RKM PAUD Tema alam semesta, lingkunganku, alat komunikasi, kebutuhanku, dan binatang
PROGRAM MINGGUAN
Semester : 1
Minggu : ke-4
Kelompok :
B (5-6 tahun)
TEMA/SUB TEMA
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
RENCANA KEGIATAN 1 MINGGU
|
APE
|
PUNCAK TEMA
|
Binatang/
Binatang peliharaan
|
1.1
Mempercayai adanya tuhan melalui
ciptaanya
1.2
Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar rasa syukur
kepada Tuhan
2.1
Memiliki prilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.6
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari
untuk melatih kedisplinan
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
3.3Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ciri-cirinya) melalui hasil karya
|
1. Bersyukur
atas ciptaan Tuhan (MA)
2. Bersyukur
dapat melihat binatang didarat dan diair (MA)
3. Bercerita
tentang ciri-ciri binatang dengan bahasa yang jelas (BAHASA)
4. Bersyukur
mampu memasangkan binatang sesuai
dengan pasanganya jenisnya, persamaanya. (KOGNITIF)
5. Bersyukur
dapat melakukan gerakan melompat, melocat, dan berlari secara
terkoordinasi.(FISMOT)
6. Bersyukur
dapat mendengar alunan lagu dan suara tentang macam-macam binatang (SENI)
1. Anak
dapat membiasakan membaca bismillah sebelum melakukan kegiatan (MA)
2. Bersyukur
dapat menyebutkan ciri-ciri binatang dengan benar dan bahasa yang jelas
(BAHASA)
3. Bersyukur
dapat memasankan gambar binatang sesuai dngan aktivitas sehari-hari yang
biasa di lakukan (KOGNITIF)
4. Menghargai
dan tidak menggangu teman yang sedang menikmati suara dan lagu tentang binatang(SENI)
5. Bersyukur
memiliki teman dengan menyayanginya (SISEM)
6. Bersyukur
memiliki teman dengan bersikap baik kepadanya (SOSEM)
1. Bersyukur
ada binatang peliharaan (MA)
2. Bersyukur
dapat berolahraga sambil menikmati udara segar di pagi hari(FISMOT)
3. Bersyukur
dapat menyanikan lagu tentang bintang (SENI)
4. Bersyukur
dapat menggambar bentuk bintang (KOGNITIF)
1. Bersyukur
dapat menaati peraturan ( MA)
2. Sabar
menunggu giliran
3. Mengunakan
barang pinjaman dari orang lain dengan hati-hati
4. Merapikan
kembali alat main yang telah di gunakan
1. Mengenal
ekspresi marah
2. Mengenal
ekspresi takut
3. Mengetahi
ekspresi senang
4. Mengetahui
ekspresi ketika guru sedang marah
5. Mengetahui
ekspresi ketika orangtua khawatir
1. Anak
dapat menyebutkan binatang yang paling mereka suka
2. Anak
mampu bercerita tentang ciri-ciri binatang
3. Anak
mampu memasangkan binatang sesuai dengan gambar aktivitas sehari-hari dengan
cara menghubungkan kolom gambar binatang ke kolom aktivitas sehari-hari
4. Mengajukan
pertanyaan tentang binatang
5. Menghitung
banyaknya gambar aktivitas sehari-hari yang terhubung dengan binatang
|
1.
PEMBIASAAN
· Guru
menyiapkan alat peraga untuk pembelajaran hari ini
· Bel
masuk berbunyi, anak-anak baris di depan kelas
· Bernyanyi
“naik kereta api” dan bersalaman dengan guru sebelummasuk kelas
· Berdoa
dan membaca surat-surat pendek
· Guru
mengecek kahadiran siswa
· APERSEPSI
· Guru
bertanya siapa yang sudah makan pagi hari ini
· Berdoa
sebelum makan
· Berdoa
sesudah makana
· Makan bersama
· Berdoa
sebelum pulang
· Cium
tangan guru
2.
EKSPLORASI DAN KREATIVITAS
· Menggambar
benda-benda langit
· Memasangkan
gambar benda-benda langit (matahari, bintang, bulan) dengan gambar aktivitas
sehari-hari
3.
KEAKSARAAN
· Menyebutkan
simbol huruf dari nama binatang
· Menuliskan
simbo huruf dari nama binatang
· Menyebutkan
ciri-ciri binatang peliharaan
|
1.
Gambar binatang peliharaan
2.
Gambar binatang didarat
3.
Gambar di air
4.
Gambar memasangkan gambar be nda(kucing,sapi,
ayam) sesuai dengan gambar aktivitas sehari-hari
|
NAMA
PERMAINAN “Memasangkan gambar binatang
dengan kolom gambar aktivitas sehari-hari”
LANGKAH
BERMAIN
1.
Guru menyiapkan alat peraga
2.
Guru menunjukkan gambar binatang
3.
Guru menunjukkan beberapa binatang
4.
Cara bermain
a.
Anak duduk berkelompok
b.
Anak mengambil media yang di sediakan
c.
Anak menceritakan ciri-ciri binatang
didarat dan diair
d.
Anak memasangkan gambar benda langit
sesuai dengan aktivitas sehari-hari dngan cara menghubungkan kolom
gambar-gambar binatang ke kolom gambar aktivitas sehari-hari
e.
Anak bersama guru pergi ke ruangan
yang luas
f.
Anak berlari, melompat, dan meloncat
di lingkaran yang di buat oleh guru, menirukan suara binatang.
5.
HASIL PERMAINAN
a.
Anak dapat mengetahui binatang didarat
dan dilaut
b.
Anak mampu bercerita tantang ciri-ciri
binatang dengan benar dan bahasa yang jelas
c.
Anak mampu memasangkan binatang sesuai
dengan pasanganya, jenisnya, persamaannya
d.
Anak mampu melakukan gerakan melompat,
meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
|
PROGRAM MINGGUAN
Semester : 1
Minggu : ke-4
Kelompok :
B (5-6 tahun)
TEMA/SUB TEMA
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
RENCANA KEGIATAN 1 MINGGU
|
APE
|
PUNCAK TEMA
|
Alam
Semesta / Benda-Benda Langit
|
6.1
Mempercayai adanya tuhan melalui
ciptaanya
1.2
Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar rasa syukur
kepada Tuhan
2.1
Memiliki prilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.6
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari
untuk melatih kedisplinan
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
3.3Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ciri-cirinya) melalui hasil karya
|
1. Bersyukur
atas ciptaan Tuhan(matahari, bulan, bintang) (MA)
7. Bersyukur
dapat melihat langit dan benda-benda yang ada di langit (MA)
8. Bercerita
tentang ciri-ciri benda langit (bulan, bintang dan matahari)dengan bahasa
yang jelas (BAHASA)
9. Bersyukur
mampu memasangkan benda-benda langit
sesuai dengan pasanganya jenisnya, persamaanya. (KOGNITIF)
10. Bersyukur
dapat melakukan gerakan melompat, melocat, dan berlari secara
terkoordinasi.(FISMOT)
11. Bersyukur
dapat mendengar alunan lagu dan suara tentang macam-macam benda-benda langit
(SENI)
7. Anak
dapat membiasakan membaca niat sholat gerhana bulan dengan benar (MA)
8. Bersyukur
dapat menyebutkan ciri-ciri benda langit dengan benar dan bahasa yang jelas
(BAHASA)
9. Bersyukur
dapat memasankan gambar benda-benda langit sesuai dngan aktivitas sehari-hari
yang biasa di lakukan (KOGNITIF)
10. Menghargai
dan tidak menggangu teman yang sedang menikmati suara dan lagu tentang
benda-benda langit (SENI)
11. Bersyukur
memiliki teman dengan menyayanginya (SISEM)
12. Bersyukur
memiliki teman dengan bersikap baik kepadanya (SOSEM)
5. Bersyukur
ada bulan yang menerangi bumi di malem hari (MA)
6. Bersyukur
dapat berolahraga sambil menikmati udara segar di pagi hari(FISMOT)
7. Bersyukur
dapat menyanikan lagu tentang bintang (SENI)
8. Bersyukur
dapat menggambar bentuk bintang (KOGNITIF)
5. Bersyukur
dapat menaati peraturan ( MA)
6. Sabar
menunggu giliran
7. Mengunakan
barang pinjaman dari orang lain dengan hati-hati
8. Merapikan
kembali alat main yang telah di gunakan
6. Mengenal
ekspresi marah
7. Mengenal
ekspresi takut
8. Mengetahi
ekspresi senang
9. Mengetahui
ekspresi ketika guru sedang marah
10. Mengetahui
ekspresi ketika orangtua khawatir
6. Anak
dapat menyebutkan benda-benda langit yang paling mereka suka
7. Anak
mampu bercerita tentang ciri-ciri benda –benda langit
8. Anak mampu
memasangkan gambar benda langit(matahari, bintang, bulan) sesuai dengan
gambar aktivitas sehari-hari dengan cara menghubungkan kolom gambar
benda-benda langit ke kolom aktivitas sehari-hari
9. Mengajukan
pertanyaan tentang benda-benda langit
10. Menghitung
banyaknya gambar aktivitas sehari-hari yang terhubung dengan gambar
benda-benda langit
1.
|
4.
PEMBIASAAN
· Guru
menyiapkan alat peraga untuk pembelajaran hari ini
· Bel
masuk berbunyi, anak-anak baris di depan kelas
· Bernyanyi
“neng-neng” dan bersalaman dengan guru sebelummasuk kelas
· Berdoa
dan membaca surat-surat pendek
· Guru
mengecek kahadiran siswa
· APERSEPSI
· Guru
bertanya siapa yang sudah makan pagi hari ini
· Berdoa
sebelum makan
· Berdoa
sesudah makana
· Makan
bersama
· Berdoa
sebelum pulang
· Cium
tangan guru
5.
EKSPLORASI DAN KREATIVITAS
· Menggambar
benda-benda langit
· Memasangkan
gambar benda-benda langit (matahari, bintang, bulan) dengan gambar aktivitas
sehari-hari
6.
KEAKSARAAN
· Menyebutkan
simbol huruf dari nama benda-benda langit
· Menuliskan
simbo huruf dari nama benda-benda langit
· Menyebutkan
ciri-ciri benda langit
|
5.
Gambar proses terjadinya gerhana
matahari
6.
Gambar gerhana bulan
7.
Gambar matahari
8.
Gambar memasangkan gambar benda langit
(bulan, bintang, matahari) sesuai dengan gambar aktivitas sehari-hari
|
NAMA
PERMAINAN “Memasangkan gambar
benda-benda langit (bintang, bulan, matahari) dengan kolom gambar aktivitas
sehari-hari”
LANGKAH
BERMAIN
6.
Guru menyiapkan alat peraga
7.
Guru menunjukkan gambar gerhana bulan
8.
Guru menunjukkan beberapa gambar
benda-benda langit seperti bulan, bintang,bulan.
9.
Cara bermain
g.
Anak duduk berkelompok
h.
Anak mengambil media yang di sediakan
(gambar gerhana bulan, gambar matahari, gambar bintang, gambar bulan)
i.
Anak menceritakan ciri-ciri benda
langit
j.
Anak memasangkan gambar benda
langit(matahari, bintang, bulan) sesuai dengan aktivitas sehaqri-hari dngan
cara menghubungkan kolom gambar-gambar benda langit ke kolom gambar aktivitas
sehari-hari
k.
Anak bersama guru pergi ke ruangan
yang luas
l.
Anak berlari, melompat, dan meloncat
di lingkaran yang di buat oleh guru, sehingga anak seakan-akan mengelilingi
bumi yang bulat
10.
HASIL PERMAINAN
e.
Anak dapat membaca niat sholat gerhana
bulan
f.
Anak mampu bercerita tantang ciri-ciri
benda langit (matahari, bulan, bintang) dengan benar dan bahasa yang jelas
g.
Anak mampu memasangkan benda langit
sesuai dengan pasanganya, jenisnya, persamaannya
h.
Anak mampu melakukan gerakan melompat,
meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
|
PROGRAM MINGGUAN
Semester :
1
Minggu : 4
Kelompok :
B (5-6)
TEMA/SUB
TEMA
|
KOPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
RENCANA
KEGIATAN
1
MINGGU
|
APE
|
PUNCAK
TEMA
|
Kebutuhanku/
kebersihan dan kesehatan
|
1.1Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
|
1.
Bersyukur
atas ciptaan Tuhan (alat kebersihan
seperti sapu, lap, sikat, kemoceng,penghapus, kotak sampah)
2.
Bersyukur
dapat mengkoordinasikan mata dengan tangan ketika membersihkan
ruangan(FISMOT)
3.
Bersyukur
bisa mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan(BAHASA)
4.
Bersyukur
dapat mengungkapkan rasa kebersamaan dengan kelompok(SOSEM)
5.
Bersyukur
dapat membuat gambar alat kebersihan dengan tangan(BAHASA)
6.
Bersyukur
dapat menikmati alunan lagu dan suara tentang macam-macaAm alat kebersihan
dan kesehatan(SENI)
7.
Bersyukur
dapat mendengar alunan lagu dan suara tentang macam-macam manfaat
kebersihan(SENI)
8.
Bersyukur
dapat membedakan kebersihan dan kesehatan(KOGNITIF)
9.
Bersyukur
memiliki anggota tubuh ynag lengkap untuk melakukan aktivitas yang
baik(SOSEM)
10. Bersyukur memiliki teman untuk saling membantu(SOSEM)
|
1.
PEMBIASAAN
· Baris di depan kelas
· Duduk melingkar dan berdo’a sebelum kegiatan
· Bernyanyi bersama
· Berdoa sebelum makan
· Berdoa sesudah makan
· Makan bersama
· Berdoa sebelum pulang
· Ikrar atau janji pulang sekolah
2.
EKPLORASI DAN
KREVITAS
· Membuat playdough kebersihan
· Mengkrasikan alat-alat kebersihan
· Bergotong royong
· Bermain mengenal alat kebersihan
3.
KEAKSARAAN
· Menyebutkan simbol huruf dari nama alat kebersihan dan kesehatan.
· Menuliskan simbol huruf dari nama alat kebersihan dan kesehatan
· Menyebutkan manfaat kebersihan dan kesehatan
|
1.
Gamabar alat
kebersihan
2.
Gambar alat
kesehatan
3.
Sikat
4.
Sapu
5.
Lap
6.
Kemoceng
7.
Kotak sampah
8.
Sapu lidi
9.
Spidol
10.
Penghapus
11.
Bentuk
lambang huruf
12.
Pensil
|
Nama
Permainan
Sapu
lidi cantik vs penghapus imut
Langkah
permainan
1.
Guru
menyiapkan media
2.
Guru membagi
anak dalam kelompok meja
3.
Guru
menjelaskan cara bermain
4.
Cara bermain
· Anak duduk berpasangan
· Anak mengambil media yang disediakanu lidi, penghapus
· Anak mengambil sapu lidi dan penghapus sesuai ukurannya
· Guru mencontohkannya cara mengelompokkannya
· Setelah anak selesai mengambil alatnya ana mengelompokkan
masing-,asing lidi dan penghapus
· Lalu anak menghitung banyaknya penghapus dan sapu lidi yang di
dapat
· Anak yang paling banyak dapat dialah pemenangnya
5.
Setelah
selesai mengelompokkan alat, ana mempresentasikan hasil karya dengan
menyebutkan berapa jumlah lidi dan penghapus yang di dapat
6.
Anak
berlomba-lomba mengelompokkan alat kebersihan
7.
Ketika lidi
dan penghapus sudah habis anak segera mengambil bintang pada guru lalu di
tempelkan pada papan dinding
Hasil permainan
1.
Anak dapat
mengelompokkan lidi dan penghapus
2.
Anak dapat
menghitung lidi dan penghapus
3.
Anak
berkopetensi sportif
4.
Anak belajar
menghargai hasil karya teman
|
1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan.
|
1.
Bersyukur
dapat mebersihkan ruangan dalam kebersihan menggunaan tangan(MA)
2.
Bersyukur
dapat membersihkan kelas(FISMOT)
3.
Mengerti
beberapa perintah sederhana (cara doa sebelum dan sesudah makan) (BAHASA)
4.
Bersyukur
dapat menuliskan nama alat kebersihan dan kesehatan(BAHASA)
5.
Menghargai
dan tidak mengganggu teman yang sedang menikmati suara dan lagu tentang
macam-macam-macam alat kebersihan dan kesehatan(SENI)
6.
Bersyukur
membiasakan diri untuk membantu teman yang tidak ada alat
kebersihan(KOGNITIF)
7.
Bersyukur
memiliki teman dengan menyanyannginya(SOSEM)
8.
Bersyukur
memiliki teman dengan bersikap baik kepadanya(SOSEM).
|
||||
2.1Memiliki
prilaku yang mencerminkan hidup
sehat dan
bersih
|
1.
Bersyukur
dapat menikmati makanan bergizi(MA)
2.
Bersyukur
dapat berprilaku sehat, makan teratur,olahraga teratur, istirahat yang cukup
(FISIMOT)
3.
Bersyukur
dapat mengerti perintah untuk mencuci tangan(BAHASA)
4.
Bersyukur
dapat menyanyikan lagu tentang alat kebersihan(SENI)
5.
Bersyukur
dapat mencuci tangan setelah menyapu(KOGNITIF)
6.
Tidak malas
untuk mencuci tangan setelah makan dan minum
|
||||
2.6 Memiliki
perilaku
|
1.
Bersyukur
dapat meatati peraturan(MA)
2.
Sabar
menunggu giliran
3.
Menggunakan
barang pinjaman dari orang lain dengan hati-hati
4.
Bersikap
jujur dalam menaati peraturan permainan (bermain penjual dan pembeli)
5.
Mematuhi
etika makan dan jadwal makan teratur
6.
Marapihkan
kembali alat main yang telah digunakan
7.
Bersyukur mau
melaukan adab ketika makan dan minum
|
||||
3.1 Mengenal kegiatan
beribadah sehari-hari
|
1.
Bersyukur mau
berdoa sebelum dan sesudah mencuci tangan(MA)
2.
Mengetahui
ekpresi marah
3.
Mengetahui
ekpresi sedih
4.
Mengetahui
ekpresi ketakutan
5.
Mengetahui
ekpresi senang
6.
Mengetahui
ekpresi ketika guru sedang marah
7.
Mengetahui
ekpresi khawatir
8.
Mengetahui
ekpresi ketika teman sedih
9.
Mengetahui
ekpresi ketika tean takut
10.
Mengetahui
ekpresi ketika orang tua khawatir
|
||||
3.3 Mengenal
jenis pakian, fungsi dan kegunaan untuk pengembangan motorik kasar dan
motorik halus
|
1.
Menyebutkan
bagian anggota tubuh yang digunakan untuk kebersihn dan kesehatan
2.
Bersyukur
dapat menggunakan tangan untuk menjaga kebersihan
3.
Menunjukkan
bagian anggota anggota tubuh yang digunakan untuk membersihkan ruangan
4.
Mengungkapkan
bagian tubuh yang digunakan untuk membersihkan ruangan
5.
Menghitung
alat kebersihan yang di pegang
Menggunakan
tangan untuk berbagi alat kebersihan dengan teman
|
||||
3.6 Mengenal
benda-benda sekitarnya(nama,sifat,bentuk,pola,ukuran dan warna)
|
1.
Membedakan
nama-nama alat kebersihan dan kesehatan
2.
Mengelompokkan
alat kebersihan yang ada di sekitarnya (nama, sifat bentuk, pola, ukuran, dan
warna
3.
Menunjukkan
pertanyaan tentang kebersihan dan kesehatan
4.
Mengurutkan
nama alat kebersihan dan kesehatan melalui gambar yang dibuat berdasarkan
warna
5.
Menyebutkan
lambang huruf dari alat kebersihan dan kesehatan
6.
Membedakan
alat kebersihan dan kesehatan berdasarkan lambanag huruf awal
Menunjukkan lambang huruf dari
nama alat kebersihan dan kesehatan
|
||||
4.1 Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang tua
|
1.
Bersyukur
dapat berdoa sebelum dan sesudah cuci tangan
2.
Takut ketika
melaukan kesalahan
3.
Mau meminta
maaf ketika melaukan kesalahan
4.
Mau menghibur
teman lagi sedih
5.
Merangkul
teman ketika takut
6.
Menenangkan
ketika orangtua ketika khawatir
Ikut merasa senang ketika adik
senang
|
||||
4.3
Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
1.
Bersyukur
dapat menggerakkan kepala, tangan, dan kaki secara koordinasi(MA)
2.
Menggerakkan
kepala, tangan, dan kaki secara koordinasi
3.
Menggerakkan
anggota tubuh (tangan) untuk
membersihkan ruangan
4.
Mengambil
alat kebersihan dan kesehatan menggunakan tangan
5.
Membedakan
fungsi tangan kanan dan kiri saat menggunakan alat kebersihan
6.
Menggunakan
anggota tubuh (jari) untuk menunjukan alat kebersihan dan kesehatan
7.
Berlomba
mengambil alat kebersiahn dan kesehatan bersama teman
|
||||
4.6
Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
1.
Mengajukan
pertanyaan tentang alat kebersihandan kesehatan
2.
Mengajukan
pertanyaan tentang alat kebersihan dan kesehatan
3.
Mengurutkan
alat kebersihan melalui gambar yang dibuat berdasarkan warna
4.
Menghitung
banyaknya alat kebersihan dan kesehatan
Mengungkapkan kembali lambang
huruf dari nama-nama alat kebersihan dan kesehatan
|
PROGRAM MINGGUAN
Semester : 1
Minggu : ke-4
Kelompok : B (5-6 Tahun)
TEMA/SUB TEMA
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
RENCANA KEGIATAN 1
MINGGU
|
APE
|
PUNCAK TEMA
|
Lingkungan / Rumahku
|
1.1 Menerima
adanya Tuhanmelalui Ciptaannya
|
1
Mampu
menyebutkan “Allah tuhanku” (MA)
2
Latihan
melompat di tempat sebanyak 3x (FISMOT)
3
Mengenal
konsep ukuran yang besardan yang kecil (KOGNITIF)
4
Mengenalkalimat-kalimat
perintah sederhana (mis: tolong..) (BAHASA)
5
Mengenalkan
kepada anak tentang arti kerjasama.(SOSEM)
|
1
PEMBIASAAN
·
Baris di depan kelas
·
Duduk melingkar dan berdo’a
sebelum kegiatan
·
Bernyanyi bersama
·
Berdo’a sebelum makan
·
Berdo’a sesudah makan
·
Makan bersama
·
Berdo’a sebelum pulang
·
Ikrar atau janji pulang
sekolah
·
Cium tangan guru
2
EKPLORASI DAN
KREATIVITAS
·
Melipat gambar bentuk
rumah
·
Menggunting bentuk gambar
rumah
·
Menggambar bebas dengan
pensil
·
Menyusun balok menjadi
rumah
·
Memasangkan gambar dengan
kartu yang mempunyai suku kata yang sama
|
1
Gambar rumah
2
Balok
3
Buku gambar
4
Pensil dan crayon
5
Gunting
6
Gambar pasangan
7
Piring
8
Sendok
9
Gelas
10 Bentuk
lambang huruf
|
Bercerita dirumah
ada tamu
Mencuci piring
dan sendok
Menjelaskanbagian-bagian
rumah
Melakukkan perintah
secara urut dan benar
Menjelaskan tentang
perkakas rumah
Dan bernyanyi rumah
kami
Mengurutkan dan
menceritakan isi gambar
|
PROGRAM MINGGUAN
Semester : 1
Minggu : ke-4
Kelompok : B (5-6 tahun
Tema \Sub Tema
|
Kompetensi Dasar
|
Indicator
|
Rencana Kegiatan 1 Minggu
|
APE
|
PUNCAK TEMA
|
Alat
komunikasi /macam-macam alat komunikasi
|
1.1
Mempercayai Adanya
Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2
menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada tuhan
1.2 memiliki perilaku yang mencerminkan baik
2.6 memiliki prilaku yang
mencerminkan sikap taat terhadap segala aturan permainan
3.1 mengenal kegiatan beribadah
sehari-hari
3.3 Mengenal anggota tubuh
(funsi, tekstur dan fungsinya)
3.6 mengenal benda-benda
disekitarnya
|
1.
Bersyukur
atas ciptaan tuhan
2.
Bersyukur
dapat mengkoordinasikan mata dan tangan
3.
Bersyukur
busa mengucapkan doa sesudahbermain
4.
Bersyukur
dapat mengungkapkan rasa nikmat
5.
Bersyukur
dapat mrnggambar alat komunikasi
6.
Bersyukur
dapat menikmati ayunan lagu
7.
Bersyukur
dapat mendengarkan lagu dan suara
8.
Bersyukur
dapat membedakan alat-lat kominikasi tersebut
9.
Bersyukur
dapat bermain dengan baik
10. Bersyukur memiliki alat-alat komunikasi tersebut
11. Bersyukur memiliki teman yang saling berbagi permainan
1.
Bersyukur
dapat merasakan dan menggunakan alat permaiana tersebut
2.
Bersyukur
dapat mencockkan alat-alatnya
3.
Mengerti
beberapa perintah sederhana
4.
Bersyukur
dapat menulis alat-alat tersebut
5.
Mengahargai dan tidak menggu teman yang sedang bermain
6.
Bersyukur
membiasakan diri untuk saling berbagi
7.
Bersyukur
memiliki teman dengan sikap menyayanginya
8.
Bersyukur
memiliki teman dengan bersikap baik kepadanya.
1.
Bersyukur
dapat menikmati permaina tersebut
2.
Bersyukur
berprilaku baik
3.
Bersyukur
mengerti perintahnya
4.
Bersyukur
dapat menyanyikan lagunya
5.
Bersyukur
bisa menggambar
6.
Tidak males
untuk mencuci tangan setelah bermain
1.
Bersyukur
dapat menaati peraturan permainan
2.
Sabar
menunggu giliran
3.
Menggunakan barang
pinjaman dari orang lain dengan hati-hati
4.
Bersikap
jujur dalam menanti peraturan permainan
5.
Mematuhi
etika dalam bermain
6.
Merapihkan
kembali alat dan bahan yang di gunakan
7.
Bersyukur mau
melakukan cara ketika bermain
1.
Bersyukur dan
sesudah bermain
2.
Mengetahui
ekspresi marah
3.
Mengetahui
ekspresi sedih
4.
Mengetahui
ekspresi ketakutan
5.
Senang
6.
Khawatir
7.
Ekspresi
ketika guru marah
8.
Ketika teman
sedih
9.
Ketika teman
takut
10. Mengetahui ekspresi ketika orang tua khawatir
1.
Menyebutkan
bagian bermain
2.
Bersyukur
dapat menggunakan tangan untuk bermainh mainan yang
3.
Menunjukan
bagian anggota tubuh untuk bermain
4.
Mengungkapkan
bagian tubuh untuk bermain
5.
Menghitung
banyak jumlah mainan yang die gang
6.
Menggunakan
tangan untuk berbagi permainan dengan teman
1.
Menyebutkan
nam-nama permainan kesukaannya
2.
Menyebutkan
jenis alat komunikasi
3.
Membedakan
nama-nama alat-alatnya
4.
Membedakan
nama-nama alat dan jenisnya
5.
Mengelompokkan
jenis-jenis nama sifat dan bentuk
6.
Mengajukan
prtanyaan tentan alt-alat komunikasi
7.
Menyebutkan
lambing huruf dari nama-nama alat komunikasi
|
1.
PEMBIASAAN
·
Baris didepan
kelas
·
Duduk
melingkar dan berdoa
·
Bernyayi
bersama
·
Berdoa
sebelum melakukan permainan
·
Berdoa
sesudah melakukan bermain
·
Bermain
bersama
2.
EKSPLORASI
DAN KREATIVITAS
·
Membuat playdough
permainan
·
Mengekspresikan
jenis alat komunikasi
·
Membuat
gambar alat komunikasi
3.
KEAKSARAAN
·
Menyebutkan
symbol-simbol huruf dari nama alat komunikasi
·
Menuliskan
symbol dari alat komunikasi
·
Menyebutkan
alat kamunikasi kesukaannya
|
1.
Gambar
macam-macam alat komunikasi
2.
Gunting
3.
Pensil
4.
Penggaris
5.
Kardus
6.
Lem
7.
Karton warna
8.
cat
|
Nama Permaian
membuat gambar berbentuk HP
LANGKAH
PERMAINAN
1.
guru
menyiapkan bahan atau alat media tersebut
2.
guru membagi
anak dalam kelompok meja
3.
guru
menjelaskan cara bermain
4.
Cara Bermain:
a. anak duduk berpasangan
b. anak mengambil media yang di sediakan
c. anak menggambar hp
d. pertama anakmengelompokkan semua bahannya
e. lalu anak di bebaskan untuk menggambar hp
f. setelah selesi membuat gambar hp
g. hp yang sudah dihias diletakkan dimeja
5.
setelah anak
selesai membuat gambar hp anak di suruh untuk mengekspresikan hasil karyanya.
HASIL PERMAINAN
1.
anak dapat
mengkreasikansesuai imjinasinya
2.
anak dapt
menyebutkaan apa saja yang dia hias
3.
anak
menghargai hasil karya temanya
4.
anak
berkompetensi secara sportif
|
Komentar
Posting Komentar