perkembanga fisik motori dan bahasa anak usia 0-6 tahun
Tugas Perkembangan Anak dari Usia 0-6 tahun
Tugas : Perkembangan Anak dari Umur 0 hingga 6 Tahun
1. Anak usia 0 – 1 tahun.
· Kognitif :
Ø Pengenalan ciri-ciri orang tua yaitu “ibu” dan “ayah”
Ø Pengenalan antara orang tua dan keluarga yang lain
Ø Pengenalan terhadap bunyi-bunyian yang sering
Ø Pengenalan terhadap pengucapan kata
Ø Fungsi anggota tubuh. Contoh : tangan
Ø Mulai mengenal benda-benda. Contoh : mainan
Ø Mengenal warna atau tertarik pada warna yang cerah dan mencolok
· Language
Ø Untuk usia 0-1 tahun bayi hanya bisa menangis, berteriak, dan tertawa untuk berinteraksi dengan orang lain
Ø Mengajak bayi berbicara menggunakan bahasa ibu/mother tongue
Ø Mengajak bayi untuk mendengarkan musik
Ø Pada umur sekian bayi mulai dapat mengucapkan ma…ma…da…da…la…la…dsb
Ø Mampu bermain permainan yang sederhana. Contoh : ci luk ba
Ø Senang meniru bernyanyi sambil bertepuk tangan
Ø Dapat menerima/ mengerti hal-hal sederhana yang di contohkan orang tua
· Fisik Motorik
Ø Pada
usia 0-3 bulan bayi belum bisa tengkurap namun sudah dapat menggerakkan
kepala ke kiri dan ke kanan, memainkan tangannya, dan kakinya
Ø Dapat memegang benda yang lunak dan tidak berat
Ø Pada usia 3-6 bulan sering tengkurapkan bayi sampai terbiasa dan sampai bisa tengkurap sendiri
Ø Pada usia sekian bayi dapat mengangkat kepala tegak ketika tengkurap
Ø Meraih benda yang ada di dekatnya
Ø Bayi juga dapat menoleh ke arah sumber suara
Ø Pada usia 6-9 bulan ajarkan, bantu, latih bayi untuk duduk sampai
Ø Ajari bayi untuk memegang dan memakan biscuit sendiri dengan tangannya. Pada usia sekian bayi sudah bisa memegang benda sendiri
Ø Bayi juga sudah mulai senang bermain sendiri dengan mainannya. Jadi beri bayi mainan aman untuk bermain dan dipukul.
Ø Pada usia 9 bulan – 1 tahun mulai ajari bayi untuk berdiri dan berjalan berpegangan (titah).
· Character Education
Ø Pada usia sekian perdengarkan doa-doa, contoh : doa sebelum makan, tidur, dan sebagainya
Ø Perdengarkan kata-kata sopan sebelum meminta sesuatu, contoh : kata tolong
Ø Perdengarkan kata sopan saat berada di dekat orang lain/ orang yang lebih tua, contoh : kata permisi
Ø Perdengarkan
dan ajarkan untuk mengucapkan teimakasih setelah diberi sesuatu oleh
orang lain. Bayi dapat meniru ucapan terimakasih dengan kata-kata dan
gerak badannya sendiri
Ø Perdengarkan kata salamuntuk memulai perjumpaan dengan orang lain atau mengakhirinya.
· Sosial Emosi
Ø Bayi mulai berinteraksi dengan orang tua sejak lahir, ajarkan berinteraksi dengan anggota keluarga lain
Ø Bayi pada usia sekian akan menangis jika bertemu orang belum dikenal sebelumnya
Ø Bayi
pada usia sekian juga sudah mulai berinteraksi dengan bayi seusianya.
Namun belum terlalu banyak mereka lebih senang dengan bermain sendiri.
Ø Bayi
akan menangis jika kemauanya tidak dituruti, maka ajarkan bayi sedikit
demi sedikit bahwa tidk semua kemauannya dapat dituruti.
Ø Bayi akan merasa senang dan tertawa jika suasana disekitarnya menyenangkan dan nyaman.
2. Anak usia 1-2 tahun
· Kognitif
Ø Mulai mengenal ciri-ciri : laki-laki dan perempuan. Jadi ajarkan pada bayi bagaimana ciri-cirinya dengan kata yang sederhana
Ø Mulai mengenal benda yang berbeda ukuran. Ajarkan pada bayi dengan kata sesedarhana mungkin benda yang berukuran besar dan kecil
Ø Mulai
mengenal perbedaan bentuk tubuh antara bayi dan dewasa. Beri penjelasan
sesederhana mungkin pada bayi perbedaan tersebut dengan memberi contoh
“papa/mama dengan anak tersebut”
Ø Mulai mengenal bagian-bagian anggota tubuh. Contoh tangan, mulut, mata, dan sebagainya.
Ø Mulai mengenal warna. Ajarkan bayi untuk mengenal warna-warna dasar yang ada disekitar.
Ø Mulai
mengenal bentuk-bentuk benda. seperti bentuk lingkaran, bujursangkar,
segitiga dan lain-lain. Ajarkan pada bayi tentang bentuk-bentuk dasar
benda dengan memberikan mainan yang memiliki bentuk dan aman.
Ø Mulai bisa diajarkan intuk menghitung angka dari angka yang terkecil. Contoh angka 1 – 10
Ø Mulai bisa menghapal nama orang lain dan mengenal orang-orang yang ada di sekitarnya
Ø Mulai dapat mengetahui fungsi dari benda-benda disekitarnya. Contoh gelas untuk minum, piring untuk makan.
Ø Mulai mengenal berbagai macam hewan dan buah.
· Language
Ø Pada
usia sekian bayi sudah mulai dapat mengatakan satu atau dua kata bahkan
lebih kata-kata yang sederhana. Contoh : papa, mama, makan, minum,
kakak dan lain-lain.
Ø Anak
juga sudah bisa menirukan kata-kata orang dewasa walaupun belum secara
utuh dan belum jelas. Maka dari itu ajarkan pada anak kata-kata yang
baik.
Ø Anak
juga sudah bisa diberikan kosakata lain. Contoh tentang antonym (besar
dan kecil, panjang dan pendek) berilah penjelasan beserta contoh benda
sehingga anak dapat mengerti dan dapat menggunakan kata tersebut dengan
benar
Ø Anak
di usia sekian juga tertarik dan senang jika mendengar cerita. Cerita
tentang hewan, tumbuhan, dan gambar-gambar lucu di buku dongeng.
Ø Anak
di usia sekian juga dapat meniru kata-kata dalam bahasa lain walaupun
kurang jelas pengucapannya. Contoh : dia dapat meniru kata one, ball,
big, red. Ajarkan pada anak kosakata sederhana dari bahasa lain dengan
member contoh bendanya.
Ø Anak dapat menyebut nama-nama hewan dan buah-buahan yang sering mereka lihat.
· Fisik Motorik
Ø Mulai dapat berjalan, baik berjalan sendiri maupun dibantu
Ø Mulai dapat menjangkau dan mengambil mainan sendiri
Ø Mulai dapat memukul benda yang dapat berbunyi
Ø Mulai dapat memainkan benda-benda yang ada di sekitarnya.
Ø Jika sudah bisa berjalan, mulai dapat berlari-lari dan melompat-lompat
Ø Dapat menirukan pekerjaan rumah tangga yang dilakukan orang dewasa. seperti menyapu dan mengelap
Ø Dapat menggunakan sendok sendiri saat makan.
Ø Dapat mencoret-coret kertas menggunakan ensile, crayon, atau pena.
Ø Mulai dapat mengumpulkan mainan yang berantakan.
Ø Mulai dapat menunjukkan bagian anggota tubuh. Contoh : tangan, mulut, rambut, kaki, dan lain-lain.
· Character Education
Ø Mulai dapat diajarkan sikap berdoa. Baik sebelum makan, tidur, dan lain-lain
Ø Anak sudah dapat mengucapkan terimakasih setelah diberi sesuatu oleh orang lain.
Ø Anak sudah dapat menirukan kata tolong untuk meminta ditolong mengambilkan sesuatu atau minta tolong membantunya
Ø Anak sudah dapat meniru kata permisi jika lewat di dekat orang yang lebih dewasa
Ø Anak sudah dapat diajarkan untuk salam dan menjabat tangan orang yang lebih tua darinya
Ø Anak
sudah dapat diajarkan untuk bertanggung jawab atas apa yang dilakukan.
Contoh selesai bermain harus dibereskan, sebelum dan selesai makan harus
cuci tangan.
· Sosial Emosi
Ø Anak akan menangis atau diam saja apabila bertemu dengan orang yang belum dikenal
Ø Anak mulai berinteraksi dengan teman sebaya. Dapat bermain bersama.
Ø Juga ada saatnya anak saling bertengkar dengan teman sebayanya jika berebut barang.
Ø Anak juga dapat mempertahankan apa yang dirasa menjadi miliknya.
Ø Anak juga dapat memberontak apabila kemauannya tidak dituruti.
3. Anak usia 2-3 tahun
· Kognitif
Ø Dapat menyebutkan bagian anggota tubuh beserta fungsinya.
Ø Dapat membedakan bentuk bentuk benda. Contoh lingkaran, bujursangkar, segitiga, dan lain-lain.
Ø Mengetahui cara merawat anggota badan, contoh mandi, gosok gigi, mencuci tangan dan lain-lain.
Ø Mengenal
warna-warna dengan lebih baik. Nama-nama hewan, tumbuhan, buah, dan
berbagai macam orang yang mereka temui, dan lain sebagainya.
Ø Mulai dapat membuat pola yang jelas saat menggambar.
Ø Mengenal benda-benda disekitarnya beserta fungsinya. Contoh: buku untuk menulis, piring untuk makan, dan lain-lain.
Ø Mengetahui
cara untuk makan dan minum dengan benar. Mulai dapat di ajarkan cuci
tangan buang air kecil dan besar di tempatnya yaitu di kamar mandi.
Ø Mulai mengenal untuk melakukan kegiatan tanpa bantuan orang lain. Misal memakai sepatu sendiri.
Ø Mengetahui letak suatu benda. seperti sepatu yang harus diletakkan di tempat sepatu.
· Language
Ø Mulai dapat berbicara kata-kata yang dapat dimengerti.
Ø Menyebutkan warna dan angka.
Ø Dapat meniru seseorang yang menyebutkan suatu kata dengan bahsa lain. Misal kata dalam bahasa Inggris.
Ø Dapat memberitahu orang lain jika ingin dibantu mengerjakan sesuatu.
Ø Dapat memberitahu apa nama benda yang dilihat oleh anak tersebut. Baik benda disekitarnya atau dalam bentuk sebuah gambar.
Ø Dapat menirukan saat diperdengarkan sebuah lagu, walaupun Cuma satu atau dua kata.
Ø Dapat menirukan dan mulai menirima materi alphabet dan angka yang diajarkan.
· Fisik Motorik
Ø Dapat berdiri diatas satu kaki tanpa berpegangan.
Ø Makan sendiri tanpa di bantu, walaupun lama dan masih berantakan.
Ø Dapat memakai dan melepas sepatu sendiri.
Ø Dapat memeluk dan mencium orang yang terdekat.
Ø Dapat melempar bola.
Ø Dapat bermain permainan yang memerlukan gerakan badan.
Ø Dapat naik dan turun tangga sendiri dengan berpegangan pada pegangan tangga.
Ø Dapat menirukan gerakan senam.
Ø Dapat menggunakan benda sesuai fungsinya. Contoh : mainan drum dipukul dengan stiknya.
Ø Dapat menyusun balok atau lego.
· Character education
Ø Dapat menirukan sikap berdoa.
Ø Dapat menjabat tangan orang tua, atau orang lain yang lebih tua darinya, atau dengan teman sebaya.
Ø Dapat memberikan salam jika bertemu dengan orang lain.
Ø Mampu mengucapkan terimakasih jika diberi sesuatu.
Ø Dapat diajari untuk meminta tolong jika perlu bantuan orang lain.
Ø Dapat diajari untuk mengatakan permisi jika ingin bermain bersama orang lain (ikut kegiatan orang lain).
Ø Dapat diajari untuk menerima suatu barang dengan tangan kanan.
Ø Dapat diajari untuk meminta dengan sopan barang milik orang lain, bukan merebutnya atau mengambil tanpa ijin.
Ø Dapat diajari untuk bisa berbagi dengan orang lain.
· Sosial Emosi
Ø Saat baru beradaptasi dengan lingkungan baru, anak bisa saja menjadi pendiam.
Ø Atau bahkan langsung bisa berdaptasi dengan lingkungan yang baru.
Ø Dapat saling berbagi dengan teman sebaya atau orang lain.
Ø Atau dapat mempertahankan barang yang memang miliknya, tanpa boleh dipegang oleh orang lain.
Ø Terkadang
anak usia sekian kurang mampu mengontrol emosi. Jika tidak sesuai
dengan kemauannya maka bisa jadi anak akan menangis sejadi-jadinya.
4. Anak usia 4-5 tahun
· Kognitif
Ø Mengenal dengan lebih baik dan lebih banyak tentang berbagai macam benda dan makhluk hidup.
Ø Mengerti secara sederhana tentang perbedaan antara laki-laki dan perempuan, antara anak kecil dan dewasa.
Ø Mampu
menirukan atau menulis bentuk huruf. Mampu menghitung angka 1 sampai
dengan 10 atau lebih, tetapi angka yang masih sederhana.
Ø Mampu menyebut bentuk dari suatu benda.
Ø Mampu mengggambar yang sudah memiliki bentuk dan pola sederhana.
Ø Mampu memberi warna pada gambar yang belum diberi warna.
Ø Mengetahui dan mampu melakukan cara untuk merawat diri. Contoh : mandi, gosok gigi, cuci tangan, dan lain-lain.
Ø Mengerti nama-nama benda yang sehari-hari dijumpai beserta fungsi dari benda tersebut.
Ø Mengerti tentang lawan kata (tinggi rendah, panjang pendek, besar kecil, dsb).
Ø Mengerti tentang letak suatu benda.
· Language
Ø Mampu menirukan atau membaca huruf.
Ø Mampu menceritakan pengalamannya.
Ø Dapat menggunakan kalimat yang lebih kompleks.
Ø Dapat menggunakan lawan kata dengan benar.
Ø Mampu menyebut nama teman bermain atau belajarnya.
Ø Dapat mengajukan pertanyaan yang sederhana.
Ø Dapat menjawab pertanyaan yang sederhana.
Ø Dapat menirukan kata-kata dengan menggunakan bahasa lain. Misal bahasa Inggris.
· Fisik Motorik
Ø Dapat menggunakan benda sesuai dengan fungsinya.
Ø Senang bermain yang menggunkan gerak badan yang lebih. Contoh : kejar-kejaran.
Ø Mulai suka melompat-lompat.
Ø Mencuci dan mengeringkan tangan sendiri.
Ø Memakai pakaian sendiri walau agak susah dan lama.
Ø Mampu memakai dan melepas kaus kaki dan sepatu sendiri.
Ø Dapat naik dan turun tangga sendiri dengan berpegangan pada pegangan tangga.
Ø Dapat menirukan gerakan senam.
Ø Dapat menyusun balok atau lego menyerupai bentuk benda atau bangunan.
· Character Education
Ø Dapat menirukan sikap berdoa. Dan menirukan lafal bacaan doa.
Ø Dapat menjabat tangan orang tua, atau orang lain yang lebih tua darinya, atau dengan teman sebaya.
Ø Dapat memberikan salam jika bertemu dengan orang lain.
Ø Mampu mengucapkan terimakasih jika diberi sesuatu.
Ø Dapat meminta tolong jika perlu bantuan orang lain.
Ø Dapat mengatakan permisi jika ingin bermain bersama orang lain (ikut kegiatan orang lain).
Ø Menerima pemberian orang lain atau member kepada orang lain dengan menggunakan tangan kanan.
Ø Dapat meminta dengan sopan barang milik orang lain, bukan merebutnya atau mengambil tanpa ijin.
Ø Dapat berbagi dengan orang lain.
· Sosial Emosi
Ø Saat baru beradaptasi dengan lingkungan baru, anak bisa saja menjadi pendiam.
Ø Atau bahkan langsung bisa berdaptasi dengan lingkungan yang baru.
Ø Dapat saling berbagi dengan teman sebaya atau orang lain.
Ø Atau dapat mempertahankan barang yang memang miliknya, tanpa boleh dipegang oleh orang lain.
Ø Dapat sedikit mengendalikan emosinya, apabila mendapat arahan yang benar.
5. Anak usia 5-6 tahun
· Kognitif
Ø Mengenal dengan lebih baik dan lebih banyak tentang berbagai macam benda dan makhluk hidup.
Ø Mengerti secara sederhana tentang perbedaan antara laki-laki dan perempuan, antara anak kecil dan dewasa.
Ø Mampu menirukan atau menulis bentuk huruf. Mampu membaca huruf. Mampu menghitung angka.
Ø Mampu menyebut bentuk dari suatu benda.
Ø Mampu mengggambar yang sudah memiliki bentuk dan pola yang lebih kompleks.
Ø Mampu memberi warna pada gambar yang belum diberi warna.
Ø Mengetahui dan mampu melakukan cara untuk merawat diri. Contoh : mandi, gosok gigi, cuci tangan, dan lain-lain.
Ø Mengerti dan sangat mengenal nama-nama benda yang sehari-hari dijumpai beserta fungsi dari benda tersebut.
Ø Mengerti dengan baiktentang lawan kata (tinggi rendah, panjang pendek, besar kecil, dsb).
Ø Mengerti dengan baik letak suatu benda.
· Language
Ø Mampu menirukan atau membaca huruf.
Ø Mampu menceritakan pengalamannya.
Ø Dapat menggunakan kalimat yang lebih kompleks.
Ø Dapat menggunakan perbendaharaan kata dengan benar.
Ø Mampu menyebut nama teman bermain atau belajarnya.
Ø Lebih sering mengajukan pertanyaan.
Ø Dapat menjawab pertanyaan.
Ø Dapat menirukan kata-kata dengan menggunakan bahasa lain. Misal bahasa Inggris.
· Fisik Motorik
Ø Dapat menggunakan benda sesuai dengan fungsinya.
Ø Senang bermain yang menggunkan gerak badan yang lebih. Contoh : kejar-kejaran.
Ø Mulai suka melompat-lompat dan berlari-lari.
Ø Mencuci dan mengeringkan tangan sendiri.
Ø Memakai pakaian sendiri walau agak susah dan lama.
Ø Mampu memakai dan melepas kaus kaki dan sepatu sendiri.
Ø Dapat meletakkan suatu benda di tempat yang benar.
Ø Dapat naik dan turun tangga sendiri dengan berpegangan pada pegangan tangga.
Ø Dapat menirukan gerakan senam.
Ø Dapat menyusun balok atau lego menyerupai bentuk benda atau bangunan.
· Character Education
Ø Dapat menirukan sikap berdoa. Dan menirukan lafal bacaan doa.
Ø Dapat menjabat tangan orang tua, atau orang lain yang lebih tua darinya, atau dengan teman sebaya.
Ø Dapat memberikan salam jika bertemu dengan orang lain.
Ø Mampu mengucapkan terimakasih jika diberi sesuatu.
Ø Dapat meminta tolong jika perlu bantuan orang lain.
Ø Dapat mengatakan permisi jika ingin bermain bersama orang lain (ikut kegiatan orang lain).
Ø Menerima pemberian orang lain atau member kepada orang lain dengan menggunakan tangan kanan.
Ø Dapat meminta dengan sopan barang milik orang lain, bukan merebutnya atau mengambil tanpa ijin.
Ø Dapat berbagi dengan orang lain.
Ø Dapat bertanggung jawab atas dirinya. Contoh : dapat membereskan sendiri mainannya.
· Sosial Emosi
Ø Saat baru beradaptasi dengan lingkungan baru, anak bisa saja menjadi pendiam.
Ø Atau bahkan langsung bisa berdaptasi dengan lingkungan yang baru.
Ø Dapat saling berbagi dengan teman sebaya atau orang lain.
Ø Atau dapat mempertahankan barang yang memang miliknya, tanpa boleh dipegang oleh orang lain.
Ø Dapat sedikit mengendalikan emosinya, apabila mendapat arahan yang benar.
sumber : http://arsyadani-blog.blogspot.co.id/2011/11/tugas-perkembangan-anak-dari-usia-0-6.html
tanggal unduh : 26 Maret 2016
Komentar
Posting Komentar