RKH PAUD tema profesi, api, binatang, alam semesta, kebutuhanku, dan lingkunganku
RENCANA KEGIATAN HARIAN
Kelompok/Semester : 5-6 tahun/1
(satu)
Tema/Sub Tema :
Profesi/Macam-macam pekerjaan
Hari/Tanggal : Kamis, 22 Desember 2016
Alokasi Waktu : 60 menit
Judul Bermain : Bermain
drama profesi
Aspek
perkembangan
|
Indikator
|
Skenario
permainan
(Langkah-langkah
permainan)
|
Alat/bahan/sumber
APE
|
Penilaian
autentik
|
Nilai
Agama dan Moral
Sosial
Emosi
Bahasa
Fisik Motorik
Kognitif
Seni
|
1.
Bersyukur dengan membaca doa sebelum memulai kegiatan
belajar
2.
Sabar menunggu giliran
3.
Menyebutkan nama-nama profesi yang dekat dengan anak
serta alat-alat yang digunakan oleh masing-masing profesi
4. Menggunakan
seluruh panca indra saat drama
5. Mencocokan
alat/media sesuai dengan profesi
6.
Menghitung banyaknya media yang telah disediakan oleh
guru
7.
Anak dapat menyanyikan lagu tentang profesi
|
Pembuka :
1. Guru
mengajak anak untuk duduk melingkar
2. Guru
dan anak berdoa bersama
3. Guru
mengajak anak untuk bernyanyi
4. Guru
melakukan dialog tentang macam-macam jenis pekerjaan dengan anak
Kegiatan inti :
1.
Guru membagi anak menjadi 5 kelompok
2.
Guru memberikan media/alat kepada anak sesuai dengan
profesi yang telah ditentukan
(jarum
suntik/stetoskop, buku, surat, pistol, dan cangkul/sabit)
3.
Anak memeragakan kegunaan alat-alat tersebut (jarum
suntik/stetoskop untuk memeriksa orang sakit, buku untuk mengajar, surat
untuk menyampaikan informasi , pistol
menembak, dan cangkul untuk membersihkan rumput).
4.
Guru mengajak anak bermain drama pekerjaan dan
menggunakan alat-alat sesuai dengan pekerjaanya.
Penutup :
1. Guru
meminta anak untuk membereskan alat dan media yang telah digunakan
2. Guru
mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan hari ini
3. Guru
menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya
4. Guru
dan anak bernyanyi bersama
5. Berdoa
6. Pulang
|
Unit atau tema
Tema:
profesi
Subtema :
macam-macam profesi
Usia : 5-6
tahun
Media :
1. Buku
2. Suntikan/stetoskop
3. Surat
4. Pistol
5. Cangkul
|
1.
Observasi
2.
Unjuk kerja
|
RENCANA KEGIATAN HARIAN
Kelompok/Semester : 5-6 tahun/1
(satu)
Tema/Sub Tema : Api/Sumber-sumber
api
Hari/Tanggal : Jumat,
23 Desember 2016
Alokasi Waktu : 60 menit
Judul Bermain : Bercerita
tentang api
Aspek
perkembangan
|
Indikator
|
Skenario
permainan
(Langkah-langkah
permainan)
|
Alat/bahan/sumber
APE
|
Penilaian
autentik
|
Nilai
Agama dan Moral
Sosial
Emosi
Bahasa
Fisik Motorik
Kognitif
Seni
|
1.
Bersyukur dengan membaca doa sebelum memulai kegiatan
belajar
2.
Sabar menunggu giliran
3.
Menyebutkan warna api, sumber-sumber api, kegunaan api,
sifat-sifat api dan juga bahaya api
4.
Menggunakan seluruh panca indra nya saat bermain
5.
Menghitung banyaknya media yang telah disediakan oleh
guru
6.
Anak dapat menyanyikan lagu tentang api
|
Pembuka :
1. Guru
mengajak anak untuk duduk melingkar
2. Guru
dan anak berdoa bersama
3. Guru
mengajak anak untuk bernyanyi
Kegiatan inti :
1.
Guru mengajak anak untuk duduk melingkar dan guru
berada ditengah anak-anak
2.
Guru memberikan media gambar kepada anak
3. Guru
melakukan dialog tentang dari mana sumber-sumber api, apa warna api, sifat
api, kegunaan dan juga bahaya api dengan anak
Penutup :
1.
Guru meminta anak untuk membereskan alat dan media yang
telah digunakan
2.
Guru mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan hari
ini
3.
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan keesokan
harinya
4.
Guru dan anak bernyanyi bersama
5.
Berdoa
6.
Pulang
|
Unit atau tema
Tema: Api
Subtema :
Sumber-sumber api, sumber api, kegunaan api dan bahaya api
Usia : 5-6
tahun
Media
1. Gambar
warna-warna api
2. Gambar
sumber-sumber api
|
1. Observasi
2. Unjuk
kerja
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
Kelompok/Semester : 5- 6
Tahun/1(satu)
Tema/Sub Tema :
Binatang/Binatang Peliharaan
Hari/Tanggal : 01
Januari 2017
Alokasi Waktu : 60 Menit
Judul bermain
: “Memelihara Domba”
Aspek Perkembangan
|
INDIKATOR
|
Skenario Permainan
(Langkah-langkah
Permainan)
|
Alat/bahan/sumber
(APE)
|
Penilaian autentik
|
Nilai
Agama dan Moral
Sosial
emosi
Bahasa
Fisik
Motorik
Kognitif
Seni
|
1. Membiasakan
beribadah dan membaca doa sebelum melakukan kegiatan
2. Sabar menunggu
giliran (SOSEM)
3. Menyebutkan
nama-nama binatang ternak (sapi, kambing, domba, kelinci, kuda, ayam, bebek
dll).
4. Mengulangi kalimat
sederhana
5. Anak mampu bernyanyi
lagu “Bapak Tani Punya Kandang
6. Mengekspresikan diri
dengan berkarya dengan menggunakan media
7. Mengekspresikan diri
dengan gerak menempel gambar
8. Mengulangi kalimat
sederhana
9. Anak mampu memahami konsep
sederhana, memecahkan masalah sederhana
10. Bernyanyi lagu
“Bapak Tani Punya Kandang”
11. Mengekspresikan diri
dengan berkarya dengan menggunakan media
12. Mengekspresikan diri
dengan menempel gambar
|
Pembuka :
1. Guru mengajak anak
untuk duduk melingkar
2. Guru dan anak berdoa
bersama
3. Guru menunjuk salah satu
anak untuk memimpin berdoa.
4. Guru mengajak anak
untuk bernyani bersama lagu “Bapak Tani Punya Kandang”
5. Guru melakukan
dialog tentang macam-macam binatang
peliharaan kepada anak
Kegiatan inti:
1.
Guru
mengarahkan pada anak yang akan dilakukan pada hari itu
2.
Anak
dibagi menjadi 3 kelompok kecil masing-masing berjumlah 6-7 orang
3.
Anak
duduk dengan kelompoknya masing-masing dengan dibimbing guru
4.
Masing-masing
kelompok memberi nama pada kelompoknya
5.
Masing-masing
kelompok mengambil bahan-bahan yang akan digunakan sesuai dengan proyek yang
akan diterapkan
6.
Anak
membuat domba dari karton yang sudah
dibentuk tabung dan kapas, lalu memasang Cutton buds untuk kaki dan membuat mata,
hidung, mulut sesuai kreasi masing-masing.
7.
Anak
memuat rumput dari kertas origami sesuai kreasinya
8.
Anak
bekerjasama menempel stik eskrim di sisi-sisi stereform untuk membuat kandang
9.
Anak
menanyikan lagu “pak tani punya kandang” bersama-sama lalu menggiring
domba-domba kedalam kandang dan memberinya makan rumput
10.
Anak
mengitung jumlah domba yang ada didalam kandang
Istirahat
:
1. Anak mencuci tangan
2. Berdoa sebelum makan
3. Makan bersama
4. Bermain
Penutup :
1. Guru meminta anak
untuk membereskan alat dan bahan yang telah di gunakan
2. Guru menanyakan
kembali kegiatan yang telah dilakukan hari ini
3. Guru menjelaskan
tema kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya
4. Guru dan anak
beryanyi sayonara bersama-sama
5. Berdo’a setelah
melakukan kegiatan
6. Pulang
|
Unit atau tema
Tema : Binatang
Subtema
: Binatang Peliharaan
Usia : 5-6 tahun
Media :
1.
Gambar
domba
2.
Kapas
3.
Lem
4. Karton yang sudah
dibentuk tabung kecil
5.
Kertas
6.
Spidol
7.
Kertas
origami
8.
Stereform
9.
Stik
eskrim
10. Cutton
buds
|
1. Observasi
2. Unjuk kerja
3. Penugasan dan hasil
karya
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
Kelompok/Semester : 5- 6 Tahun/2(Dua)
Tema/Sub Tema : Alam Semesta/Benda-Benda Langit
Hari/Tanggal : 27 April 2017
Alokasi Waktu : 60 Menit
Nama Permainan :
“Memasangkan gambar benda-benda langit
(bintang, bulan, matahari) dengan kolom gambar aktivitas sehari-hari”
Aspek
Perkembangan
|
INDIKATOR
|
Skenario
Permainan
(Langkah-langkah
Permainan)
|
Alat/bahan/sumber
(APE)
|
Penilaian
autentik
|
Nilai Agama dan
Moral
Bahasa
Fisik Motorik
Kognitif
Seni
|
13. Membiasakan beribadah dan
membaca doa sebelum melakukan kegiatan
14. Anak mampu melakukan kegiatan keagamaan secara
berurutan
15. Anak mampu membaca surat-surat pendek dan membaca
niat gerhana bulan
16. Anak mampu menyanyikan lagu
“neng-neng”
17. Anak mampu menyanyikan lagu “Ambilkan Bulan Bu”
18. Anak mampu membaca surat-surat
pendek
19. Anak mampu membaca niat sholat
gerhana bulan “Ushallii
Sunnatal khusuufi Rak’ataini Lillahi Ta’alaa”
20. Anak mampu berkomunikasi secara lisan, memiliki
perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan
membaca
21. Menyebutkan nama-nama binatang
ternak (sapi, kambing, domba, kelinci, kuda, ayam, bebek dll).
22. Anak mampu melakukan koordinasi gerak, keterampilan
gerak dasar sederhana
23. Mengekspresikan diri dengan
gerak menempel gambar
untuk meningkatkan keleturan, keseimbangan
dan kelincahan
24. Mengulangi kalimat sederhana
25. Anak mampu memahami konsep sederhana, memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
26. Mengekspresikan diri dengan
berkarya dengan menggunakan media
27. Anak dapat menempel gambar
28. Bersyukur dapat membaca niat
sholat gerhana bulan
|
Pembuka
:
1.
Guru
menyiapkan alat peraga untuk pembelajaran hari ini
2.
Bel masuk
berbunyi, anak-anak baris di depan kelas
3.
Bernyanyi
“neng-neng” dan bersalaman dengan guru sebelum masuk kelas
4.
Berdoa dan
dan membaca surat-surat pendek.
5.
Guru
mengecek kehadiran siswa
6.
Apersepsi
7.
Guru
bertanya siapa yang sudah makan pagi ini ?
8.
Guru
mengajak anak menyanyikan lagu “Ambilkan Bulan Bu”
9.
Guru
melakukan dialog tentang macam-macam benda-benda
langit
Kegiatan
Inti :
1.
Guru
menyiapkan alat peraga
2.
Guru
menunjukkan gambar gerhana bulan
3.
Guru
menunjukkan beberapa gambar benda-benda langit seperti bulan, bintang,bulan.
4.
Cara
bermain
a.
Anak
duduk berkelompok
b.
Anak
mengambil media yang di sediakan (gambar gerhana bulan, gambar matahari,
gambar bintang, gambar bulan)
c.
Anak
menceritakan ciri-ciri benda langit
d.
Anak
memasangkan gambar benda langit(matahari, bintang, bulan) sesuai dengan
aktivitas sehaqri-hari dngan cara menghubungkan kolom gambar-gambar benda
langit ke kolom gambar aktivitas sehari-hari
e.
Anak
bersama guru pergi ke ruangan yang luas
f.
Anak
berlari, melompat, dan meloncat di lingkaran yang di buat oleh guru, sehingga
anak seakan-akan mengelilingi bumi yang bulat
Istirahat :
5.
Anak
mencuci tangan
6.
Berdoa
sebelum makan
7.
Makan
bersama
8.
Bermain
Penutup :
7. Guru meminta anak untuk
membereskan alat dan bahan yang telah di gunakan
8. Guru menanyakan kembali
kegiatan yang telah dilakukan hari ini
9. Guru menjelaskan tema kegiatan
yang akan dilakukan keesokan harinya
10.
Benyanyi
sayonara
11.
Berdoa
12.
Pulang
|
Unit
atau tema
Tema : Alam Semesta
Subtema : Benda-Benda Langit
Usia : 5-6 tahun
Media
:
1.
Gambar
proses terjadinya gerhana matahari
2.
Gambar
gerhana bulan
3.
Gambar
matahari
4.
Gambar
memasangkan gambar benda langit (bulan, bintang, matahari) sesuai dengan
gambar aktivitas sehari-hari
|
4. Demonstrasi
5. Unjuk kerja
6. Penugasan dan hasil karya
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
Kelompok/Semester : 5-6
Tahun/1 (Satu)
Tema/Sub Tema :
Kebutuhanku/Kebersihan dan Kesehatan
Hari/Tanggal :
6 Desember 2016
Alokasi Waktu : 60 Menit
Judul Bermain : Mengenal
alat kebersihan
Aspek perkembangan
|
Indikator
|
Skenerio Permainan
(Langkah-langkah Permainan)
|
Alat/bahan/sumber
(APE)
|
Penilaian autentik
|
Nilai Agama dan Moral
Sosial Emosi
Bahasa
Fisik Motorik
Kognitif
SENI
|
1. Bersyukur
dapat bersyukur bisa mengucapkan doa sebelum dan sesudah mencuci tangan (NA)
2.
Sabar menunggu giliran (SOSEM)
3.
Menyebutkan nama alat-alat kebersihan .
4.
Bersyukur dapat menggunakan tangan untuk menyapu
5.
Mengelompokkan alat-alat kebersihan yang ada sekitarnya (nama,
sifat bentuk, ukuran, dan warna)
6.
Menghitung banyaknya alat kebersihan yang ada di lantai (KOG)
7.
Bersyukur dapat menyanyikan lagu tentang alat kebersihan (SENI)
|
Pembuka:
1.
Guru mengajak anak untuk duduk melingkar.
2.
Guru dan anak berdoa bersama.
3.
Guru mengajak anak untuk bernyayi “alat kebersihan”
Kegiatan Inti
1.
Guru membagi anak menjadi 4 kelompok.
2.
Guru memberikan alat-alat kebersihan yaitu sapu, lap,dan sikat.
3.
Anak mengamati alat yang diberikan guru (seperti: warna alat
kebersihan).
4.
Guru memancing anak untuk bertanya tentang apa yang anak amati di
kebersihan dan kesehatan.
5.
Guru menjelaskan manfaat dari kebersihan dan keseharan.
6.
Guru membagikan macam-macam alat kebersihan (sapu, lap, dan
sikat) kepada masing-masing kelompok.
7.
Anak mengambil alat dan bahan sesuai dengan apa yang di
digunakan.
8.
Anak melihat cara membersihkan kelas dan mempraktekkan.
9.
Sebelum membersihkan kelas anak terlebih dahulu diminta untuk
menyebutkan alat-alat kebersihan, apa yang akan di bersihkan, warna alat
kebersihan dan apa saja yang digunakan dalam menjaga kebersihan.
10. Anak
bergantian dengan teman untuk mengambil alat yang disediakan.
11. Anak mulai
membersihkan kelas
12. Anak
bergantian menggunakan alat dan bahan kebersihan (seperti: lap, sapu, sikat).
13. Setelah anak
membersihkan kelas.
14. Anak
mengungkapkan rasa ingin tahu yang telah di lakukan (membersihkan kelas).
15. Anak
menyebutkan berbagai jenis alat kebersihan yang anak sukai.
16. Anak
menghitung banyaknya alat kebersihan yang ada di lantai.
Penutup
1.
Guru meminta anak untuk merapikan alat dan bahan yang telah
digunakan
2.
Guru menanyakan kembali kegiatan yang telah dilakukan hari ini
3.
Guru menjelaskan tema kegiatan yang akan dilakukan keesokan
harinya.
4.
Guru dan anak bernyanyi bersama
5.
Berdoa setelah melakukan kegiatan
6.
Pulang.
|
Unit atau tema
Tema: kebutuhanku
Subtema: kebersihan dan kesehatan.
Usia: 5-6 tahun
Media
1.
Sapu
2.
Lap
3.
Ember
4.
Kemoceng
5.
Sikat
6.
Kotak sampah
7.
Sapu lidi
|
1.
Observasi
2.
Unjuk kerja
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
HARIAN (RPPH)
Kelompok/Semester : 5-6 Tahun/ Kelompok 1
Tema/Sub
Tema : Lingkunganku/ Keluargaku
(Perabotan yang ada di rumah)
Hari/Tanggal : Rabu 26 Desember
Alokasi
waktu : 60 Menit
Judul
bermain : Memasangkan gambar sesuai dengan
pasangannya dengan menarik garis pasangannya
Indikator
|
Tujuan
|
Kegiatan
|
Metode
|
Alat/ Sumber
Belajar
|
Penilaian
|
|
Alat
|
Hasil
|
|||||
Berlari
sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh.
|
Anak mampu
bermain lompat tali sesuai dengan contoh dengan tidak jatuh dan mandiri
|
·
Pagi Ceria
- Bermain lompat tali
|
Demonstrasi
|
Tali karet
|
Unjuk kerja
|
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan sesuai dengan keyakinannya.
Menggunakan
dan dapat menjawab pertanyaan apa, siapa, mengapa, dimana, berapa, bagaimana,
dsb.
|
Anak mampu berdoa dengan hikmat dan tertib
Anak mampu menjawab pertanyaan tentang fungsi
dan macam-macam perabotan dirumah
|
I. Kegiatan Awal
- Berbaris di halaman
- Cuci tangan
- Doa, salam
- Absensi
- Bercakap-cakap tentang “perabotan yag ada
dirumah”
|
Demonstrasi
Bercakap-cakap
|
-
Sendok,
piring, garbu, Gambar
|
Observasi
Percakapan
|
|
Mengelompokan
benda berdasarkan fungsinya
Berusaha
melaksanakan tugas sendiri sampai selesai (
Menyebutkan
bunyi dari bentuk huruf
|
Anak mampu memasangkan benda dengan pasangannya
setelah diberi contoh dengan benar dan mandiri
Anak mampu
mengolesi roti dengan margarin dan meses setelah diberi contoh dengan mandiri
Anak mampu
melengkapi huruf vokal yang hilang pada kata dengan benar dan mandiri
|
II. Kegiatan Inti
- Memasangkan gambar sesuai dengan
pasangannya dengan menarik garis pasangannya
Mengolesi roti dengan
margarin dan meses
- Melengkapi kata
|
Pemberian
tugas
Pemberian
Tugas
Pemberian
Tugas
|
LKA, pensil
Roti,
mentega, meses, piring
LKA
|
penugasan
Hasil karya
Penugasan
|
|
III. Istirahat
- Bermain
- Makan dan minum
|
||||||
Dapat
bekerjasama dengan teman.
|
Anak mampu
bekerjasama dengan teman
|
IV. Penutup
- Lomba
Bermain karet estafet
- Recalling Kegiatan
dalam sehari
- Berdoa sesudah
kegiatan
- Salam
- Pulang
|
Demonstrasi
|
Karet,
sedotan
|
Unjuk kerja
|
Komentar
Posting Komentar