kumpulan SKH/RKH/RPPH tema profesi pada TK berbasis Sentra



SATUAN KEGIATAN HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke     :
Hari /Tanggal                           :
Kelompok /Usia                       :
Tema / Sub Tema                     : Profesi / Tukang Pos
Materi                                       : Terbiasa berperilaku sopan, Mengerti beberapa perintah secara bersamaan,  Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks, Menyebut lambang bilangan 1 – 10, Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata serta  Mengenal simbol-simbol, Menggambar sesuai gagasannya, Melakukan koordinasi gerakan kaki, tangan, kepala dengan melakukan senam.
Kegiata main di                        : Sentra Ibadah
Alat dan Bahan                        : Krayon, Kertas. Pensil

PROSES KEGIATAN:
A.    PEMBUKAAN
1.      Do’a untuk ke dua orang tua
2.      Menyanyikan lagu pak pos
3.      Tanya jawab tentang tugas pak pos

B.     INTI
1.      Menebalkan huruf hijaiyah KHO
2.      Menarik garis gambar sesuai dengan jumlahnya
RECALLING
1.      Merapihkan kelas
2.      Menunjukan hasil karya yang di buat

C.     PENUTUP
1.      Berdiskusi tentang kegiatan yang telah di lakukan hari ini
2.      Berdoa sesudah belajar

D.    RENCANA PENILIAAN
1.      Sikap
a.       Anak terbiasa berprilaku sopan
b.      Menghargai teman berbicara
2.      Pengetahuan dan Keterampilan
a.       Dapat membaca do’a untuk kedua orang tua
b.      Dapat menyanyikan lagu pak pos
c.       Dapat mewarnai dan menebalkan hurif hijaiyah KHO’

SATUAN KEGIATAN HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke     :
Hari /Tanggal                           :
Kelompok /Usia                       :
Tema / Sub Tema                     : Profesi / Polisi
Materi                                       : Terbiasa berperilaku saling hormat menghormati (Nam), Mengerti beberapa perintah secara bersamaan (B), Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari (K), Menggambar sesuai gagasannya (FMH), Berkomunikasi secara  lisan, memiliki perbendaharaan kata (B), Mengklasifikasikan benda lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau yang sejenis (K), Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna bentuk dan ukuran (3 Variasi) (K), Melakukan permainan fisik dengan teratur
Kegiata main di                       : Sentra Ibadah
Alat dan Bahan                        : pensil, krayon. kertas
PROSES KEGIATAN:

A.    PEMBUKAAN
1.      Menyanyikan lagu pak polisi
2.      Tepuk wudhu
3.      Do’a mohon kesehatan
4.      Mengetahui perbedaan polisi dan polwan

B.     INTI
1.      Menulis huruf TSA
2.      Mewarnai huruf “TSA”
RECALLING
1.      Merapihkan mainan
2.      Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.      Menceritakan dan menunjukkan hasil kerja

C.     PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan selama hari ini
2.      Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah di mainkan hari ini, mainan apa saja yang di sukai
3.      Berdo’a setelah belajar




D.    RENCANA PENILIAAN
1.        Sikap
a.       Anak terbiasa dengan sikap disiplin dan pemberani
b.      Anak terbiasa berdo’a
2.        Pengetahuan dan keterampilan
a.     Anak dapat menghafal huruf TSA
b.     Anak dapat mewarnai

























SATUAN KEGIATAN HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke     :
Hari /Tanggal                           :
Kelompok /Usia                       :
Tema / Sub Tema                     : Profesi / Guru
Materi                                       : Memiliki perilaku yang  mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari –hari untuk melatih kedisiplinan, Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan Motorik kasar dan halus, Mengenal benda-benda di sekitarnya (nama, warna, bentuk, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya}, Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik halus dan kasar, Menyelesaikan masalah sehari- hari secara kreatif, Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalkannya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan cirri-ciri lainnya) melalui hasil karya. Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan  sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi, dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi dan gerak tubuh). Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptik (menyimak dan membaca)

Kegiata main di                        : Sentra Ibadah
Alat dan Bahan                        : Krayon, Kertas. Pensil
PROSES KEGIATAN:
A.       PEMBUKAAN
1.    Menyanyikan lagu “selamat pagi ibu guru”
2.    Membedakan ciptaan Allah dan buatan manusia
3.    Membedakan tugas malaikat secara sederhana

B.       INTI
1.      Menulis huruf “Ha”
2.      Melakukan gerakan solat dengan rukunnya
RECALLING
1.      Mewrapihkan mainan
2.      Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.      Menceritakan dan menunjukan hasil karya




C.     PENUTUP
1.        Menanyakan perasaan selama hari ini
2.        Berdiskusi kegiataan apa saja yang sudah di mainkan hari ini, mainan apa saja yang paling disukai
3.        Berdo’a setelah belajar

D.    RENCANA PENILIAAN
1.        Sikap
a.       Menyadari bahwa manusia adalah ciptaan Allah swt
b.      Terbiasa sho;at lima waktu
2.        Pengetahuan dan Keterampilan
a.         Anak dapat menghafal huruf “Ha”
b.        Anak dapat menghafal gerakan sholat





















SATUAN KEGIATAN HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke     :
Hari /Tanggal                           :
Kelompok /Usia                       :
Tema / Sub Tema                     : Profesi / Dokter
Materi                                       : Terbiasa berperilaku sopan santun,  Menyebut kelompok gambar yang mempunyai bunyi yang sama , Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap, Menyebut symbol-simbol huruf yang dikenal , Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan, Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari,  Menggerakkan badan dan kaki dalam keseimbangan, kekuatan,kelincahan, keseimbangan, Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail
Kegiata main di                        : Sentra Ibadah
Alat dan Bahan                        : Krayon, gambar huruf hija’iyah, huruf D O K T E R
PROSES KEGIATAN:
A.       PEMBUKAAN
1.      Berdo’a sebelum kegiatan
2.      Menyanyikan lagu dokter
3.      Tanya jawab tentang dokter

B.       INTI
1.      Mewarnai huruf hija’iyah ro’ dan dza
2.      Menebalkan huruf D O K T E R
RECALLING
1.      Merapihkan mainan pada sentra
2.      Diskusi tentang perasaan selama melakukan kegiatan
3.      Menunjukan hasil

C.     PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan hari ini
2.      Berdiskusi tentang kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini
3.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.      Mengklasifikasi kegiatan untuk esok hari
5.      Berdoa setelah belajar






D.    RENCANA PENILIAAN
1.      Sikap
a.       Dapat bersikap disiplin, simpatik, dan ramah
b.      Selalu berbicara sopan ketika berbicara kepada teman
2.      Pengetahuan dan Keterampilan
a.         Dapat berdo’a sebelum dan sesudah belajar
b.        Menceritakan tugas pak dokter
c.         Dapat menebalkan huruf D O K T E R

























SATUAN KEGIATAN HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke     :
Hari /Tanggal                           :
Kelompok /Usia                       :
Tema / Sub Tema                     : Profesi / Tukang Pos
Materi                                       : Terbiasa berperilaku sopan, Mengerti beberapa perintah secara bersamaan,  Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks, Menyebut lambang bilangan 1 – 10, Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata serta  Mengenal simbol-simbol, Menggambar sesuai gagasannya, Melakukan koordinasi gerakan kaki, tangan, kepala dengan melakukan senam.
Kegiata main di                        : Sentra Bahan Alam
Alat dan Bahan                        : Kacang-kacangan, kertas untuk menempel,lem, pensil, krayon

PROSES KEGIATAN:
A.       PEMBUKAAN
1.      Berdiskusi cara berpakaian yang bersih, sopan, dan rapih seperti “pak pos”
2.      Berdo’a sebelum belajar
3.      Tanya jawab tentang tugas “pak pos”
4.      Berdiskusi bahwa Allah yang menciptakan bahan alam
5.      Berani dan mempunyai rasa ingin tau yang besar
6.      Mengenal kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B.       INTI
1.      Membuat bentuk amplop dari kacang-kacangan
2.      Menebalkan dan mewarnai tulisan amplop
3.      Menceritakan hasil tulisannya secaraa sederhana
RECALLING
1.      Merapihkan mainan
2.      Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.      Penguatan pengetahuan yang di dapat anak.

C.       PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan slama hari ini
2.      Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.      Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
4.      Berdo’a setelah belajar

D.    RENCANA PENILIAAN
1.        Sikap
a.       Menggunakan kata sopan
b.      Senang bersikap sopan santun
2.        Pengetahuan dan Keterampilan
a.         Dapat berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
b.        Dapat membuat bentuk amplop
c.         Dapat menebalkan dan mewarnai amplop
d.        Menjaga bajunya agar tetap rapih.


































SATUAN KEGIATAN HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke     :
Hari /Tanggal                           :
Kelompok /Usia                       :
Tema / Sub Tema                     : Profesi / Polisi
Materi                                      : Terbiasa berperilaku saling hormat menghormati (Nam), Mengerti beberapa perintah secara bersamaan (B), Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari (K), Menggambar sesuai gagasannya (FMH), Berkomunikasi secara  lisan, memiliki perbendaharaan kata (B), Mengklasifikasikan benda lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau yang sejenis (K), Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna bentuk dan ukuran (3 Variasi) (K), Melakukan permainan fisik dengan teratur
Kegiata main di                        : Sentra Bahan Alam
Alat dan Bahan                        :
PROSES KEGIATAN:
A.    PEMBUKAAN
1.    Berdo’a sebelum belajar

B.     INTI
1.      Mewarnai gambar topi polisi
2.      Mencocokan gambar polisi
3.      Membuat jalan raya dengan pasir
RECALLING
1.      Merapihkan mainan
2.      Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.      Penguatan pengetahuan yang di dapat anak

C.     PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan selama hari ini
2.      Diskusi kegiatan apa saja yang sudah di mainkan hari ini, mainan apa yang paling di sukai
3.      Menginformasiakn kegiatan untuk esok hari
4.      Berdo’a setelah belajar




D.    RENCANA PENILIAAN
1.      Sikap
a.     Menggunakan kata sopan saat bertanya
b.    Senang bersikap sopan santun
2.      Pengetahuan dan keterampilan
a.       Dapat berdoa sebelum dan sesudah belajar
b.      Dapat mengenal konsep panjang pendek

























SATUAN KEGIATAN HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke     :
Hari /Tanggal                           :
Kelompok /Usia                       :
Tema / Sub Tema                     : Profesi / Guru
Materi                                       : Memiliki perilaku yang  mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari –hari untuk melatih kedisiplinan, Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan Motorik kasar dan halus, Mengenal benda-benda di sekitarnya (nama, warna, bentuk, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya}, Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik halus dan kasar, Menyelesaikan masalah sehari- hari secara kreatif, Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalkannya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan cirri-ciri lainnya) melalui hasil karya. Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan  sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi, dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi dan gerak tubuh). Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptik (menyimak dan membaca)
.
Kegiata main di                        : Sentra Bahan Alam
Alat dan Bahan                        : gunting, lem, koran, kapas, busa, balok, kertas
PROSES KEGIATAN:
A.       PEMBUKAAN
1.      Tanya jawab perbedaan guru dan pak guru
2.      Berdo’a sebelum belajar
3.      Berani mempunyai rasa ingin tahu yang benar
4.      Tepuk guru

B.       INTI
1.        Menggunting huruf G-U-R-U
2.        Menempel huruf guru
3.        Membedakan konsep peperabaan kasar, halus, lunak, keras
RECALLING
1.        Merapihkan mainan
2.        Disjusi tentang diri selama melakukan kegiatan bermain



C.     PENUTUP
1.      Diskusi tentang kegiatan hari ini
2.      Menginformasikan kegiatan esok
3.      Berdo’a setelah belajar

D.    RENCANA PENILIAAN
1.        Sikap
a.         Menggunakan kata sopan saat bertanya
b.        Senang bersikap sopan santun

2.        Pengetahuan dan Keterampilan
a.       Berdoa sesudah kegiatan
b.      Dapat menggunting dan menempel GURU
c.       Memahami profesi guru





















SATUAN KEGIATAN HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke     :
Hari /Tanggal                           :
Kelompok /Usia                       :
Tema / Sub Tema                     : Profesi / Dokter
Materi                                       : Terbiasa berperilaku sopan santun,  Menyebut kelompok gambar yang mempunyai bunyi yang sama , Menysun kalimat sederhana dalam struktur lengkap, Menyebut symbol-simbol huruf yang dikenal , Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan, Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari,  Menggerkkan badan dan kaki dalam keseimbangan, kekuatan,kelincahan, keseimbangan, Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail
Kegiata main di                        : Sentra Bahan Alam
Alat dan Bahan                        : kertas, origami, biji-bijian, gambar topi, lem
PROSES KEGIATAN:
A.       PEMBUKAAN
1.        Berdo’a sebelum kegiatan
2.        Menyanyikan lagu dokter
3.        Bercakap- cakap tentang dokter

B.       INTI
1.        Mengisi pola gambar topi perawat
2.        Melipat topi dengan mengguanakn kertas origami
RECALLING
1.        Merapihkan mainan pada sentra
2.        Diskusi tentang perasaan selama melakukan kegiatan
3.        Menunjukan hasil

C.       PENUTUP
1.        Menanyakan perasaan hari ini
2.        Berdiskusi tentang kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini
3.        Bercerita pendek yang berisi pesan pesan
4.        Mengklasifikasi kegiatan untuk esok hari
5.        Berdoa setelah belajar






D.       RENCANA PENILIAAN
1.        Sikap
a.       Menyadari bahwa tumbuh-tumbuhan itu ciptaan Allah
b.      Selalu berbicara sopan ketika berbicara kepada teman
2.        Pengetahuan dan Keterampilan
a.       Dapat berdo’a sebelum dan sesudah belajar
b.      Menceritakan tugas pak dokter
c.       Dapat mengisi pola gambaar dengan menggunakn biji-bijian.

























SATUAN KEGIATAN HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke     :
Hari /Tanggal                           :
Kelompok /Usia                       :
Tema / Sub Tema                     : Profesi / Tukang Pos
Materi                                       : Terbiasa berperilaku sopan, Mengerti beberapa perintah secara bersamaan,  Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks, Menyebut lambang bilangan 1 – 10, Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata serta  Mengenal simbol-simbol, Menggambar sesuai gagasannya, Melakukan koordinasi gerakan kaki, tangan, kepala dengan melakukan senam.
Kegiata main di                        : Sentra Main Peran
Alat dan Bahan                        : pensil, kertas, gambar ammplop, krayon

PROSES KEGIATAN:
A.    PEMBUKAAN
1.      Berdoa, sebelum dan sesudah kegiatan
2.      Menyanyikan lagu aku tukang pos
3.      Menyebutkan prangko amplop lem
4.      Tanya jawab tentang tukang pos
5.      Mengenalkan kegiatan dan aturan yang di gunakan pada saat bermain

B.     INTI
1.      Menyanyikan lagu tukang pos
2.      Mewarnai gambar pak pos
3.      Tepuk tukang pos
RECALLING
1.      Merapihkan mainan
2.      Diskusi tentang peraturan selama melakukan kegiatan.

C.     PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan hari ini
2.      Berdiskusi tentang kegiatan apa saja yang  suka di mainkan hari ini
3.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.      Berdo’a sesudah kegiatan





D.    RENCANA PENILIAAN
1.      Sikap
a.       Menyadari bahwa manusia ciptaan tuhan
b.      Selalu berbicara sopan ketika berbicara kepada teman
2.      Pengetahuan dan Keterampilan
a.       Dapat berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
b.      Menceritakan tugas dari tukang pos
c.       Melakukan tepuk tiga pola (tukang pos)

































SATUAN KEGIATAN HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke     :
Hari /Tanggal                           :
Kelompok /Usia                       :
Tema / Sub Tema                     : Profesi / Polisi
Materi                                      : Terbiasa berperilaku saling hormat menghormati (Nam), Mengerti beberapa perintah secara bersamaan (B), Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari (K), Menggambar sesuai gagasannya (FMH), Berkomunikasi secara  lisan, memiliki perbendaharaan kata (B), Mengklasifikasikan benda lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau yang sejenis (K), Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna bentuk dan ukuran (3 Variasi) (K), Melakukan permainan fisik dengan teratur
Kegiata main di                        : Sentra Main Peran
Alat dan Bahan                        : pluit, gambar baju polisi, krayon
PROSES KEGIATAN:
A.    PEMBUKAAN
1.   Bernyanyi pak polisi
2.   Berdiskusi pekerjaan pak polisi
3.   Berdo’a sebelum belajar
4.   Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan

B.     INTI
1.      Menyanyikan lagu pak polisi
2.      Memperagakan kegiatan polisi
3.      Mewarnainbaju polisi
RECALLING
1.         Merapihkan mainan
2.         Diskusi tentang kegiatan apa yang diisukai
3.         Menceritakan dan menunjukan hasil karya
4.         Tanya jawab tentang kegiatan

C.     PENUTUP
1.         Menanyakan perasaan selama hari ini
2.         Diskusi tentang apa saja kegiatan yang telah dilakukan
3.         Menginformasikan kegiatan esok
4.         Berdo’a setelah belajar




D.    RENCANA PENILIAAN
1.         Sikap
a.    Menyadari bahwa manusia adalah ciptaan Allah
b.    Selalu menghormati kepada teman ataupun guru
2.         Pengetahuan dan keterampilan
a.       Dapat menyabutkan oekerjaan apa saja dari pak polisi
b.      Dapat memperagakan kegiatan polisi

























SATUAN KEGIATAN HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke     :
Hari /Tanggal                           :
Kelompok /Usia                       :
Tema / Sub Tema                     : Profesi / Guru
Materi                                       : Memiliki perilaku yang  mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari –hari untuk melatih kedisiplinan, Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan Motorik kasar dan halus, Mengenal benda-benda di sekitarnya (nama, warna, bentuk, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya}, Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik halus dan kasar, Menyelesaikan masalah sehari- hari secara kreatif, Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalkannya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan cirri-ciri lainnya) melalui hasil karya. Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan  sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi, dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi dan gerak tubuh). Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptik (menyimak dan membaca)
.
Kegiata main di                        : Sentra Main Peran
Alat dan Bahan                        : pensil, kertas, krayon
PROSES KEGIATAN:
A.    PEMBUKAAN
1.      Bernyanyi “selamat pagi bu guru”
2.      Memberikan salam dan menjawab salam
3.      Berdo’a sebelum belajar
4.      Berdiskusi tentang tugas dari guru serta alat-alat yang digunakan
5.      Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan pada saat bermain

B.     INTI
1.      Memberi salam  dan menjawab salam
2.      Menyebutkan perlengkapan guru
3.      Menebalkan kata guru
RECALLING
1.    Merapihkan mainan
2.    Diskusi tentang perasaan selama melakukan kegiatan
3.    Menunjukan hasil karya


C.     PENUTUP
1.      Menyanyakan perasaan hari ini
2.      Berdiskusitentang kegiataan apa saja yang telah di lakukan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
4.      Berdoa sesudah kegiatan

D.    RENCANA PENILIAAN
1.        Sikap
a.        menyadari bahwa manusia adalah ciptaan Allah
b.      Selalu berbicara sopan,ketika berbicra kepada teman
2.        Pengetahuan dan Keterampilan
a.         Dapat berdoa sebelum dan sesudah belajar
b.        Dapat menebalkan tulisan guru





















SATUAN KEGIATAN HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke     :
Hari /Tanggal                           :
Kelompok /Usia                       :
Tema / Sub Tema                     : Profesi / Dokter
Materi                                       : Terbiasa berperilaku sopan santun,  Menyebut kelompok gambar yang mempunyai bunyi yang sama , Menysun kalimat sederhana dalam struktur lengkap, Menyebut symbol-simbol huruf yang dikenal , Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan, Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari,  Menggerkkan badan dan kaki dalam keseimbangan, kekuatan,kelincahan, keseimbangan, Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail
Kegiata main di                        : Sentra Main Peran
Alat dan Bahan                        : kertas, pensil, baju dokter, krayon
PROSES KEGIATAN:
A.    PEMBUKAAN
1.      Berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
2.      Menyanyikan lagu pak dokter
3.      Menyebutkan peralatan yang di gunakan dokter
4.      Tanya jawab tentang tugas dokter
5.      Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan pada saat main

B.     INTI
1.      Menyanyikan lagu pak dokter
2.      Mewarnai gambar dokter
3.      Tepuk dokter
RECALLING
1.      Merapihkan mainan
2.      Diskusi tentang kegiatan perasaan selama melakukan kegiatan
3.      Menunjukan hasil karya


C.     PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan hari ini
2.      Berdiskusi tentang kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini
3.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.      Menginformasiakan kegiatan untuk hari esok
5.      Berdo’a setelah belajar


D.    RENCANA PENILIAAN
1.      Sikap
a.         Menyadari bahwa tumbuh-tumbuhan itu ciptaan Allah
b.        Selalu berbicara sopan ketika berbicara kepada teman
2.      Pengetahuan dan Keterampilan
a.         Dapat berdo’a sebelum dan sesudah belajar
b.        Menceritakan tugas pak dokter
c.         Melakukan tepuk tiga pola (pak dokter)

























SATUAN KEGIATAN HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke     :
Hari /Tanggal                           :
Kelompok /Usia                       :
Tema / Sub Tema                     : Profesi / Tukang Pos
Materi                                       : Terbiasa berperilaku sopan, Mengerti beberapa perintah secara bersamaan,  Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks, Menyebut lambang bilangan 1 – 10, Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata serta  Mengenal simbol-simbol, Menggambar sesuai gagasannya, Melakukan koordinasi gerakan kaki, tangan, kepala dengan melakukan senam.
Kegiata main di                        : Sentra Musik dan Olah tubuh
Alat dan Bahan                        : pensil, kertas, gambar amplop, krayon

PROSES KEGIATAN:
A.    PEMBUKAAN
1.      Berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
2.      Menyanyikan lagu pak pos
3.      Tanya jawab tentang tugas pak pos
4.      Berdiskusi tentang pekerjaan pak pos
5.      Mencari lokasi asal suara
6.      Mengenal kegiatan dan aturan yang digunakan pada saat bermain

B.     INTI
1.      Menyanyikan lagu pak pos
2.      Menggambarkan dan mewarnai gambar amplop
3.      Mengenal konsep 1-5 dengan bimbingan Allah
4.      Mencari lokasi tempat asal suara
RECALLING
1.         Merapihkan mainan
2.         Diskusi tentang perasaan selama melakukan kegiatan
3.         Menunjukan hasil karya

C.       PENUTUP
1.         Menanyakan perasaan hari ini
2.         Berdiskusi tentang kegiatan apa saja yang sudah di mainkan hari ini
3.         Menginformasikan kaegiatan untuk hari esok
4.         Berdo’a setelah belajar
5.          

D.    RENCANA PENILIAAN
1.         Sikap
a.     Menyadari bahwa manusia itu ciptaan Allah
b.    Selalu berbicara sopan ketika berbicara kepada teman

2.         Pengetahuan dan Keterampilan
a.         Dapat berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
b.        Menceritakan tugas dari pak pos


































SATUAN KEGIATAN HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke     :
Hari /Tanggal                           :
Kelompok /Usia                       :
Tema / Sub Tema                     : Profesi / Polisi
Materi                                      : Terbiasa berperilaku saling hormat menghormati (Nam), Mengerti beberapa perintah secara bersamaan (B), Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari (K), Menggambar sesuai gagasannya (FMH), Berkomunikasi secara  lisan, memiliki perbendaharaan kata (B), Mengklasifikasikan benda lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau yang sejenis (K), Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna bentuk dan ukuran (3 Variasi) (K), Melakukan permainan fisik dengan teratur
Kegiata main di                        : Musik dan Olah tubuh
Alat dan Bahan                        : gambar, kertas, pensil, gambar perlengkapan polisi
PROSES KEGIATAN:
A.            PEMBUKAAN
1.   Berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
2.   Bbernyanyi lagu tentang pak polisi
3.   Mencontohkan suara tembakan (DOR)

B.               INTI
1.         Melingkari gambar perlengkapan polisi
2.         Memperagakan gerakan polisi ( jalan di tempat, hormat)
3.         Menirukan suara tembakan (DOR)
RECALLING
1.         Merapihkan mainan
2.         Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.         Men dan menunjukan hasil karyanya

C.     PENUTUP
1.         Tanya jawab tentang kegiatan yang telah dilakukan
2.         Bercerita pendek tentang mainan yang paling di sukai
3.         Berdo’a setelah belajar



                                                     
D.    RENCANA PENILIAAN
1.    Sikap
a.       Menyadari bahwa profesi itu bermacam-macam
b.      Berbicara dengan sopan saat tanya jawab
c.       Jujur dan bertanggung jawab pada saat di sentra
2.      Pengetahuan dan keterampilan
a.       Dapat menyanyikan lagu pak pos
b.      Dapat melingkari gambar perlengkapan polisi
c.       Dapat menirukan suara tembakan
























SATUAN KEGIATAN HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke     :
Hari /Tanggal                           :
Kelompok /Usia                       :
Tema / Sub Tema                     : Profesi / Guru
Materi                                       : Memiliki perilaku yang  mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari –hari untuk melatih kedisiplinan, Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan Motorik kasar dan halus, Mengenal benda-benda di sekitarnya (nama, warna, bentuk, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya}, Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik halus dan kasar, Menyelesaikan masalah sehari- hari secara kreatif, Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalkannya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan cirri-ciri lainnya) melalui hasil karya. Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan  sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi, dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi dan gerak tubuh). Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptik (menyimak dan membaca)
.
Kegiata main di                        : Sentra Musik dan Olah tubuh
Alat dan Bahan                        : kertas, lem, kertas lipat, huruf guru


PROSES KEGIATAN:
A.    PEMBUKAAN
1.         Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
2.         Bernyanyi lagu tentang profesi
3.         Bercakap-cakap tanya jawab tentang kegiatan guru

B.     INTI
1.         Memainkan bola sedang dan kecil
2.         Menirukan guru mengajar
3.         Mengkolase kata guru
RECALLING
1.         Merapihkan mainan
2.         Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bersama
3.         Menceritakan dan menunjukan hasil karyanya
C.     PENUTUP
1.         Tanya jawab tentang kegiatan yang telah dilakukan’
2.         Bercerita pendek tentang mainan yang paling disukai
3.         Berdoa sesudah kegiatan

D.    RENCANA PENILIAAN
1.         Sikap
a.     Menyadari bahwa profesi itu bermacam macam
b.    Berbicara dengan sopan saat tanya jawab
c.     Jujur dan bertanggung jawab pada saat di sentra

2.         Pengetahuan dan Keterampilan
a.     Dapat bermain bola sedang dan kecil
b.    Dapat bernyanyi lagu tentang profesi
c.    Dapat mengkolase




















SATUAN KEGIATAN HARIAN
Semester/ bulan/ minggu ke     :
Hari /Tanggal                           :
Kelompok /Usia                       :
Tema / Sub Tema                     : Profesi / Dokter
Materi                                       : Terbiasa berperilaku sopan santun,  Menyebut kelompok gambar yang mempunyai bunyi yang sama , Menysun kalimat sederhana dalam struktur lengkap, Menyebut symbol-simbol huruf yang dikenal , Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan, Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari,  Menggerkkan badan dan kaki dalam keseimbangan, kekuatan,kelincahan, keseimbangan, Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail
Kegiata main di                        : Sentra Musik dan Olah tubuh
Alat dan Bahan                        : kertas, pensil alat musik angklung krayon
PROSES KEGIATAN:
A.    PEMBUKAAN
1.        Berdo’a sebelum sesudah kegiatan
2.        Menyanyikan lagu pak dokter
3.        Menyebutkan peralatan yang digunakan dokter
4.        Tanya jawab tentang tugas dokter
5.        Mengenakan nama alat musik yang akan dimainkan
6.        Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakn pada saat bermain

B.     INTI
1.        Menyanyikan lagu pak dokter
2.        Mewarnai gambar dokter
3.        Memainkan alat musik angklung
4.        Tepuk dokter
RECALLING
1.        Merapihkan mainan hari ini
2.        Berdiskusi tentang kegiatan apa saja yang sudah di mainkan hari ini
3.        Menginformasikan kegiatan untuk hari esok
4.        Berdo’a setelah belajar

C.     PENUTUP
1.        Menanyakan perasaan hari ini
2.        Berdiskusi tentang kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini
3.        Bercerita pendek yang berisi pesan pesan
4.        Mengklasifikasi kegiatan untuk esok hari
5.        Berdoa setelah belajar
D.    RENCANA PENILIAAN
1.      Sikap
a.         Menyadari bahwa tumbuh-tumbuhan itu ciptaan Allah
b.        Selalu berbicara sopan ketika berbicara kepada teman
2.      Pengetahuan dan Keterampilan
a.       Dapat berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
b.      Menceritakan tugas pak dokter
c.       Melakukan tepuk tiga pola (pak dokter)









Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI

RANCANGAN PROGRAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR DI LEMBAGA PAUD atau TK

MAKALAH PRINSIP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL AUD