RKH PAUD tema profesi, api, binatang, alam semesta, kebutuhanku, dan lingkunganku



RENCANA KEGIATAN HARIAN
Kelompok/Semester  : 5-6 tahun/1 (satu)
Tema/Sub Tema        : Profesi/Macam-macam pekerjaan
Hari/Tanggal             : Kamis, 22 Desember 2016
Alokasi Waktu           : 60 menit
Judul Bermain           : Bermain drama profesi

Aspek
perkembangan
Indikator
Skenario permainan
(Langkah-langkah permainan)
Alat/bahan/sumber
APE
Penilaian autentik
Nilai Agama dan Moral





Sosial Emosi


Bahasa





Fisik Motorik




Kognitif












Seni
1.    Bersyukur dengan membaca doa sebelum memulai kegiatan belajar




2.    Sabar menunggu giliran



3.    Menyebutkan nama-nama profesi yang dekat dengan anak serta alat-alat yang digunakan oleh masing-masing profesi




4.     Menggunakan seluruh panca indra saat drama




5.     Mencocokan alat/media sesuai dengan profesi
6.    Menghitung banyaknya media yang telah disediakan oleh guru
















7.    Anak dapat menyanyikan lagu tentang profesi
Pembuka :
1.    Guru mengajak anak untuk duduk melingkar
2.    Guru dan anak berdoa bersama
3.    Guru mengajak anak untuk bernyanyi
4.    Guru melakukan dialog tentang macam-macam jenis pekerjaan dengan anak
Kegiatan inti :
1.    Guru membagi anak menjadi 5 kelompok
2.    Guru memberikan media/alat kepada anak sesuai dengan profesi yang telah ditentukan
  (jarum suntik/stetoskop, buku, surat, pistol, dan cangkul/sabit)
3.    Anak memeragakan kegunaan alat-alat tersebut (jarum suntik/stetoskop untuk memeriksa orang sakit, buku untuk mengajar, surat untuk menyampaikan  informasi , pistol menembak, dan cangkul untuk membersihkan rumput).
4.    Guru mengajak anak bermain drama pekerjaan dan menggunakan alat-alat sesuai dengan pekerjaanya.
Penutup :
1.      Guru meminta anak untuk membereskan alat dan media yang telah digunakan
2.      Guru mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan hari ini
3.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya
4.      Guru dan anak bernyanyi bersama
5.      Berdoa
6.      Pulang

Unit atau tema
Tema: profesi
Subtema : macam-macam profesi
Usia : 5-6 tahun

Media :
1.    Buku
2.    Suntikan/stetoskop
3.    Surat
4.    Pistol
5.    Cangkul
1.      Observasi
2.      Unjuk kerja






RENCANA KEGIATAN HARIAN
Kelompok/Semester  : 5-6 tahun/1 (satu)
Tema/Sub Tema        : Api/Sumber-sumber api
Hari/Tanggal             : Jumat, 23 Desember 2016
Alokasi Waktu           : 60 menit
Judul Bermain           : Bercerita tentang api

Aspek
perkembangan
Indikator
Skenario permainan
(Langkah-langkah permainan)
Alat/bahan/sumber
APE
Penilaian autentik
Nilai Agama dan Moral








Sosial Emosi



Bahasa



Fisik Motorik

Kognitif

Seni
1.    Bersyukur dengan membaca doa sebelum memulai kegiatan belajar







2.    Sabar menunggu giliran





3.    Menyebutkan warna api, sumber-sumber api, kegunaan api, sifat-sifat api dan juga bahaya api

4.    Menggunakan seluruh panca indra nya saat bermain

5.    Menghitung banyaknya media yang telah disediakan oleh guru
6.    Anak dapat menyanyikan lagu tentang api
Pembuka :
1.    Guru mengajak anak untuk duduk melingkar
2.    Guru dan anak berdoa bersama
3.    Guru mengajak anak untuk bernyanyi
Kegiatan inti :
1.    Guru mengajak anak untuk duduk melingkar dan guru berada ditengah anak-anak
2.    Guru memberikan media gambar kepada anak
3.    Guru melakukan dialog tentang dari mana sumber-sumber api, apa warna api, sifat api, kegunaan dan juga bahaya api dengan anak
Penutup :
1.    Guru meminta anak untuk membereskan alat dan media yang telah digunakan
2.    Guru mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan hari ini
3.    Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya
4.    Guru dan anak bernyanyi bersama
5.    Berdoa
6.    Pulang

Unit atau tema
Tema: Api
Subtema : Sumber-sumber api, sumber api, kegunaan api dan bahaya api
Usia : 5-6 tahun

Media
1.    Gambar warna-warna api
2.    Gambar sumber-sumber api
1.   Observasi
2.  Unjuk kerja


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

Kelompok/Semester  : 5- 6 Tahun/1(satu)
Tema/Sub Tema        : Binatang/Binatang Peliharaan
Hari/Tanggal             : 01 Januari 2017
Alokasi Waktu           : 60 Menit
Judul bermain           : “Memelihara Domba”


Aspek Perkembangan
INDIKATOR
Skenario Permainan
(Langkah-langkah Permainan)
Alat/bahan/sumber
(APE)
Penilaian autentik
Nilai Agama dan Moral






Sosial emosi



Bahasa















Fisik Motorik










Kognitif










Seni



1.      Membiasakan beribadah dan membaca doa sebelum melakukan kegiatan


2.      Sabar menunggu giliran (SOSEM)


3.      Menyebutkan nama-nama binatang ternak (sapi, kambing, domba, kelinci, kuda, ayam, bebek dll).
4.      Mengulangi kalimat sederhana
5.      Anak mampu bernyanyi lagu “Bapak Tani Punya Kandang


6.      Mengekspresikan diri dengan berkarya dengan menggunakan media
7.      Mengekspresikan diri dengan gerak menempel gambar


8.      Mengulangi kalimat sederhana
9.      Anak mampu memahami konsep sederhana, memecahkan masalah sederhana

10.  Bernyanyi lagu “Bapak Tani Punya Kandang”
11.  Mengekspresikan diri dengan berkarya dengan menggunakan media
12.  Mengekspresikan diri dengan menempel gambar







Pembuka :
1.    Guru mengajak anak untuk duduk melingkar
2.    Guru dan anak berdoa bersama
3.    Guru menunjuk salah satu anak untuk memimpin berdoa.
4.    Guru mengajak anak untuk bernyani bersama lagu “Bapak Tani Punya Kandang”
5.    Guru melakukan dialog  tentang macam-macam binatang peliharaan kepada anak
Kegiatan inti:
1.    Guru mengarahkan pada anak yang akan dilakukan pada hari itu
2.    Anak dibagi menjadi 3 kelompok kecil masing-masing berjumlah 6-7 orang
3.    Anak duduk dengan kelompoknya masing-masing dengan dibimbing guru
4.    Masing-masing kelompok memberi nama pada kelompoknya
5.    Masing-masing kelompok mengambil bahan-bahan yang akan digunakan sesuai dengan proyek yang akan diterapkan
6.    Anak membuat domba dari  karton yang sudah dibentuk tabung dan kapas, lalu memasang  Cutton buds untuk kaki dan membuat mata, hidung, mulut sesuai kreasi masing-masing.
7.    Anak memuat rumput dari kertas origami sesuai kreasinya
8.    Anak bekerjasama menempel stik eskrim di sisi-sisi stereform untuk membuat kandang
9.    Anak menanyikan lagu “pak tani punya kandang” bersama-sama lalu menggiring domba-domba kedalam kandang dan memberinya makan rumput
10.    Anak mengitung jumlah domba yang ada didalam kandang

Istirahat :
1.    Anak mencuci tangan
2.    Berdoa sebelum makan
3.    Makan bersama
4.    Bermain

Penutup :
1.    Guru meminta anak untuk membereskan alat dan bahan yang telah di gunakan
2.    Guru menanyakan kembali kegiatan yang telah dilakukan hari ini
3.    Guru menjelaskan tema kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya
4.    Guru dan anak beryanyi sayonara bersama-sama
5.    Berdo’a setelah melakukan kegiatan
6.    Pulang
Unit atau tema
Tema     : Binatang
Subtema :  Binatang Peliharaan
Usia        : 5-6 tahun
Media :
1.    Gambar domba
2.    Kapas
3.    Lem
4.    Karton yang sudah dibentuk tabung kecil
5.    Kertas
6.    Spidol
7.    Kertas origami
8.    Stereform
9.    Stik eskrim
10.    Cutton buds

1.    Observasi
2.    Unjuk kerja
3.    Penugasan dan hasil karya






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

Kelompok/Semester        : 5- 6 Tahun/2(Dua)
Tema/Sub Tema              : Alam Semesta/Benda-Benda Langit
Hari/Tanggal                   : 27 April 2017
Alokasi Waktu                : 60 Menit
Nama Permainan           :Memasangkan gambar benda-benda langit (bintang, bulan, matahari) dengan kolom gambar aktivitas sehari-hari”



Aspek Perkembangan
INDIKATOR
Skenario Permainan
(Langkah-langkah Permainan)
Alat/bahan/sumber
(APE)
Penilaian autentik
Nilai Agama dan Moral















Bahasa
































Fisik Motorik











Kognitif










Seni



13.  Membiasakan beribadah dan membaca doa sebelum melakukan kegiatan
14.  Anak mampu melakukan kegiatan keagamaan secara berurutan
15.  Anak mampu membaca surat-surat pendek dan membaca niat gerhana bulan

16.  Anak mampu menyanyikan lagu “neng-neng”
17.  Anak mampu menyanyikan lagu “Ambilkan Bulan Bu”
18.  Anak mampu membaca surat-surat pendek
19.  Anak mampu membaca niat sholat gerhana bulan “Ushallii Sunnatal khusuufi Rak’ataini Lillahi Ta’alaa”
20.  Anak mampu berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta                                                                        mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca
21.  Menyebutkan nama-nama binatang ternak (sapi, kambing, domba, kelinci, kuda, ayam, bebek dll).


22.  Anak mampu melakukan koordinasi gerak, keterampilan gerak dasar sederhana
23.  Mengekspresikan diri dengan gerak menempel gambar

                                                                              untuk meningkatkan keleturan, keseimbangan dan kelincahan
24.  Mengulangi kalimat sederhana
25.  Anak mampu memahami konsep sederhana, memecahkan masalah sederhana                                                                         dalam kehidupan sehari-hari.

26.  Mengekspresikan diri dengan berkarya dengan menggunakan media
27.  Anak dapat menempel gambar
28.  Bersyukur dapat membaca niat sholat gerhana bulan






Pembuka :
1.    Guru menyiapkan alat peraga untuk pembelajaran hari ini
2.    Bel masuk berbunyi, anak-anak baris di depan kelas
3.    Bernyanyi “neng-neng” dan bersalaman dengan guru sebelum masuk kelas
4.    Berdoa dan dan membaca surat-surat pendek.
5.     Guru mengecek  kehadiran siswa
6.    Apersepsi
7.    Guru bertanya siapa yang sudah makan pagi ini ?
8.     Guru mengajak anak menyanyikan lagu “Ambilkan Bulan Bu”
9.    Guru melakukan dialog  tentang macam-macam benda-benda langit

Kegiatan Inti :
1.    Guru menyiapkan alat peraga
2.    Guru menunjukkan gambar gerhana bulan
3.    Guru menunjukkan beberapa gambar benda-benda langit seperti bulan, bintang,bulan.
4.    Cara bermain
a.    Anak duduk berkelompok
b.   Anak mengambil media yang di sediakan (gambar gerhana bulan, gambar matahari, gambar bintang, gambar bulan)
c.    Anak menceritakan ciri-ciri benda langit
d.   Anak memasangkan gambar benda langit(matahari, bintang, bulan) sesuai dengan aktivitas sehaqri-hari dngan cara menghubungkan kolom gambar-gambar benda langit ke kolom gambar aktivitas sehari-hari
e.    Anak bersama guru pergi ke ruangan yang luas
f.    Anak berlari, melompat, dan meloncat di lingkaran yang di buat oleh guru, sehingga anak seakan-akan mengelilingi bumi yang bulat

Istirahat :
5.    Anak mencuci tangan
6.    Berdoa sebelum makan
7.    Makan bersama
8.    Bermain

Penutup :
7.    Guru meminta anak untuk membereskan alat dan bahan yang telah di gunakan
8.    Guru menanyakan kembali kegiatan yang telah dilakukan hari ini
9.    Guru menjelaskan tema kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya
10.                                                       Benyanyi sayonara
11.                                                       Berdoa
12.                                                       Pulang

Unit atau tema
Tema     : Alam Semesta
Subtema :  Benda-Benda Langit
Usia        : 5-6 tahun

Media :
1.     Gambar proses terjadinya gerhana matahari
2.     Gambar gerhana bulan
3.     Gambar matahari
4.     Gambar memasangkan gambar benda langit (bulan, bintang, matahari) sesuai dengan gambar aktivitas sehari-hari
4.    Demonstrasi
5.    Unjuk kerja
6.    Penugasan dan hasil karya


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
Kelompok/Semester  : 5-6 Tahun/1 (Satu)
Tema/Sub Tema         : Kebutuhanku/Kebersihan dan Kesehatan
Hari/Tanggal              : 6 Desember 2016
Alokasi Waktu           : 60 Menit
Judul Bermain           : Mengenal alat kebersihan
Aspek perkembangan
Indikator
Skenerio Permainan
(Langkah-langkah Permainan)
Alat/bahan/sumber
(APE)
Penilaian autentik
Nilai Agama dan Moral





Sosial Emosi


Bahasa


Fisik Motorik




Kognitif










SENI
1.      Bersyukur dapat bersyukur bisa mengucapkan doa sebelum dan sesudah mencuci tangan (NA)

2.      Sabar menunggu giliran (SOSEM)

3.      Menyebutkan nama alat-alat kebersihan .

4.      Bersyukur dapat menggunakan tangan untuk menyapu

5.      Mengelompokkan alat-alat kebersihan yang ada sekitarnya (nama, sifat bentuk, ukuran, dan warna)

6.      Menghitung banyaknya alat kebersihan yang ada di lantai (KOG)

7.      Bersyukur dapat menyanyikan lagu tentang alat kebersihan (SENI)


Pembuka:
1.      Guru mengajak anak untuk duduk melingkar.
2.      Guru dan anak berdoa bersama.
3.      Guru mengajak anak untuk bernyayi “alat kebersihan”

Kegiatan Inti
1.      Guru membagi anak menjadi 4 kelompok.
2.      Guru memberikan alat-alat kebersihan yaitu sapu, lap,dan sikat.
3.      Anak mengamati alat yang diberikan guru (seperti: warna alat kebersihan).
4.      Guru memancing anak untuk bertanya tentang apa yang anak amati di kebersihan dan kesehatan.
5.      Guru menjelaskan manfaat dari kebersihan dan keseharan.
6.      Guru membagikan macam-macam alat kebersihan (sapu, lap, dan sikat) kepada masing-masing kelompok.
7.      Anak mengambil alat dan bahan sesuai dengan apa yang di digunakan.
8.      Anak melihat cara membersihkan kelas dan mempraktekkan.
9.      Sebelum membersihkan kelas anak terlebih dahulu diminta untuk menyebutkan alat-alat kebersihan, apa yang akan di bersihkan, warna alat kebersihan dan apa saja yang digunakan dalam menjaga kebersihan.
10.  Anak bergantian dengan teman untuk mengambil alat yang disediakan.
11.  Anak mulai membersihkan kelas
12.  Anak bergantian menggunakan alat dan bahan kebersihan (seperti: lap, sapu, sikat).
13.  Setelah anak membersihkan kelas.
14.  Anak mengungkapkan rasa ingin tahu yang telah di lakukan (membersihkan kelas).
15.  Anak menyebutkan berbagai jenis alat kebersihan yang anak sukai.
16.  Anak menghitung banyaknya alat kebersihan yang ada di lantai.
Penutup
1.      Guru meminta anak untuk merapikan alat dan bahan yang telah digunakan
2.      Guru menanyakan kembali kegiatan yang telah dilakukan hari ini
3.      Guru menjelaskan tema kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya.
4.      Guru dan anak bernyanyi bersama
5.      Berdoa setelah melakukan kegiatan
6.      Pulang.
Unit atau tema
Tema: kebutuhanku
Subtema: kebersihan dan kesehatan.
Usia: 5-6 tahun

Media
1.      Sapu
2.      Lap
3.      Ember
4.      Kemoceng
5.      Sikat
6.      Kotak sampah
7.      Sapu lidi


1.      Observasi
2.      Unjuk kerja









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

Kelompok/Semester          : 5-6 Tahun/ Kelompok 1
Tema/Sub Tema                 : Lingkunganku/ Keluargaku (Perabotan yang ada di rumah)
Hari/Tanggal                     : Rabu 26 Desember
Alokasi waktu                   : 60 Menit
Judul bermain                    : Memasangkan gambar sesuai dengan pasangannya dengan menarik garis pasangannya 

Indikator
Tujuan
Kegiatan
Metode
Alat/ Sumber Belajar
Penilaian
Alat
Hasil
Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh.
Anak mampu bermain lompat tali sesuai dengan contoh dengan tidak jatuh dan mandiri
·           Pagi Ceria
-       Bermain lompat tali

Demonstrasi

Tali karet

Unjuk kerja




Berdoa sebelum dan sesudah  melaksanakan kegiatan sesuai dengan keyakinannya.


Menggunakan dan dapat menjawab pertanyaan apa, siapa, mengapa, dimana, berapa, bagaimana, dsb.



Anak  mampu berdoa dengan hikmat dan tertib



Anak  mampu menjawab pertanyaan tentang fungsi dan macam-macam perabotan dirumah
I.         Kegiatan Awal
-       Berbaris di halaman
-       Cuci tangan
-       Doa, salam




-       Absensi
-       Bercakap-cakap tentang  “perabotan yag ada dirumah”



Demonstrasi





Bercakap-cakap



-





Sendok, piring, garbu, Gambar






Observasi





Percakapan


Mengelompokan benda berdasarkan fungsinya




Berusaha melaksanakan tugas sendiri sampai selesai (



Menyebutkan bunyi dari  bentuk huruf

Anak  mampu memasangkan benda dengan pasangannya setelah diberi contoh dengan benar dan mandiri

Anak mampu mengolesi roti dengan margarin dan meses setelah diberi contoh dengan mandiri

Anak mampu melengkapi huruf vokal yang hilang pada kata dengan benar dan mandiri

II.      Kegiatan Inti
-      Memasangkan gambar sesuai dengan pasangannya dengan menarik garis pasangannya 



Mengolesi roti dengan margarin dan meses




-       Melengkapi kata 

Pemberian tugas





Pemberian Tugas




Pemberian Tugas

LKA, pensil





Roti, mentega, meses, piring


LKA

penugasan






Hasil karya





Penugasan



III.    Istirahat
-       Bermain
-       Makan dan minum





Dapat bekerjasama dengan teman.

Anak mampu bekerjasama dengan teman
IV.    Penutup
-       Lomba Bermain karet estafet
-       Recalling Kegiatan dalam sehari
-       Berdoa sesudah kegiatan
-        Salam
-       Pulang

Demonstrasi










Karet, sedotan

Unjuk kerja









































Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI

RANCANGAN PROGRAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR DI LEMBAGA PAUD atau TK

MAKALAH PRINSIP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL AUD