RKM PAUD tema Alam semesta



Program Mingguan
Semester         :2
Minggu            :ke-4
Kelompok        :B (5-6 Tahun)
Tema/Sub Tema
Kompetensi Dasar
Indikator
Rencana Kegiatan 1Minggu
APE
Puncak Tema
Alam Semesta/Kehidupan di kota,desa,pesisir,dan pegunungan
1.1 mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaannya
1.      Bersykur atas ciptaan Tuhan (bumi,langit,bulan,matahari,dll)(MA)
2.      Bersyukur dapat mengkoordinasikan mata dengan tangan ketika makan (FIMOT)
3.      Besyukur bisa mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan(BAHASA)
4.      Bersyukur dapat membuat gambar rumah pedesaan dengan tangan(BAHASA)
5.      Bersyukur dapat menikmati alunan lagu dan menikmati suara di daerah pedesaan,pekotaan,pesisir,dan pegunungan(SENI)
6.      Bersyukur dapat membedakan daerah pedesaan,kota,pesisir,dan pegunungan(KOGNITIF)
7.      Dapat menyebutkan benda yang ada di desa,kota,pesisir,dan pegunungan(KOGNITIF)
8.      Bersyukur memiliki anggota tubuh yang lengkap untuk melakukan aktifitas yang baik(SOSEM)
9.      Bersyukur memiliki teman untuk berbagi cerita(SOSEM)
1.      PEMBIASAAN:
·         Baris di depan kelas
·         Duduk melingkar dan berdoa
·         Bernyanyi bersama
·         Berdoa sebelum makan
·         Makan bersama
·         Cuci tangan dan sikat gigi sesudah makan
·         Berdoa setelah makan
·         Bernyanyi sebelum pulang
·         Berdoa sebelum pulang
·         Bersalaman dengan guru
2.EKSPLORASI DAN KREATIVITAS:
·         Menggambar desa.kota,pesisir,pegunungan
·         Membuat kolase gambar pegunungan
·         Membuat bangunan dari logo
·         Bermain peran sesuai dengan mata pencaharian di daerah desa,kota,pesisir,dan pegunungan
KEAKSARAAN:
·         Menyebutkan nama pekerjaan di daerah masing-masing
·         Menuliskan kata desa,kota,pesisir,dan pegunungan
·         Menyebutkan berapa pekerjaan yang ada

1.      Gambar desa
2.      Gambar kota
3.      Gambar pesisir
4.      Gambar pegunungan
5.      Gambar setiap pekerjaan
6.      Sayur mayur
7.      Plastik
8.      Uang
9.      Keranjang
10.  Baju dokter
11.  Stetoskop
12.  Tensi
13.  Pensil
14.  Pena
15.  Buku resep dokter
16.  Ruang periksa
17.  Ruang daftar
18.  Ruang pengambilan obat
Nama permainan”bermain peran dokter-dokteran dan penjual “
Langkah permainan
1.      Guru menyiapkan media
2.      Guru membagi anak pada kelompok
3.      Guru menjelaskan aturan permainan
4.      Cara bermain :
Anak diminta untuk menyebutkan benda yang ada di meja yang sudah guru sediakan
Anak ditunjuk guru untuk berperan menjadi dokter atau penjual dan pembeli
Anak mengenakan baju sesuai dengan profesinya
Guru
menyiapkanantempat untuk bermain peran sesuai dengan profesinya
Anak mulai melakukan komunikasi dengan temannya sendiri sesuai dengan pekerjaan
Setelah selesai bermain peran anak langsung mengutarakan perasaannya pada saat bermain peran , anak mulai menyebutkan benda apa saja yang ia gunakan tadi, setelah itu bagi anak yang bermain perannya baik dan bagus mendapatkan 2 bintang dari guru
HASIL PERMAINAN
1.      Anak dapat berkomunikasi dengan tsesuai dengan pekerjaannya
Anak dapat berperan seolah –olah dia sebagai dokter atupun penjual
Anak juga dapat bekerjasama dengan temannya
Anak dapat melakukan kegiatan tersebut dengan tidak malu-malu
1.2 Menghargai diri sendiri,orang lain,dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
1.      Bersyukur dapat merasakan keadaan lingkungan di desa ataupun dikota(MA)
2.      Bersyukur dapat bergotong royong membersihkan sekolah(FISMOT)
3.      Mengerti beberapa perintah sederhana(cara doa sebelum dan sesudah makan serta adab ketika makan)(BAHASA)
4.      Bersyukur dapat menulis kata desa,kota,pesisir,dan pegunungan(BAHASA)
5.      Menghargai teman dengan tidak mengganggu ia sedang bernyanyi tentang Desaku(SENI)
6.      Bersyukur dapat membantu teman dalam menulis ataupun mewarnai gamabar tentang desa,kota,pesisirdan pegunungan(KOGNITIF)
7.      Bersyukur memiliki teman dengan menyayanginya(SOSEM)
8.      Bersyukur memiliki teman dengan sikap baik kepadanya(SOSEM)



2.1Mencerminkan perilaku yang mncerminkan lingkungan sehat
1.      Bersyukur dan dapat menikmati lingkungan dipedesaan dan kota(MA)
2.      Bersyukur dapat berprilaku sehat,makan teratur,olahraga teratur,istirahat yang cukup(FISMOT)
3.      Bersyukur dapat mengerti perintah untuk membersihkan lingkungan (BAHASA)
4.      Bersyukur dapat menyanyikan lagu tentang Desaku(SENI)
5.      Bersyukur dapat mencuci tangan setelah melakukan sesuatu(KOGNITIF)
6.      Tidak malas untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dan tidak lupa menyikat gigi sesudah makan(SOSEM)



2.2memiliki  perilaku yang mencrminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
1.      Bersyukur dapat mentaati peraturan(MA)
2.      Sabar menunggu giliran
3.      Menggunakan barang pinjaman dari orang lain dengan hati-hati
4.      Bersikap jujur dalam menaati peraturan permainan(bermain peran dokter-dokteran,penjual dan pembeli serta koki)
5.      Mematuhi etika makan dan jadwal makan teratur
6.      Merapihkan kembali alat main yang telah digunakan
7.      Bersyukur mau melakukan adab ketika makan dan minum



3.1 mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
1.      Bersyukur mau berdoa sebelum dan sesudah makan (MA)
2.      Mengetahui ekspresi marah
3.      Mengethui ekspresi sedih
4.      Mengetahui ekspresi ketakutan
5.      Mengetahui ekspresi senang
6.      Mengetahui ekspresi ketika guru sedang marah
7.      Mengetahui ekspresi ketika teman sedih
8.      Mengetahui ketika teman takut
9.      Mengetahui ketika orang tua khawatir



3.2 mengenal anggota tubuh , fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
1.      Menyebutkan bagian anggota tubuh yang digunakan untuk amakan dan minum
2.      Bersyukur dapat menggunakan tangan untuk makan dan minum
3.      Menunjukkan bagian anggota tubuh untuk makan dan minum
4.      Menggungkapkan bagian anggota tubuh untuk amakn dan minum
5.      Menghitung banyak benda yang dipegang
6.      Menggunakan tangan untuk berbagi benda yang dipegang



3.3 mengenal benda-benda disekitarnya (nama,warna,bentuk,ukuran,pola,sifat,suara,tekstur,fungsi dan ciri-ciri lainnya)
1.      Menyebutkan nama nama pekerjaan dikota ,desa,pesisir,dan pegunungan
2.      Menyebutkan pekerjaan kesukaan
3.      Membedakan setiap pekerjaan
4.      Mengelompokkan alat pekerjaan sesuai dengan profesi pekerjaannya
5.      Mengajukan pertanyaan mengenai jenis-jenis pekerjaan
6.      Menyebutkan lambang huruf dari nama –nama pekerjaan
7.      Menunjukkan lambang huruf dari nama pekerjaan



4.1 melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
1.      Bersyukur dapat berdoa sebelum dan sesudah makan
2.      Takut ketika melakukan kesalahan
3.      Mau meminta maaf ketika melakukan kesalahan
4.      Mau menghibur teman yang lagi sedih
5.      Merangkul teman ketika takut
6.      Menenagkan orang tua ketika khawatir
7.      Ikut merasa senang ketika adik senang



4.2 menggunakan anggota tubuh untuk mengembangkan fisik motorik halus dan kasar
1.      Bersyukur dapat menggerakan kepala, tangan,kaki,secara koordinasi(MA)
2.      Menggerakan tangan,kaki,kepala secara terkoordinasi
3.      Menggerakkan anggota tubuh (tangan)untuk bermain peran
4.      Mengambil benda untuk bermain peran menggunakan tangan
5.      Membedakan fungsi tangan dan kaki saat bermain peran
6.      Menggunakan anggota tubuh (jari) untuk menunjukkan benda yang dibutuhkan dalam bermain peran
7.      Berlomba-lomba untuk mengambil benda sesuai dengan bermain peran
8.      Menghitung banyak nya benda yang dibuttuhkan dalam bermain peran



4.3 menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya(nama,warna,bentuk,fungsi,suara)melalui hasil karya
1.      Menyebutkan nama-nama pekerjaan 
2.      Menyebutkan pekerjaan yang disukai
3.      Mengajukan pertanyaan seputar pekerjaan yang disukai
4.      Menggambar pekerjaan yang disukai
5.      Menghitung banyaknya pekerjaan yang ada berdasarkan gambar
6.      Mengungkapkan kembali apa nama-nama pekerjaan beserta manfaatnya





Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI

RANCANGAN PROGRAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR DI LEMBAGA PAUD atau TK

MAKALAH PRINSIP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL AUD