RKM PAUD Tema alam semesta, lingkunganku, alat komunikasi, kebutuhanku, dan binatang



PROGRAM MINGGUAN

Semester         : 1
Minggu           : ke-4
Kelompok      : B (5-6 tahun)

TEMA/SUB TEMA
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
RENCANA KEGIATAN 1 MINGGU
APE
PUNCAK TEMA
Binatang/ Binatang peliharaan
1.1    Mempercayai adanya tuhan melalui ciptaanya





































1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar rasa syukur kepada Tuhan































 

2.1 Memiliki prilaku yang mencerminkan hidup sehat
















2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisplinan



 

3.1  Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari








3.3Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ciri-cirinya) melalui hasil karya

















1. Bersyukur atas ciptaan Tuhan (MA)
2.    Bersyukur dapat melihat binatang didarat dan diair (MA)
3.    Bercerita tentang ciri-ciri binatang dengan bahasa yang jelas (BAHASA)
4.    Bersyukur mampu  memasangkan binatang sesuai dengan pasanganya jenisnya, persamaanya. (KOGNITIF)
5.    Bersyukur dapat melakukan gerakan melompat, melocat, dan berlari secara terkoordinasi.(FISMOT)
6.    Bersyukur dapat mendengar alunan lagu dan suara tentang macam-macam binatang (SENI)

1.    Anak dapat membiasakan membaca bismillah sebelum melakukan kegiatan (MA)
2.    Bersyukur dapat menyebutkan ciri-ciri binatang dengan benar dan bahasa yang jelas (BAHASA)
3.    Bersyukur dapat memasankan gambar binatang sesuai dngan aktivitas sehari-hari yang biasa di lakukan (KOGNITIF)
4.    Menghargai dan tidak menggangu teman yang sedang menikmati suara dan lagu tentang binatang(SENI)

5.    Bersyukur memiliki teman dengan menyayanginya (SISEM)
6.    Bersyukur memiliki teman dengan bersikap baik kepadanya (SOSEM)


1.    Bersyukur ada binatang peliharaan (MA)
2.    Bersyukur dapat berolahraga sambil menikmati udara segar di pagi hari(FISMOT)
3.    Bersyukur dapat menyanikan lagu tentang bintang (SENI)
4.    Bersyukur dapat menggambar bentuk bintang (KOGNITIF)


1.    Bersyukur dapat menaati peraturan ( MA)
2.    Sabar menunggu giliran
3.    Mengunakan barang pinjaman dari orang lain dengan hati-hati
4.    Merapikan kembali alat main yang telah di gunakan

1.    Mengenal ekspresi marah
2.    Mengenal ekspresi takut
3.    Mengetahi ekspresi senang
4.    Mengetahui ekspresi ketika guru sedang marah
5.    Mengetahui ekspresi ketika orangtua khawatir
1.    Anak dapat menyebutkan binatang yang paling mereka suka
2.    Anak mampu bercerita tentang ciri-ciri binatang
3.    Anak mampu memasangkan binatang sesuai dengan gambar aktivitas sehari-hari dengan cara menghubungkan kolom gambar binatang ke kolom aktivitas sehari-hari
4.    Mengajukan pertanyaan tentang binatang
5.    Menghitung banyaknya gambar aktivitas sehari-hari yang terhubung dengan binatang
1.    PEMBIASAAN
·      Guru menyiapkan alat peraga untuk pembelajaran hari ini
·      Bel masuk berbunyi, anak-anak baris di depan kelas
·      Bernyanyi “naik kereta api” dan bersalaman dengan guru sebelummasuk kelas
·      Berdoa dan membaca surat-surat pendek
·      Guru mengecek kahadiran siswa
·      APERSEPSI
·      Guru bertanya siapa yang sudah makan pagi hari ini
·      Berdoa sebelum makan
·      Berdoa sesudah makana
·      Makan bersama
·      Berdoa sebelum pulang
·      Cium tangan guru

2.     EKSPLORASI DAN KREATIVITAS
·      Menggambar benda-benda langit
·      Memasangkan gambar benda-benda langit (matahari, bintang, bulan) dengan gambar aktivitas sehari-hari

3.     KEAKSARAAN
·      Menyebutkan simbol huruf dari nama binatang
·      Menuliskan simbo huruf dari nama binatang
·      Menyebutkan ciri-ciri binatang peliharaan

1.     Gambar binatang peliharaan
2.     Gambar binatang didarat
3.     Gambar di air
4.     Gambar memasangkan gambar be nda(kucing,sapi, ayam) sesuai dengan gambar aktivitas sehari-hari
NAMA PERMAINAN “Memasangkan gambar binatang dengan kolom gambar aktivitas sehari-hari”




LANGKAH BERMAIN
1.    Guru menyiapkan alat peraga
2.    Guru menunjukkan gambar binatang
3.    Guru menunjukkan beberapa binatang
4.    Cara bermain
a.    Anak duduk berkelompok
b.    Anak mengambil media yang di sediakan
c.    Anak menceritakan ciri-ciri binatang didarat dan diair
d.   Anak memasangkan gambar benda langit sesuai dengan aktivitas sehari-hari dngan cara menghubungkan kolom gambar-gambar binatang ke kolom gambar aktivitas sehari-hari
e.    Anak bersama guru pergi ke ruangan yang luas
f.     Anak berlari, melompat, dan meloncat di lingkaran yang di buat oleh guru, menirukan suara binatang.
5.    HASIL PERMAINAN
a.    Anak dapat mengetahui binatang didarat dan dilaut
b.    Anak mampu bercerita tantang ciri-ciri binatang dengan benar dan bahasa yang jelas
c.    Anak mampu memasangkan binatang sesuai dengan pasanganya, jenisnya, persamaannya
d.   Anak mampu melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi



PROGRAM MINGGUAN

Semester         : 1
Minggu           : ke-4
Kelompok      : B (5-6 tahun)

TEMA/SUB TEMA
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
RENCANA KEGIATAN 1 MINGGU
APE
PUNCAK TEMA
Alam Semesta / Benda-Benda Langit
6.1    Mempercayai adanya tuhan melalui ciptaanya





































1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar rasa syukur kepada Tuhan































 

2.1 Memiliki prilaku yang mencerminkan hidup sehat
















2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisplinan



 

3.1  Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari








3.3Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ciri-cirinya) melalui hasil karya

















1. Bersyukur atas ciptaan Tuhan(matahari, bulan, bintang) (MA)
7.    Bersyukur dapat melihat langit dan benda-benda yang ada di langit (MA)
8.    Bercerita tentang ciri-ciri benda langit (bulan, bintang dan matahari)dengan bahasa yang jelas (BAHASA)
9.    Bersyukur mampu  memasangkan benda-benda langit sesuai dengan pasanganya jenisnya, persamaanya. (KOGNITIF)
10.   Bersyukur dapat melakukan gerakan melompat, melocat, dan berlari secara terkoordinasi.(FISMOT)
11.   Bersyukur dapat mendengar alunan lagu dan suara tentang macam-macam benda-benda langit (SENI)

7.    Anak dapat membiasakan membaca niat sholat gerhana bulan dengan benar (MA)
8.    Bersyukur dapat menyebutkan ciri-ciri benda langit dengan benar dan bahasa yang jelas (BAHASA)
9.    Bersyukur dapat memasankan gambar benda-benda langit sesuai dngan aktivitas sehari-hari yang biasa di lakukan (KOGNITIF)
10.    Menghargai dan tidak menggangu teman yang sedang menikmati suara dan lagu tentang benda-benda langit (SENI)

11.    Bersyukur memiliki teman dengan menyayanginya (SISEM)
12.    Bersyukur memiliki teman dengan bersikap baik kepadanya (SOSEM)


5.    Bersyukur ada bulan yang menerangi bumi di malem hari (MA)
6.    Bersyukur dapat berolahraga sambil menikmati udara segar di pagi hari(FISMOT)
7.    Bersyukur dapat menyanikan lagu tentang bintang (SENI)
8.    Bersyukur dapat menggambar bentuk bintang (KOGNITIF)


5.    Bersyukur dapat menaati peraturan ( MA)
6.    Sabar menunggu giliran
7.    Mengunakan barang pinjaman dari orang lain dengan hati-hati
8.    Merapikan kembali alat main yang telah di gunakan

6.    Mengenal ekspresi marah
7.    Mengenal ekspresi takut
8.    Mengetahi ekspresi senang
9.    Mengetahui ekspresi ketika guru sedang marah
10.    Mengetahui ekspresi ketika orangtua khawatir
6.    Anak dapat menyebutkan benda-benda langit yang paling mereka suka
7.    Anak mampu bercerita tentang ciri-ciri benda –benda langit
8.    Anak mampu memasangkan gambar benda langit(matahari, bintang, bulan) sesuai dengan gambar aktivitas sehari-hari dengan cara menghubungkan kolom gambar benda-benda langit ke kolom aktivitas sehari-hari
9.    Mengajukan pertanyaan tentang benda-benda langit
10.    Menghitung banyaknya gambar aktivitas sehari-hari yang terhubung dengan gambar benda-benda langit
1.             
4.    PEMBIASAAN
·      Guru menyiapkan alat peraga untuk pembelajaran hari ini
·      Bel masuk berbunyi, anak-anak baris di depan kelas
·      Bernyanyi “neng-neng” dan bersalaman dengan guru sebelummasuk kelas
·      Berdoa dan membaca surat-surat pendek
·      Guru mengecek kahadiran siswa
·      APERSEPSI
·      Guru bertanya siapa yang sudah makan pagi hari ini
·      Berdoa sebelum makan
·      Berdoa sesudah makana
·      Makan bersama
·      Berdoa sebelum pulang
·      Cium tangan guru

5.     EKSPLORASI DAN KREATIVITAS
·      Menggambar benda-benda langit
·      Memasangkan gambar benda-benda langit (matahari, bintang, bulan) dengan gambar aktivitas sehari-hari

6.     KEAKSARAAN
·      Menyebutkan simbol huruf dari nama benda-benda langit
·      Menuliskan simbo huruf dari nama benda-benda langit
·      Menyebutkan ciri-ciri benda langit

5.     Gambar proses terjadinya gerhana matahari
6.     Gambar gerhana bulan
7.     Gambar matahari
8.     Gambar memasangkan gambar benda langit (bulan, bintang, matahari) sesuai dengan gambar aktivitas sehari-hari
NAMA PERMAINAN “Memasangkan gambar benda-benda langit (bintang, bulan, matahari) dengan kolom gambar aktivitas sehari-hari”




LANGKAH BERMAIN
6.    Guru menyiapkan alat peraga
7.    Guru menunjukkan gambar gerhana bulan
8.    Guru menunjukkan beberapa gambar benda-benda langit seperti bulan, bintang,bulan.
9.    Cara bermain
g.    Anak duduk berkelompok
h.    Anak mengambil media yang di sediakan (gambar gerhana bulan, gambar matahari, gambar bintang, gambar bulan)
i.      Anak menceritakan ciri-ciri benda langit
j.      Anak memasangkan gambar benda langit(matahari, bintang, bulan) sesuai dengan aktivitas sehaqri-hari dngan cara menghubungkan kolom gambar-gambar benda langit ke kolom gambar aktivitas sehari-hari
k.    Anak bersama guru pergi ke ruangan yang luas
l.      Anak berlari, melompat, dan meloncat di lingkaran yang di buat oleh guru, sehingga anak seakan-akan mengelilingi bumi yang bulat
10.                  HASIL PERMAINAN
e.    Anak dapat membaca niat sholat gerhana bulan
f.     Anak mampu bercerita tantang ciri-ciri benda langit (matahari, bulan, bintang) dengan benar dan bahasa yang jelas
g.    Anak mampu memasangkan benda langit sesuai dengan pasanganya, jenisnya, persamaannya
h.    Anak mampu melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi





PROGRAM MINGGUAN
Semester                     : 1
Minggu                       : 4
Kelompok                  : B (5-6)

TEMA/SUB TEMA
KOPETENSI DASAR
INDIKATOR
RENCANA KEGIATAN
1 MINGGU
APE
PUNCAK TEMA
Kebutuhanku/ kebersihan dan kesehatan
1.1Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
1.      Bersyukur atas ciptaan  Tuhan (alat kebersihan seperti sapu, lap, sikat, kemoceng,penghapus, kotak sampah)
2.      Bersyukur dapat mengkoordinasikan mata dengan tangan ketika membersihkan ruangan(FISMOT)
3.      Bersyukur bisa mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan(BAHASA)
4.      Bersyukur dapat mengungkapkan rasa kebersamaan dengan kelompok(SOSEM)
5.      Bersyukur dapat membuat gambar alat kebersihan dengan tangan(BAHASA)
6.      Bersyukur dapat menikmati alunan lagu dan suara tentang macam-macaAm alat kebersihan dan kesehatan(SENI)
7.      Bersyukur dapat mendengar alunan lagu dan suara tentang macam-macam manfaat kebersihan(SENI)
8.      Bersyukur dapat membedakan kebersihan dan kesehatan(KOGNITIF)
9.      Bersyukur memiliki anggota tubuh ynag lengkap untuk melakukan aktivitas yang baik(SOSEM)
10.  Bersyukur memiliki teman untuk saling membantu(SOSEM)
1.      PEMBIASAAN
· Baris di depan kelas
· Duduk melingkar dan berdo’a sebelum kegiatan
· Bernyanyi bersama
· Berdoa sebelum makan
· Berdoa sesudah makan
· Makan bersama
· Berdoa sebelum pulang
· Ikrar atau janji pulang sekolah

2.      EKPLORASI DAN KREVITAS

· Membuat playdough kebersihan
· Mengkrasikan alat-alat kebersihan
· Bergotong royong
· Bermain mengenal alat kebersihan
3.  KEAKSARAAN
· Menyebutkan simbol huruf dari nama alat kebersihan dan kesehatan.
· Menuliskan simbol huruf dari nama alat kebersihan dan kesehatan
· Menyebutkan manfaat kebersihan dan kesehatan
1.    Gamabar alat kebersihan
2.    Gambar alat kesehatan
3.    Sikat
4.    Sapu
5.    Lap
6.    Kemoceng
7.    Kotak sampah
8.    Sapu lidi
9.    Spidol
10.    Penghapus
11. Bentuk lambang huruf
12. Pensil
Nama Permainan
Sapu lidi  cantik vs penghapus imut

Langkah permainan
1.    Guru menyiapkan  media
2.    Guru membagi anak dalam kelompok meja
3.    Guru menjelaskan cara bermain
4.    Cara bermain
·  Anak duduk berpasangan
·  Anak mengambil media yang disediakanu lidi, penghapus

·  Anak mengambil sapu lidi dan penghapus sesuai ukurannya

·  Guru mencontohkannya cara mengelompokkannya

·  Setelah anak selesai mengambil alatnya ana mengelompokkan masing-,asing lidi dan penghapus

·  Lalu anak menghitung banyaknya penghapus dan sapu lidi yang di dapat

·  Anak yang paling banyak dapat dialah pemenangnya

5.    Setelah selesai mengelompokkan alat, ana mempresentasikan hasil karya dengan menyebutkan berapa jumlah lidi dan penghapus yang di dapat
6.    Anak berlomba-lomba mengelompokkan alat kebersihan
7.    Ketika lidi dan penghapus sudah habis anak segera mengambil bintang pada guru lalu di tempelkan pada papan dinding

Hasil permainan
1.      Anak dapat mengelompokkan lidi dan penghapus
2.      Anak dapat menghitung lidi dan penghapus
3.      Anak berkopetensi sportif
4.      Anak belajar menghargai hasil karya teman


1.2   Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan.
1.      Bersyukur dapat mebersihkan ruangan dalam kebersihan menggunaan tangan(MA)
2.      Bersyukur dapat membersihkan kelas(FISMOT)
3.      Mengerti beberapa perintah sederhana (cara doa sebelum dan sesudah makan) (BAHASA)
4.      Bersyukur dapat menuliskan nama alat kebersihan dan kesehatan(BAHASA)
5.      Menghargai dan tidak mengganggu teman yang sedang menikmati suara dan lagu tentang macam-macam-macam alat kebersihan dan kesehatan(SENI)
6.      Bersyukur membiasakan diri untuk membantu teman yang tidak ada alat kebersihan(KOGNITIF)
7.      Bersyukur memiliki teman dengan menyanyannginya(SOSEM)
8.      Bersyukur memiliki teman dengan bersikap baik kepadanya(SOSEM).

2.1Memiliki prilaku yang mencerminkan hidup
sehat dan bersih
1.      Bersyukur dapat menikmati makanan bergizi(MA)
2.      Bersyukur dapat berprilaku sehat, makan teratur,olahraga teratur, istirahat yang cukup (FISIMOT)
3.      Bersyukur dapat mengerti perintah untuk mencuci tangan(BAHASA)
4.      Bersyukur dapat menyanyikan lagu tentang alat kebersihan(SENI)
5.      Bersyukur dapat mencuci tangan setelah menyapu(KOGNITIF)
6.      Tidak malas untuk mencuci tangan setelah makan dan minum
2.6 Memiliki perilaku
1.      Bersyukur dapat meatati peraturan(MA)
2.      Sabar menunggu giliran
3.      Menggunakan barang pinjaman dari orang lain dengan hati-hati
4.      Bersikap jujur dalam menaati peraturan permainan (bermain penjual dan pembeli)
5.      Mematuhi etika makan dan jadwal makan teratur
6.      Marapihkan kembali alat main yang telah digunakan
7.      Bersyukur mau melaukan adab ketika makan dan minum
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
1.      Bersyukur mau berdoa sebelum dan sesudah mencuci tangan(MA)
2.      Mengetahui ekpresi marah
3.      Mengetahui ekpresi sedih
4.      Mengetahui ekpresi ketakutan
5.      Mengetahui ekpresi senang
6.      Mengetahui ekpresi ketika guru sedang marah
7.      Mengetahui ekpresi khawatir
8.      Mengetahui ekpresi ketika teman sedih
9.      Mengetahui ekpresi ketika tean takut
10.  Mengetahui ekpresi ketika orang tua khawatir
3.3 Mengenal jenis pakian, fungsi dan kegunaan untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
1.      Menyebutkan bagian anggota tubuh yang digunakan untuk kebersihn dan kesehatan
2.      Bersyukur dapat menggunakan tangan untuk menjaga kebersihan
3.      Menunjukkan bagian anggota anggota tubuh yang digunakan untuk membersihkan ruangan
4.      Mengungkapkan bagian tubuh yang digunakan untuk membersihkan ruangan
5.      Menghitung alat kebersihan yang di pegang
Menggunakan tangan untuk berbagi alat kebersihan dengan teman
3.6 Mengenal benda-benda sekitarnya(nama,sifat,bentuk,pola,ukuran dan warna)
1.      Membedakan nama-nama alat kebersihan dan kesehatan
2.      Mengelompokkan alat kebersihan yang ada di sekitarnya (nama, sifat bentuk, pola, ukuran, dan warna
3.      Menunjukkan pertanyaan tentang kebersihan dan kesehatan
4.      Mengurutkan nama alat kebersihan dan kesehatan melalui gambar yang dibuat berdasarkan warna
5.      Menyebutkan lambang huruf dari alat kebersihan dan kesehatan
6.      Membedakan alat kebersihan dan kesehatan berdasarkan lambanag huruf awal
Menunjukkan lambang huruf dari nama alat kebersihan dan kesehatan
4.1 Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang tua
1.      Bersyukur dapat berdoa sebelum dan sesudah cuci tangan
2.      Takut ketika melaukan kesalahan
3.      Mau meminta maaf ketika melaukan kesalahan
4.      Mau menghibur teman lagi sedih
5.      Merangkul teman ketika takut
6.      Menenangkan ketika orangtua ketika khawatir
Ikut merasa senang ketika adik senang
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
1.      Bersyukur dapat menggerakkan kepala, tangan, dan kaki secara koordinasi(MA)
2.      Menggerakkan kepala, tangan, dan kaki secara koordinasi
3.      Menggerakkan anggota tubuh (tangan) untuk  membersihkan ruangan
4.      Mengambil alat kebersihan dan kesehatan menggunakan tangan
5.      Membedakan fungsi tangan kanan dan kiri saat menggunakan alat kebersihan
6.      Menggunakan anggota tubuh (jari) untuk menunjukan alat kebersihan dan kesehatan
7.      Berlomba mengambil alat kebersiahn dan kesehatan bersama teman

4.6 Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
1.      Mengajukan pertanyaan tentang alat kebersihandan kesehatan
2.      Mengajukan pertanyaan tentang alat kebersihan dan kesehatan
3.      Mengurutkan alat kebersihan melalui gambar yang dibuat berdasarkan warna
4.      Menghitung banyaknya alat kebersihan dan kesehatan
Mengungkapkan kembali lambang huruf dari nama-nama alat kebersihan dan kesehatan






PROGRAM MINGGUAN
Semester         : 1
Minggu           : ke-4
Kelompok      : B (5-6 Tahun)
TEMA/SUB TEMA
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
RENCANA KEGIATAN 1 MINGGU
APE
PUNCAK TEMA
Lingkungan / Rumahku
1.1  Menerima adanya Tuhanmelalui Ciptaannya
1        Mampu menyebutkan “Allah tuhanku” (MA)
2        Latihan melompat di tempat sebanyak 3x (FISMOT)
3        Mengenal konsep ukuran yang besardan yang kecil (KOGNITIF)
4        Mengenalkalimat-kalimat perintah sederhana (mis: tolong..) (BAHASA)
5        Mengenalkan kepada anak tentang arti kerjasama.(SOSEM)
1        PEMBIASAAN
·         Baris di depan kelas
·         Duduk melingkar dan berdo’a sebelum kegiatan
·         Bernyanyi bersama
·         Berdo’a sebelum makan
·         Berdo’a sesudah makan
·         Makan bersama
·         Berdo’a sebelum pulang
·         Ikrar atau janji pulang sekolah
·         Cium tangan guru
2        EKPLORASI DAN KREATIVITAS
·         Melipat gambar bentuk rumah
·         Menggunting bentuk gambar rumah
·         Menggambar bebas dengan pensil
·         Menyusun balok menjadi rumah
·         Memasangkan gambar dengan kartu yang mempunyai suku kata yang sama
1        Gambar rumah
2        Balok
3        Buku gambar
4        Pensil dan crayon
5        Gunting
6        Gambar pasangan
7        Piring
8        Sendok
9        Gelas
10    Bentuk lambang huruf
Bercerita dirumah ada tamu
Mencuci piring dan sendok
Menjelaskanbagian-bagian rumah
Melakukkan perintah secara urut dan benar
Menjelaskan tentang perkakas rumah
Dan bernyanyi rumah kami
Mengurutkan dan menceritakan isi gambar

PROGRAM MINGGUAN

Semester         : 1
Minggu           : ke-4
Kelompok      : B (5-6 tahun

Tema \Sub Tema
Kompetensi Dasar
Indicator
Rencana Kegiatan 1 Minggu
APE
PUNCAK TEMA

Alat komunikasi /macam-macam alat komunikasi
1.1  Mempercayai Adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya




































 

1.2 menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada tuhan

























 


1.2  memiliki perilaku yang mencerminkan baik














 


2.6 memiliki prilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap segala aturan permainan















 


3.1 mengenal kegiatan beribadah sehari-hari

















 


3.3 Mengenal anggota tubuh (funsi, tekstur dan fungsinya)




















 


3.6 mengenal benda-benda disekitarnya
1.      Bersyukur atas ciptaan tuhan
2.      Bersyukur dapat mengkoordinasikan mata dan tangan
3.      Bersyukur busa mengucapkan doa sesudahbermain
4.      Bersyukur dapat mengungkapkan  rasa nikmat
5.      Bersyukur dapat mrnggambar alat komunikasi
6.      Bersyukur dapat menikmati ayunan lagu
7.      Bersyukur dapat mendengarkan lagu dan suara
8.      Bersyukur dapat membedakan alat-lat kominikasi tersebut
9.      Bersyukur dapat bermain dengan baik
10.  Bersyukur memiliki alat-alat komunikasi tersebut
11.  Bersyukur memiliki teman yang saling berbagi  permainan


1.      Bersyukur dapat merasakan dan menggunakan alat permaiana tersebut
2.      Bersyukur dapat mencockkan alat-alatnya
3.      Mengerti beberapa perintah sederhana
4.      Bersyukur dapat menulis alat-alat tersebut
5.      Mengahargai  dan tidak menggu teman yang sedang bermain
6.      Bersyukur membiasakan diri untuk saling berbagi
7.      Bersyukur memiliki teman dengan sikap menyayanginya
8.      Bersyukur memiliki teman dengan bersikap baik kepadanya.




1.      Bersyukur dapat menikmati permaina tersebut
2.      Bersyukur berprilaku baik
3.      Bersyukur mengerti perintahnya
4.      Bersyukur dapat menyanyikan lagunya
5.      Bersyukur bisa menggambar
6.      Tidak males untuk mencuci tangan setelah bermain



1.      Bersyukur dapat menaati peraturan permainan
2.      Sabar menunggu giliran
3.      Menggunakan barang pinjaman dari orang lain dengan hati-hati
4.      Bersikap jujur dalam menanti peraturan permainan
5.      Mematuhi etika dalam bermain
6.      Merapihkan kembali alat dan bahan yang di gunakan
7.      Bersyukur mau melakukan cara ketika bermain


1.      Bersyukur dan sesudah bermain
2.      Mengetahui ekspresi marah
3.      Mengetahui ekspresi sedih
4.      Mengetahui ekspresi ketakutan
5.      Senang
6.      Khawatir
7.      Ekspresi ketika guru marah
8.      Ketika teman sedih
9.      Ketika teman takut
10.  Mengetahui ekspresi ketika orang tua khawatir


1.      Menyebutkan bagian bermain
2.      Bersyukur dapat menggunakan tangan untuk bermainh mainan yang
3.      Menunjukan bagian anggota tubuh untuk bermain
4.      Mengungkapkan bagian tubuh untuk bermain
5.      Menghitung banyak jumlah mainan yang die gang
6.      Menggunakan tangan untuk berbagi permainan dengan teman



1.      Menyebutkan nam-nama permainan kesukaannya
2.      Menyebutkan jenis alat komunikasi
3.      Membedakan nama-nama alat-alatnya
4.      Membedakan nama-nama alat dan jenisnya
5.      Mengelompokkan jenis-jenis nama sifat dan bentuk
6.      Mengajukan prtanyaan tentan alt-alat komunikasi
7.      Menyebutkan lambing huruf dari nama-nama alat komunikasi





1.      PEMBIASAAN
·         Baris didepan kelas
·         Duduk melingkar dan berdoa
·         Bernyayi bersama
·         Berdoa sebelum melakukan permainan
·         Berdoa sesudah melakukan bermain
·         Bermain bersama

2.      EKSPLORASI DAN KREATIVITAS
·         Membuat playdough permainan
·         Mengekspresikan jenis alat komunikasi
·         Membuat gambar alat komunikasi

3.      KEAKSARAAN
·         Menyebutkan symbol-simbol huruf dari nama alat komunikasi
·         Menuliskan symbol dari alat komunikasi
·         Menyebutkan alat kamunikasi kesukaannya

1.      Gambar macam-macam alat komunikasi
2.      Gunting
3.      Pensil
4.      Penggaris
5.      Kardus
6.      Lem
7.      Karton warna
8.      cat


Nama Permaian membuat gambar berbentuk HP

LANGKAH PERMAINAN
1.      guru menyiapkan bahan atau alat media tersebut
2.      guru membagi anak dalam kelompok meja
3.      guru menjelaskan cara bermain
4.      Cara Bermain:
a.  anak duduk berpasangan
b. anak mengambil media yang di sediakan
c.  anak menggambar hp
d. pertama anakmengelompokkan semua bahannya
e.  lalu anak di bebaskan untuk menggambar hp
f.  setelah selesi membuat gambar hp
g. hp yang sudah dihias diletakkan dimeja

5.      setelah anak selesai membuat gambar hp anak di suruh untuk mengekspresikan hasil karyanya.





HASIL PERMAINAN

1.      anak dapat mengkreasikansesuai imjinasinya
2.      anak dapt menyebutkaan apa saja yang dia hias
3.      anak menghargai hasil karya temanya
4.      anak berkompetensi secara sportif






Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI

RANCANGAN PROGRAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR DI LEMBAGA PAUD atau TK

MAKALAH PRINSIP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL AUD