RKM PAUD tema Alam semesta
Program Mingguan
Semester :2
Minggu :ke-4
Kelompok :B
(5-6 Tahun)
Tema/Sub Tema
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Rencana Kegiatan 1Minggu
|
APE
|
Puncak Tema
|
Alam Semesta/Kehidupan di
kota,desa,pesisir,dan pegunungan
|
1.1 mempercayai adanya Tuhan melalui
ciptaannya
|
1. Bersykur atas ciptaan Tuhan
(bumi,langit,bulan,matahari,dll)(MA)
2. Bersyukur dapat mengkoordinasikan mata
dengan tangan ketika makan (FIMOT)
3. Besyukur bisa mengucapkan doa sebelum dan
sesudah makan(BAHASA)
4. Bersyukur dapat membuat gambar rumah
pedesaan dengan tangan(BAHASA)
5. Bersyukur dapat menikmati alunan lagu dan
menikmati suara di daerah pedesaan,pekotaan,pesisir,dan pegunungan(SENI)
6. Bersyukur dapat membedakan daerah
pedesaan,kota,pesisir,dan pegunungan(KOGNITIF)
7. Dapat menyebutkan benda yang ada di
desa,kota,pesisir,dan pegunungan(KOGNITIF)
8. Bersyukur memiliki anggota tubuh yang
lengkap untuk melakukan aktifitas yang baik(SOSEM)
9. Bersyukur memiliki teman untuk berbagi
cerita(SOSEM)
|
1. PEMBIASAAN:
·
Baris
di depan kelas
·
Duduk
melingkar dan berdoa
·
Bernyanyi
bersama
·
Berdoa
sebelum makan
·
Makan
bersama
·
Cuci
tangan dan sikat gigi sesudah makan
·
Berdoa
setelah makan
·
Bernyanyi
sebelum pulang
·
Berdoa
sebelum pulang
·
Bersalaman
dengan guru
2.EKSPLORASI DAN KREATIVITAS:
·
Menggambar
desa.kota,pesisir,pegunungan
·
Membuat
kolase gambar pegunungan
·
Membuat
bangunan dari logo
·
Bermain
peran sesuai dengan mata pencaharian di daerah desa,kota,pesisir,dan
pegunungan
KEAKSARAAN:
·
Menyebutkan
nama pekerjaan di daerah masing-masing
·
Menuliskan
kata desa,kota,pesisir,dan pegunungan
·
Menyebutkan
berapa pekerjaan yang ada
|
1. Gambar desa
2. Gambar kota
3. Gambar pesisir
4. Gambar pegunungan
5. Gambar setiap pekerjaan
6. Sayur mayur
7. Plastik
8. Uang
9. Keranjang
10. Baju dokter
11. Stetoskop
12. Tensi
13. Pensil
14. Pena
15. Buku resep dokter
16. Ruang periksa
17. Ruang daftar
18. Ruang pengambilan obat
|
Nama permainan”bermain peran dokter-dokteran
dan penjual “
Langkah permainan
1. Guru menyiapkan media
2. Guru membagi anak pada kelompok
3. Guru menjelaskan aturan permainan
4. Cara bermain :
Anak
diminta untuk menyebutkan benda yang ada di meja yang sudah guru sediakan
Anak
ditunjuk guru untuk berperan menjadi dokter atau penjual dan pembeli
Anak mengenakan baju sesuai dengan
profesinya
Guru
menyiapkanantempat
untuk bermain peran sesuai dengan profesinya
Anak
mulai melakukan komunikasi dengan temannya sendiri sesuai dengan pekerjaan
Setelah selesai bermain peran anak langsung
mengutarakan perasaannya pada saat bermain peran , anak mulai menyebutkan
benda apa saja yang ia gunakan tadi, setelah itu bagi anak yang bermain
perannya baik dan bagus mendapatkan 2 bintang dari guru
HASIL PERMAINAN
1. Anak dapat berkomunikasi dengan tsesuai
dengan pekerjaannya
Anak dapat berperan seolah –olah dia sebagai
dokter atupun penjual
Anak
juga dapat bekerjasama dengan temannya
Anak
dapat melakukan kegiatan tersebut dengan tidak malu-malu
|
1.2 Menghargai diri sendiri,orang lain,dan
lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
1. Bersyukur dapat merasakan keadaan lingkungan
di desa ataupun dikota(MA)
2. Bersyukur dapat bergotong royong membersihkan
sekolah(FISMOT)
3. Mengerti beberapa perintah sederhana(cara
doa sebelum dan sesudah makan serta adab ketika makan)(BAHASA)
4. Bersyukur dapat menulis kata
desa,kota,pesisir,dan pegunungan(BAHASA)
5. Menghargai teman dengan tidak mengganggu ia
sedang bernyanyi tentang Desaku(SENI)
6. Bersyukur dapat membantu teman dalam menulis
ataupun mewarnai gamabar tentang desa,kota,pesisirdan pegunungan(KOGNITIF)
7. Bersyukur memiliki teman dengan
menyayanginya(SOSEM)
8. Bersyukur memiliki teman dengan sikap baik kepadanya(SOSEM)
|
|
|
|
|
2.1Mencerminkan perilaku yang mncerminkan
lingkungan sehat
|
1. Bersyukur dan dapat menikmati lingkungan
dipedesaan dan kota(MA)
2. Bersyukur dapat berprilaku sehat,makan
teratur,olahraga teratur,istirahat yang cukup(FISMOT)
3. Bersyukur dapat mengerti perintah untuk
membersihkan lingkungan (BAHASA)
4. Bersyukur dapat menyanyikan lagu tentang
Desaku(SENI)
5. Bersyukur dapat mencuci tangan setelah
melakukan sesuatu(KOGNITIF)
6. Tidak malas untuk mencuci tangan sebelum dan
sesudah makan dan tidak lupa menyikat gigi sesudah makan(SOSEM)
|
|
|
|
|
2.2memiliki
perilaku yang mencrminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk
melatih kedisiplinan
|
1. Bersyukur dapat mentaati peraturan(MA)
2. Sabar menunggu giliran
3. Menggunakan barang pinjaman dari orang lain
dengan hati-hati
4. Bersikap jujur dalam menaati peraturan
permainan(bermain peran dokter-dokteran,penjual dan pembeli serta koki)
5. Mematuhi etika makan dan jadwal makan
teratur
6. Merapihkan kembali alat main yang telah
digunakan
7. Bersyukur mau melakukan adab ketika makan
dan minum
|
|
|
|
|
3.1 mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
|
1. Bersyukur mau berdoa sebelum dan sesudah
makan (MA)
2. Mengetahui ekspresi marah
3. Mengethui ekspresi sedih
4. Mengetahui ekspresi ketakutan
5. Mengetahui ekspresi senang
6. Mengetahui ekspresi ketika guru sedang marah
7. Mengetahui ekspresi ketika teman sedih
8. Mengetahui ketika teman takut
9. Mengetahui ketika orang tua khawatir
|
|
|
|
|
3.2 mengenal anggota tubuh , fungsi dan
gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
|
1. Menyebutkan bagian anggota tubuh yang
digunakan untuk amakan dan minum
2. Bersyukur dapat menggunakan tangan untuk
makan dan minum
3. Menunjukkan bagian anggota tubuh untuk makan
dan minum
4. Menggungkapkan bagian anggota tubuh untuk
amakn dan minum
5. Menghitung banyak benda yang dipegang
6. Menggunakan tangan untuk berbagi benda yang
dipegang
|
|
|
|
|
3.3 mengenal benda-benda disekitarnya
(nama,warna,bentuk,ukuran,pola,sifat,suara,tekstur,fungsi dan ciri-ciri
lainnya)
|
1. Menyebutkan nama nama pekerjaan dikota
,desa,pesisir,dan pegunungan
2. Menyebutkan pekerjaan kesukaan
3. Membedakan setiap pekerjaan
4. Mengelompokkan alat pekerjaan sesuai dengan
profesi pekerjaannya
5. Mengajukan pertanyaan mengenai jenis-jenis
pekerjaan
6. Menyebutkan lambang huruf dari nama –nama
pekerjaan
7. Menunjukkan lambang huruf dari nama
pekerjaan
|
|
|
|
|
4.1 melakukan kegiatan beribadah sehari-hari
dengan tuntunan orang dewasa
|
1. Bersyukur dapat berdoa sebelum dan sesudah
makan
2. Takut ketika melakukan kesalahan
3. Mau meminta maaf ketika melakukan kesalahan
4. Mau menghibur teman yang lagi sedih
5. Merangkul teman ketika takut
6. Menenagkan orang tua ketika khawatir
7. Ikut merasa senang ketika adik senang
|
|
|
|
|
4.2 menggunakan anggota tubuh untuk
mengembangkan fisik motorik halus dan kasar
|
1. Bersyukur dapat menggerakan kepala, tangan,kaki,secara
koordinasi(MA)
2. Menggerakan tangan,kaki,kepala secara
terkoordinasi
3. Menggerakkan anggota tubuh (tangan)untuk
bermain peran
4. Mengambil benda untuk bermain peran
menggunakan tangan
5. Membedakan fungsi tangan dan kaki saat
bermain peran
6. Menggunakan anggota tubuh (jari) untuk
menunjukkan benda yang dibutuhkan dalam bermain peran
7. Berlomba-lomba untuk mengambil benda sesuai
dengan bermain peran
8. Menghitung banyak nya benda yang dibuttuhkan
dalam bermain peran
|
|
|
|
|
4.3 menyampaikan tentang apa dan bagaimana
benda-benda disekitar yang dikenalnya(nama,warna,bentuk,fungsi,suara)melalui
hasil karya
|
1. Menyebutkan nama-nama pekerjaan
2. Menyebutkan pekerjaan yang disukai
3. Mengajukan pertanyaan seputar pekerjaan yang
disukai
4. Menggambar pekerjaan yang disukai
5. Menghitung banyaknya pekerjaan yang ada
berdasarkan gambar
6. Mengungkapkan kembali apa nama-nama
pekerjaan beserta manfaatnya
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar