RKH TEMA ALAT TRANSPORTASI / PESAWAT TERBANG
TUGAS
MICRO TEACING
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
Dosen Pengampu : Dr. Eti Hadiati, M.Pd
Disusun oleh:
Nama : Nugroho Galih Wicaksono
NPM : 1411070184
Kelas/semester :D/VI
Jurusan : Pendidikan Raudhatul Athfal
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
PENDIDIKAN
ISLAM ANAK USIA DINI
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
TAHUN
1438
/2017 M
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
Kelompok/semester :
5-6 Tahun (satu)
Tema/Subtema :
Alat Transportasi /alat transportasi udara (pesawat terbang)
Hari/Tanggal :
25 April 2017
Alokasi/Waktu :
60 Menit
Judul Bermain :
Membuat Pesawat Terbang Dari Kertas
Aspek Perkembangan
|
INDIKATOR
|
Skenario Perkembangan
(Langkah-langkah
permainan )
|
Alat/bahan/sumber
APE
|
Penilaian Autentik
|
Nilai
Agama dan Moral
Sosial
Emosi
Bahasa
Fisik
Motorik
Kognitif
Seni
|
1. Bersyukur
dapat mengucapkan doa belajar, sebelum dan sesudah makan dan hapalan juz amma
2. Dapat
melihat kendaraan dengan mata
3. Sabar
menunggu giliran
4. Bekerja
sama dengan teman untuk saat bermain
5. Dapat
menyebutkan kata yang berawalan hurup P
6. Dapat
menyebutkan karakteristik pesawat terbang
7. Dapat
menceritakan kembali cerita yang telah didengar dengan bahasanya
8. Dapat
membuat mainan pesawat terbang menggunakan tangan
9. Dapat
menirukan gerakan lagu “aku pesawat terbang”
10. Menghitung
jumlah pesawat mainan yang dibuat
11. Menghitung
banyaknya kendaraan
12. Dapat
menyanyikan lagu “aku pesawat terbang”
13. Berkreasi
membuat pesawat dengan kertas bekas
|
Pembuka:
1.
Guru mengajak anak untuk duduk
dikursi masing-masing terlebih dahulu
2.
Guru dan anak berdoa bersama
3.
Guru mengajak anak untuk
bernyanyi bersama lagu “ aku pesawat terbang”
4.
Guru melakukan dialog mengenai pesawat
terbang
Kegiatan Inti:
Kegiatan
I (Bercerita tentang pesawat terbang)
1.
Guru mengondisikan kelas dengan tepuk-tepukan
2.
Guru menceritakan kisah Sono dan Yani yang
berlibur naik pesawat
3.
Anak focus mendengarkan cerita guru
4.
Setelah cerita selesai, guru bertanya dan meminta
anak untuk bercerita sesuai dengan cerita yang sudah disampaikan
5.
Setelah kegiatan I selesai, Guru mentransisi
kegiatan menuju kegiatan II dengan lagu-lagu
Kegiatan
II (Membuat pesawat mainan)
1.
Guru membagikan kertas bekas
kepada anak
2.
Guru menjelaskan cara pembuatan
mainan pesawat terbang
3.
Anak mengamati proses pembuatan
pesawat mainan
4.
Guru meminta anak untuk membuat
pesawat mainan secara individu
5.
Guru mengawasi proses pembuatan
dan memberi arahan cara pembuatan
6.
Setelah pesawat mainan jadi, anak
diminta untuk menerbangkan pesawatnya secara bersama-sama dalam hitungan
1,2,3
7.
Guru bertanya pesawat siapa saja
yang bias terbang dengan baik dan mengevaluasi penyebab pesawat tidak terbang
8.
Guru mengajak anak untuk
mengitung jumlah pesawat yang dibuat
9.
Setelah selesai kegiatan, anak diminta
merapihkan peralatan main
Istirahat
(diisi dengan aktivitas makan bersama)
Penutup:
1.
Guru meminta anak untuk
membereskan alat dan bahan
2.
Guru menanyakan kegiatan apa yang
telah dilakukan
3.
Guru menjelaskan tema yang akan
dilakukan esok hari
4.
Guru dan anak bernyanyi bersama
5.
Berdoa setelah legiatan
6.
Pulang
|
Unit
atau tema
Tema
: Alat transportasi
Subtema
: Alat transportasi udara (pesawat terbang)
Usia
: 5-6 tahun
Media
:
1.
Kertas bekas
2.
Gambar pesawat terbang
|
1.Observasi
2.
Unjuk Kerja
|
Bandar lampung, 25
April 2017
Nugroho Galih W., S.Pd
Guru
Kelas
Strategi
Pembelajaran
1. Memasang
gambar pesawat terbang di sekeliling ruang belajar siswa
2. Penjabaran
materi pembelajaran melalui metode cerita dan bermain kreasi membuat pesawat
dari kertas bekas
3. Anak
diharuskan hafal 2 surat juz amma dalam satu minggu pertemuan ( setiap
pertemuan suratnya dibaca)
4. Anak
menyebutkan ikrar anak sholeh dan soleha setiap pulang sekolah
Komentar
Posting Komentar