kumpulan SKH/RKH/RPPH tema profesi pada TK berbasis Sentra
SATUAN KEGIATAN
HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke :
Hari /Tanggal :
Kelompok /Usia :
Tema / Sub Tema : Profesi /
Tukang Pos
Materi
:
Terbiasa berperilaku sopan, Mengerti beberapa perintah secara bersamaan, Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks,
Menyebut lambang bilangan 1 – 10, Berkomunikasi secara lisan, memiliki
perbendaharaan kata serta Mengenal
simbol-simbol, Menggambar sesuai gagasannya, Melakukan koordinasi gerakan kaki,
tangan, kepala dengan melakukan senam.
Kegiata
main di : Sentra
Ibadah
Alat
dan Bahan : Krayon,
Kertas. Pensil
PROSES
KEGIATAN:
A.
PEMBUKAAN
1.
Do’a
untuk ke dua orang tua
2.
Menyanyikan
lagu pak pos
3.
Tanya
jawab tentang tugas pak pos
B.
INTI
1.
Menebalkan
huruf hijaiyah KHO
2.
Menarik
garis gambar sesuai dengan jumlahnya
RECALLING
1.
Merapihkan
kelas
2.
Menunjukan
hasil karya yang di buat
C.
PENUTUP
1.
Berdiskusi
tentang kegiatan yang telah di lakukan hari ini
2.
Berdoa
sesudah belajar
D.
RENCANA
PENILIAAN
1.
Sikap
a.
Anak
terbiasa berprilaku sopan
b.
Menghargai
teman berbicara
2.
Pengetahuan
dan Keterampilan
a.
Dapat
membaca do’a untuk kedua orang tua
b.
Dapat
menyanyikan lagu pak pos
c.
Dapat
mewarnai dan menebalkan hurif hijaiyah KHO’
SATUAN KEGIATAN
HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke :
Hari /Tanggal :
Kelompok /Usia :
Tema / Sub Tema : Profesi /
Polisi
Materi
: Terbiasa
berperilaku saling hormat menghormati (Nam), Mengerti beberapa perintah secara
bersamaan (B), Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari (K),
Menggambar sesuai gagasannya (FMH), Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata (B),
Mengklasifikasikan benda lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau yang
sejenis (K), Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna bentuk dan ukuran (3
Variasi) (K), Melakukan permainan fisik dengan teratur
Kegiata main di : Sentra
Ibadah
Alat
dan Bahan : pensil,
krayon. kertas
PROSES
KEGIATAN:
A.
PEMBUKAAN
1.
Menyanyikan
lagu pak polisi
2.
Tepuk
wudhu
3.
Do’a
mohon kesehatan
4.
Mengetahui
perbedaan polisi dan polwan
B.
INTI
1.
Menulis
huruf TSA
2.
Mewarnai
huruf “TSA”
RECALLING
1.
Merapihkan
mainan
2.
Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.
Menceritakan
dan menunjukkan hasil kerja
C.
PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan selama hari ini
2.
Berdiskusi
kegiatan apa saja yang sudah di mainkan hari ini, mainan apa saja yang di sukai
3.
Berdo’a
setelah belajar
D.
RENCANA
PENILIAAN
1.
Sikap
a.
Anak
terbiasa dengan sikap disiplin dan pemberani
b.
Anak
terbiasa berdo’a
2.
Pengetahuan
dan keterampilan
a.
Anak
dapat menghafal huruf TSA
b.
Anak
dapat mewarnai
SATUAN KEGIATAN HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke :
Hari /Tanggal :
Kelompok /Usia :
Tema / Sub Tema : Profesi /
Guru
Materi
: Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap taat
terhadap aturan sehari –hari untuk melatih kedisiplinan, Mengenal anggota
tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan Motorik kasar dan halus,
Mengenal benda-benda di sekitarnya (nama, warna, bentuk, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya}, Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik halus dan kasar, Menyelesaikan masalah sehari- hari secara
kreatif, Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang
dikenalkannya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan cirri-ciri lainnya) melalui hasil karya. Menyajikan berbagai karya
yang berhubungan dengan lingkungan
sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transportasi, dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi dan gerak tubuh).
Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptik (menyimak dan membaca)
Kegiata
main di : Sentra
Ibadah
Alat
dan Bahan : Krayon,
Kertas. Pensil
PROSES
KEGIATAN:
A.
PEMBUKAAN
1.
Menyanyikan
lagu “selamat pagi ibu guru”
2.
Membedakan
ciptaan Allah dan buatan manusia
3.
Membedakan
tugas malaikat secara sederhana
B.
INTI
1.
Menulis
huruf “Ha”
2.
Melakukan
gerakan solat dengan rukunnya
RECALLING
1.
Mewrapihkan
mainan
2.
Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.
Menceritakan
dan menunjukan hasil karya
C.
PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan selama hari ini
2.
Berdiskusi
kegiataan apa saja yang sudah di mainkan hari ini, mainan apa saja yang paling
disukai
3.
Berdo’a
setelah belajar
D.
RENCANA
PENILIAAN
1.
Sikap
a.
Menyadari
bahwa manusia adalah ciptaan Allah swt
b.
Terbiasa
sho;at lima waktu
2.
Pengetahuan
dan Keterampilan
a.
Anak
dapat menghafal huruf “Ha”
b.
Anak
dapat menghafal gerakan sholat
SATUAN KEGIATAN
HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke :
Hari /Tanggal :
Kelompok /Usia :
Tema / Sub Tema : Profesi /
Dokter
Materi : Terbiasa
berperilaku sopan santun, Menyebut
kelompok gambar yang mempunyai bunyi yang sama , Menyusun
kalimat sederhana dalam struktur lengkap, Menyebut
symbol-simbol huruf yang dikenal , Mencocokkan
bilangan dengan lambang bilangan, Memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari, Menggerakkan badan dan kaki dalam
keseimbangan, kekuatan,kelincahan, keseimbangan, Mengekspresikan diri melalui
gerakan menggambar secara detail
Kegiata
main di : Sentra
Ibadah
Alat
dan Bahan : Krayon,
gambar huruf hija’iyah, huruf D O K T E R
PROSES
KEGIATAN:
A.
PEMBUKAAN
1.
Berdo’a
sebelum kegiatan
2.
Menyanyikan
lagu dokter
3.
Tanya
jawab tentang dokter
B.
INTI
1.
Mewarnai
huruf hija’iyah ro’ dan dza
2.
Menebalkan
huruf D O K T E R
RECALLING
1.
Merapihkan
mainan pada sentra
2.
Diskusi
tentang perasaan selama melakukan kegiatan
3.
Menunjukan
hasil
C.
PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan hari ini
2.
Berdiskusi
tentang kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini
3.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
4.
Mengklasifikasi
kegiatan untuk esok hari
5.
Berdoa
setelah belajar
D.
RENCANA
PENILIAAN
1.
Sikap
a.
Dapat
bersikap disiplin, simpatik, dan ramah
b.
Selalu
berbicara sopan ketika berbicara kepada teman
2.
Pengetahuan
dan Keterampilan
a.
Dapat
berdo’a sebelum dan sesudah belajar
b.
Menceritakan
tugas pak dokter
c.
Dapat
menebalkan huruf D O K T E R
SATUAN KEGIATAN
HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke :
Hari /Tanggal :
Kelompok /Usia :
Tema / Sub Tema : Profesi /
Tukang Pos
Materi
:
Terbiasa berperilaku sopan, Mengerti beberapa perintah secara bersamaan, Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks,
Menyebut lambang bilangan 1 – 10, Berkomunikasi secara lisan, memiliki
perbendaharaan kata serta Mengenal
simbol-simbol, Menggambar sesuai gagasannya, Melakukan koordinasi gerakan kaki,
tangan, kepala dengan melakukan senam.
Kegiata
main di : Sentra
Bahan Alam
Alat
dan Bahan :
Kacang-kacangan, kertas untuk menempel,lem, pensil, krayon
PROSES
KEGIATAN:
A.
PEMBUKAAN
1.
Berdiskusi
cara berpakaian yang bersih, sopan, dan rapih seperti “pak pos”
2.
Berdo’a
sebelum belajar
3.
Tanya
jawab tentang tugas “pak pos”
4.
Berdiskusi
bahwa Allah yang menciptakan bahan alam
5.
Berani
dan mempunyai rasa ingin tau yang besar
6.
Mengenal
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B.
INTI
1.
Membuat
bentuk amplop dari kacang-kacangan
2.
Menebalkan
dan mewarnai tulisan amplop
3.
Menceritakan
hasil tulisannya secaraa sederhana
RECALLING
1.
Merapihkan
mainan
2.
Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.
Penguatan
pengetahuan yang di dapat anak.
C.
PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan slama hari ini
2.
Berdiskusi
kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk esok hari
4.
Berdo’a
setelah belajar
D.
RENCANA
PENILIAAN
1.
Sikap
a.
Menggunakan
kata sopan
b.
Senang
bersikap sopan santun
2.
Pengetahuan
dan Keterampilan
a.
Dapat
berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
b.
Dapat
membuat bentuk amplop
c.
Dapat
menebalkan dan mewarnai amplop
d.
Menjaga
bajunya agar tetap rapih.
SATUAN KEGIATAN
HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke :
Hari /Tanggal :
Kelompok /Usia :
Tema / Sub Tema : Profesi /
Polisi
Materi
: Terbiasa
berperilaku saling hormat menghormati (Nam), Mengerti beberapa perintah secara
bersamaan (B), Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari (K),
Menggambar sesuai gagasannya (FMH), Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata (B),
Mengklasifikasikan benda lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau yang
sejenis (K), Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna bentuk dan ukuran (3
Variasi) (K), Melakukan permainan fisik dengan teratur
Kegiata
main di : Sentra
Bahan Alam
Alat
dan Bahan :
PROSES
KEGIATAN:
A.
PEMBUKAAN
1.
Berdo’a
sebelum belajar
B.
INTI
1.
Mewarnai
gambar topi polisi
2.
Mencocokan
gambar polisi
3.
Membuat
jalan raya dengan pasir
RECALLING
1.
Merapihkan
mainan
2.
Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.
Penguatan
pengetahuan yang di dapat anak
C.
PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan selama hari ini
2.
Diskusi
kegiatan apa saja yang sudah di mainkan hari ini, mainan apa yang paling di
sukai
3.
Menginformasiakn
kegiatan untuk esok hari
4.
Berdo’a
setelah belajar
D.
RENCANA
PENILIAAN
1.
Sikap
a.
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
b.
Senang
bersikap sopan santun
2.
Pengetahuan
dan keterampilan
a.
Dapat
berdoa sebelum dan sesudah belajar
b. Dapat mengenal
konsep panjang pendek
SATUAN KEGIATAN
HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke :
Hari /Tanggal :
Kelompok /Usia :
Tema / Sub Tema : Profesi /
Guru
Materi : Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap taat
terhadap aturan sehari –hari untuk melatih kedisiplinan, Mengenal anggota
tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan Motorik kasar dan halus,
Mengenal benda-benda di sekitarnya (nama, warna, bentuk, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya}, Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik halus dan kasar, Menyelesaikan masalah sehari- hari secara
kreatif, Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang
dikenalkannya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan cirri-ciri lainnya) melalui hasil karya. Menyajikan berbagai karya
yang berhubungan dengan lingkungan
sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transportasi, dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi dan gerak tubuh).
Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptik (menyimak dan membaca)
.
Kegiata
main di : Sentra
Bahan Alam
Alat
dan Bahan :
gunting, lem, koran, kapas, busa, balok, kertas
PROSES
KEGIATAN:
A.
PEMBUKAAN
1.
Tanya
jawab perbedaan guru dan pak guru
2.
Berdo’a
sebelum belajar
3.
Berani
mempunyai rasa ingin tahu yang benar
4.
Tepuk
guru
B.
INTI
1.
Menggunting
huruf G-U-R-U
2.
Menempel
huruf guru
3.
Membedakan
konsep peperabaan kasar, halus, lunak, keras
RECALLING
1.
Merapihkan
mainan
2.
Disjusi
tentang diri selama melakukan kegiatan bermain
C.
PENUTUP
1.
Diskusi
tentang kegiatan hari ini
2.
Menginformasikan
kegiatan esok
3.
Berdo’a
setelah belajar
D.
RENCANA
PENILIAAN
1.
Sikap
a.
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
b.
Senang
bersikap sopan santun
2.
Pengetahuan
dan Keterampilan
a.
Berdoa
sesudah kegiatan
b.
Dapat
menggunting dan menempel GURU
c. Memahami profesi
guru
SATUAN KEGIATAN
HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke :
Hari /Tanggal :
Kelompok /Usia :
Tema / Sub Tema : Profesi /
Dokter
Materi : Terbiasa
berperilaku sopan santun, Menyebut
kelompok gambar yang mempunyai bunyi yang sama , Menysun kalimat
sederhana dalam struktur lengkap, Menyebut
symbol-simbol huruf yang dikenal , Mencocokkan
bilangan dengan lambang bilangan, Memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari, Menggerkkan badan dan kaki dalam keseimbangan,
kekuatan,kelincahan, keseimbangan, Mengekspresikan diri melalui gerakan
menggambar secara detail
Kegiata
main di : Sentra
Bahan Alam
Alat
dan Bahan : kertas,
origami, biji-bijian, gambar topi, lem
PROSES
KEGIATAN:
A.
PEMBUKAAN
1.
Berdo’a
sebelum kegiatan
2.
Menyanyikan
lagu dokter
3.
Bercakap-
cakap tentang dokter
B.
INTI
1.
Mengisi
pola gambar topi perawat
2.
Melipat
topi dengan mengguanakn kertas origami
RECALLING
1.
Merapihkan
mainan pada sentra
2.
Diskusi
tentang perasaan selama melakukan kegiatan
3.
Menunjukan
hasil
C.
PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan hari ini
2.
Berdiskusi
tentang kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini
3.
Bercerita
pendek yang berisi pesan pesan
4.
Mengklasifikasi
kegiatan untuk esok hari
5.
Berdoa
setelah belajar
D.
RENCANA
PENILIAAN
1.
Sikap
a.
Menyadari
bahwa tumbuh-tumbuhan itu ciptaan Allah
b.
Selalu
berbicara sopan ketika berbicara kepada teman
2.
Pengetahuan
dan Keterampilan
a.
Dapat
berdo’a sebelum dan sesudah belajar
b.
Menceritakan
tugas pak dokter
c.
Dapat
mengisi pola gambaar dengan menggunakn biji-bijian.
SATUAN KEGIATAN
HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke :
Hari /Tanggal :
Kelompok /Usia :
Tema / Sub Tema : Profesi /
Tukang Pos
Materi
:
Terbiasa berperilaku sopan, Mengerti beberapa perintah secara bersamaan, Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks,
Menyebut lambang bilangan 1 – 10, Berkomunikasi secara lisan, memiliki
perbendaharaan kata serta Mengenal simbol-simbol,
Menggambar sesuai gagasannya, Melakukan koordinasi gerakan kaki, tangan, kepala
dengan melakukan senam.
Kegiata
main di : Sentra
Main Peran
Alat
dan Bahan : pensil,
kertas, gambar ammplop, krayon
PROSES
KEGIATAN:
A.
PEMBUKAAN
1.
Berdoa,
sebelum dan sesudah kegiatan
2.
Menyanyikan
lagu aku tukang pos
3.
Menyebutkan
prangko amplop lem
4.
Tanya
jawab tentang tukang pos
5.
Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang di gunakan pada saat bermain
B.
INTI
1.
Menyanyikan
lagu tukang pos
2.
Mewarnai
gambar pak pos
3.
Tepuk
tukang pos
RECALLING
1.
Merapihkan
mainan
2.
Diskusi
tentang peraturan selama melakukan kegiatan.
C.
PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan hari ini
2.
Berdiskusi
tentang kegiatan apa saja yang suka di
mainkan hari ini
3.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
4.
Berdo’a
sesudah kegiatan
D.
RENCANA
PENILIAAN
1.
Sikap
a.
Menyadari
bahwa manusia ciptaan tuhan
b.
Selalu
berbicara sopan ketika berbicara kepada teman
2.
Pengetahuan
dan Keterampilan
a.
Dapat
berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
b.
Menceritakan
tugas dari tukang pos
c.
Melakukan
tepuk tiga pola (tukang pos)
SATUAN KEGIATAN
HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke :
Hari /Tanggal :
Kelompok /Usia :
Tema / Sub Tema : Profesi /
Polisi
Materi
:
Terbiasa berperilaku saling hormat menghormati (Nam), Mengerti beberapa
perintah secara bersamaan (B), Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan
sehari-hari (K), Menggambar sesuai gagasannya (FMH), Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata (B),
Mengklasifikasikan benda lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau yang
sejenis (K), Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna bentuk dan ukuran (3
Variasi) (K), Melakukan permainan fisik dengan teratur
Kegiata
main di : Sentra
Main Peran
Alat
dan Bahan : pluit,
gambar baju polisi, krayon
PROSES
KEGIATAN:
A.
PEMBUKAAN
1.
Bernyanyi
pak polisi
2.
Berdiskusi
pekerjaan pak polisi
3.
Berdo’a
sebelum belajar
4.
Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan
B.
INTI
1.
Menyanyikan
lagu pak polisi
2.
Memperagakan
kegiatan polisi
3.
Mewarnainbaju
polisi
RECALLING
1.
Merapihkan
mainan
2.
Diskusi
tentang kegiatan apa yang diisukai
3.
Menceritakan
dan menunjukan hasil karya
4.
Tanya
jawab tentang kegiatan
C.
PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan selama hari ini
2.
Diskusi
tentang apa saja kegiatan yang telah dilakukan
3.
Menginformasikan
kegiatan esok
4.
Berdo’a
setelah belajar
D.
RENCANA
PENILIAAN
1.
Sikap
a.
Menyadari
bahwa manusia adalah ciptaan Allah
b.
Selalu
menghormati kepada teman ataupun guru
2.
Pengetahuan
dan keterampilan
a.
Dapat
menyabutkan oekerjaan apa saja dari pak polisi
b. Dapat
memperagakan kegiatan polisi
SATUAN KEGIATAN
HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke :
Hari /Tanggal :
Kelompok /Usia :
Tema / Sub Tema : Profesi /
Guru
Materi : Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap taat
terhadap aturan sehari –hari untuk melatih kedisiplinan, Mengenal anggota
tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan Motorik kasar dan halus,
Mengenal benda-benda di sekitarnya (nama, warna, bentuk, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya}, Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik halus dan kasar, Menyelesaikan masalah sehari- hari secara
kreatif, Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang
dikenalkannya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan cirri-ciri lainnya) melalui hasil karya. Menyajikan berbagai karya
yang berhubungan dengan lingkungan
sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transportasi, dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi dan gerak tubuh).
Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptik (menyimak dan membaca)
.
Kegiata
main di : Sentra
Main Peran
Alat
dan Bahan : pensil,
kertas, krayon
PROSES
KEGIATAN:
A.
PEMBUKAAN
1.
Bernyanyi
“selamat pagi bu guru”
2.
Memberikan
salam dan menjawab salam
3.
Berdo’a
sebelum belajar
4.
Berdiskusi
tentang tugas dari guru serta alat-alat yang digunakan
5.
Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan pada saat bermain
B.
INTI
1.
Memberi
salam dan menjawab salam
2.
Menyebutkan
perlengkapan guru
3.
Menebalkan
kata guru
RECALLING
1.
Merapihkan
mainan
2.
Diskusi
tentang perasaan selama melakukan kegiatan
3.
Menunjukan
hasil karya
C.
PENUTUP
1.
Menyanyakan
perasaan hari ini
2.
Berdiskusitentang
kegiataan apa saja yang telah di lakukan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk esok hari
4.
Berdoa
sesudah kegiatan
D.
RENCANA
PENILIAAN
1.
Sikap
a.
menyadari bahwa manusia adalah ciptaan Allah
b.
Selalu
berbicara sopan,ketika berbicra kepada teman
2.
Pengetahuan
dan Keterampilan
a.
Dapat
berdoa sebelum dan sesudah belajar
b.
Dapat
menebalkan tulisan guru
SATUAN KEGIATAN
HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke :
Hari /Tanggal :
Kelompok /Usia :
Tema / Sub Tema : Profesi / Dokter
Materi : Terbiasa
berperilaku sopan santun, Menyebut
kelompok gambar yang mempunyai bunyi yang sama , Menysun kalimat
sederhana dalam struktur lengkap, Menyebut
symbol-simbol huruf yang dikenal , Mencocokkan
bilangan dengan lambang bilangan, Memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari, Menggerkkan badan dan kaki dalam keseimbangan,
kekuatan,kelincahan, keseimbangan, Mengekspresikan diri melalui gerakan
menggambar secara detail
Kegiata
main di : Sentra
Main Peran
Alat
dan Bahan : kertas,
pensil, baju dokter, krayon
PROSES
KEGIATAN:
A.
PEMBUKAAN
1.
Berdo’a
sebelum dan sesudah kegiatan
2.
Menyanyikan
lagu pak dokter
3.
Menyebutkan
peralatan yang di gunakan dokter
4.
Tanya
jawab tentang tugas dokter
5.
Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan pada saat main
B.
INTI
1.
Menyanyikan
lagu pak dokter
2.
Mewarnai
gambar dokter
3.
Tepuk
dokter
RECALLING
1.
Merapihkan
mainan
2.
Diskusi
tentang kegiatan perasaan selama melakukan kegiatan
3.
Menunjukan
hasil karya
C.
PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan hari ini
2.
Berdiskusi
tentang kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini
3.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
4.
Menginformasiakan
kegiatan untuk hari esok
5.
Berdo’a
setelah belajar
D.
RENCANA
PENILIAAN
1.
Sikap
a.
Menyadari
bahwa tumbuh-tumbuhan itu ciptaan Allah
b.
Selalu
berbicara sopan ketika berbicara kepada teman
2.
Pengetahuan
dan Keterampilan
a.
Dapat
berdo’a sebelum dan sesudah belajar
b.
Menceritakan
tugas pak dokter
c.
Melakukan
tepuk tiga pola (pak dokter)
SATUAN KEGIATAN
HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke :
Hari /Tanggal :
Kelompok /Usia :
Tema / Sub Tema : Profesi /
Tukang Pos
Materi
:
Terbiasa berperilaku sopan, Mengerti beberapa perintah secara bersamaan, Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks,
Menyebut lambang bilangan 1 – 10, Berkomunikasi secara lisan, memiliki
perbendaharaan kata serta Mengenal
simbol-simbol, Menggambar sesuai gagasannya, Melakukan koordinasi gerakan kaki,
tangan, kepala dengan melakukan senam.
Kegiata
main di : Sentra
Musik dan Olah tubuh
Alat
dan Bahan : pensil,
kertas, gambar amplop, krayon
PROSES
KEGIATAN:
A.
PEMBUKAAN
1.
Berdo’a
sebelum dan sesudah kegiatan
2.
Menyanyikan
lagu pak pos
3.
Tanya
jawab tentang tugas pak pos
4.
Berdiskusi
tentang pekerjaan pak pos
5.
Mencari
lokasi asal suara
6.
Mengenal
kegiatan dan aturan yang digunakan pada saat bermain
B.
INTI
1.
Menyanyikan
lagu pak pos
2.
Menggambarkan
dan mewarnai gambar amplop
3.
Mengenal
konsep 1-5 dengan bimbingan Allah
4.
Mencari
lokasi tempat asal suara
RECALLING
1.
Merapihkan
mainan
2.
Diskusi
tentang perasaan selama melakukan kegiatan
3.
Menunjukan
hasil karya
C.
PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan hari ini
2.
Berdiskusi
tentang kegiatan apa saja yang sudah di mainkan hari ini
3.
Menginformasikan
kaegiatan untuk hari esok
4.
Berdo’a
setelah belajar
5.
D.
RENCANA
PENILIAAN
1.
Sikap
a. Menyadari bahwa
manusia itu ciptaan Allah
b. Selalu berbicara
sopan ketika berbicara kepada teman
2.
Pengetahuan
dan Keterampilan
a.
Dapat
berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
b.
Menceritakan
tugas dari pak pos
SATUAN KEGIATAN
HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke :
Hari /Tanggal :
Kelompok /Usia :
Tema / Sub Tema : Profesi /
Polisi
Materi
:
Terbiasa berperilaku saling hormat menghormati (Nam), Mengerti beberapa
perintah secara bersamaan (B), Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan
sehari-hari (K), Menggambar sesuai gagasannya (FMH), Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata (B),
Mengklasifikasikan benda lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau yang
sejenis (K), Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna bentuk dan ukuran (3
Variasi) (K), Melakukan permainan fisik dengan teratur
Kegiata
main di : Musik dan
Olah tubuh
Alat
dan Bahan : gambar,
kertas, pensil, gambar perlengkapan polisi
PROSES
KEGIATAN:
A.
PEMBUKAAN
1.
Berdo’a
sebelum dan sesudah kegiatan
2.
Bbernyanyi
lagu tentang pak polisi
3.
Mencontohkan
suara tembakan (DOR)
B.
INTI
1.
Melingkari
gambar perlengkapan polisi
2.
Memperagakan
gerakan polisi ( jalan di tempat, hormat)
3.
Menirukan
suara tembakan (DOR)
RECALLING
1.
Merapihkan
mainan
2.
Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.
Men
dan menunjukan hasil karyanya
C.
PENUTUP
1.
Tanya
jawab tentang kegiatan yang telah dilakukan
2.
Bercerita
pendek tentang mainan yang paling di sukai
3.
Berdo’a
setelah belajar
D.
RENCANA
PENILIAAN
1.
Sikap
a.
Menyadari
bahwa profesi itu bermacam-macam
b.
Berbicara
dengan sopan saat tanya jawab
c.
Jujur
dan bertanggung jawab pada saat di sentra
2.
Pengetahuan
dan keterampilan
a.
Dapat
menyanyikan lagu pak pos
b.
Dapat
melingkari gambar perlengkapan polisi
c. Dapat menirukan
suara tembakan
SATUAN KEGIATAN
HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke :
Hari /Tanggal :
Kelompok /Usia :
Tema / Sub Tema : Profesi /
Guru
Materi : Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap taat
terhadap aturan sehari –hari untuk melatih kedisiplinan, Mengenal anggota tubuh,
fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan Motorik kasar dan halus, Mengenal
benda-benda di sekitarnya (nama, warna, bentuk, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya}, Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan
motorik halus dan kasar, Menyelesaikan masalah sehari- hari secara kreatif,
Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalkannya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
cirri-ciri lainnya) melalui hasil karya. Menyajikan berbagai karya yang
berhubungan dengan lingkungan sosial
(keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi, dalam
bentuk gambar, bercerita, bernyanyi dan gerak tubuh). Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptik (menyimak dan membaca)
.
Kegiata
main di : Sentra
Musik dan Olah tubuh
Alat
dan Bahan : kertas,
lem, kertas lipat, huruf guru
PROSES
KEGIATAN:
A.
PEMBUKAAN
1.
Berdoa
sebelum dan sesudah kegiatan
2.
Bernyanyi
lagu tentang profesi
3.
Bercakap-cakap
tanya jawab tentang kegiatan guru
B.
INTI
1.
Memainkan
bola sedang dan kecil
2.
Menirukan
guru mengajar
3.
Mengkolase
kata guru
RECALLING
1.
Merapihkan
mainan
2.
Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bersama
3.
Menceritakan
dan menunjukan hasil karyanya
C.
PENUTUP
1.
Tanya
jawab tentang kegiatan yang telah dilakukan’
2.
Bercerita
pendek tentang mainan yang paling disukai
3.
Berdoa
sesudah kegiatan
D.
RENCANA
PENILIAAN
1.
Sikap
a.
Menyadari
bahwa profesi itu bermacam macam
b.
Berbicara
dengan sopan saat tanya jawab
c.
Jujur
dan bertanggung jawab pada saat di sentra
2.
Pengetahuan
dan Keterampilan
a.
Dapat bermain bola sedang dan kecil
b.
Dapat
bernyanyi lagu tentang profesi
c. Dapat mengkolase
SATUAN KEGIATAN
HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke :
Hari /Tanggal :
Kelompok /Usia :
Tema / Sub Tema : Profesi /
Dokter
Materi : Terbiasa
berperilaku sopan santun, Menyebut
kelompok gambar yang mempunyai bunyi yang sama , Menysun kalimat
sederhana dalam struktur lengkap, Menyebut
symbol-simbol huruf yang dikenal , Mencocokkan
bilangan dengan lambang bilangan, Memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari, Menggerkkan badan dan kaki dalam keseimbangan,
kekuatan,kelincahan, keseimbangan, Mengekspresikan diri melalui gerakan
menggambar secara detail
Kegiata
main di : Sentra
Musik dan Olah tubuh
Alat
dan Bahan : kertas,
pensil alat musik angklung krayon
PROSES
KEGIATAN:
A.
PEMBUKAAN
1.
Berdo’a
sebelum sesudah kegiatan
2.
Menyanyikan
lagu pak dokter
3.
Menyebutkan
peralatan yang digunakan dokter
4.
Tanya
jawab tentang tugas dokter
5.
Mengenakan
nama alat musik yang akan dimainkan
6.
Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakn pada saat bermain
B.
INTI
1.
Menyanyikan
lagu pak dokter
2.
Mewarnai
gambar dokter
3.
Memainkan
alat musik angklung
4.
Tepuk
dokter
RECALLING
1.
Merapihkan
mainan hari ini
2.
Berdiskusi
tentang kegiatan apa saja yang sudah di mainkan hari ini
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk hari esok
4.
Berdo’a
setelah belajar
C.
PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan hari ini
2.
Berdiskusi
tentang kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini
3.
Bercerita
pendek yang berisi pesan pesan
4.
Mengklasifikasi
kegiatan untuk esok hari
5.
Berdoa
setelah belajar
D.
RENCANA
PENILIAAN
1.
Sikap
a.
Menyadari
bahwa tumbuh-tumbuhan itu ciptaan Allah
b.
Selalu
berbicara sopan ketika berbicara kepada teman
2.
Pengetahuan
dan Keterampilan
a.
Dapat
berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
b.
Menceritakan
tugas pak dokter
c.
Melakukan
tepuk tiga pola (pak dokter)
Bagus, bisakah minta prosem, rppm dan rpph secara tuntas.....
BalasHapus