digunting
n.      Anak dibagi tugas satu menempel
o.      Anak menempelkan satu persatu gambar sesuai dengan tempat yang benar
p.      Anak merapihkan gambar
q.      Anak menyiapkan untuk di kumpulkan
r.        Anak menaruh di meja guru
11.  Setelah selesai anak dapat mepresentasikan hasil mereka dengan menyebutkan nama-nama berbagai macam jenis air
12.  Anak mengoreksi siapa yang salah dan yang benar

HASIL PERMAINAN
5.      Anak dapat menggerakan tangannya
6.      Anak dapat menyebutkan apa saja yang mereka lakukan
7.      Anak dapat menghargai karya teman
8.      Anak dapat berkompetisi secara sportif.

1.2 menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada tuhan
1. bersyukur dapat menyentuh melihat berbagai macam jenis air
2. bersyukur dapat membuat berbagai jenis minuman dari air
3. mengerti beberapa perintah sederhana
4. bersyukur dapat menuliskan nama-nama berbagai macam air
5. menghargai dan tidak mengganggu teman yang sedang menikmati alunan lagu dan suara mengenai air
6. bersyukur membiasakan diri untuk membantu sesama teman dalam membuat gambar dimana air berada
7. bersyukur memiliki teman dengan menyayanginya
8. bersyukur memiliki teman dengan bersikap baik kepadanya

2.1memiliki perilaku yang mencermikan sikap cinta lingkungan
1. bersyukur dapat menjaga mainan yang disediakan
2. bersykuru dapat berperilaku dengan baik untuk menggunakan mainan dengan baik, taat pada peraturan
3. bersyukur dapat mengerti perintah bagaimana cara menggunakan air
4. bersyukur dapat menyanyikan lagu tentang  air
5. bersyukur dapat mencuci tangan setelah melakukan permainan
6. tidak malah mencuci tangan setelah bermain bersama dengan teman-teman
2.6 memiliki perilaku yang mecerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
1. Bersyukur dapat mentaati peraturan
2. bersabar menunggu giliran
3. menggunakan barang pinjaman orang lain degan berhati-hati
4. bersikap jujur dalam mentaati peraturan permainan
5. mematuhi etika berteman dan bermain
6. merapihkan kembali alat-alat permainan di tempat semula yang telah digunakan
7. bersyukur mau melakukan cara-cara bermain yang benar
3.1 mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
1. bersyukur mau bedoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
2. mengetahui ekspresi marah
3. mengetahui ekspresi senang
4. mengetahui ekspresi sedih
5. mengetahui ekspresi ketakutan
6. mengetahui ekspresi ketika orang tua khawatir
7. mengetahui ekspresi ketika teman sedih
8. mengetahui ekspresi teman takut
9. mengetahui ekspresi ketika guru sedang marah
10. mengetahui ekspresi ketika guru sedih
11. mengetahui ekspresi khawatir
3.3 mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk mengembangkan motorik kasar motorik halus
1. menyebutkan anggota tubuh yang digunakan untuk menyentuh air
2. bersyukur dapat menggunakan tangan untuk menyentuh berbagai macam jenis air
3. menunjukan bagian anggota tubuh yang digunakan untuk menyentuh air
4. mengungkapkan bagian anggota tubuh yang digunakan untuk melihat macam-macam air
5. menghitung banyaknya jenis-jenis air yang ada didepan mata
6. menggunakan tangan untuk bermain menghunakan mainan yang berasal dari air
3.6 mengenal benda-benda sekitarnya (nama,warna,bentuk,ukuran,pola,sifat,suara,tekstur,fungsi dan cirri-cirinya
1. menyebutkan nama air yang pernah mereka lihat
2. menyebutkan air yang pernah mereka rasakan
3. membedakan nama-nama berbagai jenis air
4. mengelompokan air-air yangberasal adri laut, dari, sungai dari sumur
5. mengajukan pertanyaan mengenai air
6. mengurutkan nama-nama berbagai macam air melalui gambar yang dibuat sendiri
7. menyebutkan lambing huruf dari nama-nama air
8. membedakan macam-macam air  berdasarkan lambang huruf awal
9. menunjukan lambang huruf dari nama air
4.3menggunakan anggota tubuh pengembangan motorik kasar dan halus
1. Bersukur dapat menggerakan kepala tangan dan kaki secara terkoordinasi
2. menggerakan kepala, tangan dan kaki secara terkoordinasi
3. menggerakan anggota tubuh untuk menggunakan air
4. mengambil macam-macam jenis air
5. membedakan tangan kiri dan tangan kanan untuk mengambil air
6. menggunakan anggota tubuh untuk merasakan rasa dari air
7. berlomba mengambil berbagai jenis air bersama teman

4.6 menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya melalui hasil karya
1. menyebutkan nama berbagai jenis air yang mereka suka dengan menggambarnya sendiri
2. menyebutkan nama berbagai jenis air yang mereka suka dengan menggambar sendiri
3. mengajukan pertanyaan mengenai jenis air yang mereka suka
4. mengurutkan jenis-jenis air melauli gambar yang mereka buat berdasarkan warna
5. menghitung banyakya kegunaan air  di kehidupan sehari-hari
6. mengungkapkan kembali lambang huruf dari nama-nama air

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI

RANCANGAN PROGRAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR DI LEMBAGA PAUD atau TK

MAKALAH PRINSIP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL AUD